Sentul Paradise Park, Wisata Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Bogor

Sentul Paradise Park, Wisata Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Bogor
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat

Sebuah tempat wisata yang bernama Sentul Paradise Park selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ini dikarenakan daya tariknya yang luar biasa, konsep panorama alam yang dipadukan dengan wahana permainan adalah salah satunya. Objek wisata ini berada di atas ketinggian sekitar 500 Mdpl berlatar belakang indahnya pegunungan.

Berada di kawasan hutan lindung, selama perjalanan ke lokasi ditemani rimbunnya pepohonan hijau. Suasana asri dan sejuk pun didapatkan, bahkan hingga tiba di tempat wisata utama. Bagi warga perkotaan, suasana seperti ini selalu dirindukan, dimana sehari-harinya hanya mendapatkan bangunan menjulang tinggi dan bising nya kota.

Sentul Paradise Park diperkirakan berdiri diatas lahan seluas 200.000 meter persegi. PT Sentul City TBK, perusahaan inilah yang menyulap hutan lindung menjadi kawasan wisata yang layak dikunjungi di akhir pekan. Saking menariknya, objek wisata di Bogor ini dikunjungi ratusan pengunjung setiap harinya.

Daya Tarik Wisata Sentul Paradise Park

Daya Tarik Sentul Paradise Park
Photo by Google Maps H as

Penting sekali mengetahui apa saja yang menarik sebelum mengunjungi objek wisata. Tujuannya agar tidak kecewa apabila tidak sesuai harapan. Maka dari itu, silahkan simak terlebih dahulu daya tarik Sentul Paradise Park yang telah kami rangkum berikut!

1. Curug Bidadari

Objek wisata yang memadukan konsep bangunan modern dengan keindahan alam ini dilengkapi sebuah air terjun alami. Curug Bidadari, itulah nama air terjun yang membesarkan tempat wisata keluarga di Bogor ini. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan debit air yang sangat deras.

Air yang melewati tebing dihiasi dengan vegetasi hijau yang menyejukkan mata. Dulunya bernama Air Terjun Bojong Koeng yang merujuk pada lokasinya berada. Setelah menjadi kawasan wisata di Sentul Paradise Park, namanya pun berubah yang dikenal saat ini. Curug Bidadari berkaitan erat dengan legenda jaka Tarub.

Menurut legenda, curug ini digunakan sebagai tempat mandi Bidadari yang turun dari langit. Pada saat itu, seorang pemuda mengetahui keberadaannya dan mengintip dari bebatuan. Singkat cerita, Jaka Tarub berhasil memikat salah satu Bidadari yang bernama Dewi Nawang Wulan dan berhasil menjadikannya sebagai istri.

2. Kolam Renang Luas

Teat di bawah Curug Bidadari, terdapat sebuah kolam yang ukurannya cukup luas. Kolam yang ada di Sentul Paradise Park ini termasuk buatan, namun masih terlihat alami. Kedalamannya bervariasi, jadi cocok buat liburan keluarga bersama anak-anak sambil bermain air. Untuk kedalaman yang dikhususkan bagi anak-anak sekitar 30 cm.

Daya Tarik di Sentul Paradise Park
Photo by Google Maps Lucky Buset Lucky Buset

Bagi dewasa juga ada dan masih dalam satu lokasi kolam dengan kedalaman 1,5 meter. Wisatawan biasanya memanfaatkan kolam ini untuk mandi dan bersantai sambil merasakan kesejukan aliran air yang turun dari ketinggian. Ada ban karet yang berbentuk bebek jika ingin terkesan lebih santai sambil menghirup udara segar.

Kolam dan Air Terjun dibatasi oleh bongkahan batu besar yang juga menjadi ikon Sentul Paradise Park. Batu ini sebenarnya menutupi air terjun, kemudian dibelah untuk akses jalan. Dengan dibangunnya jembatan khusus, pengunjung yang ingin merasakan jatuhnya air terjun langsung tidak perlu melewati kolam di bawahnya.

3. Pemandangan Alam Indah

Secara keseluruhan, objek wisata keluarga di Bogor ini memiliki pemandangan yang asri dan mengesankan. Indahnya warna hijau dari tanaman rambat yang menghiasi tebing air terjun termasuk pemandangan utama. Air mengalir layaknya tirai putih bersih berpadu dengan sejuknya vegetasi hijau di sekelilingnya.

Bongkahan batu belah menambah pemandangan Sentul Paradise Park semakin eksotis. Dari kejauhan, terlihat deretan perbukitan yang tidak kalah hijaunya. Bagi wisatawan yang ingin berfoto selfie, ada lokasi khusus yang dibangun diatas ketinggian. Tempat ini mirip gardu pandang dengan latar perbukitan dan Curug Bidadari.

4. Wahana Permainan

Di samping pemandangan alam yang mempesona dan kolam yang dimiliki, daya tarik lain didapatkan adanya wahana permainan. Playground darat yang ada di sini lumayan lengkap, diantaranya perosotan dan ayunan. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa permainan di Sentul Paradise Park yang paling banyak diminati adalah flying fox.

Tali sebagai jalur outbound seru ini membentang di sepanjang kolam. Pengunjung yang menikmati wahana flying fox secara otomatis menikmati pula pemandangan di sekitarnya dari atas ketinggian. Meski jarang diminati, namun adanya bola air, perahu mini, dan water slider semakin melengkapi wahana yang tersedia.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Sentul Paradise Park
Photo by Google Maps Sentul Paradise Park

Jarak Sentul Paradise Park jika ditempuh dari Alun-alun Bogor sekitar 25 kilometer. Butuh waktu lumayan lama menuju lokasi, namun perjalanan dijamin seru dan menyenangkan. Dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit, perjalanan ditemani indahnya landscape kota Bogor dari bentangan pematang sawah dan rimbunnya pepohonan.

Alamat lengkapnya berada di Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Rute terbaik yakni melewati Tol Jagorawi, lebih cepat juga dibanding menggunakan jalan raya. Setelah keluar dari gerbang tol Sentul 1, arahkan kendaraan menuju ke Jalan MH Tamrin. Kemudian ke Jalan Siliwangi dan melintasi Jalan Bojong Koneng yang mengarah ke Taman Budaya Sentul.

Patokan selanjutnya menuju ke Kantor Desa Bojong Koneng lalu ke arah Richie The Farmer. Di pertigaan Jalan Gunung Batu, silahkan belok kiri ke Jalan Sentul Paradise Park. Ikuti sepanjang jalan ini hingga tiba ditempat tujuan, jaraknya kurang lebih 2 kilometer dari pertigaan yang dimaksud. Untuk lebih jelasnya, silahkan pakai aplikasi GPS, sesekali mungkin perlu bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Sentul Paradise Park

Photo by Google Maps Azza Tsel

Sebelum memasuki kawasan wisata, siapkan terlebih dahulu sejumlah uang untuk membeli tiket masuk. Dari banyaknya daya tarik dan permainan yang disediakan, Sentul Paradise Park hanya mematok harga tiket masuk sebesar 25.000 rupiah. Harga ini semakin naik jika berkunjung di hari libur, yakni sebesar 30.000 rupiah.

Tiket hanya berlaku bagi usia 5 tahun ke atas, artinya anak dibawah 5 tahun dapat memasuki kawasan wisata secara gratis. Perlu diketahui, tiket masih belum termasuk retribusi parkir. Oleh karena ada oknum pungli di sekitar lokasi, pastikan memarkir kendaraan ditempat yang tersedia.

Pastikan juga bahwa anda membayar sebesar 3.000 rupiah jika datang membawa sepeda motor, dan 10.000 apabila menggunakan mobil. Sentul Paradise Park dibuka setiap hari, namun tidak selama 24 jam. Tentukan waktu berkunjung antara pukul 06.00 – 17.00 WIB sesuai jam operasionalnya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Deby Erlya A

Konsep objek wisata alam yang dikombinasikan dengan wahana permainan, tentu ada banyak sekali kegiatan yang menarik dilakukan. Biasanya, aktivitas di sini tidak lepas dari air terjun dan kolamnya yang memiliki tema pantai, berikut ulasan selengkapnya!

1. Berenang dan Bermain Air

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Sentul Paradise Park tanpa berenang atau bermain air. Aktivitas ini termasuk yang utama dan menjadi favorit semua pengunjung yang datang. Selain naik ban karet dan bersantai, bisa juga mencoba water slider mini di samping kolam. Kesegaran air yang langsung mengalir dari curug membuat aktivitas semakin seru.

2. Bersantai Dibawah Curug Bidadari

Masih berhubugan dengan aktivitas air, bersantai sambil menikmati segarnya air yang jatuh dari ketinggian sepertinya menarik. Anda dapat langsung berada di sekitar air terjun untuk mendapatkan percikan air dari hasil benturan dengan kolam di bawahnya. Ada batu lumayan besar di sebelahnya, cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Sentul Paradise Park
Photo by Google Maps Otize sajalah

3. Berburu Spot Foto Cantik

Sentul Paradise Park memiliki spot foto yang menjadi incaran pemuda milenial. Aktivitas ini wajib bagi kalangan pemuda untuk dipamerkan di media sosial. Apalagi spot nya berlatar air terjun yang indah dikelilingi vegetasi hijau. Dari sudut yang tepat, pemandangan perbukitan yang tertangkap kamera pun tampak sangat indah.

4. Mencoba Wahana Flying Fox

Ingin aktivitas yang lebih seru? Sepertinya wajib mencoba wahana flying fox. Meski ada banyak wahana serupa, namun tidak semenarik yang ada di Sentul Paradise Park. lintasan yang panjang dan melewati kolam buatan menjadi ciri khasnya. Selama meluncur, pemandangan dari atas ketinggian semakin indah.

5. Wisata Kuliner

Lelah setelah beraktivitas? Perlu juga istirahat sejenak ditempat yang disediakan. Bukan hanya sekedar istirahat tentunya, namun juga menikmati hidangan yang ada di Saung Kuliner. Aneka hidangan ditemukan di sini, baik makanan tradisonal atau modern yang banyak kita temui saat ini. Soal harga masih standar, tidak terlalu mahal dan juga murah.

Fasilitas Penunjang di Sentul Paradise Park

Fasilitas di Sentul Paradise Park
Photo by Google Maps Dian Permana

Fasilitas di taman wisata ini tergolong memadai, baik fasilitas wajib maupun penunjang. Untuk fasilitas umum yang wajib ada di tempat wisata, ada area parkir, toilet, dan mushola. Bagi pengunjung yang selesai berenang atau bermain air, silahkan bilas di kamar ganti. Fasilitas lain yaitu warung makan dengan konsep saung, kolam terapi ikan, dan bangku.

Demikian review dari salah satu objek wisata yang menawarkan pemandangan alam dan wahana permainan. Meski dibuka setiap hari, namun disarankan datang di hari biasa karena tidak terlalu padat pengunjung. Pemandangan indah dan suasana asri di Sentul Paradise Park semakin terasa jika datang di pagi hari.