Pantai Tanjung Pakis salah satu wisata pantai yang populer di Karawang, Jawa Barat yang menarik dieksplor pesonanya. Pantai berpasir cokelat ini menyuguhkan pemandangan alam nan indah dan beragam kegiatan seru.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjungpakis, Kec. Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Karawang yang terletak di provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu kota industri terbesar yang ada di Indonesia. Ternyata kota industri ini juga memiliki beberapa objek wisata apik dan ciamik yang bisa Anda kunjungi. Sebut saja seperti Pantai Tanjung Pakis. Wisata pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dan fasilitas memadai, yang cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Pakis

Daya Tarik Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Twitter.com @siiialan

Wisata pantai sendiri memang menjadi favorit bagi banyak orang. Karena udara khas pantai tidak selalu bisa dirasakan sehari hari, bagi mereka yang bertempat tinggal di tengah kota dengan pemukiman padat. Tentunya udara pantai yang sejuk dan ditemani oleh suara debur ombak yang tenang, mampu membuat pikiran lebih rileks dan melepaskan penat dari aktivitas sehari hari.

Bayangan dari pabrik hingga gedung perkantoran yang menjulang tinggi, seolah sirna ketika menjejakkan kaki di Pantai Tanjung Pakis. Benar benar membuat para pengunjungnya seolah menyatu dengan alam. Bahkan keindahannya pun mampu membius siapapun yang melihatnya, dan membuat para pengunjung semakin betah dengan kenyamanan yang diberikan.

Meski tidak memiliki pasir putih layaknya beberapa pantai lainnya, namun pasirnya yang putih kecoklatan terasa begitu lembut di mata kaki. Butirannya yang begitu hasil tersebut akan membuat Anda merasa nyaman ketika menapakinya. Sehingga aktivitas seperti menyusuri garis pantai yang panjang, bisa Anda lakukan dengan bertelanjang kaki.

Anda juga tidak perlu khawatir akan terantuk batuan karang ketika menyusuri garis panta tersebut. Karena dari sepanjang mata memandang, tidak terlihat batuan karang yang mengganggu di area bibir pantai. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan rekreasi keluarga dengan membawa putra putri mereka di sini.

BACA JUGA:  10 Mall di Karawang yang Paling Populer

Tanpa batuan karang yang mengganggu dan hadirnya ombak laut yang cukup tenang, membuat anak anak bisa bermain begitu dekat dengan laut. Meski begitu, jika Anda membawa si kecil kemari tentu harus tetap waspada dan senantiasa mendampinginya. Untuk menghindari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Selain itu, daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Pakis terletak pada suasananya yang begitu menenangkan. Di pinggiran pantai, Anda bisa menemukan deretan pepohonan rimbun. Dimana area tersebut banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bersantai menikmati pemandangan laut, ditemani dengan angin sepoi sepoi yang menerpa wajah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Pakis

Alamat Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Twitter.com @proleevo

Secara administratif, Pantai Tanjung Pakis berada di kabupaten Karawang. Tepatnya di Desa Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang. Namun jika ditilik secara geografis, pantai tersebut terletak begitu dekat dengan kabupaten Bekasi. Sehingga jika Anda berkendara dari pusat kota Jakarta, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dan dari Bekasi hanya memerlukan 2 jam..

Akses menuju lokasi pantai ini mungkin sudah cukup bagus dilalui oleh berbagai kendaraan. Namun karena lokasi ini berada di desa, maka sebaiknya Anda menggunakan transportasi pribadi jika ingin berkunjung. Karena tidak terdapat angkutan publik yang benar benar melewati area tersebut.

Selama perjalanan menuju objek wisata bahari tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan sawah yang begitu luas khas Karawang-Bekasi. Dan bila Anda bertandang pada musim tanam, maka hamparan hijau akan memenuhi sawah tersebut sejauh mata memandang. Sedangkan pada musim panen, Anda bisa melihat aktivitas para petani yang sedang memanen padi.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pakis

Harga Tiket Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Google Maps (Samudra Jarqowi ZulQarnain)

Untuk menikmati keindahan dari Pantai Tanjung Pakis, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam. Sebab harga tiket masuk yang dibanderol untuk memasuki kawasan wisata bahari tersebut terbilang sangat murah. Yakni sekitar 5 ribu rupiah saja per orangnya, belum termasuk biaya parkir.

Biaya parkir di sini dikenakan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua, dan 10 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat. Namun tiket masuk ini berlaku sebelum terjadinya pandemi covid 19. Selama masa adaptasi new normal, tiket masuk diberlakukan diskon sekitar 50 persen untuk para pengunjung.

Tentunya harga tersebut bisa berubah kembali sewaktu waktu, entah dikembalikan pada harga semula atau bisa juga lebih tinggi apabila fasilitasnya sudah ditingkatkan. Pastinya harga yang telah disebutkan ini hanya termasuk tiket masuk dan biaya parkir, tidak mencakup biaya pribadi lainnya seperti makan atau minum dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Karawang yang Terkenal Lezat

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Pakis

Aktivitas di Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Google Maps (Yohanes Gunawan)

1. Bermain Air

Bermain air tentu menjadi salah satu kegiatan utama yang dapat dilakukan di pantai. Bahkan Anda bisa mengajak putra putri untuk bermain air sepuasnya di sini. Sebab ombaknya tidak begitu besar, karena kondisi pantai yang cenderung landai membuat ombak pecah sedikit jauh ke tengah.

Berbagai permainan air pun bisa Anda jajal di Pantai Tanjung Pakis. Sebab pihak pengelola telah menyediakan persewaan banana boat. Sehingga Anda bisa mencoba naik pelampung berbentuk pisang tersebut, dan merasakan sensasi ditarik dengan kecepatan tertentu kemudian dihempaskan ke lautan.

Selain banana boat, ada pula berbagai pelampung lainnya yang disewakan untuk pengunjung. Sehingga wisatawan yang ingin bermain main di laut bisa langsung menyewa pelampung tersebut. Belum cukup sampai di situ, ada juga persewaan wahana balon mainan untuk anak anak bermain di bibir pantai.

2. Menikmati Indahnya Pantai

Pantai memang selalu memberikan keindahan yang menawan, tak terkecuali dengan Tanjung Pakis tersebut. Apalagi suasananya begitu pas untuk bersantai. Anda bisa duduk di bawah pepohonan pinggir pantai, dan menikmati keindahan sekitar. Di sana sudah tersedia beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Jika tidak mendapat gazebo, Anda juga bisa membawa tikar dari rumah dan menggelarnya di bawah pohon atau tepian pantai. Duduk di atas pasir sambil beralaskan tikar dan menikmati pemandangan sekitar membuat suasana semakin santai. Pastinya semua penat yang dirasa akan hilang seketika.

Aktivitas Menarik di Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Google Maps (Anita Aziz)

3. Menikmati Kuliner Laut

Sembari menikmati keindahan pantai, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas laut yang ada di sana. Terdapat beberapa warung di tepian pantai yang menyediakan berbagai menu olahan ikan laut. Rasanya sendiri tidak perlu Anda tanyakan, dijamin lezat dan memanjakan perut. Tentu akan sangat nikmat bersantai di bawah pohon rindang sambil menikmati kuliner laut lezat.

4. Berfoto di Dermaga Kayu

Pantai Tanjung Pakis memiliki dermaga yang terbuat dari kayu. Karena terbuat dari kayu, warga sekitar menyebutnya sebagai Dermaga Kayu. Dermaga ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang banyak diburu oleh wisatawan. Pasalnya foto yang diperoleh pada spot tersebut, bisa menyajikan latar belakang laut yang begitu apik.

Waktu yang banyak dipilih untuk mengabadikan momen di Dermaga Kayu yaitu ketika sudah masuk sore hari. Karena pada saat tersebut matahari mulai turun ke peraduan, dan membuat semburat senja menjadi latar belakang yang begitu indah berpadu dengan hamparan laut. Pemandangan ini begitu sempurna ditangkap oleh kamera.

BACA JUGA:  Candi Jiwa, Candi Tertua Peninggalan Kerajaan Tarumanegara di Karawang

Selain karena alasan tersebut, Dermaga Kayu banyak dikunjungi karena tempatnya yang agak menjorok ke arah laut. Sehingga membuat para pemancing bisa lebih dekat dengan ikan, dan ikan yang dipancing pun bisa lebih banyak. Jadi jangan heran bila saat berkunjung kemari Anda menemukan para pemancing yang duduk di tepian dermaga.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Tanjung Pakis

Penginapan Sekitar Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Penginapan.net

Apabila Anda tidak ingin kehilangan suasana seru dari pantai cantik ini, maka bisa juga bermalam di sekitar sini untuk menikmati momen matahari terbenam dan matahari terbit. Pasalnya warga sekitar membuka penginapan sederhana, yang ditujukan untuk para wisatawan yang ingin menginap.

Penginapan ini dibuka atas dasar banyaknya para wisatawan yang ingin terus menikmati keindahan yang tersaji. Biaya penginapan yang dibanderol per malamnya juga cukup murah, yaitu sekitar 100 hingga 150 ribu rupiah untuk dua orang. Namun seperti yang disebutkan, ini adalah penginapan ala kadarnya sehingga fasilitasnya juga terbatas.

Fasilitas Tersedia di Pantai Tanjung Pakis Karawang

Fasilitas di Pantai Tanjung Pakis
Image Credit: Google Maps (Arrijal Makki)

Fasilitas yang disediakan oleh Pantai Tanjung Pakis terbilang cukup lengkap, untuk standar pantai rakyat. Mulai dari area parkir yang sudah disediakan dengan baik untuk berbagai kendaraan, warung warung di tepi pantai yang menyediakan berbagai makanan dan minuman hingga cinderamata, serta ruang bilas bagi pengunjung usai berenang.

Seperti yang telah disebutkan, pihak pengelola Tanjung Pakis sudah menyediakan persewaan pelampung dan beberapa alat untuk permainan air seperti banana boat. Ada juga bale bale kursi untuk bersantai yang tertata di pinggir pantai, dekat dengan berbagai warung yang ada di sana.

Sehingga pengunjung dapat menyantap berbagai olahan makanan laut, sembari bersantai di bale bale tersebut. Bale bale ini dihadirkan secara gratis, alias Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus menyewa jika tempat tersebut dalam kondisi kosong. Pasalnya di beberapa pantai lain Anda harus merogoh kocek untuk menyewa bale bale.

Dengan berbagai fasilitas serta keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Tanjung Pakis, membuat pantai satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Paling banyak berasal dari kota Jakarta dan Bekasi, dan biasanya adalah keluarga dengan anak kecil. Karena objek wisata ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.