Puncak Mustika Manik, Pesona Alam dengan Berbagai Spot Foto Keren di Bogor

Puncak Mustika Manik, Pesona Alam dengan Berbagai Spot Foto Keren di Bogor
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat

Objek wisata alam yang menyediakan berbagai spot foto saat ini mudah sekali ditemukan. Salah satu contoh yang saat ini hits dan semakin ramai dikunjungi adalah Puncak Mustika Manik. Lokasinya yang berada di kawasan Gunung Sari, Kabupaten Bogor membuatnya memiliki pesona alam indah dari vegetasi hijau yang tumbuh subur di sekitar lokasi.

Pengunjung yang datang sebagian besar dari pasangan pemuda, tujuannya untuk berburu spot foto cantik. Adapun orang tua bersama anaknya hanya sedikit, itu pun mereka yang memang hobi liburan sambil mengabadikan momen. Kreativitas dari pengelola sangat terlihat di lokasi wisata ini, terbukti dari berbagai spot foto yang menawan.

Selai spot foto, di sini juga ada gardu pandang bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah penuh pesona. Pada umumnya, kedua aktivitas ini dilakukan bersamaan karena memang sejalan. Sambil menikmati hamparan hijau dari sawah, bukit, dan pohon rindang, berfoto pun dijamin semakin memuaskan.

Daya Tarik Wisata Puncak Mustika Manik

Daya Tarik Puncak Mustika Manik
Photo by Google Maps Sarman Sebastian

Puncak Mustika Manik berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl, cuaca yang sejuk dan tidak terlalu dingin pun didapatkan. Suguhan pandangan yang mendominasi dari perbukitan, bentuknya khas berundak dan cantik. Selain pesona alamnya, daya tarik objek wisata ini tidak lepas dari spot foto tematik.

1. Tepas Panembongan

Spot yang pertama dinamakan Tepas Panembongan dengan tema yang sederhana. Bentuknya mirip bangku santai, memiliki dua sisi yang terbuat dari susunan bambu. Bagian bawahnya terbuat dari papan yang kokoh sehingga tetap aman meskipun konsepnya menggantung. Spot ini berhadapan langsung dengan perbukitan yang memagari pemukiman warga.

2. Saung Layang

Sesuai namanya, Saung Layang yang merupakan salah satu sot foto di Puncak Mustika Manik merupakan sebuah saung yang melayang. Dilengkapi dengan kursi yang saling berhadapan, spot ini menggantung seperti halnya spot pertama. Bagian atap terbuat dari daun rumbia kering. Keunikan nya semakin terlihat dari adanya meja gantung di tengah.

3. Enggon Ratu Manik

Enggon Ratu Manik jika diartikan kedalam bahasa Indonesia kira-kira memiliki arti Tempat Ratu Manik. Spot foto ini memang dibuat mirip dengan singgasana ratu, namun bukan dengan kesan mewah. Kesederhanaan dan keunikan menjadi konsep utama objek wisata ini. Spot kali ini pun terbuat dari ranting yang dililitkan dan dibentuk hati atau love.

Spot ini sekaligus menjadikan Puncak Mustika Manik tidak hanya memiliki konsep menggantung. Sebelum menggunakan Enggon Ratu Manik, wisatawan sedikit berjalan menuju kursi yang disediakan. Sekelilingnya dipagari bambu untuk keamanan. Pengunjung membelakangi pemandangan perbukitan yang artinya digunakan sebagai latar foto.

Daya Tarik di Puncak Mustika Manik
Photo by Google Maps swing peng

4. Lawang Satawang

Dengan pengambilan sudut yang pas, Lawang Satawang dapat dijadikan spot utama di sini. Hanya berbentuk sederhana, yakni mirip pintu atau jendela dari ranting pohon. Tetapi dalam hal keindahannya tidak dapat diragukan lagi. Wisatawan yang menggunakan spot ini seperti memiliki rumah yang bagian luarnya langsung mengarah ke pemandangan alam.

5. Saung Love

Selain Saung Layang dan Saung Manuk, masih ada lagi spot di Puncak Mustika Manik yang memiliki konsep saung. Saung Love namanya, kali ini juga tidak menggantung. Terbuat dari kayu, bambu dan ranting, pengunjung hanya berpose di sebelahnya sambil menikmati pemandangan alam untuk mendapatkan hasil jepretan sempurna.

6. Sepeda Gantung

Berikutnya ada Sepeda Gantung yang semakin melengkapi spot yang ada. Selain untuk spot, sepeda yang dibuat menggantung diatas tali khusus ini digunakan sebagai wahana ekstrem. Wisatawan dapat menguji keberanian sambil berpose untuk mendapatkan foto yang cantik. Meski terkesan menakutkan, namun wahana ini sebenarnya seru dan dijamin aman.

7. Ayunan

Puncak Mustika Manik memiliki ayunan yang termasuk ekstrem, selain Sepeda Gantung. Dari namanya, spot ini merupakan sebuah ayunan yang dirangkai khusus diatas ketinggian. Pengunjung yang menggunakannya wajib mematuhi peraturan dengan memakai sabuk pengaman dan menapakkan kaki pada tali yang disediakan.

8. Sapu Terbang

Ingin terlihat seperti penyihir tidak harus menggunakan kostum lebar dan topi meruncing, hanya dengan sapu terbang pun bisa. Spot ini salah satu paling favorit dan paling unik. Berlatar pemandangan alam yang indah, hasil foto pun seolah-olah sedang terbang menggunakan sapu. Tentunya ini bisa didapatkan jika anda berhasil mengambil sudut yang tepat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Puncak Mustika Manik
Photo by Google Maps Ahmad Faisal

Alamat Puncak Mustika Manik berada di Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Bogor, yaitu hanya sekitar 30 kilometer. Namun karena banyak titik kemacetan, pada umumnya waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam 30 menit. Padahal rata-rata jarak tersebut biasanya memakan waktu hanya 1 jam.

Lain halnya apabila saat ini anda berada di Pamijahan, karena hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer. Dari Alun-alun Bogor, rute terbaik yakni menuju ke kawasan Pamijahan terlebih dahulu. Setibanya di Jalan Pamijahan, lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Gunung Salak Endah.

Melewati sepanjang jalan ini, anda akan melintasi Kolam Renang Tirta Endah, lurus saja mengikuti arah jalan utama. Perjalanan dilanjutkan menuju ke kawasan Cibatok sampai tiba di Jalan Gunung Picung. Setibanya di Jalan Bukit Panorama, pelankan kendaraan sambil melihat petunjuk. Sampai di sini perjalanan mulai menanjak, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Harga Tiket Masuk Puncak Mustika Manik

Tiket Masuk di Puncak Mustika Manik
Photo by Google Maps Melly az Zahra

Sebelum memasuki kawasan Puncak Mustika Manik, siapkan sejumlah uang untuk membeli tiket masuk. Objek wisata ini dikelola dengan baik dan layak dikunjungi. Maka pastinya ada harga yang wajib dibayarkan. Satu orang wisatawan yang datang dikenakan takrif masuk sebesar 15.000 rupiah, belum termasuk tiket masuk.

Bagi yang menganggap tiket tersebut terlalu mahal, sebaiknya berpikir ulang. Pasalnya, harga 15.000 sudah termasuk semua spot foto yang tersedia. Biasanya, spot foto semakin bertambah seiring dengan kreativitas pengelola. Hanya Gantole dan Sepeda Gantung yang belum termasuk tiket tersebut.

Mengunjungi dan menikmati Puncak Mustika Manik dapat dilakukan setiap hari selama jam buka. Tidak ada perbedaan jam operasional di sini, setiap hari dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sedikit tips, sebaiknya datang di pagi hari karena biasanya pemandangan masih terlihat segar dan pengunjung tidak terlalu ramai.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Puncak Mustika Manik
Photo by Twitter Ryan Zain

Mengenai aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di sini, hampir semuanya berhubungan dengan pemandangan alam. Bagi pemuda, kebanyakan mereka berburu spot foto untuk di posting di media sosial. Spot foto ini pun masih ada hubungannya dengan alam, yakni dibuat sebagai latar belakang.

1. Menikmati Pemandangan Alam

Aktivitas di Puncak Mustika Manik yang pertama pastinya menikmati pemandangan alam. Ini dikarenakan alamnya yang indah dan mempesona, sayang jika hanya dilewatkan begitu saja. Deretan bukit seperti lukisan alam karya Tuhan yang tiada duanya. Dengan warna hijaunya yang khas, bukit ini semakin eksotis karena kontur berundak nya.

Hamparan sawah dan perkebunan terlihat jelas ketika mengarahkan pandangan ke bawah. Sedikit menggeser arah pandangan, terlihat betapa uniknya pemukiman warga dari ketinggian. Di waktu tertentu, objek wisata ini semakin indah dengan datangnya kabut tipis yang menyelimuti.

2. Aktivitas Fotografi

Aktivitas Menarik Dilakukan di Puncak Mustika Manik
Photo by Google Maps Novi Lestari

Sambil menikmati pemandangan alam Puncak Mustika Manik, silahkan menuju antrean dari spot foto yang diinginkan. Ada banyak sekali spot yang tersedia, mulai dari yang biasa hingga yang ekstrem. Berbagai spot menyesuaikan dengan siapa anda datang. Apabila datang sendirian, ayunan dan sepeda gantung sepertinya lebih cocok.

Jika datang dengan orang terkasih, memilih spot yang dapat digunakan untuk dua orang dijamin lebih memuaskan. Contohnya adalah Saung Layang yang dilengkapi meja dan sekaligus cangkir untuk minum kopi. Bersama pasangan, suasana liburan semakin menyenangkan dan terkesan romantis.

3. Piknik Menghirup Udara Segar

Meski Puncak Mustika Manik, lebih cocok dikunjungi pemuda, tetapi tidak ada salahnya anda datang bersama keluarga. Aktivitas yang cocok dilakukan yakni piknik santai sambil menikmati udara segar di sekitar lokasi. Udara pegunungan tentunya sangat menyegarkan dan berkualitas tanpa adanya polusi.

Piknik santai di sini tidak harus menggelar tikar dan membawa perlengkapan makanan. Cukup duduk di bangku yang tersedia atau beralaskan rerumputan. Dalam hal makanannya dapat dipesan di warung terdekat. Jenis makanannya bervariasi, namun tidak terlalu banyak seperti halnya objek wisata di perkotaan.

Fasilitas Penunjang di Puncak Mustika Manik

Photo by Google Maps dasuni duni

Fasilitas di puncak eksotis ini yang paling utama adalah tersedianya spot foto cantik berlatar alam. Kreativitas pengembang terbukti mampu membuatnya menjadi salah satu objek wisata hits saat ini. Fasilitas umum yang ditemukan yaitu toilet, mushola, dan lokasi parkir. Warung yang menyediakan makanan dan minuman termasuk fasilitas penting di sini.

Kelebihan dari objek wisata di Bogor ini tidak lain karena berhasil memadukan pemandangan alam dengan spot foto yang kreatif. Seperti yang diketahui, saat ini teknologi digital semakin berkembang. Fotografi bukan lagi menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, namun termasuk kewajiban. Oleh karena itulah Puncak Mustika Manik layak dikunjungi dan sayang jika dilewatkan.