Pemandian Air Panas Ciater salah satu destinasi pemandian yang populer di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Anda bisa berendam untuk relaksasi dan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di pemandian ini.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang, Jawa Barat.

Jawa Barat masih menjadi tujuan wisata yang tidak akan membuat wisatawan bosan. Menawarkan keindahan alam, udara yang sejuk ataupun wisata sejarah bisa ditemukan di provinsi ini. Salah satunya ketika menginjakkan kaki di Kabupaten Subang, Anda bisa singgah di Pemandian Air Panas Ciater yang hingga saat ini menjadi incaran pelancong. Untuk mengetahui pesonanya, simak ulasan berikut ini.

Sekilas Pemandian Air Panas Ciater

Sekilas Pemandian Air Panas
Image Credit: Twitter.com @OZRadioJakarta

Pemandian Ciater ini memang masih menjadi destinasi hits di Subang. Bersumber langsung dari mata air kaki Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung akan dibuat rileks ketika berendam di sini. Air hangat ini sendiri merupakan akibat dari proses air tanah yang keluar dari kerang bumi, kemudian seccara geotermal di panaskan.

Air di pemandian ini memiliki suhu di atas 37 derajat Celcius, dimana suhu tersebut merupakan suhu normal dari tubuh. dan siapa yang menyangka jika aktivitas berendam air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti menghilangkan stres, memperlancar peredaran darah, meringankan sakit tulang hingga merilekskan otot otot tubuh.

Tentu saja berendam di pemandian alami akan berbeda dengan berendam air panas di rumah. Karena di dalam air panas ini mengandung belerang sehigga diyakini mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Tempat wisata yang cocok untuk keluarga ini juga memiliki kawasan yang luas, yakni mencapai sekitar 30 hektar,

Dari waktu ke waktu, pengelola terus memperbaiki tampilan Pemandian Air Panas Ciater ini. Tidak heran jika hingga kini masih menjadi destinasi andalan para wisatawan dari berbagai daerah. Baik bagi masyarakat lokal hingga masyarakat yang berasal dari luar Subang. Bahkan jika ramai, dalam sehari pengunjungnya bisa mencapai 60 ribu orang.

Pengunjung bisa memilih dua cara untuk menikmati berendam air panas. Yang pertama adalah dengan berenang di sungai yang mengalir dan berbentuk kolam. Ataupun bisa menyewa kamar kamar pemandian air panas. Untuk Anda yang ingin suasana yang lebih privasi, menyewa kamar tentu menjadi pilihan yang tepat.Objek wisata air panas ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Ciater

Daya Tarik Pemandian Ciater
Image Credit: Google Maps (Hafizhihab)

Daya tarik yang dimiliki destinasi Pemandian Air Panas Ciater ini tidak hanya pada air panasnya saja. keindahan alam yang tiada duanya. Air panas ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. mulai dari magnesium, sulfat, kalsium, juga memiliki kandungan keasaman yang tinggi lengkap dengan kadar aluminium yang juga tinggi.

Sehingga air panas ini dipercaya mampu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. mulai dari mengobati penyakit kulit, penyembuhan kelumpuhan karena darah tinggi atau stroke, hingga gangguan syaraf dan tulang. Wajar jika pengunjung tempat wisata satu ini tidak hanya untuk liburan, tetapi juga untuk menyembuhkan penyakit.

Sejumlah tempat di Ciater sendiri juga menyediakan berbagai fasilitas terapi pengobatan. Tentu saja hal ini menjadi salah satu daya tarik dan sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya. Berkunjung bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan tentu akan memberikan kesan serta pengalaman yang tidak terlupakan.

Selain pada khasiatnya, daya tarik tempat satu ini juga terletak pada sejarah di baliknya. Seperti yang sudah diketahui, sumber airnya berasal dari kaki gunung Tangkuban Perahu. Dimana masyarakat meyakini sebagai area hutan yang memiliki unsur mistis dan juga angker. Di dalam perhutanan ini ada pohon yang dikenal dengan pohon Ater.

Jika berdasarkan cerita warga setempat, awalnya desa mengalami kekeringan air. Hingga akhirnya ada seseorang yang memotong pohon ater. Siapa yang menyangka jika setelah dicabang, ada air yang deras dan jernih. Tentu saja hal ini menjadi sebuah keajaiban yang sangat disyukuri oleh masyarakat. Apalagi ternyata air yang keluar juga memiliki khasiat untuk penyakit kulit.

Bahkan hal tersebut sudah tidak diragukan lagi, karena sudah ada ahli yang mencoba untuk membuktikannya. Salah satunya adalah Hack Bessel yang mencoba melakukan penelitian melalui uji coba pada kandungan airnya. Dan memang sudah disebutkan beberapa kandungan yang dipercayai mujarab untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Alamat dan Rute Menuju Pemandian Air Panas

Alamat Pemandian Air Panas
Image Credit: Google Maps (Riski Hermansyah)

Pemandian yang cocok untuk melepas penat satu ini berada di Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang Jawa Barat. Jika Anda melakukan perjalanan dari kota Subang, maka membutuhkan jarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menitan. Sementara jika perjalanan dimulai dari Bandung, butuh menempuh jarak 32 km dan estimasi waktu 45 menitan.

Tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mengandalkan kendaraan umum untuk sampai di tempat wisata Subang ini. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa memulainya dari Terminal Bus Ledeng. Dari terminal ini silahkan pilih transportasi dengan rute Ledeng ke Lembang. Begitu sampai Lembang Anda masih harus berganti angkutan umum.

Silahkan pilih angkutan dengan rute Ledeng ke Subang dan nantinya turun di Jl. Cagak, Desa Ciater. Estimasi jika menggunakan kendaraan umum tidaklah lama, yakni sekitar 25 menit jika menghitung perjalanan dari Lembang ke Subang. Untuk menjangkau destinasi satu ini memang tidaklah sulit, apabila bingung tanda saja dengan penduduk sekitar.

Sementara jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan memulai perjalanan dari Bandung, Anda perlu untuk melintas di Jl. Dr Setiabudi. Barulah nanti melanjutkan perjalanan menuju Ledeng, Lembang, Cikole dan sampai di Ciater. Ketika sudah sampai di kawasan wisata Tangkuban Perahu, maka perjalanan Anda sudah dekat.

Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Anda bisa mengandalkan jalur Alternatif yakni melalui Jalur Tol Cikampek Bekasi atau melalui Jalanan Puncak. Menggunakan jalur tol akan lebih cepat dibandingkan dengan lewat jalur Puncak. Anda juga bisa mengandalkan GPS yang terpasang di mobil atau smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater

Harga Tiket Air Panas Ciater
Image Credit: Google Maps (Putri Rochmawaty Stany)

Untuk menikmati keindahan sekaligus kesegaran pemandian ini, Anda harus membayar sejumlah biaya sebagai tiket masuk. Perlu Anda tahu jika biaya tiket masuknya tergantung dari kolam yang diinginkan. Bagi Anda yang memilih tiket park, biaya tiketnya sekitar Rp 45 ribu. Nantinya Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas rekreasi.

Terdiri dari memasuki Pancuran Tujuh, Curug Jodo dan aliran sungai air panas. Selain itu Anda juga bisa menikmati waterpark yang terdiri dari 3 kolam air panas dan 2 kolam air biasa. Sementara untuk paket pool, harga tiketnya kisaran Rp 75 ribu. Memang lebih mahal, tetapi fasilitas yang didapatkan juga akan lebih banyak.

Yang membuatnya berbeda, Anda bisa singgah di Kolam air panas alami seperti Mayangsari, Leuwisari, Pulosari dan Wangsadipa. Anak dengan usia 3 tahun sudah wajib memiliki tiket masuk. Untuk jam operasionalnya dari pagi hingga malam, yakni mulai dari pukul 08.00 sampai 23.00 di Weekend dan hari libur. Hari biasa mulai 11.00 sampai dengan 19.00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pemandian Ciater

Aktivitas di Pemandian Ciater
Image Credit: Twitter.com @rismariyanto

1. Berendam atau Mandi Air Panas

Tujuan wisatawan ke Pemandian Air Panas Ciater memang untuk melakukan kegiatan ini. Anda bisa menemukan 10 kolam untuk berendam dan merilekskan tubuh. airnya yang hangat membuat siapapun penasaran untuk segera berendam. Ketika akan berendam, Anda harus memasukkan tubuh Anda secara perlahan.

Karena suhu tubuh yang masih belum sesuai, awalnya akan terasa sangat panas. Masukkan saja dulu kaki ke dalam air agar tubuh bisa menyesuaikan suhu. Barulah nanti Anda bisa memasukkan anggota tubuh yang lain secara perlahan. Waktu berendam yang baik sekitar 20 sampai 30 menit, karena jika berlebih akan membuat tubuh pusing juga mual.

2. Berenang

Tidak hanya memiliki kolam yang digunakan untuk berendam, Anda juga bisa menemukan kolam yang digunakan untuk berenang. Memang di pemandian ini Anda bisa menemukan kolam air hangat dan kolam biasa. Pengunjung bisa memilih kolam renang untuk dewasa maupun anak anak yang memang sudah dibedakan.

Di area kolam ini tersedia berbagai wahana waterpark yang akan membuat kegiatan berenang semakin menyenangkan. Salah satunya yang menjadi favorit adalah seluncuran. Seluncurannya tak terlalu tinggi, sehingga siapapun bisa meluncur. Di sekitar kolam Anda juga bisa menemukan tempat duduk yang bisa dijadikan tempat bersantai atau istirahat.

3. Menjajal Berbagai Wahana

Cocok disebut sebagai wisata keluarga, Anda akan menemukan wahana yang cocok untuk anak anak. Wahana seperti trampolin akan membuat si kecil tidak bosan. Atau bisa juga menaiki kereta mini yang juga seru. Perahu bebek dengan aneka warna juga bisa digunakan pengunjung berkeliling di kolam khusus. Atau mencoba wahana menembak juga panahan.

Aktivitas Menarik di Pemandian Ciater
Image Credit: Instagram.com @djadjasudradjat

4. Berkunjung ke Curug Jodo

Pada kawasan Pemandian Ciater, Anda tak hanya bisa menemukan kolam kolam saja. tetapi juga bisa sekalian singgah di Curug Jodo. Air terjun satu ini memang tidak terlalu tinggi, tapi merupakan air panas. Sehingga pengunjung tak boleh terlalu mendekat, hingga akhirnya dibangun pagar serta kolam di bawahnya untuk berenang atau berendam.

5. Berburu Oleh-Oleh

Setelah puas berendam dan berkeliling, ketika akan pulang Anda bisa singgah di bagian pasar wisatawan. Anda bisa berburu oleh oleh khas Subang di sini. Salah satu oleh oleh yang paling diburu adalah nanas madu. Anda juga bisa menawar harga ketika berbelanja di area ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pemandian Air Panas Ciater

Fasilitas di Pemandian Air Panas
Image Credit: Google Maps (Adi Wardoyo)

Fasilitas yang bisa Anda dapatkan di wisata pemandian satu ini sangatlah banyak. Mulai dari Bungalow yang bisa dijadikan tempat untuk bermalam bersama keluarga atau teman teman. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan sekitarnya lebih lama. Selain itu, Anda juga bisa menemukan Area Outbond yang bisa menjadi area untuk memacu adrenalin.

Sangat cocok untuk Anda yang sudah bosan berendam, penikmat fasilitas ini memang lebih banyak didominasi oleh anak anak juga kawula muda. Berbagai aktivitas yang ditawarkan di area outbond ini memang akan menguras tenaga. Bagi Anda yang ingin merilekskan tubuh, terapi pijat bisa dijadikan sebagai pilihan yang memang menjadi fasilitas di sini.

Untuk Anda yang tak sempat membawa bekal, tenang saja di kawasan pemandian ini menyediakan restoran dengan saung saung dan gasebonya. Menu makanan yang ditawarkan beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan selera Anda. fasilitas lain seperti kamar bilas, toilet, mushola dan wahana permainan juga bisa Anda temukan.

Menghabiskan liburan dengan berendam air panas merupakan pilihan yang tepat. Apalagi memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Pastikan jika Anda mempersiapkan berbagai keperluan sebelum Anda tiba di Pemandian Air Panas Ciater, Subang. Tidak ketinggalan membawa kamera untuk mengabadikan semua kegiatan Anda. bagaimana tertarik untuk singgah di wisata satu ini?