Puncak Sawiyah, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Majalengka

Puncak Sawiyah, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Majalengka
Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Salah satu destinasi wisata baru dan cukup diminati di wilayah Majalengka, Provinsi Jawa Barat, yaitu Puncak Sawiyah. Tempat wisata ini memang recommended bagi Anda beserta keluarga jika ingin mencari tempat berlibur yang nyaman dan tenang. Disana nantinya Anda bisa menjernihkan pikiran dari penat aktivitas sehari-hari serta beban pekerjaan.

Terlebih bagi Anda yang berasal dari area perkotaan, maka pergi berlibur ke puncak merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Lokasi tempat wisata ini berada di area pegunungan, sehingga membuat udara di tempat tersebut akan terasa begitu sejuk dan segar.

Sajian spot foto yang begitu instagramable serta landscape pegunungan hijau, tentu menyajikan pemandangan yang begitu luar biasa indah. Anda mungkin tidak akan menemukan pemandangan tersebut di tempat lainnya. Segala panorama indah yang ditawarkan Puncak Sawiyah pastinya akan membuat liburan jadi makin seru.

Daya Tarik Wisata Puncak Sawiyah

Wisata Alam Puncak Sawiyah Yang Memukau Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Mva dolaemon

1. Spot Foto yang Menarik

Tempat wisata yang berada di Majalengka yang dijuluki Puncak Sawiyah ini memang tengah viral di sosial media. Banyak sekali yang membagikan momen-momen ketika mereka berada di puncak tersebut. Merasakan keseruan berada di puncak bersama dengan sahabat, teman dan keluarga, pastinya merupakan momen yang menyenangkan.

Selain dapat menikmati pesona alam, Anda pun juga bisa menikmati spot wisata yang seru dan menarik di tempat tersebut. Ada banyak sekali area foto yang instagramable bisa Anda gunakan sebagai latar belakang untuk mengabadikan momen. Karena itu, membawa serta kamera saat berkunjung ke tempat ini merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan.

2. Camping Area

Menikmati pemandangan alam yang begitu indah di wisata puncak ini tentunya tidak bisa hanya dilakukan sebentar saja. Karena pastinya Anda akan merasa kurang puas, karena itu, Anda bisa mendirikan tenda atau camping di tempat yang telah tersedia.

Wisata Alam Puncak Sawiyah Sejuk Dan Menawan Di Majalengka
Photo by Google Maps Andy Rohandy

Dengan berkemah di tempat tersebut, pastinya Anda bisa dengan leluasa menikmati segala panorama yang ada. Menyatu dengan alam sekitar memang merupakan aktivitas yang begitu menyenangkan. Terlebih jika disini Anda melakukannya bersama dengan teman-teman atau orang tercinta Anda.

3. Puncak Sawiyah dengan Lokasi Wisata Lain

Tempat wisata Puncak di Kota Majalengka ini berada dekat dengan lokasi wisata lainnya, yaitu berupa Curug Sawiyah dan Lembah Panyaweuyan. Curug Sawiyah itu sendiri adalah wisata air terjun yang lokasinya berada dekat dengan puncak. Di curug tersebutlah nantinya Anda bisa menyaksikan pemandangan berupa air terjun yang begitu cantik dan megah.

Sedangkan Lembah Panyaweuyan merupakan tempat wisata yang mana menawarkan keindahan berupa perbukitan serta area sengkedan atau terasering berwarna hijau. Menyaksikan alam di lembah tersebut akan membuat mata Anda merasa dimanjakan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka
Photo by Google Maps Cecep Yoesmadi

Mengunjungi tempat wisata alam Puncak Sawiyah nantinya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalan untuk menuju tempat tersebut memang sudah cukup bagus, sehingga Anda bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Puncak ini menjadi lokasi favorit bagi para pesepeda saat menghabiskan waktu akhir pekan.

Lokasi tepatnya dari puncak yaitu terdapat di di Banjaran, Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jika Anda berangkat ke tempat wisata dari pusat Kota Majalengka, maka nantinya Anda perlu menempuh jarak sejauh 25 km.

Atau jika Anda menggunakan mobil untuk menuju tempat ini, maka waktu yang dibutuhkan hingga akhirnya tiba di tempat wisata kurang lebih 60 menit. Jika disini Anda masih merasa bingung dengan rute untuk menuju kesana, maka Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari Google Maps.

Dengan memanfaatkan fitur dari perangkat smartphone Anda tersebut pastinya akan lebih memudahkan bagi Anda untuk menemukan rute terdekat.

Harga Tiket Masuk Puncak Sawiyah

Tiket Masuk Di Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka
Photo by Google Maps raven boy

Puncak Sawiyah merupakan tempat wisata yang bisa dibilang sangat terjangkau atau murah meriah. Hal itu dikarenakan biaya tiket masuk untuk bisa menikmati segala keindahan alam yang tersaji di sana tidaklah mahal. Anda nantinya hanya cukup membayar uang tiket masuk sebesar Rp 7.000 saja untuk tiap orangnya.

Namun sekalipun harga tiket terbilang murah, tapi dijamin Anda beserta dengan rombongan tidak akan menyesal ketika sudah berada di puncak tersebut. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka nantinya akan dikenakan biaya parkir. Untuk biaya parkir mobil yaitu sebesar Rp 5.000.

Sedangkan Anda yang membawa kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000. Area parkir yang tersedia di tempat tersebut aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir nantinya kendaraan akan hilang. Namun penting untuk diketahui, harga tiket masuk ke wisata Puncak ini bisa saja berubah tiap waktu.

Untuk jam operasionalnya sendiri Anda bisa mengunjungi tempat wisata kapan pun Anda mau, karena memang tempat ini buka 24 jam penuh. Disarankan Anda datang ketika menjelang matahari terbit atau matahari terbenam, karena momen tersebut akan membuat Anda begitu takjub.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka
Photo by Google Maps yudi kenzie

1. Menikmati Panorama Alam

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di tempat wisata ini. Salah satunya yaitu Anda dapat menikmati panorama alam sekitar yang begitu mempesona. Puncak Sawiyah Majalengka memang memiliki udara yang begitu sejuk khas daerah pegunungan.

Berada di tempat ini membuat Anda seolah tengah menjelajahi dunia Lain. Segala yang Anda lihat di sekitar benar-benar alami. Karena itu, bagi Anda yang berasal dari wilayah perkotaan dan padat penduduk, bisa merefreshingkan sejenak pikiran Anda di puncak Majalengka ini.

Lanskap alam yang begitu mengagumkan dari pegunungan membuat banyak pengunjung dari berbagai kota berbondong-bondong untuk datang ke tempat wisata tersebut. Karena itu, ketika sudah menjelang hari libur tiba, Anda tidak perlu ragu untuk segera berkemas dan meluncur ke Majalengka.

2. Berkemah

Seperti yang telah di singgung di atas, di Puncak Sawiyah tersebut Anda bisa mendirikan kemah. Di sana telah tersedia spot untuk pengunjung yang ingin bermalam dan mendirikan tenda.

Terutama bagi Anda yang tergabung dalam aktivitas pecinta alam, maka wajib untuk bermalam di puncak Majalengka ini. Namun Anda perlu menyiapkan semua perlengkapan kemah sebelum memutuskan untuk bermalam di tempat tersebut.

3. Berburu Foto

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka
Photo by Google Maps ekois Syafa

Aktivitas lain yang juga tidak boleh dilewatkan selama berada di puncak Majalengka yaitu berburu foto. Puncak Sawiyah seolah mengerti betul kebutuhan dari para fotografer. Oleh karena itu, Anda akan menemukan beberapa pengunjung yang berprofesi sebagai fotografer di tempat ini.

Banyak sekali angel menarik yang bisa diambil ketika berada di puncak tersebut. Hasil jepretan kamera dari seorang profesional di tempat yang begitu indah pastinya akan menghasilkan karya yang sangat mengagumkan. Karena itu, wajar saja jika Bukit Sawiyah menjadi sorotan banyak para pecinta fotografi.

4. Menyaksikan Majalengka dari Ketinggian

Bukit Sawiyah merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian mencapai 1.600 meter dari permukaan air laut. Hal itu akhirnya membuat puncak tersebut memiliki cuaca yang cenderung dingin dan teduh. Setelah sampai di tempat ini, maka Anda bisa menyaksikan Kota Majalengka dari atas ketinggian bukit.

Dari atas bukit ini keindahan alam Majalengka bisa Anda saksikan. Terlebih saat malam hari, gemerlap lampu kota terpancar dengan jelas. Momen tersebut merupakan saat yang paling romantis. Karena itu, disarankan bagi Anda membawa serta pasangan ke tempat ini.

5. Bersepeda

Perlu untuk Anda ketahui, kontur Bukit Sawiyah berkelok, selain itu juga Anda akan menemukan beberapa tanjakan, sehingga medan tersebut memang sangat cocok bagi para pesepeda. Terutama bagi Anda disini yang memang sangat suka single track dan tanjakan. Jalur tanjakan yang begitu menantang.

Serta turunan yang cukup panjang, menuntut keterampilan berkendara serta kewaspadaan yang baik. Karena itu, tempat ini menjadi favorit bagi mereka yang hobi bersepeda. Anda juga bisa melakukan aktivitas tersebut selama berada di bukit Sawiyah.

Fasilitas Wisata di Puncak Sawiyah

Fasilitas Di Wisata Alam Puncak Sawiyah Majalengka
Photo by Google Maps dewi kartika

Bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Puncak Sawiyah, maka Anda tidak perlu ragu-ragu lagi. Segeralah meluncur ke Majalengka untuk bisa menyaksikan keseruan dan keindahan alam yang disuguhkan oleh Bukit Sawiyah. Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Disana nantinya Anda akan menemukan musala dan juga WC. Fasilitas umum tersebut memang sangatlah penting, terutama jika Anda datang bersama dengan rombongan. Fasilitas lain yang disuguhkan oleh Bukit Sawiyah yaitu terdapat area peristirahatan. Anda bisa menemukan warung makanan yang menyajikan menu lezat dengan harga terjangkau.

Dengan adanya warung tersebut pastinya Anda tidak perlu lagi repot membawa bekal dari rumah. Anda beserta dengan rombongan bisa menikmati kuliner khas yang disajikan di Bukit Sawiyah. Selain itu, bagi Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi, di tempat wisata tersebut telah tersedia tempat parkir yang luas dan juga aman.

Puncak Sawiyah Majalengka memang merupakan tempat yang sangat recommended untuk Anda kunjungi. Datang bersama dengan kawan, pasangan ataupun sanak famili, merupakan hal yang menyenangkan. Oleh karena itulah, ketika hari libur tiba, jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati panorama alam asri tempat ini.