Puncak Darajat Pass salah satu destinasi wisata alam yang populer di Garut, Jawa Barat. Tempat wisata yang menawarkan pesona keindahan kota Garut dari ketinggian, kolam air panas, waterpark dan fasilitas outbound yang membuat liburan Anda lebih berkesan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Puncak Darajat No.Km.14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut, Jawa Barat.

Jawa Barat sudah terkenal sebagai provinsi yang menyediakan berbagai macam destinasi wisata yang menarik dan memanjakan. Tidak terlewatkan pula dengan Puncak Darajat Pass di Garut dengan sejuta pesona keindahan serta fasilitas yang membuat pengunjung ingin berlama lama disana. Terlepas dari pemandangan yang indah, terdapat pula pemandian air panas yang merelaksasi tubuh. Penasaran bagaimana keindahannya? Jangan lewati ulasan singkat seputar destinasi Darajat Pass berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Darajat Pass

Daya Tarik Darajat Pass
Image Credit: Instagram.com @darajatpassgarut

Pernah mendengar kawasan pegunungan di Jawa Barat yang dijuluki Swiss Van Java? Jika pernah, Anda patut mengetahui bahwa julukan itu datang dari kawasan wisata Darajat Pass. Mengapa disebut demikian? Pasalnya pemandangan serta sajian alam yang disuguhkan oleh tempat ini begitu indah dan alami, maka tidak heran jika diberi julukan Swiss Van Java.

Selain dari namanya, puncak Garut terkenal juga dengan sumber uap panas yang dapat digunakan sebagai pembakit listrik. Itulah sebabnya mengapa Darajat Pass terdapat objek wisata berupa pemandian air panas yang selalu menjadi wahana favorit para pelancong yang singgah di Jawa Barat.

Terlepas dari pemandangan alam yang menggoda untuk dinikmati kesejukannya, pada wisata alam ini juga memberikan fasilitas waterboom yang tidak kalah menarik. Tentu saja fasilitas tersebut bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan dari berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Bagi wisatawan yang menikmati liburan bersama keluarga, adanya fasilitas ini menjadi poin tersendiri ketimbang beberapa destinasi wisata lainnya. Sebab pada Darajat Pass Garut, Anda bisa menikmati permainan air sembari melihat panorama hijaunya deretan perkebunan dan pepohonan yang berada disekitarnya.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Darajat Pass

Alamat Darajat Pass
Image Credit: Google Maps (Yohandi Kristiawan)

Lokasi area wisata ini berada di kawasan wisata Puncak Darajat Garut. Yang mana lokasi tersebut cukup dekat dengan kawah kamojang, tapi sangat jauh dari Kawah Putih Ciwidey. Lokasi detailnya, terletak di pegunungan dengan ketinggian kisaran 1920 meter berada di permukaan laut.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar Bandung, Anda bisa berkunjung ke Darajat Pass Garut dengan transportasi umum seperti kereta. Apabila sudah sampai di stasiun Bandung, Anda bisa keluar di pintu selatan atau jalan stasiun timur. Sampai sana, Anda cukup berjalan kaki kisaran 200 meter dari arah timur hingga menuju ke pertigaan stasiun Timur Otista.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Garut yang Terkenal Lezat

Setelah sampai, Anda bisa langsung memutuskan untuk naik bus Damri atau TMB dari Cibeureum ke Cicaheum dan turun di Terminal Cicaheum. Setelah sampai di Terminal Cicaheum, Anda bisa lanjutkan perjalanan lagi dengan naik bus atau elf tujuan Bandung ke Garut lalu kemudian turun di terminal Guntur.

Langkah selanjutnya yakni naik angkot warna putih hijau dengan tulisan Terminal Guntur-Samarang, lalu mintalah untuk turun di pertigaan Samarang-Darajat. Setelah sampai di lokasi tersebut, Anda bisa naik angkutan desa ke Pasirwangi lalu turun di Pasirwangi. Sampai disini, perjalanan Anda sudah cukup dekat, Anda hanya perlu naik ojek lalu sampai ke Darajat Pass Garut.

Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata air lainnya, yang mana pada kawasan wisata di Garut ini juga memberikan tiket masuk untuk Anda yang ingin menikmati wisata di kawasan ini. Untuk tiket dewasa dengan usia 10 tahun keatas, akan menggocek tiket masuk kisaran 30 ribu, dan anak anak yang berada pada usia kisaran 3 hingga 10 tahun harus membayar tiket kisaran 25 ribu.

Harga tersebut merupakan harga yang diberikan apabila wisatawan datang di hari senin hingga hari jumat. Lain halnya pada hari pekan atau liburan, pada tiket anak mengalami kenaikan yakni kisaran 30 ribu. Lalu untuk jam operasional, Puncak Darajat Pass buka setiap hari selama 24 jam. Jadi Anda bisa datang di waktu kapan pun Anda inginkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Darajat Pass

Aktivitas di Darajat Pass
Image Credit: Google Maps (Arief Kurniawan)

1. Darajat Pass Waterpark

Kawasan wisata air yang berada di Garut ini memiliki wahana permainan berupa waterboom. Yang mana terdapat di dalamnya beberapa kolam, seluncuran serta wahana air yang menarik untuk dinikmati bersama dengan keluarga atau teman dekat. Adapun wahana yang paling paling banyak digemari yakni wahana giant bucket yang selalu siap menumpahkan air di bawahnya.

Pada bagian kolam renangnya dibedakan untuk anak anak dan juga untuk orang dewasa. Berdasarkan ketinggian kolam, pastinya pada kolam renang anak lebih dangkal daripada kolam miliki orang dewasa. Ditambahkan lagi bahwa pada kolam renang anak lebih banyak memiliki wahana permainan.

Satu hal yang paling menarik, yakni pada kolam renang Darajat Pass Garut memiliki air yang hangat. Kondisi ini akan sangat cocok dengan dinginnya udara sekitar Garut yang menusuk tulang. Diketahui bahwa air panas ini berasal dari sumber mata air alami yang merupakan pengaruh dari panas bumi.

2. Menikmati Pemandangan Indah

Dalam perjalanan panjang hingga menuju lokasi puncak, wisatawan disajikan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Seperti adanya sawah dan juga kebun sayuran. Dengan begitu dijamin rasa lelah yang Anda rasa akan terbayar dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Darajat Pass.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Garut yang Populer Buat Liburan

Selain itu, perjalanan juga akan terasa semakin nikmat dengan udara sejuk yang lembut membelai kulit tubuh. Tidak jarang juga pada beberapa titik pengunjung bisa menjumpai uap utuh yang membumbung. Kondisi ini tidak membuat udara sekitar menjadi panas, melainkan membuat suasana menjadi sejuk.

3. Berendam di Kolam Air Panas

Apabila ingin bersantai pada tempat wisata, pengunjung bisa menikmati kolam rendam air hangat yang memanjakan setiap bagian tubuh. Yang mana kolam rendam air panas ini bisa secara bebas dan juga sepuasnya dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung di Puncak Darajat Pass ini.

Namun sayangnya, pengunjung juga diharapkan untuk ekstra hati hati. Sebab air yang berada di dalam kolam tersebut mengandung campuran belerang. Meskipun baik untuk kulit, tetapi belerang juga dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang tidak terbiasa. Seperti mengalami kondisi sakit mual, pusing, hingga lemas yang tidak menentu.

Apabila Anda termasuk orang yang belum pernah menikmati air belerang, sebaiknya segera keluar dari kolam rendam dan juga mengeringkan diri. Cara ini dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya kondisi yang lebih parah. Pasti sangat tidak nyaman bukan ingin menikmati liburan namun malah terserang sakit.

Aktivitas Darajat Pass
Image Credit: Google Maps (Abinaya Alkhalifi)

4. Adu Adrenalin Dengan Outbond

Selain disediakan nya wahana waterboom, di Darajat Pass juga menyediakan fasilitas outbound yang terbilang lengkap. Disini Anda bisa akan dipilihkan dengan berbagai macam pilihan outbound yang menyenangkan. Baik untuk anak anak, maupun orang dewasa yang tertarik untuk mencobanya. Selain itu permainan ini juga terbagi dari yang memacu adrenalin hingga permainan santai.

Untuk yang berani dengan permainan memacu adrenalis, sebaiknya Anda mencoba permainan outbound seperti motor ATV, trampoline, flying fox dan juga paintball. Sedangkan untuk permainan santai yang bisa dicoba seperti kuda tunggang, scooter, kereta mini, dan juga edugame excavator. Untuk wisatawan berkelompok, dapat mengikuti kegiatan outbound seperti team building dan fun game.

Beberapa permainan outbond yang ditawarkan, pastinya sudah terdapat tingkat keamanan yang tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika akan memacu adrenalin dengan mencoba beberapa wahana tersebut. Tapi perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan ketika hendak mencoba beberapa wahana.

5. Lapangan Geothermal Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Hal unik yang berasal dari puncak Garut, yakni adanya sumber tenaga panas buminya. Dimana pada beberapa sudut lokasi pengunjung akan melihat asap asap yang menyembul di udara. Yang mana kumpulan asap tersebut berasal dari panas bumi dan juga mengandung bahan belerang.

Maka tidak heran apabila di wilayah puncak Garut kerap di bumi sumber air panas alami yang mengandung belerang serta bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit tubuh. Untuk PLTP yang berada di kawasan wisata ini, dikelola oleh Amoseas Indonesia Inc yang merupakan anak dari perusahaan Chevron.

BACA JUGA:  Situ Bagendit, Destinasi Ekowisata Terlengkap di Garut

Penginapan Murah di Sekitar Puncak Darajat Pass

Penginapan Darajat Pass
Image Credit: Youtube.com (Darajat Pass)

Wisatawan luar Bandung tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan penginapan. Sebab di kawasan wisata Puncak Darajat pass sudah menyediakan berbagai macam penginapan yang dekat dengan kawasan wisata. Untuk yang ingin bermalam, bisa langsung menuju ke lokasi penginapan dengan letaknya yang tidak jauh dan juga lokasi yang sangat strategis.

Adapun beberapa kamar yang bisa dijadikan penginapan bersama keluarga, seperti Room Sukalaksa. Pada kamar jenis ini, Anda akan mendapati fasilitas kamar mandi yang sudah lengkap dengan bathtub dan juga fasilitas welcome drink yang siap untuk menghangatkan tubuh setelah seharian berwisata.

Fasilitas lain yang bisa Anda rasakan yakni adanya fasilitas televisi yang menjadi pelengkap waktu bersantai. Berbicara seputar harga, untuk Room Sukalaksa pada hari biasa dibanderol harga kisaran 1 juta. Sedangkan untuk penyewaan kamar di akhir pekan, akan dikenakan tarif kisaran 1,2 juta permalam.

Penginapan lainnya selain Room Sukalaksa, Anda juga bisa menikmati penginapan Bungalow Karyamekar. Yang mana untuk tarifnya dikenakan biaya kisaran 1,3 juta untuk hari biasa. Lalu pada hari akhir pekan atau hari libur, dikenakan biaya kisaran 1,5 juta per malam. Tidak perlu khawatir untuk fasilitasnya, sebab dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati kapasitas kamar mencapai 8 orang.

Dengan fasilitas kamar yang cukup banyak, akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai kamar untuk wisatawan yang datang bersama rombongan. Tidak ketinggalan juga, bahwa pada penginapan Bungalow sudah menyediakan area balkon yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menikmati suasana menyejukkan dari Darajat Pass Garut.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Darajat Pass Garut

Fasilitas Darajat Pass
Image Credit: Instagram.com @mydarajat

Fasilitas penunjang yang berada di Darajat pass sudah cukup terbilang memadai. Pasalnya disini sudah disediakan rumah ibadah untuk umat muslim seperti musholla, kamar bilas yang bersih dan nyaman digunakan, serta toilet. Tidak ketinggalan pula adanya lahan parkir yang luas bisa memudahkan wisatawan yang membawa kendaraan pribadi pada destinasi wisata air ini.

Ditambahkan pula, bahwa di objek wisata ini sudah ada fasilitas berupa saung gazebo atau lesehan yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai selepas lelah bermain air. Selain itu adapun fasilitas wifi, ruang family gathering dan juga event organizer yang bebas dipergunakan.

Itulah ulasan lengkap seputar kawasan wisata Puncak Darajat Pass yang berada di Garut, Jawa Barat. Setelah melihat ulasan di atas, Anda bisa menjadikan kawasan wisata air ini sebagai destinasi wisata terbaik. Mulai dari pemandangan, fasilitas hingga wahana, pastinya memberikan kepuasan sendiri bagi siapapun yang berkunjung.