Savana Tegal Panjang, Pesona Keindahan Padang Rumput Eksotis di Bandung

Savana Tegal Panjang, Pesona Keindahan Padang Rumput Eksotis di Bandung
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Neglawangi, Kec. Kertasari, Kab. Bandung, Jawa Barat

Savana Tegal Panjang, mungkin masih belum banyak yang mengetahui nama tersebut. Bukan merupakan objek wisata, melainkan cagar alam yang dilindungi pemerintah Kabupaten Bandung. Pengunjung yang ingin datang ke lokasi diwajibkan mengurus SIMAKSI dari BKSDA setempat. Pemandangan alam yang indah merupakan daya tarik utamanya.

Meski bukan termasuk objek wisata resmi, namun beberapa pengunjung masih diizinkan datang ke lokasi. Tujuannya bermacam-macam, namun pada umumnya ingin bermalam dan mendirikan tenda. Asalkan tidak merusak habitat di dalamnya, berwisata ke sini masih diperbolehkan dengan ketentuan dan persyaratan lain yang haru dipenuhi.

Sesuai namanya, Savana Tegal Panjang merupakan hamparan rumput luas yang ada di kawasan Tegal Panjang. Luas rerumputan yang ada di sini diperkirakan lebih dari 56 ribu hektar. Bayangkan saja, sejauh mata memandang pastinya disuguhi warna hijau alami, beberapa ada yang sedikit kekuningan menampakkan gradasi yang indah.

Daya Tarik Wisata Savana Tegal Panjang

Daya Tarik Savana Tegal Panjang
Photo by Google Maps Cahyo Wiwoho

Wisatawan yang datang harus menempuh perjalanan jauh dan menantang. Perjalanan ini hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki dan akses yang menanjak. Namun bukan menjadi penghalang wisatawan, terutama pecinta alam yang suka tantangan karena daya tariknya.

1. Pemandangan Alam Mempesona

Daya tarik Savana Tegal Panjang yang pertama pasti dari bentangan alam yang sangat indah. Hamparan rumput luas memanjakan mata dengan warna hijau dan kekuningan nya. Rumput di sini bukanlah rumput kecil pada umumnya, namun ukurannya mencapai sepinggang orang dewasa.

Bentuk dari kejauhan mirip lembah, kontur khas berundak pun sangat terlihat. Ada beberapa jalan setapak yang dapat diakses sehingga tidak merusak savanna yang indah ini. Pesonanya semakin lengkap dengan adanya sungai yang mengalir di sampingnya. Alirannya terkadang menghasilkan harmoni suara yang indah mendamaikan jiwa.

Sebagian yang pernah mengunjungi Savana Tegal Panjang menyebutkan bahwa lokasi yang sering dijadikan camping ini mirip dengan perkebunan yang ada di Eropa. Mengenai hal ini, tentunya masing-masing punya pendapat, lainnya harus menghargai pendapat tersebut. Namun apabila dilihat dari bentangan alam yang indah, suasana Eropa layaknya pantas diberikan.

Photo by Google Maps Prasetyo Aji Nugroho

2. Suasana Asri dan Alami

Secara lokasi, padang rumput luas ini diapit oleh empat gunung sekaligus. Adapun gunung yang dimaksud adalah Gunung Papandayan, Gunung Kondang, Gunung, Puntang, dan Gunung Jaya. Letak Savana Tegal Panjang juga di dataran tinggi sehingga suasananya masih alami dan asri. Uniknya, padang rumput ini dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Adanya pohon ini semakin memberikan suasana sejuk dan nyaman. Pengunjung yang datang dijamin terbuai dengan keindahan dan suasana alaminya. Tempat yang masih termasuk hutan hujan ini masih alami karena sedikit pengunjung yang datang. Namun kian hari semakin banyak, seiring dengan ditemukan pesonanya di internet.

3. Tempat Hidup Satwa Liar

Siapa pun yang mendapatkan izin diperbolehkan mendaki dan memasuki kawasan Savana Tegal Panjang. Tetapi sangat disarankan tidak merusak habitat di dalamnya dengan bentuk apapun. Pasalnya, cagar alam ini merupakan tempat hidupnya satwa liar. Sebagian besar berupa burung, seperti elang, dan burung lain yang berkicau merdu.

Selain tidak merusak habitatnya, disarankan tetap berhati-hati selama perjalanan atau kemah. Ini dikarenakan ada juga hewan yang tergolong bua, seperti babi hutan dan harimau. Jika beruntung, anda akan melihat sekumpulan kambing hutan yang unik, juga ayam hutan yang dapat berpindah tempat dengan cara terbang.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Savana Tegal Panjang
Photo by Google Maps Alifah Syamsul

Tidak semua pendaki sanggup mencapai Savana Tegal Panjang. Ini dikarenakan jarak dari pedesaan menuju ke lokasi sangat jauh, setidaknya membutuhkan waktu 6 jam perjalanan mendaki. Selain itu, dari pusat Bandung juga jauh, kira-kira 65 kilometer dan menghabiskan waktu sekitar 3 jam menuju pedesaan terdekat.

Secara administratif, cagar alam yang menjadi objek wisata alternatif ini berada di Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Silahkan menuju ke kawasan Ciparay sebagai titik awal perjalanan. Kemudian mengambil jalan yang menuju ke Kolam Renang Tirta Raya.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Jalan Raya Pacet, Jalan Raya Cibeureum dan ke Tugu Desa Tarumajaya. Dari titik ini, langsung saja menuju ke Desa Neglawangi, cari parkir setelah Kantor Desa. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi perkebunan teh, hutan, dan sampailah akhirnya ke Savana Tegal Panjang.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya cek kesehatan terlebih dahulu. Bawa juga perbekalan, karena tidak ada satu pun fasilitas yang ditemui. Selain kondisi tubuh yang prima, kendaraan diharapkan sanggup melintasi sepanjang jalan menuju ke lokasi utama. Estimasi waktu yang dibutuhkan dari desa ke perbatasan kebun sekitar 3 jam.

Dari hutan menuju tempat tujuan juga membutuhkan waktu yang sama, yakni 3 jam. Total perjalanan yang membutuhkan waktu 6 jam ini dijamin menyenangkan, karena banyak pemandangan yang indah. Hampir tidak membutuhkan biaya untuk mengunjungi Savana Tegal Panjang, kecuali parkir dan mengurus SIMAKSI.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Savana Tegal Panjang
Photo by Google Maps Habibi Ameng

Mengenai aktivitas yang menarik di sini, sebenarnya tergantung dari tujuannya datang. Biasanya mahasiswa datang dengan tujuan untuk penelitian, jadi aktivitas yang menarik tentunya meneliti habitat di dalamnya. Lain halnya jika anda tidak melakukan penelitian, aktivitas berikut mungkin menarik!

1. Tracking Menuju Lokasi

Perjalanan yang panjang tidak selalu menjemukan, ada kalanya menarik dilakukan meskipun harus merasa kelelahan. Seperti halnya ketika menuju ke Savana Tegal Panjang, perjalanan menuju lokasi dijamin menyenangkan. Bagaimana tidak, sepanjang perjalanan dimanjakan dengan indahnya bentangan alam yang mempesona.

Seketika masuk ke kawasan pedesaan, suasana asri langsung didapatkan. Sedikit masuk ke pedalaman, terdapat hamparan kebun teh yang hijau dan juga indah. Undakan khas perkebunan teh dan jalan setapak pun terlihat. Lebih dalam lagi, area hutan dengan pepohonan yang rapat tak ingin ketinggalan menampilkan pesonanya.

2. Menikmati Panorama Alam

Aktivitas Menarik Dilakukan di Savana Tegal Panjang
Photo by Google Maps Nahdah’s Channel

Pemandangan semakin indah ketika anda berhasil tiba di Savana Tegal Panjang. Hamparan rumput panjang dan luas menyambut kedatangan anda seolah sedang tersenyum dan mengucapkan selamat datang. Gunung tinggi yang seolah menjadi pasak dan penjaga cagar alam ini pun terlihat menakjubkan dan gagah.

Pemandangan di sini dijamin tidak akan membosankan, pastinya anda betah berlama-lama. sejauh mata memandang terlihat warna hijau dari rumput dan pohon yang mengelilingi. Sesekali jika cuaca mendung, kabut tipis tidak ragu menyelimuti padang rumput. Pemandangan alam pun tidak hanya mempesona, melainkan juga eksotis.

3. Camping

Camping adalah aktivitas wajib apabila mengunjungi Savana Tegal Panjang. Bagaimana tidak, hampir mustahil jika anda melakukan perjalanan pulang pergi dalam satu waktu. Berkemah dengan mendirikan tenda merupakan satu-satunya pilihan yang harus dilakukan. Selain itu, memang pada dasarnya pecinta alam bertujuan untuk bermalam jika datang ke sini.

4. Aktivitas Fotografi

Indahnya bentangan alam yang ada di cagar alam ini nyaris sempurna. Hanya berkunjung dan menikmati keindahannya rasanya tidak cukup. Pantaslah jika wisatawan mengabdikan momen selama di lokasi. Spot utamanya tidak lain padang rumput itu sendiri. Berlatar pegunungan dan aliran sungai, pastinya hasil foto lebih meyakinkan.

Fasilitas Penunjang di Savana Tegal Panjang

Fasilitas di Savana Tegal Panjang
Photo by Google Maps Cahyo Wiwoho

Diatas tadi telah disinggung bahwa destinasi alam ini tidak memiliki fasilitas apapun. Ini dikarenakan lokasinya yang berada di pedalaman hutan dan diatas ketinggian. Membangun fasilitas di sini sepertinya tidak mungkin, karena akses jalannya sangat jauh. Maka dari itu, penting sekali membawa perbekalan yang cukup, termasuk obat-obatan.

Cukup sudah pembahasan kali ini mengenai temapt yang cocok dijadikan alternatif liburan. Karena bukan resmi sebagai objek wisata, mungkin pengurusan izin agak susah. Tetapi tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu. Setelah mendapat izin, harapan mengunjungi Savana Tegal Panjang sebagai surga tersembunyi pun semakin besar.