Sanghyang Heuleut salah satu wisata alam yang menakjubkan di Cipatat, Bandung Barat. Danau purba dengan suguhan kolam alami, air berwarna hijau dan tebing berbatu yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Sanghyang Heuleut adalah destinasi wisata yang berada di Bandung Barat. Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat wisata, destinasi satu ini menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Bagaimana tidak, keindahan alam yang ada di wisata satu ini akan membuat Anda takjub dan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu disini.

Daya Tarik Wisata Sanghyang Heuleut

Daya Tarik Wisata Sanghyang Heuleut
Image Credit: Twitter.com @luckystrikeungu

Kota Bandung memang menjadi salah satu kawasan di Jawa Barat yang tak henti hentinya menghadirkan keindahan. Bahkan banyak tempat wisata baru yang memang menjadi pemuas dahaga pengunjung yang haus akan keindahan alam yang tak terlupakan. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Sanghyang Heuleut.

Destinasi wisata satu memiliki pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Wisata alam yang eksotis tentunya akan bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Danau purba ini menjadi salah satu destinasi dengan air jernih berwarna kehijauan. Pastinya akan sangat indah dan mempesona ketika Anda sampai di lokasi satu ini.

Berpadu dengan tebing batu yang memiliki ukuran besar, hal ini akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu berlama lama di lokasi satu ini. ditambah lagi, pada sela sela bebatuan Anda pun akan bisa menemukan deretan pepohonan dan juga rerumputan hijau yang masih sangat alami dan pastinya asri.

Berada di sini, Anda pun akan dimanjakan dengan suasana alam yang menyegarkan mata. Tak hanya itu saja, deretan bebatuan yang tinggi tersebut juga kerap kali dijadikan sebagai spot bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan mencoba menantang adrenalin untuk melompat ke danau purba yang indah satu ini.

Saat berada disini, Anda pun akan disuguhkan dengan danau yang memiliki kedalaman yakni sekitar tiga meter. Bagi Anda yang ingin berenang di lokasi tersebut, pastikan untuk bisa berenang terlebih dahulu. Sebab, nantinya akan membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan tidak tenggelam.

Daya Tarik Sanghyang Heuleut
Image Credit: Twitter.com @yasintabella

Akan tetapi, apabila Anda tidak bisa berenang maka pastikan untuk mengenakan jaket pelampung ketika berada di destinasi satu ini agar tetap aman. Masyarakat sekitar beranggapan bahwa Sanghyang Heuleut merupakan salah satu danau yang berasal dari letusan gunung api purba yang dulunya memiliki nama yakni Gunung Sunda.

Pada saat gunung tersebut, hal ini ternyata menghasilkan batuan yang sangat besar dan membentuk tebing. Kemudian, cekungan yang berada di tengahnya tersebut lambat laun dialiri sungai Citarum. Sehingga nantinya akan terbentuk danau yang sangat indah. Tak hanya itu saja, disekitar tempat satu ini Anda juga akan menemukan gua yang sangat eksotis.

Gua tersebut antara lain adalah gua Sanghyang Poek dan juga Gua Sanghyang Tikoro. Oleh karena itu, ketika Anda berada di lokasi satu ini tak ada salahnya untuk sekaligus mengunjungi kedua gua tersebut agar bisa mendapatkan pengalaman yang seru. Sebab, Anda akan disuguhkan dengan suasana yang eksotis akan danau dan juga gua di lokasi satu ini.

Danau yang memiliki nama Sanghyang Heuleut ini juga memiliki nama yang sangat unik. Dimana Sanghyang sendiri memiliki arti yakni sesuatu yang dianggap suci dan juga Heuleut sendiri memiliki arti yakni jeda yang berarti waktu atau sesuatu. Sedangkan untuk bahasa Sunda kuno, Sanghyang sendiri merupakan sesuatu yang dianggap memiliki kekuatan supernatural.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Sanghyang Heuleut

Alamat Sanghyang Heuleut
Image Credit: Facebook.com @darmawan-agus

Danau satu ini memiliki lokasi yakni di Cipanas, Rajamandala Kulon, Cipatat tepatnya di Bandung Barat. Untuk mengunjungi destinasi satu ini, Anda pun bisa berangkat dari kabupaten Bandung Barat. Selanjutnya, Anda bisa mengambil ke arah timur laut yakni pada jalan Industri Cimareme dan dilanjutkan menuju ke Babakan Kalor.

Lalu Anda bisa belok kiri menuju ke Jalan Raya Batujajar dan belok kiri menuju ke Jalan Nasional III. Disini, Anda bisa lurus terus sejauh 19.2 kilometer. Selanjutnya, Anda bisa belok kiri menuju ke Jalan PLTA Saguling/ Rajamandala Cipongkor. Dan tetap berada di jalur tersebut. Barulah Anda bisa sampai ke destinasi wisata satu ini.

Ketika Anda menuju ke lokasi satu ini, Anda pun bisa datang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Apabila Anda kurang paham dengan arahan dari jalan tersebut, sebaiknya Anda bisa menggunakan aplikasi peta digital yang akan memudahkan Anda untuk menuju ke lokasi satu ini.

Selain itu, apabila Anda masih merasa tidak yakin, maka Anda pun bisa bertanya kepada masyarakat sekitar yang berada di jln PLTA Saguling. Sebab, jika Anda bertanya dengan sopan kepada masyarakat sekitar pastinya mereka pun akan memberikan petunjuk dan mengarahkan jalan dengan antusias kepada Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Sanghyang Heuleut

Harga Tiket Sanghyang Heuleut
Image Credit: Google Maps (Hygna Husada)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini, maka jam buka dari wisata tersebut bisa Anda nikmati mulai dari pagi hingga sore hari. Selain itu, pengunjung yang ingin berwisata ke lokasi ini juga tidak boleh mendirikan tenda untuk menginap. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut belum menjadi tempat yang memadai untuk mendirikan tenda atau menginap.

Sehingga, bagi Anda yang ingin menikmatinya dalam waktu yang lama, pastikan untuk datang kesini dari pagi hari. Sebab, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan juga menikmati sejuknya panorama eksotis yang ada di lokasi wisata populer yang berada di Bandung ini. jam operasionalnya sendiri yakni mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Sedangkan harga tiket masuk yang ada di lokasi satu ini pun cukup terjangkau. Anda bisa menyiapkan biaya sekitar 10 ribu rupiah saja untuk bisa memasuki destinasi lokasi satu ini. Karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, maka warga sekitar saja yang mengelola tempat wisata satu ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Sanghyang Heuleut

Aktivitas di Sanghyang Heuleut
Image Credit: Twitter.com @hibandung

1. Hunting Foto Keren

Kegiatan pertama yang pastinya akan Anda lakukan ketika sampai di lokasi satu ini adalah hunting foto. Hal ini dikarenakan lokasi satu ini memiliki tempat yang sangat eksotis dan pastinya sangat bagus jika Anda abadikan dalam bidikan kamera. Tak hanya itu saja, berkunjung kesini memang Anda tak boleh melewatkan untuk berfoto.

Dengan adanya panorama yang indah, cantik dan sangat instagramable ini akan membuat Anda bisa menikmati keindahan yang sangat memukau dalam waktu lama. Disini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang yakni air yang kehijauan. Ditambah lagi dengan tebing tebing batu yang indah, tentunya akan menjadi background foto yang sangat memukau.

Salah satu spot yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto adalah area bebatuan kecil yang ada di sekitar danau. Selain itu, pemandangan danau juga akan tampak sangat cantik ketika Anda mengabadikannya melalui tebing dri ketinggian. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah ketika berada di tebing yang tinggi tersebut.

2. Berenang di Danau yang Jernih

Saat berada di Sanghyang Heuleut, Anda juga akan disuguhkan indahnya panorama kolam danau lengkap dengan airnya yang jernih. Tentu saja, hal ini akan membuat siapa saja menjadi tergoda untuk menceburkan diri dan berenang di danau yang indah tersebut. Lebihnya lagi, danau ini tidak terdapat arus sehingga akan sangat nyaman digunakan untuk berendam.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin berenang di lokasi satu ini perlu mengingat bahwa danau tersebut memiliki kedalaman yakni sekitar 3 meter. Dengan begitu, sebelum mulai berenang dan menceburkan diri ke lokasi satu ini pastikan bahwa Anda telah memiliki keahlian untuk berenang.

Namun, jika Anda tetap ingin berendam, maka gunakan jaket pelampung atau ban karet agar Anda tetap aman. Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi danau ini adalah melompat dari tebing untuk bisa merasakan kesegaran yang berbeda dari danau tersebut.

Pengunjung pun dapat dengan bebas memilih tebing mana saja yang digunakan untuk terjun bebas. Danau ini menjadi spot yang populer untuk menghabiskan waktu di Sanghyang Heuleut. Meskipun Anda tidak bisa berenang, Anda pun tetap bisa bermain air di tepi danau yang sangat bening satu ini.

Aktivitas Sanghyang Heuleut
Image Credit: Facebook.com @anay.punk.9

3. Menjelajah Gua Tersembunyi

Tak hanya menghabiskan waktu untuk berenang di danau yang jernih saja, Anda pun juga bisa untuk menjelajah gua tersembunyi yang ada di lokasi satu ini. perlu Anda ketahui, lokasi dari Sanghyang Heuleut ini sendiri memang telah tersembunyi. Akan tetapi, gua yang ada di lokasi ini jauh lebih tersembunyi.

Disini, Anda pun akan menemukan dua gua yakni Gua Sanghyang Poek dan juga Gua Sanghyang Tikoro. Bagi Anda yang ingin menjelajah keduanya, Anda bisa menuju ke power house PLTA. Sebab gua Sanghyang Tikoro berada dekat dengan lokasi tersebut. Untuk Anda yang ingin masuk ke lokasi satu ini, maka pengujung bisa menuruni tangga yang ada di sekitar danau eksotis ini.

Kemudian, jika Anda masih belum puas menjelajah gua tersebut maka perjalanan bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Gua Sanghyang Poek. Destinasi gua ini pun jauh lebih tersembunyi. Dimana Anda akan menemukannya di antara tebing tebing tinggi yang ada di sekitar lokasi wisata. Oleh karena itu, Anda pun harus berhati hati ketika ingin mengunjunginya.

4. Menikmati Pemandangan Alam yang Indah dan Udara yang Sejuk

Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Bandung adalah Sanghyang Heuleut. Disini, Anda pun akan bisa menikmati liburan dengan panorama alam yang sangat indah. Oleh karena itu, pastinya Anda pun akan bisa mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang sejuk ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Sanghyang Heuleut Bandung

Image Credit: Google Maps (Dena Kosasih)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, destinasi wisata ini memang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Sehingga, fasilitas yang Anda temui di lokasi ini un terkesan tidak memadai dan seadanya. Bahkan Anda pun tidak bisa menemukan fasilitas umum yang tersedia di sekitar lokasi. Jalanan menuju ke lokasi ini juga masih belum dibangun dengan baik.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam yang berbeda dan cenderung tersembunyi, maka Sanghyang Heuleut menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bandung. Pastikan Anda mengunjunginya bersama dengan orang tercinta untuk menghabiskan waktu akhir pekan Anda.