Rumah Hobbit Pinewood di Puncak Bogor menghadirkan konsep wisata mirip di film The Lord of The Rings. Lengkap dengan rumah khas hobbit, hutan pinus lebat, taman bunga dan udara sejuk khas pegunungan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gandamanah No.251, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Bisa dibilang Bogor adalah surganya beragam objek wisata menarik. Khususnya daerah Puncak yang sering menjadi jujugan wisatawan untuk berlibur. Seperti House The Hobbit di Cisarua Bogor, yang konsepnya mengadaptasi latar film The Lord of The Rings. Menyajikan pemandangan alam serta wahana liburan keluarga. Penasaran apa saja keistimewaan lainnya? Simak disini.

Sekilas Tentang Rumah Hobbit Pinewood

Tentang Rumah Hobbit Pinewood
Image Credit: Facebook.com @visitbogorcom

Lokasi objek wisata ini berada di kawasan Pinewood Lodge & Organic Farm Bogor. Sebuah hotel yang mengusung tema alam, dengan nuansa hijau dan dikepung hutan rimbun. Terletak di kaki Gunung Pangrango sehingga udaranya sejuk nan menyenangkan. Anda tetap boleh berkunjung meskipun tidak menginap di hotel, cukup berkeliling sambil mengambil swafoto.

Perpaduan konsep nature dan acient menjadikan Pinewood Lodge sangat asyik untuk berlibur. Dari pintu masuk wisatawan langsung disuguhi tangga warna-warni dan deretan rumah hobbit. Replika rumah milik Frodo di film Lord of The Rings ini tentu saja menarik perhatian banyak wisatawan. Jadi tak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat keunikan dari destinasi ini.

Anda seolah sedang berada di lokasi syuting film The Hobbit karena suasananya terlihat sama persis. Rumah-rumah kurcaci dikelilingi hutan dan pegunungan, serta beberapa furnitur yang dibuat semirip mungkin. Sejauh mata memandang akan terlihat jajaran tumbuhan yang memanjakan mata. Wisatawan dijamin merasa betah berlama-lama liburan disini.

Daya Tarik Wisata Rumah Hobbit Pinewood

Daya Tarik Rumah Hobbit Pinewood
Image Credit: Google Maps (Rurie Ani)

Kalau anda mengikuti serial film The Hobbit atau pernah sekali menontonya, pasti akan terkesima dengan makhluk kecil yang berperan dalam film. Belum lagi latar tempat yang sepertinya menyenangkan bila ada di kenyataan. Tapi hal itu bukan hanya angan saja, beberapa negara sudah mewujudkannya menjadi destinasi wisata, bahkan di Indonesia bisa ditemukan di Bogor.

Cobalah berkunjung ke kawasan Puncak lalu menuju ke Pinewood Lodge & Organic Farm Bogor. Hotel ini bukan hanya menyediakan penginapan semi outdoor, tetapi juga wisata alam berbasis edukasi. Pengunjungnya berdatangan dari berbagai kalangan usia, wahana didesain aman untuk anak-anak. Bagi yang gemar swafoto tersedia pula spot foto instagramable.

Pinewood Lodge sendiri lokasinya berdekatan dengan Taman Safari Cisarua. Rutenya cukup sulit karena akes jalan hanya muat satu mobil. Selain itu kondisi jalan masih berbatu dan menanjak, jadi siapkan kendaraan dengan tenaga ekstra. Walaupun perjalanan terasa melelahkan, tapi kejutan panorama yang anda dapatkan luar biasa menyenangkan.

Ditambah kehadiran House of Habbit semakin membuat siapapun terkagum. Imajinasi akan setting tempat film Lord of The Rings seolah tampak nyata. Pohon-pohon pinus menjulang tinggi dan rimbun sehingga area wisata terkesan teduh. Berkeliling seharian pun tidak akan kepanasan, justru ditemani udara sejuk. Sangat cocok untuk tempat kabur sejenak dari pusingnya ibukota.

Salah satu keunikan dari wisata ini ialah hadirnya rumah-rumah hobbit, yang dibangun di bawah pohon-pohon pinus. Jika dilihat dari atas mirip gudukan tanah tapi dari depan seperti rumah, lengkap dengan pintu dan jendela. Rumah-rumah mungil tersebut terbuat dari kayu dan batu bata, didesain persis seperti rumah Bilbo Baggins dalam serial The Hobbit.

Keunikan rumah-rumah ini mengundang para wisatawan berkunjung. Pengunjung boleh mengbadikan momen dengan berfoto di beberapa spot. Tentunya dengan latar belakang rumah hobbit yang instagramable. Hunting foto terasa lebih menyenangkan terutama bagi para fotografer alam. Segala spotnya sangat serasi dengan lanskap alam yang dihadirkan.

Daya Tarik Rumah Hobbit
Image Credit: Google Maps (Muhammad Jamil)

Tidak hanya menghadirkan nuansa layaknya film The Hobbit, wisata House of Hobbit juga mengusung tema ala budaya Eropa. Terbukti dari adanya kincir angin Belanda serta taman-taman bunga sejenis tulip, bongolia, dan sebagainya. Bahkan pengelola wisata menyediakan sewa kostum tradisional Belanda dengan harga 25 ribu per orang, bisa dipakai untuk berfoto.

Paduan kedua konsep tersebut menghasilkan wisata kekinian yang kini diminati wisatawan. Didukung panorama alam indah yang membuat para pengunjung terpesona. Dikelilingi area hutan yang diselimuti kabut sehingga suasananya bertambah syahdu. Nuansa wisata seperti ini memberikan sensasi luar biasa serta pengalaman berlibur lebih berkesan.

Suara kicauan burung menyuguhkan rasa damai tersendiri saat berwisata disini. Aroma kayu bercampur udara minim polusi membuat hati terasa nyaman. Sangat pas bagi anda yang butuh tempat untuk refreshing pikiran. Tak jauh dari Rumah Hobbit terdapat hotel The Pinewood Lodge. Penginapan mewah yang mengusung tema menyatu dengan alam.

Bagi yang berkunjung bersama si kecil tak perlu bingung, ajak saja bermain di Kids Playground. Berbagai wahana tersedia mulai dari mini climbinh walls, flying fox, ayunan, hingga rumah pohon. Semua wahana dibuat terbuka dan aman untuk anak berlari kesana kemari. Orang tua bisa bersantai di gazebo, staff Hotel Pinewood ikut siaga mengawasi anak-anak bermain.

Pada 50 meter dari pintu masuk anda akan menjumpai Organic Farms. Lahan cukup luas yang dimanfaatkan untuk budidaya sayur-sayuran. Selain itu, jika masa panen sayur dipetik dan dijual di pasar tradisional serta supermarket sekitar. Pengunjung juga boleh ikut bercocok tanam atau wisata petik disini. Kalau beli sayur langsung di tempat ini harganya bisa agak miring.

Supaya lebih puas menikmati keelokan Rumah Hobbit, disarankan berkunjung saat weekdays. Khususnya bagi calon pengantin yang ingin foto pre wedding disini, karena pengunjungnya tidak ramai. Tapi berkunjung saat weekend juga tak kalah menyangkan, malah restoran dan cafe di sekitar Pinewood justru buka ketika akhir pekan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Rumah Hobbit Cisarua

Alamat Rumah Hobbit Cisarua
Image Credit: Google Maps (Wahyu Andre Maryono)

Tempat wisata ini beralamat di Jalan Gandamanah No. 251, Kecamatan Cisarua, Bogor. Kalau berasal dari Jakarta waktu perjalanan sekitar 1-2 jam, itupun bila jalan arah Puncak tidak macet. Bisa ditempuh dengan kendaraan sendiri maupun angkutan umum. Letaknya berdekatan dengan Taman Safari Indonesia, lebih mudahnya satu kawasan dengan Pinewood Lodge.

Selanjutnya temukan rute menuju persimpangan Taman Safari Cisarua. Kemudian ikuti jalan yang sedikit menanjak, kalau musim hujan lebih waspada karena jalan licin dan becek. Usahakan kendaraan dalam kondisi baik, sebab ada beberapa jalan yang rusak jadi harus dilewati dengan hati-hati. Ada petunjuk arah menuju lokasi wisata, jadi wisatawan tak perlu khawatir tersesat.

Untuk menikmati segala pesona yang tersedia di kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga 10 ribu per orang. Pengunjung di bawah usia 5 tahun tidak perlu membayar karcis alias gratis. Sedangkan bagi yang mengendarai kendaraan pribadi turut diminta retribusi. Untuk sepeda motor sebesar 5 ribu rupiah, mobil, 7 ribu, dan elf atau bus 10 ribu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rumah Hobbit Pinewoods

Aktivitas di Rumah Hobbit Pinewoods
Image Credit: Google Maps (Lucky76Cell Channel)

1. Menginap di Hotel Pinewoods Logde

The Pinewoods Lodge memadukan konsep alam dengan penginapan yang nyaman disinggahi. Sekelilingnya menerapkan latar tempat seperti film The Lord of The Rings, lengkap dengan wahana Rumah Hobbit. Rata-rata kamar yang tersedia bersifat semi outdoor, sehingga tamu yang beristirahat serasa dekat dengan alam.

Ada 3 jenis kamar yang ditawarkan yaitu Standart Room, Deluxe Room, dan Suite Room. Standart Room mempunyai 21 unit dengan harga 400 ribu per malam, Deluxe Room terdiri dari 16 unit dengan tarif 700 ribu per malam, sedangkan Suite Room punya total 14 unit dengan harga per malam 1,2 juta.

Paling unik ialah tipe Suite Room yang didesign 14 gaya negara berbeda. Mengusung arsitektur favorit mulai China, Maroko, Amerika, Belanda, Thailand, hingga Indonesia. Warna kamar, nuansa kamar, jenis furnitur, sampai penataan kamar mencirikan masing-masing type unit.

2. Hunting Foto Cantik

Sayang sekali bila berkunjung ke Rumah Hobbit tanpa mengabadikan berbagai spot foto. Mengingat hampir setiap sudutnya sangat instagramable. Terlebih area rumah yang designnya unik. Berfoto dengan latar belakang ini tentu saja menambah kesan tersendiri.

3. Berkeliling Area Wisata

Pengelola wisata menyediakan fasilitas Billiard dan Karaoke yang dibuka untuk umum 24 jam. Tempat hiburan ini berada satu area dengan Pinewoods Lodge, dan berkonsep outdoor. Pengunjung bisa santai dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman dekat. Bagi yang hobi menyanyi boleh unjuk bakat disini, sambil menikmati udara segar yang tak didapati di ibukota.

4. Gathering di Dome Restaurant

Restoran ini berada di samping Ruang Billiard dan Karaoke, serta berkonsep semi outdoor. Meja dan kursi ditata bersebrangan dengan kawasan Rumah Hobbit, alhasil view yang terlihat memanjakan mata. Menyediakan aneka masakan Sunda serta ala Indonesia dengan citarasa lezat. Tempatnya nyaman, bersih, dan tertata rapi jadi agenda makan bersama terasa menyenangkan.

Aktivitas Rumah Hobbit Pinewoods
Image Credit: Facebook.com (Lulu Fitria Momiicha)

5. Outbond di Camping Ground

Kalau tidak ingin menginap di Pinewoods Lodge, pilihan alternatifnya berkemah di area camping ground. Anda bisa membawa perlengkapan kemah sendiri, rasakan sensasi berkemah di bawah rimbunan hutan pinus. Area camping ground juga sering kali menjadi tempat untuk menggelar acara character building, sekaligus aktivitas outbond.

6. Foto Pre Wedding

Kombinasi konsep wisata yang disajikan Rumah Hobbit mengundang para fotografer handal untuk menjepret tiap sudutnya. Begitu pula dengan calon pengantin baru yang akan melaksanakan foto pre wedding. Tapi usahakan datang saat weekdays agar tidak terlalu ramai dan tidak mengganggu liburan pengunjung lain.

7. Wisata Edu di Kids Corner

Kalau liburan bersama anak-anak tak perlu khawatir rewel, Rumah Hobbit menyediakan arena bermain untuk si kecil. Bukan hanya wahana permainan, ada pula aktivitas menunggang kuda. Tapi sebelumnya harus memesan terlebih dulu ke staff hotel. Lainnya lagi ialah aneka bentuk rumah pohon dan area Mini Wall Climbing.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Rumah Hobbit Pinewoods Bogor

Fasilitas Rumah Hobbit Pinewoods
Image Credit: Google Maps (Iki Hapid)

Sebagai tempat wisata yang sedang naik daun, destinasi ini sudah melengkapi diri dengan banyak fasilitas pendukung. Seperti lahan parkir luas, musholla cukup besar di pintu masuk, serta toilet laki-laki dan perempuan yang bersih. Tak ketinggalan adanya restoran dan cafe yang membuat destinasi semakin komplit.

Bogor memang tak pernah kehabisan stok tempat wisata menyenangkan. Seperti Rumah Hobbit di Cisarua, Bogor yang satu lokasi dengan Hotel Pinewoods Lodge. Menyajikan wahana instagramable dengan latar tempat film The Lord of The Rings. Didukung suasana hutan pinus dan udara pegunungan yang sejuk. Dilengkapi tempat hiburan, restoran, cafe, hingga area Kids Corner.