Pasir Pataya, Destinasi Wisata Alam yang Memukau di Tasikmalaya

Pasir Pataya, Destinasi Wisata Alam yang Memukau di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ciakar, Kec. Cibeureum, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Selain mendapat julukan sebagai Kota Santri, Tasikmalaya juga merupakan daerah yang memiliki segudang potensi wisata alam sekaligus piknik yang mendidik. Salah satu destinasi wisata alam dan edukasi tersebut yaitu Pasir Pataya. Tempat wisata ini pernah viral di media sosial, sebab konsep wisata ini sangat unik dan menarik.

Pada mulanya, kawasan yang memiliki luas 43 hektar rencananya akan dibuat lahan perikanan, pertanian dan juga kawasan industri. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu animo masyarakat mengharapkan agar area tersebut dijadikan tempat wisata. Hal itu bisa dilihat dari antusiasme warga lokal yang sering berkunjung ke lokasi, sebelum tempat ini diresmikan.

Daya Tarik Wisata Pasir Pataya

Daya Tarik Pasir Pataya
Photo by Google Maps Awan

Zona berlibur Pasir Pataya bukan daerah yang dipenuhi dengan pasir, sebagaimana nama depannya. Akan tetapi merupakan lokasi rekreasi berkonsep agrowisata dan sarana untuk belajar, khususnya mempelajari tentang cara bercocok tanam dan juga bisa digunakan sebagai tempat menggali ilmu mengenai metode memelihara ikan.

1. Area Agrowisata

Tidak terlalu sulit untuk membuat area agrowisata, sebab destinasi wisata alam ini memiliki lahan hampir mencapai 50 hektar. Sehingga sangat mudah untuk membuat lahan dengan berbagai jenis tumbuhan. Saat ini, lokasi wisata alam adan agrowisata tersebut terdapat kebun durian, jeruk, salak, dan juga kebun pepaya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari kawasan piknik ini. Ketika perjalanan menuju tempat wisata terasa jenuh dan melelahkan, saat tiba di lokasi, hal utama yang menarik adalah menuju kebun tersebut. Karena berjalan santai menuju kebun, wisatawan akan di temani pepohonan hijau, indah, sejuk dan segar. Selain itu, berbagai pohon yang berbuah bisa dinikmati di lokasi saat itu juga.

2. Kolam Renang

Jika berkunjung ke agrowisata sudah terlaksana yang menjadi pemikat pertama dari Pasir Pataya, daya tarik berikutnya yaitu tersedia kolam renang. Pada kawasan ini, wisatawan akan di buat takjub dan terpesona. Karena zona tersebut di desain dengan bentuk hati yang melambangkan cinta, harapannya agar pengunjung mencintai renang dan alam sekitarnya.

Kolam renang di daerah ini terdapat tiga buah dengan berbagai ukuran dan kedalaman, sehingga cocok digunakan oleh segala usia. Apabila anak kecil ingin berenang, ada tempat yang memiliki kedalaman 40 cm dan dilengkapi dengan seluncuran. Sedangkan bagi usia remaja, terdapat kolam yang mempunyai debit 90 cm, dan kedalaman 1,5 meter untuk orang dewasa.

3. Tempat untuk Outbound

Masih terdapat daya tarik lain selain area agrowisata dan kolam renang di Pasir Pataya, yaitu banyak tempat untuk outbound anak dan remaja. Beragam permainan yang dapat dilakukan di kawasan berlibur ini, dimana berbagai game tersebut dapat memadukan antara kecerdasan, fisik dan mental. Sehingga otak, jiwa dan raga mereka terasah dan terbiasa untuk berkompetisi.

Adapun berbagai jenis outbound yang ada di zona ini yaitu jembatan layang yang semua bahannya terbuat dari tali. Pada permainan ini dapat melatih konsentrasi, keseimbangan dan ketelitian pada anak. Masih terkait game jembatan tali, namun yang satu ini lebih mudah, sebab terdapat pijakan dari kayu di bawahnya, dan ada flying fox, serta yang lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Pasir Pataya
Photo by Google Maps fidaul muttaqien

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke Pasir Pataya, daerah tersebut berada di Jalan Padati, Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibereum, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Destinasi wisata alam agrowisata sekaligus tempat edukasi ini terletak di area yang cukup strategis, sehingga dapat diakses oleh sepeda motor maupun mobil.

Jika pengunjung memulai perjalanan dari Jalan Raya Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, maka jarak tempuh sejauh 53 km. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi sekitar 1 jam 30 menit. Sepanjang jalan yang di lalui tidak ada lubang yang berarti, sebab sudah beraspal. Jika kebingungan di jalan, gunakan Google maps. Sebab daerah ini dapat mengakses aplikasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Pasir Pataya

Harga Tiket Masuk Pasir Pataya
Photo by Google Maps Annisa Ichaa

Meskipun Pasir Pataya dicintai, diminati dan dikunjungi banyak wisatawan, namun harga tiket masuk area ini tidaklah mahal. Hanya menyiapkan uang senilai Rp. 10.000 untuk anak kecil, dan Rp. 15.000 bagi orang dewasa, anda dan keluarga sudah bisa masuk dan menikmati berbagai daya tarik dan fasilitas yang ada.

Adapun jadwal kawasan wisata alam agrowisata buka mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu, buka setiap hari atau tidak ada hari libur. Sedangkan jam operasional lokasi piknik yang asyik dan menarik ini, mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 17.00 WIB. Segera tentukan hari apapun untuk berlibur ke lokasi tersebut bersama keluarga, dengan jam yang sudah tertera.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Pasir Pataya
Photo by Google Maps aa rahmat

Liburan akan semakin seru dan menyenangkan jika di lakukan bersama teman atau keluarga, begitu juga saat berwisata ke Pasir Pataya. Sebab destinasi wisata ini berkonsep agrowisata dan dapat memberikan edukasi anak usia sekolah, bahkan orang dewasa. Oleh karena itu, perlu disampaikan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan sini.

1. Berendam dan Berenang

Rasa penat, lelah dan letih saat perjalanan yang memakan waktu hingga hampir dua jam, membuat tubuh butuh kesegaran. Pada saat itulah berendam dan berenang menjadi aktivitas menarik yang bisa anda nikmati di zona ini. Sebab tidak hanya sekujur tubuh yang dapat merasakan kesegaran air yang bersih dan jernih, namun hawa sejuk dan udara segar juga dapat anda rasakan.

Selain itu, panorama alam yang indah mempesona dan kolam renang yang dibangun dengan bentuk hati atau melambangkan cinta, semakin menambah ketenangan dan ketentraman. Oleh karena itu, berendam dan berenang di kawasan wisata ini mendapatkan beragam manfaat, sehingga hal ini menjadi aktivitas yang seru dan menarik untuk dikerjakan.

2. Berjalan Menyusuri Sawah

Bagi anda dan keluarga yang tidak terlalu tertarik dengan kegiatan berendam dan berenang di Pasir Pataya, atau tidak membawa baju ganti, berjalan menyusuri sawah menjadi alternatif lain. Karena destinasi wisata alam ini juga memiliki pemandangan yang cantik dan eksotik. Aktivitas menarik tersebut lebih asyik dan menarik jika dilakukan bersama anak dan istri.

Pada zona ini terdapat jembatan kayu yang memanjang dari area utama wisata hingga menuju ke tengah sawah. Berjalan santai bersama keluarga sambil menghirup udara segar kaya akan oksigen, serta melihat pemandangan sawah adalah hal yang seru untuk dilakukan. Selain itu, pepohonan hijau beraneka jenis, seperti pohon kelapa, pisang, pepaya dan lainnya juga dapat disaksikan.

3. Berkemah Bersama Teman atau Keluarga

Aktivitas menarik berikutnya di Pasir Pataya yaitu berkemah bersama teman atau keluarga. Kegiatan ini sering dilakukan oleh para pengunjung, sebab di area ini juga tersedia lahan untuk camping ground. Bahkan berbagai lembaga pemerintah maupun sekolah pernah membooking tempat ini untuk kegiatan berkemah, jumlahnya hingga mencapai ratusan peserta.

Namun ada juga yang berkemah secara mandiri, bersama teman maupun beserta keluarga mereka. Selain menikmati beragam keindahan alam, tampak begitu ceria dan bahagia wajah mereka saat membuat tenda, menyiapkan kayu untuk api unggun, memasak dan beragam aktivitas menarik lain dalam berkemah.

Fasilitas Penunjang di Pasir Pataya

Fasilitas Pasir Pataya
Photo by Google Maps Awan

Melengkapi sarana yang tersedia di tempat wisata Pasir Pataya, ada fasilitas penunjang yang tersedia demi keamanan dan kenyamanan para pengguna berbagai zona. Adapun fasilitas tersebut adalah area parkir untuk sepeda motor dan mobil, ada juga toilet bagi pria dan wanita. Selain itu, terdapat Masjid untuk beribadah, kamar ganti, serta berbagai sarana lainnya.

Objek wisata ini bukan kawasan berlibur yang biasa saja, namun destinasi wisata alam ini merupakan tempat rekreasi yang luar biasa, daerah piknik yang menarik untuk dikunjungi. Karena selain dapat menyegarkan pikiran, Pasir Pataya menawarkan berbagai keahlian dalam bercocok tanam maupun melakukan beragam kegiatan seru dan menantang.