Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sari Ater Palasari, Ciater, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Warga Jawa Barat tentu sudah tidak asing lagi dengan Pemandian Panas Sari Ater di Subang. Pasalnya, pemandian ini termasuk yang terbesar di Jawa Barat dan paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, pemandian air panas dinilai sebagai tempat yang tepat untuk menyegarkan badan dan pikiran setelah sibuk dengan pekerjaan. Yuk mengenal lebih lanjut seputar pemandian yang populer di Subang ini.

Sekilas Tentang Pemandian Sari Ater

Tentang Pemandian Sari Ater
Image Credit: Google Maps (Wafiqul Huda)

Pemandian Air Panas ini adalah salah satu destinasi wisata yang hits dan terletak di bawah Gunung Tangkuban Perahu dengan wilayah yang sangat luas. Tidak heran jika kemudian pemandian ini mendapatkan predikat sebagai pemandian air panas terbesar di Jawa Barat. Pasalnya, luas dari pemandian air panas ini mencapai 30 hektar dengan ketinggian 800 mdpl.

Selain berasa dari mata air panas alami dari Gunung Tangkuban Perahu, suasana di Pemandian Sari Ater juga sangat sejuk karena berada di ketinggian 800 mdpl. Konon, nama dari pemandian air panas ini berasal dari sebuah pohon, yaitu pohon ater. Di zaman dahulu, banyak pohon ater yang tumbuh di sekitar pemandian saat ini. Kemudian, ada salah seorang warga yang menebangnya.

Setelah itu, muncul mata air panas dari batang pohon yang sudah ditebang. Sementara itu, wilayah tersebut sedang dilanda kekeringan yang panjang, sehingga munculnya mata air panas ini tentu membawa keberkahan tersendiri. Sejak saat itu, mata air panas dari pohon ater tersebut terus mengalir tanpa dipengaruhi oleh musim, bahkan ketika kemarau panjang sekalipun.

Itulah mengapa, pemandian air panas terbesar di Jawa Barat ini dikenal dengan nama Sari Ater. Hingga saat ini, mata airnya masih mengalir dan dibuka untuk tempat wisata. Banyak orang dari berbagai daerah yang berkunjung ke sini untuk merasakan sensasi mandi dengan air panas. Anda juga bisa mampir ke sini saat berkunjung ke Jawa Barat.

Daya Tarik Wisata Pemandian Sari Ater

Daya Tarik Pemandian Sari Ater
Image Credit: Twitter.com @panasbumi_news)

1. Memiliki Air Panas Alami

Daya tarik utama dari Sari Ater Hot Spring tentu saja adalah air panasnya yang terkenal ke seluruh penjuru Jawa Barat. Pasalnya, air panas di sini sering dijadikan tempat untuk terapi penyakit tertentu. Air panas alami sendiri memang terkenal dengan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin merasakannya.

Di sini juga tersedia beberapa pilihan kolam yang bisa Anda gunakan. Selain untuk orang dewasa, Pemandian Sari Ater juga menyediakan kolam air panas untuk anak-anak, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata berlibur bersama keluarga. Anda bisa berkunjung dengan keluarga Anda tercinta untuk menikmati air panas di sini.

2. Pemandangan Alam yang Indah

Terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, Sari Ater Hot Spring ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi dengan konsep wisata alam, Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang segar. Tempat wisata alam di Jawa Barat ini memang sangat cocok untuk Anda jadikan tempat refreshing.

3. Tersedia Kolam Rendam VIP

Jika Anda menginginkan suasana berendam air panas yang lebih eksklusif, maka di sini juga disediakan kolam rendam eksklusif yang ditujukan untuk para penyewanya. Hal ini bisa menjadi solusi yang tepat jika Anda tidak nyaman harus berendam dengan orang banyak di dalam kolam yang sama.

Untuk itu, Anda bisa menyewa kolam rendam eksklusif yang ada di Pemandian Sari Ater. Namun, tentunya penyewaan ini juga membutuhkan biaya yang lebih mahal daripada menggunakan kolam rendam umum. Akan tetapi, untuk kebutuhan yang lebih privasi, kolam rendam VIP bisa menjadi pilihan tepat. Tertarik mencoba?

Daya Tarik Sari Ater
Image Credit: Google Maps (Wafiqul Huda)

4. Banyak Wahana Wisata

Saat berkunjung ke sini, Anda tidak hanya disuguhi dengan pemandian air panas saja, melainkan banyak wahana lainnya yang bisa Anda gunakan. Di sini juga tersedia Curug Jodo dan taman yang bisa menjadi wahana bermain dengan anak-anak. Selain itu, Pemandian Air Panas Sari Ater juga memiliki wahana outbond yang bisa Anda coba.

5. Tersedia Penginapan

Pemandian ini juga menyediakan penginapan yang diberi nama Sari Ater Hot Spring Resort yang masih satu lokasi di objek wisata. Hal ini tentu akan sangat memudahkan pengunjung yang berasal dari luar daerah dan ingin menginap selama beberapa hari. Daripada Anda harus mencari penginapan lain di luar, penginapan di sini bisa Anda manfaatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pemandian

Image Credit: Twitter.com @IM3OoredooMTR

Apabila Anda ingin berkunjung ke pemandian air panas terbesar di Jawa Barat ini, Anda bisa menuju ke Jalan Raya Subang-Bandung, Desa Ciater, Kecamatan Jalan Cagak, Subang, Provinsi Jawa Barat. Lokasi wisata ini sangat mudah ditemukan karena hanya sekitar 15 menit dari Tangkuban Perahu. Akses jalannya pun sangat mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan apa pun.

Jika Anda berangkat dari Bandung, maka Anda cukup mengikuti petunjuk jalan yang ada karena sudah disediakan banyak petunjuk jalan menuju Pemandian Air Panas Sari Ater. Jarak yang perlu Anda tempuh dari Bandung untuk tiba di sini sekitar 30 kilometer. Semnetara itu, jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa melalui Tol Cikampek untuk ke Tol Cipali.

Setelah keluar dari Tol Cipali, Anda bisa menuju Tol Subang supaya tidak terjebak kemacetan di wilayah Lembang. Akan tetapi, jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka bisa berangkat dari Terminal Ledeng ke Terminal Lembang. Setelah itu, Anda bisa oper kendaraan untuk menuju ke Subang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Setelah tiba di Subang, Anda bisa turun di Jalan Gagak kawasan Desa Ciater. Lokasi ini sudah dekat dengan Pemandian Sari Ater, sehingga Anda cukup naik ojek untuk menuju lokasi wisata ini. Tarif ojek menuju lokasi ini mulai Rp 10 ribu dan bisa lebih dari itu, sehingga siapkan uang yang lebih.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sari Ater

Aktivitas di Sari Ater
Image Credit: Google Maps (Khuntari Prayetno Putri)

1. Berendam dan Berenang

Berendam dan berenang adalah kegiatan wajib yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke Pemandian Air Panas Sari Ater. Anda bisa merasakan sensasi berendam dan berenang di air panas yang menenangkan. Selain itu, air panas alami juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Pasalnya, air panas memiliki kandungan mineral, kalsium, magnesium, chloride, thermo, dan hypertherma yang tinggi. kandungan aluminiumnya juga tinggi dengan tingkat keasaman sekitar 2,45. Oleh karena itu, air panas di sini dipercaya dapat mengobati penyakit kulit dan sering digunakan untuk terapi gangguan syaraf, tulang, dan penyakit rematik.

Di sini tersedia kolam rendam VIP Mayangsari dan kolam rendam Wangsadipa. Untuk kolam rendam VIP Mayangsari terdiri dari kolam rendam anak-anak dan dewasa, sementara itu, kolam rendam Wangsadipa hanya memiliki kedalam 30 hingga 40 cm saja, sehingga cocok untuk anak-anak yang masih kecil.

Selain kolam rendam, di sini juga tersedia fasilitas di area taman jika Anda membeli tiket pool. Tersedia kolam berendam di Curug Jodo dan berendam di aliran air yang ada di sekitar taman. Tidak hanya itu, tersedia pula kolam anak yang dilengkapi dengan seluncuran untuk bermain.

2. Camping

Kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah camping karena tersedia area yang dikhususkan untuk mendirikan tenda. Anda bisa menikmati malam yang syahdu dan tenang di area Sari Ater Hot Spring. Saat camping, Anda juga bisa menikmati aliran air yang mengalir dengan lembut dan menenangkan.

Kegiatan menarik yang satu ini wajib untuk Anda coba jika Anda berlibur dengan teman-teman. Anda bisa merasakan sensasi malam di lokasi pemandian dan bisa menghabiskan banyak waktu untuk menyegarkan badan dan pikiran. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Aktivitas Menarik di Sari Ater
Image Credit: Google Maps (Teguh Suraperwata)

3. Outbond

Tidak hanya menyuguhkan wisata pemandian air panas alami, Pemandian Air Panas Sari Ater ini juga memiliki beberapa wahana wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Diantara wahana wisata yang bisa digunakan untuk outbond adalah panahan, flying fox, golf mini, bermain perahu, ATV, dan trampolin.

Wahana seperti ini akan sangat menyenangkan ketika Anda berlibur bersama anak-anak. Akan tetapi, untuk bisa menikmatinya Anda perlu membayar tiket untuk masing-masing wahana. Besaran tiketnya pun berbeda-beda sesuai dengan permaianan yang Anda inginkan. Namun, wahana ini memang sangat patut untuk dicoba saat berkunjung ke pemandian ini.

4. Hunting Spot Foto

Mengabadikan momen dengan hunting spot foto juga menjadi kegiatan wajib yang dilakukan jika berkunjung ke suatu tempat wisata. Di sini tersedia banyak spot foto keren yang bisa Anda manfaatkan untuk memotret keseruan bersama keluarga tercinta yang tentunya dengan sentuhan alami. Anda bisa puas menjelajah sekitar untuk menghasilkan foto yang bagus.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pemandian Sari Ater Subang

Fasilitasdi Pemandian Sari Ater
Image Credit: Google Maps (Iyan Budianto)

Sebagaimana tempat wisata pada umumnya, Pemandian Air Panas Sari Ater juga menyediakan fasilitas yang dapat mempermudah pengunjung. Tempat ini sudah menyediakan tempat parkir yang sangat luas, sehingga bisa memuat banyak kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga bis. Sebab, lokasi ini juga sering menjadi destinasi wisata bagi anak sekolah.

Selain itu, dalam Kawasan wisata juga tersedia mushala yang bisa digunakan untuk melaksanakan ibadah bagi pengunjung yang beragama Islam. Di sini juga terdapat banyak toilet dan kamar mandi yang terawat, sehingga membuat pengunjung yang menggunakannya merasa nyaman.

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola adalah warung yang menyediakan makanan dan minuman. Dengan demikian, Anda yang lupa tidak membawa bekal bisa mampir ke warung yang ada di sini untuk makan atau minum. Tentunya akan merasa lelah setelah berkeliling menjelajah lokasi sekitar pemandian air panas ini.

Anda berasal dari luar kota dan ingin menginap? Tidak perlu khawatir karena salah satu fasilitas yang disediakan oleh Pemandian Air Panas ini adalah penginapan, yaitu Sari Ater Hot Spring Resort. Bagi Anda yang berasal dari luar kota atau berkunjung sekaligus menginap, tidak perlu mencari penginapan di luar karena resort ini masih satu kawasan dengan lokasi wisata.