Sendang Geulis Kahuripan, Kolam Pemandian Alami yang Super Jernih di Bandung

Sendang Geulis Kahuripan, Kolam Pemandian Alami yang Super Jernih di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Tentunya setiap orang sangat menyukai kegiatan berwisata. Salah satunya yaitu wisata air. Anda bisa menemukan tempat wisata air di Jawa Barat yang sangat elok. Seperti contohnya waduk, air terjun, ataupun kolam renang. Dan salah satu yang cukup terkenal di Jawa Barat yaitu Sendang Geulis Kahuripan. Bernama sendang karena memang artinya yaitu kolam.

Tempat wisata tersebut merupakan destinasi wisata yang masih baru. Tapi sekalipun demikian, jumlah wisatawan yang berdatangan ke tempat ini tidaklah sedikit. Sekalipun baru, tapi nama dari Sendang Geulis ini langsung terkenal. Masyarakat sekitar mengenal tempat wisata ini dengan nama Telaga Cikahuripan Padalarang.

Nama dari tempat wisata itu sendiri diambil dari kata Sunda yang berarti di sini danau di tengah pegunungan yang mampu memberikan sebuah kehidupan. Selain sebagai sebuah tempat wisata, sendang tersebut juga dipakai untuk sumber mata air bagi masyarakat yang tinggal di area sekitar.

Daya Tarik Wisata Sendang Geulis Kahuripan

Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan Yang Alami Dan Menarik Di Bandung Barat
Photo by Google Maps Fahreza Yasmiardi

1. Pemandangan Bebatuan

Sendang Geulis Kahuripan memang sangat diminati oleh wisatawan, tak hanya yang dari area Bandung saja, tapi juga dari daerah luar kota. Hal itu tidak terlepas dari daya tarik yang dimiliki oleh tempat tersebut. Daya tarik pertama yang ditawarkan yaitu berupa pemandangan bebatuan yang begitu indah.

Anda yang berendam di dalam kolam pemandian tersebut, maka akan mendapati pemandangan sekitar yang penuh dengan bebatuan dalam ukuran yang sangat besar. Adanya pemandangan itu semakin membuat suasana yang ada di sekitar jadi tampak asri dan begitu alami. Sehingga dengan begitu Anda bisa merasakan suasana yang sangat fresh.

2. Air yang Sangat Jernih

Daya tarik selanjutnya yang juga membuat orang-orang terpukau ketika berada di sini yaitu airnya yang sangat jernih. Air yang dimiliki oleh sendang tersebut memang berasal dari sumber mata air alami. Oleh karena itulah, tidak heran jika masyarakat yang tinggal di area sekitar memanfaatkan air tersebut untuk digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Maka jangan heran ketika Anda mengunjungi Sendang Geulis Kahuripan akan bertemu dengan masyarakat sekitar yang sedang beraktivitas seperti contohnya mandi ataupun mencuci baju di area tempat wisata kolam.

3. Udara yang Begitu Segar

Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan Yang Sejuk Dan Menawan Di Bandung Barat
Photo by Google Maps Yehudha Artha

Tidak hanya airnya saja yang jernih, tapi juga udara sekitar sendang terasa begitu segar dan dingin. Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang penuh dengan polusi, maka sangat disarankan untuk pergi ke tempat tersebut. Karena di sinilah Anda bisa menemukan udara yang benar-benar jernih tanpa adanya polusi.

4. Kolam Alami dan Kolam Renang

Sendang Geulis Kahuripan memiliki 2 buah kolam alami. 2 kolam tersebut itulah yang menampung langsung air yang berasal dari sumber mata air. Air yang dimiliki oleh dua kolam tersebut sangatlah jernih. Anda bisa sekedar mencuci muka, bermain air ataupun berendam di kolam tersebut.

Untuk bisa mencapai tempat tersebut Anda harus melewati tangga. Anda perlu berhati-hati ketika melewati tangga, karena memang tangga tersebut cukup licin dan tidak terdapat pegangan di pinggirnya. Karena itu, sebaiknya ketika melewati tangga Anda tidak terburu-buru atau pun berlarian.

Selain terdapat kolam alami, Andapun juga akan menemukan kolam renang yang letaknya terdapat di bawah kolam alami. Kolam renang yang dibuat ini memang memiliki air yang sama dan berasal dari kolam alami. Jika Anda lihat dari luar, maka airnya memang sedikit lebih keruh jika dibandingkan dengan kolam alami.

Tapi ketika Anda sudah turun dan mandi di sana, maka airnya akan terlihat lebih jernih. Masing-masing dari kolam tersebut mempunyai kedalaman satu meter dan satu setengah meter. Kedua kolam tersebut dikelilingi pemandangan hutan yang begitu indah. Anda akan disajikan pemandangan yang begitu elok sembari berenang di kolam renang tersebut.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan Di Bandung Barat
Photo by Google Maps Rina Rupita

Sendang Geulis Kahuripan terletak persis di daerah Desa Banjarsari. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Cikalong Wetan, Jawa Barat. Lokasinya memang cukup terpencil dan akses jalan yang harus dilewati pun juga lumayan susah. Nantinya Anda perlu melalui jalanan yang cukup terjal.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika hendak pergi ke tempat ini, maka Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dan disarankan bagi Anda untuk mengendarai kendaraan roda dua saja dibanding membawa kendaraan roda empat.

Untuk bisa sampai ke sendang tersebut, maka Anda perlu mengambil jalan ke arah Kecamatan Cikalong. Ketika Anda sudah sampai di Kecamatan tersebut, maka Anda bisa menuju ke arah Cikalong Wetan. Baru setelah itu Anda bisa memilih arah ke kanan.

Anda bisa melanjutkan hingga akhirnya sampai di daerah perbatasan. Nantinya Anda akan menemukan sebuah pertigaan yang di bagian tengahnya terdapat gapura. Selama dalam perjalanan tersebut Anda akan melewati jalanan yang cukup sempit dan terjal. Selain itu jalannya pun juga cukup licin. Karena itu Anda perlu sangat berhati-hati dan waspada.

Bagi Anda yang masih merasa bingung, maka Anda bisa memanfaatkan bantuan Google Maps. Dengan Google Maps tersebut tentu Anda akan lebih mudah dalam menemukan lokasi wisata sendang ini.

Bagi yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi berupa motor, maka Anda pun juga bisa menggunakan ojek. Di tempat tersebut telah tersedia beberapa ojek yang siap mengantar Anda hingga ke tempat wisata. Tapi jika Anda ingin lebih bebas lagi, maka Anda bisa memanfaatkan jasa sewa motor yang ada di kota tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Masuk Di Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan
Photo by Google Maps Agis Baswara

Untuk Anda yang berencana berlibur ke Sendang Geulis Kahuripan maka Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah tiket masuk. Karena memang tiket masuk tempat wisata ini tergolong murah meriah. Anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp 10.000 untuk tiap orangnya.

Namun sekalipun begitu Anda disarankan untuk membawa uang lebih. Karena uang tersebut nantinya akan dipakai untuk membayar biaya parkir kendaraan ataupun juga membeli makanan dan minuman ketika Anda bersantai di tempat wisata ini.

Untuk masalah biaya parkir sendiri, di pengelola menerapkan tarif sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan jika Anda membawa kendaraan roda empat, maka tarif parkir yang nantinya akan dikenakan yaitu sebesar Rp 5.000. Anda bisa mengunjungi tempat ini kapan pun Anda mau, karena memang tempat wisata ini dibuka setiap hari.

Namun sebaiknya Anda mengunjunginya ketika cuaca cerah saja. Jangan memilih saat tengah musim hujan. Karena jalanan akan semakin licin. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 7 pagi dan akan ditutup ketika menjelang pukul 6 petang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan
Photo by Google Maps Rajief Haqqi

1. Mandi di Kolam

Aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan ketika Anda berada di Sendang Geulis tentunya yaitu mandi di kolam. Ketika berada di tempat ini Anda akan merasakan kesegaran air yang terasa begitu nikmat. Terlebih jika Anda datang ketika siang hari, maka ketika Anda mandi di tempat tersebut kesegarannya akan semakin terasa.

Dengan adanya dua kolam alami dan dua kolam renang tentunya akan membuat Anda leluasa untuk memilih. Jika Anda datang bersama dengan anak-anak, maka Anda pun bisa menggunakan kolam renang yang cukup dangkal untuk tempat anak-anak Anda bersenang-senang nantinya.

2. Menikmati Sajian Kuliner

Ketika Anda berkunjung ke Sendang Geulis Kahuripan ini, maka nantinya Anda bisa menikmati ragam kuliner yang disediakan di sana. Kuliner yang disediakan pun merupakan kuliner khas dengan cita rasa yang lezat. Sehingga dengan begitu akan membuat Anda merasa ketagihan.

3. Berburu Foto

Tentunya liburan tidak akan terasa pas jika Anda tidak berburu foto. Sendang geulis seperti yang telah dijelaskan di atas, memiliki pemandangan yang begitu elok. Salah satunya yaitu pemandangan bebatuan dengan ukuran besar. Anda bisa menggunakan bebatuan tersebut sebagai latar belakang untuk berfoto.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan
Photo by Google Maps Kopi Hideung

Dengan begitu tentu hasil gambar yang didapatkan akan sangat elok. Selain itu juga bisa membuat laman Instagram Anda semakin Menarik. Ketika Anda tengah berendam di sendang mata air tersebut, maka Anda bisa melakukan foto underwater. Hal itu sangat dimungkinkan untuk dilakukan, karena memang airnya yang sangat jernih.

Ada banyak sekali tempat-tempat yang menarik dan bisa Anda gunakan sebagai spot foto underwater ini. Salah satunya yaitu bebatuan yang terdapat di dasar kolam. Mengambil gambar di spot tersebut akan membuat hasil jepretan yang sangat luar biasa.

4. Bersantai

Di Sendang Geulis Kahuripan ini Anda pun juga bisa sekedar bersantai. Ada banyak sekali pemandangan elok yang bisa Anda lihat. Selain itu udaranya yang begitu segar tentu akan membuat pikiran Anda jadi lebih fresh. Karena itu, jika Anda merasa penat dan lelah karena aktivitas sehari-hari, maka sangat disarankan untuk datang ke tempat ini.

Pemandangan alam di tempat ini memang masih tergolong alami. Karena itulah, Anda akan merasakan cuaca yang cukup segar ketika berada di tempat tersebut. Pepohonan hijau serta bebatuan besar akan membuat mata Anda serasa dimanjakan. Sehingga wajar jika para wisatawan ketika datang ke tempat ini mereka akan menyempatkan waktu untuk bersantai.

Fasilitas di Sendang Geulis Kahuripan

Fasilitas Di Wisata Air Sendang Geulis Kahuripan
Photo by Google Maps Faruqi Imam Mutaqin

Sendang Geulis Kahuripan sekalipun merupakan tempat wisata yang baru, namun di sini Anda akan menemukan fasilitas yang cukup lengkap. Salah satu contoh fasilitas yang disediakan yaitu warung makan dan juga saung. Di warung makan tersebutlah nantinya Anda bisa menikmati ragam makanan nikmat yang ditawarkan.

Sehingga dengan begitu Anda tidak perlu lagi membawa bekal makanan dari rumah. Karena di sini Anda sudah bisa membelinya. Selain itu terdapat Juga fasilitas lain seperti contohnya mushola bagi Anda yang ingin mendirikan sholat. Untuk area parkirnya sendiri juga cukup luas, Anda tidak perlu takut tidak kebagian tempat.

Terdapat juga kamar mandi dan kamar ganti bagi Anda yang ingin mandi dan berendam di kolam. Sedangkan untuk Anda yang ingin bermalam di tempat wisata ini, maka tersedia juga penginapan. Harga penginapannya di sana terbilang cukup terjangkau dan bervariasi, tergantung dari fasilitas yang Anda pilih.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Sendang Geulis Kahuripan yang berada di kota Bandung tersebut. Bagi Anda yang saat ini tengah mencari wisata air di daerah Jawa Barat, khususnya yaitu Bandung, maka sangat direkomendasikan wisata alam ini untuk Anda kunjungi. Dijamin liburan Anda akan semakin seru ketika datang ke tempat ini.