Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Juntikedokan, Kec. Juntiyuat, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki ribuan pulau di dalamnya. Saat memasuki waktu liburan, anda tidak perlu dipusingkan lagi akan mencicipi destinasi wisata mana karena akan tersedia destinasi wisata bahari yang mampu membuat anda terpukau. Salah satunya yaitu Pantai Tirtamaya yang berada di Indramayu, Jawa Barat. Pantai ini memiliki permainan air dan fasilitas yang memadai bisa anda jadikan rekomendasi liburan yang berkesan. Penasaran keindahannya? Simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Tirtamaya

Daya Tarik Pantai Tirtamaya
Image Credit: Instagram.com @aboutindramayu

Sudah tidak perlu diragukan lagi akan keindahan pantai di Indramayu ini. Sebab, pantai ini sudah amat dikenal bagi masyarakat kota Indramayu maupun para pelancong yang senang berpetualang menikmati destinasi wisata air. Selain itu, Pantai Tirtamaya Indramayu juga selalu dibanjiri pengunjung terlebih pada musim liburan.

Karena deburan ombak yang tidak terlalu kencang dan besar, pengunjung bisa menikmati kegiatan berenang hingga sejauh 50 meter dari bibir pantai. Pastinya dengan keamanan yang terbilang sudah terjamin. Tidak perlu khawatir juga untuk anda yang membawa si kecil, mengajak bermain air di sekitar pantai bisa dijadikan sebagai liburan yang paling berkesan.

Pantai yang menjadi kebanggaan warga Indramayu ini masuk ke dalam kawasan pantai utara pulau Jawa yang terbilang cukup fenomenal, apalagi sebelum adanya abrasi pada kisaran tahun 90an. Akibat dari abrasi yang terjadi, mengakibatkan banyak lahan pertanian yang rusak dan hancur.

Namun pada penyelenggaraan PON atau Pekan Olahraga Nasional yang ke sepuluh, banyak dilakukan perbaikan pada Pantai Tirtamaya Indramayu ini. Lalu hingga sekarang pun sudah banyak dibangun penahan ombak agar kejadian abrasi yang pernah terjadi beberapa tahun silam tidak akan terulang lagi.

Pada pantai yang memiliki luas kisaran 50 meter ini, pada bibir pantai ditumbuhi jejeran pepohonan yang membuat pantai menjadi lebih rindang dan asri. Untuk anda wisatawan yang tidak ingin berenang, cukup duduk dan bersantai di area bibir pantai sudah bisa memberikan udara serta semilir angin yang sejuk.

Tidak ketinggalan juga dermaga yang menghiasi keindahan pantai. Dimana dermaga dijadikan sebagai tempat berlabuh kapal boat. Biasanya beberapa kapal tersebut digunakan wisatawan untuk menuju Pulau Biawak yang lokasinya tidak jauh dari lokasi pantai.

Jika anda beruntung, tidak menutup kemungkinan kedatangan pengunjung disini bertepatan dengan pelaksanaan konser musik atau pesta laut tahunan yakni Nadran. Hal tersebut dikarenakan pantai yang berada di Jawa Barat ini sering dijadikan sebagai tempat acara acara besar yang dihadiri oleh banyak penonton.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Tirtamaya

Alamat Pantai Tirtamaya
Image Credit: Google Maps (Noneng Rahayu)

Pantai Tirtamaya berada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jarak lokasi wisata dengan pusat kota sekitar 20 kilometer. Sehingga waktu perjalanan yang harus anda lalui kisaran 30 menit. Mungkin waktu ini cukup lama untuk anda yang kurang senang perjalanan jauh, tetapi rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan dengan panorama indah dari kawasan pantai.

Rute yang bisa dilalui, dimulai dari bundaran Mangga dengan melewati jalan Soekarno Hatta ke arah timur menuju Jalan Raya Mulya Asri. Selanjutnya, anda bisa langsung menuju jalan Raya Cirebon – Indramayu. Setelah itu belok ke jalan Raya Juntinyuat, dan anda sudah dapat menemui petunjuk bahwa lokasi kawasan Pantai Tirtamaya sudah dekat.

Jika anda berasal dari arah Cirebon, jaraknya lumayan jauh yaitu kisaran 40 kilometer. Dengan jarak tersebut, anda bisa memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam lamanya. Namun anda tidak akan merasa bingung karena rute yang akan dilewati untuk sampai ke kawasan wisata merupakan jalan besar atau jalanan raya.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Tirtamaya

Harga Tiket Pantai Tirtamaya
Image Credit: Twitter.com @tresna_foto

Objek wisata Pantai Tirtamaya memberikan harga yang berbeda untuk setiap pengunjung yang datang. Tiket masuk di hari biasa, untuk anak anak yaitu berkisar 5 ribu per orangnya, sedangkan untuk dewasa dikenakan harga tiket kisaran 10 ribu. Namun harga itu akan berbeda jika anda datang ke kawasan wisata ini pada hari libur atau akhir pekan.

Anak anak dikenakan harga 6 ribu, selanjutnya orang dewasa akan dikenakan biaya 12 ribu. Meskipun harga ini berbeda antara hari libur dan hari biasa, tetapi harga tiket yang diberikan terbilang sangat terjangkau. Pastinya akan sangat cocok untuk anda yang memiliki biaya minim untuk menikmati liburan.

Karena wisata pantai ini terkenal dengan panorama matahari terbenamnya yang rupawan, maka dari itu wisata pantai ini dibuka dari pagi hingga waktu petang. Yaitu pada pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Bagi anda wisatawan yang datang dari kota yang cukup jauh, anda bisa mempertimbangkan waktu keberangkatan dengan jam buka pantai ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tirtamaya

Aktivitas Dilakukan di Pantai Tirtamaya
Image Credit: Google Maps (Sumanto Lintang)

1. Bermain Air atau Berenang

Kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah bermain air di tepian atau berenang. Meski anda tidak bisa melakukan kegiatan snorkeling ataupun diving karena faktor ombak yang terkadang besar, anda bisa menggantinya dengan bermain air atau bermain pasir di tepian.

Pantai Tirtamaya bukanlah pantai yang memiliki pasir putih, namun pasir yang terdapat pada pantai ini memiliki warna kecoklatan yang dijadikan sebagai ciri khas pantai. Meskipun demikian, pasir pantai disini sangat lembut sehingga aman digunakan untuk bermain bersama anak anak.

Untuk anda yang hobi berenang, tentu anda bisa melakukannya di Kawasan pantai ini. Meskipun kegiatan berenang sangatlah menyenangkan, tapi jangan lupakan keselamatan saat berenang. Jika anda masih belum mahir berenang, sebaiknya jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

Pihak pantai juga telah menyediakan penyewaan ban atau perahu karet yang bisa menemani waktu berenang yang mengasyikkan. Tidak sedikit pula para orang tua beserta anaknya yang bermain dengan menggunakan ban karet. Harga penyewaan juga terjangkau, yaitu pada kisaran 10 ribu. Sedangkan untuk menyewa perahu karet, anda cukup mengeluarkan uang kisaran 15 ribu saja.

2. Hunting Foto

Kegiatan berwisata akan kurang lengkap rasanya tanpa mengabadikan foto bersama dengan panorama wisata alam yang ditampilkan. Begitu pula pada Pantai Tirtamaya yang menyuguhkan pemandangan pantai yang sangat cantik dan instagramable. Sangat cocok untuk anda yang hobi fotografi.

Sedikit tips untuk anda yang ingin hunting foto, dimana anda bisa mengambil gambar atau mengabadikan momen pada malam hari. Yang mana pada waktu tersebut pantai akan terlihat cantik dengan adanya hiasan aneka cahaya lampu yang berada di sekitaran area pantai.

3. Menikmati Panorama Sunrise dan Sunset

Pengunjung yang senang menikmati suasana sunrise dan sunset, anda tidak perlu ragu lagi untuk datang ke destinasi yang satu ini. Pasalnya, di tempat ini akan disuguhkan pemandangan keindahan terbit dan terbenamnya matahari. Dengan warna langit yang kuning keemasan ketika matahari akan terbenam.

Biasanya pemandangan mempesona inilah yang membuat para wisatawan menanti nantikannya. suasana Panorama matahari yang indah bisa dijadikan objek paling menarik saat proses pengambilan gambar ataupun mengambil foto selfie bersama keluarga, pasangan atau sahabat dekat.

Aktivitas di Pantai Tirtamaya
Image Credit: Google Maps (Sumanto Lintang)

4. Naik Perahu

Selain penyewaan ban karet untuk menemani berenang, disini juga anda dapat menaiki perahu yang dapat disewa dengan harga kisaran 10 ribu per orangnya. Harga tersebut sangat terjangkau dengan pemandangan pantai yang menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai cara melepas penat.

Menikmati suasana pantai sambil berkeliling menyusuri laut di atas perahu akan meninggalkan kesan tidak terlupakan setelah berlibur. Deburan ombak yang tidak terlalu besar serta hempasan angin yang menemani akan membuat anda tidak ingin cepat cepat beranjak dari Pantai Tirtamaya.

5. Berburu Kuliner

Mengunjungi pantai yang berada di Kabupaten Indramayu ini, anda tidak akan merasakan perut lapar apalagi jika lupa membawa bekal. Sebab, terdapat banyak warung makan siap saji yang bisa anda kunjungi untuk memanjakan perut dan lidah dengan sajian makanan yang menggugah selera.

Menu makanan yang dihidangkan mulai dari makanan khas Indramayu, dan juga makanan hewan laut atau seafood. Selain itu ada minuman ringan yang bisa anda nikmati, seperti es kelapa muda yang segar dengan harga yang relatif murah dikantong. Sangat cocok dinikmati sambil melihat pemandangan laut yang mempesona.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Tirtamaya Indramayu

Fasilitas di Pantai TirtamayA
Image Credit: Google Maps (Supri Yatno)

Lengkapnya fasilitas penunjang yang disediakan pada area wisata menjadi pertimbangan untuk para wisatawan. Tidak usah khawatir lagi bagi anda yang ingin singgah di Pantai Tirtamaya. Sebab, fasilitas penunjang yang ada di kawasan wisata ini sudah cukup memadai bagi para pengunjung.

Adapun fasilitas yang bisa anda dapatkan seperti area parkir kendaraan yang luas, jadi tidak perlu pusing lagi untuk mencari tempat parkir yang aman untuk kendaraan pribadi yang anda bawa. Toilet dan kamar mandi pun diakui sangat memadai oleh para pelancong. Selain itu terdapat pula tempat ibadah yaitu musholla untuk wisatawan yang beragama Islam.

Setelah melihat daya tarik serta keindahan dari Pantai Tirtamaya di Indramayu, pasti anda semakin penasaran untuk segera datang kesini. Jika iya, tentukan waktu liburan anda sesegera mungkin. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan biaya baik itu tiket masuk maupun biaya untuk menikmati hidangan dan jajanan lezat yang menggugah selera.