Setu Patok, Wisata Alam Eksotis yang Kaya Nilai Sejarah di Cirebon

Setu Patok, Wisata Alam Eksotis yang Kaya Nilai Sejarah di Cirebon
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Setupatok, Kec. Mundu, Kab. Cirebon, Jawa Barat

Setu Patok merupakan objek wisata sederhana namun tetap layak dikunjungi. Sederhana yang dimaksud di sini tidak terlalu mewah dan tidak perlu membutuhkan banyak biaya. Setu sendiri tidak lain adalah sebuah Sungai dengan keindahan alam sekitar yang masih asri. Tempat ini berada di Cirebon, tepatnya di kawasan Mundu yang terkenal masih alami.

Objek wisata ini selalu dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan. Bukan hanya cocok untuk kalangan keluarga, namun juga mereka dari pemuda milenial yang ingin berburu spot foto. Latar belakang alam menjadi alasan utama untuk aktivitas ini. Selain itu, dari atas ketinggian terlihat samar-samar Gunung Ciremai yang gagah.

Suasana alam ternyata bukan satu-satunya alasan pengunjung datang. Lokasi tempat ini tergolong strategis, tidak jauh dari pusat kota Cirebon. Di sekitar danau terdapat berbagai macam fasilitas penunjang, jadi tidak perlu khawatir. Bagi anak-anak, ada berbagai wahana yang disediakan sebagai daya tarik utamanya.

Daya Tarik Wisata Setu Patok

Daya Tarik Setu Patok
Photo by Google Maps Muhamad Deni Kuswandi

Daya tarik Setu Patok tidak jauh dari pesonanya yang indah, juga berbagai fasilitas dan wahana yang disediakan. Saking lengkapnya, wisatawan yang datang akan semakin ramai ketika hari libur, baik akhir pekan maupun tanggal merah.

1. Sejarah Setu Patok

Indonesia dikenal akan nilai budaya dan sejarahnya. Setiap tempat memiliki asal-usul tersendiri yang dipercaya warga sekitar sebagai legenda. Mengenai benar atau tidaknya, kearifan lokal ini patut dijaga dan dipertahankan secara turun temurun sebagai warisan cerita kepada anak cucu nantinya.

Sejarah Setu Patok tidak lepas dari adanya Sungai Naggela yang ada di sekitar bendungan. Sebelum adanya sungai yang menjadi penadah air raksasa ini, kawasan ini sering terkena dampak luapan dari Sungai Naggela. Setiap musim hujan, daerah di sekitar sungai pasti banjir, warga pun hafal dengan kondisi ini.

Hingga pada akhirnya salah seorang tokoh yang bernama Kiai Ento Rujitnala berpikir keras untuk mengatasinya. Keturunan Raja Luwung ini kemudian membuat sebuah bendungan luas untuk menampung luapan Sungai Naggela, berharap jika musim hujan tidak banjir lagi. Usahanya tidak berjalan mulus, bendungan kurang kuat dan akhirnya bocor.

Usaha untuk membuat bendungan yang menjadi cikal bakal Setu Patok tidak berhenti sampai di situ. Akhirnya, beliau membuat sayembara dengan hadiah akan dinikahkan pada putrinya yang cantik jika ada yang berhasil membuat bendungan kokoh dan kuat. Datanglah pemuda yang bernama Muqoyyim Seya untuk mengikuti sayembara ini.

Pemuda ini kemudian membuat patok di beberapa titik bendungan yang telah jadi. Patok ini tersambung dengan seutas benang mengelilingi bendungan. Muqoyyim Seya kemudian meminta Kiai Ento Rujitnala untuk bersama-sama berdoa memohon pertolongan kepada Tuhan. Atas izin Tuhan, bendungan yang jauh lebih kokoh pun berdiri hingga saat ini.

2. Pesona Indah Alam Sekitar

Daya Tarik di Setu Patok
Photo by Google Maps Noobmaster _69

Dibalik sejarahnya yang panjang, Setu Patok memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan objek wisata di Cirebon lainnya. Danau ini dikelilingi pepohonan perdu yang menghijaukan pemandangan. Air danau yang tenang seolah menjadikan hati yang melihatnya turut merasakan ketenangan.

Vegetasi hijau yang didominasi oleh pohon rindang ini membuat udara semakin sejuk. Suasananya asri, cocok dijadikan media healing atau menenangkan pikiran dari beban sehari-hari. Di tengah danau terdapat sebuah gundukan tanah yang tidak lain adalah sebuah pulau. Pemandangan alam semakin sempurna dan jelas sekali eksotisme nya.

3. Dilengkapi Wahana Permainan

Di sekitar Setu Patok, ada sebuah lokasi yang dikenal dengan nama Ciwalk. Lokasi ini termasuk paling favorit bagi semua pengunjung yang datang. Bagaimana tidak, area seluas 30 hektar ini banyak menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana permainan. Di sini, ada area outbound sederhana berupa ATV dan Paintball.

Selain itu, ada lagi spot wisata yang pastinya menambah daya tarik, yakni sebuah kolam renang. Aturan tidak boleh berenang di dalam waduk bukan menjadi masalah tentunya dengan adanya kolam renang ini. Menariknya, ada sebuah titik dimana pengunjung dapat melihat pesona sunset dengan warna jingga nya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Ahromi Irawan

Dikatakan tadi bahwa Setu Patok tidak jauh dari pusat kota dan sangat strategis. Dari alun-alun Cirebon, tempat wisata keluarga ini hanya berjarak tidak lebih dari 12 kilometer. Biasanya, jarak ini dapat ditempuh dengan waktu tidak lebih dari 30 menit. Karena kondisi jalanya yang padat, bisa jadi anda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit.

Sesuai namanya, objek wisata hits ini berada di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dari Alun-alun kota menuju ke Selatan dan melewati beberapa rute jalan. Pertama melewati Jalan Cemara, kemudian ke Jalan Sisingamangaraja, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Kalijaga.

Silahkan belok kanan setelah melewati jembatan, tepatnya sebelum SMK Negeri 1 Cirebon. Kurang lebih 1 kilometer dari belokan tersebut, silahkan belok kiri menuju Jalan Raya Suci. Ikuti sepanjang jalan ini hingga melintasi Kantor Kuwu Desa Setupatok, lalu belok kanan sambil melihat papan petunjuk. Dari jalan raya, anda harus melewati perkampungan sepanjang kurang lebih 500 meter.

Harga Tiket Masuk Setu Patok

Tiket Masuk di Setu Patok
Photo by Google Maps Reza Irawan Awali

Harga tiket masuk Setu Patok sangat murah, jadi tidak membuat kantong kosong. Cukup membayar 3.000 rupiah jika datang membawa sepeda motor, atau 5.000 bagi yang membawa mobil. Harga tiket ini sudah termasuk parkir, jadi tidak perlu menambah biaya lainnya kecuali mencoba wahana seru yang tersedia.

Harga masing-masing wahana berbeda, tergantung dari jenisnya. Namun untuk playground sederhana seperti ayunan dan perosotan, pengunjung bebas menggunakannya gratis. Jika ingin mengunjungi pulau di tengah danau, tambahan biaya yang dibutuhkan sekitar 20.000 rupiah. Objek wisata alam di Cirebon ini dibuka setiap hari selama 24 jam penuh.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Setu Patok
Photo by Twitter About Cirebon

Sebagai objek wisata alam, tentunya ada banyak sekali yang menarik dilakukan di Setu Patok. Menikmati keindahan alam sambil refreshing termasuk salah satunya. Selengkapnya, silahkan simak ulasan berikut!

1. Piknik Santai

Wisatawan dari kalangan keluarga pada umumnya melakukan aktivitas sederhana berupa piknik santai. Sambil menikmati pemandangan alam yang indah, merasakan kesegaran udara di sini layak dilakukan. Jika ingin lebih lengkap, siapkan makanan yang dibawa dari rumah. Anda pun dapat membelinya di sekitar lokasi, karena ada banyak warung yang buka.

2. Memancing

Sebagaimana danau pada umumya, Setu Patok biasanya dijadikan spot untuk memancing. Memang lokasinya tidak jauh dari pantai, namun memancing di sini lebih seru karena keindahan alam di sekitarnya. Jenis ikannya bervariasi, mulai ikan mujair, gabus, hingga ikan nila. Karena tidak ada tempat penyewaan alat pancing, sebaiknya anda membawa sendiri.

3. Berburu Spot Foto

Hampir semua aktivitas yang dilakukan masih berhubungan dengan indahnya alam di lokasi wisata. Selain yang telah disebutkan diatas, aktivitas lain yang wajib yaitu mengabadikan momen dengan berburu spot foto. Ada banyak latar belakang yang cocok untuk aktivitas ini. Tetapi yang paling banyak diminati adalah latar Gunung Ciremai, Danau, dan pulau kecil di tengahnya.

Fasilitas Penunjang di Setu Patok

Fasilitas di Setu Patok
Photo by Google Maps Ahmad Riva Al Maulana

Dalam hal fasilitas, objek wisata ini dapat diandalkan karena tergolong lengkap. Area parkir nya luas, mampu menampung ratusan motor sekaligus. Di area yang disebut Ciwalk terdapat deretan warung yang berjejer rapi dengan tawaran menu cukup lengkap. Di sampingnya ada kamar mandi dan juga mushola, silahkan digunakan sesuai fungsinya masing-masing.

Dari ulasan diatas, faktanya tidak perlu membutuhkan banyak biaya untuk berlibur menghabiskan waktu luang. Masih banyak objek wisata murah di Cirebon yang dapat di kunjungi. Setu Patok memang bukan satu-satunya, namun dijamin layak dan tidak pernah mengecewakan jika mengunjunginya.