Pantai Sayang Heulang salah satu wisata pantai yang menawan di Pameungpeuk Garut, Jawa Barat. Pantai dengan pemandangan indah, air laut yang jernih cocok untuk berbagai aktivitas liburan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, Jawa Barat.

Keindahan wisata bahari sudah menjadi andalan pariwisata daerah pesisir di Indonesia. Salah satu pantai yang sangat terkenal di wilayah Jawa Barat adalah Pantai Sayang Heulang. Destinasi ini menawarkan pemandangan yang mempesona. Tidak heran jika setiap liburan, lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan. Yuk simak ulasan tentang Pantai Sayang Heulang sebagai berikut!

Daya Tarik Wisata Pantai Sayang Heulang

Daya Tarik Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Dodi_ Rustandi71)

Sayang Heulang memiliki keindahan yang tidak perlu Anda ragukan lagi. Air lautnya sangat jernih dan berwarna biru membuat panoramanya sangat memukau. Kabarnya, pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 3,5 km dengan luas mencapai 10 ha. Ukuran tersebut membuat Anda dapat berwisata dengan bebas dan melakukan berbagai kegiatan.

Objek wisata ini memiliki pasir putih yang sangat lembut. Alhasil, Anda tidak perlu menggunakan alas kaki ketika hendak berjalan di tepian pantainya. Kondisi ini dapat membuat tubuh terasa lebih rileks dan nyaman. akan tetapi perlu diingat, bahwa pasir pantai saat siang hari bisa terasa panas sehingga harus berhati hati.

Pantai cantik ini juga dikenal memiliki lingkungan yang asri dan tidak banyak ditemukan sampah. Kelebihan ini menjadi nilai plus yang patut dibanggakan karena kebanyakan tempat wisata di Indonesia banyak sampah yang berserakan. Kondisi yang bersih ini membuat pengunjung semakin senang menghabiskan waktu di sana.

Setelah mengenal sekilas tentang bagaimana kondisi Pantai Sayang Heulang, lantas apa yang menjadi daya tarik utamanya? Pantai ini memiliki hamparan batu karang yang indah dan bahkan menjorok sampai sepanjang garis pantainya. Ketika airnya sedang surut, Anda bisa menikmati sensasi berjalan di sepanjang bentangan karang tersebut.

Daya Tarik Pantai Sayang Heulang
Image Credit : Twitter.com @hartasderis

Bukan sekedar karangnya saja, biota laut yang mendiami pantai ini juga masih sangat terjaga. Pengunjung dapat menemukan banyak sekali ikan warna warni yang biasanya terjebak diantara bentangan karang saat airnya surut. Hanya saja wisatawan tidak akan leluasa berenang di sana karena adanya batuan karang dimana mana.

Meskipun begitu, Anda yang tetap ingin berenang tidak perlu khawatir karena Pantai Sayang Heulang sebenarnya terbagi menjadi dua kawasan. Zona barat merupakan habitat batuan karang, namun di zona selanjutnya merupakan pantai yang kosong. Hal tersebut mengakibatkan zonai ini kerap digunakan oleh wisatawan untuk bermain air.

Masih di sekitaran pantai ini, Anda juga bisa menikmati keindahan bukit teletubbies. Dari puncaknya, Anda dapat melihat keindahan laut yang luas dan tidak terbatas. Lantas bagaimana cara untuk sampai ke sana? Anda hanya perlu berjalan kaki sambil menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sayang Heulang

Alamat Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Kika Kusdinar)

Pantai berpasir putih ini berada di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Garut. Apabila Anda berasal dari pusat kota Garut, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 87 kilometer. Jarak tersebut biasanya dapat dilalui dengan waktu 3 jam menggunakan kendaraan pribadi. Jalur sekitar lokasi juga terbilang cukup baik sehingga memudahkan akses setiap pengunjung.

Pantai Sayang Heulang bisa dibilang buka 24 jam, karena Anda bisa datang kapan saja. Hal tersebut membuat pengunjung yang berasal dari luar kota bisa lebih tenang karena mereka tidak perlu khawatir jika tempat wisata ini tutup. Pantai tersebut juga sangat murah sehingga cocok jika masuk dalam salah satu destinasi wisata yang ekonomis.

Kabarnya harga tiket masuk lokasi tersebut hanya mulai dari 10 ribu rupiah saja. Kemudian untuk biaya parkir motor hanya 2 ribu rupiah sedangkan untuk mobil mulai 5 ribu rupiah. Bagi Anda yang datang dengan rombongan menggunakan bis juga tidak perlu khawatir karena tempat parkirnya lumayan luas dan biayanya tidak jauh berbeda yaitu 25 ribu saja.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Sayang Heulang

Aktivitas di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Eka Suci)

1. Bersantai di Pinggir Pantai

Bersantai di pinggir pantai merupakan sebuah kegiatan yang juga menyenangkan untuk dilakukan. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang hanya sekedar mampir untuk mengagumi keindahan pemandangan yang dimiliki oleh Pantai Sayang Heulang. Di tepian pantai banyak sekali pepohonan sehingga membuat suasananya rindang.

Anda bisa duduk dan melepas penat dengan melakukan aktivitas ini. Pilihan kegiatan tersebut juga sangat cocok bagi Anda yang datang ke pantai ini untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh ke Garut. Walaupun sederhana, setidaknya rasa lelah bisa teratasi. Setelah itu, barulah Anda siap memulai perjalanan kembali.

2. Piknik Dengan Menggelar Tikar

Bagi Anda yang belum familiar dengan kata piknik, kegiatan tersebut merupakan aktivitas bepergian ke luar kota dengan membawa perbekalan. Nantinya, makanan dan minuman yang telah dibawa dari rumah dibuka di tempat tujuan. Kegiatan ini sangat identik dengan beberapa peralatan, salah satunya adalah tikar.

Anda dan keluarga bisa menggelar tikar di tepian pantai dengan memilih spot yang rindang tepat di bawah sebuah pohon. Setelah tikar digelar, langkah selanjutnya adalah membuka perbekalan yang telah disiapkan dari rumah. Dengan menikmati hidangan yang lezat sambil bercengkrama dengan keluarga, mood akan meningkat dan perjalanan wisata kali ini tidak akan terlupakan.

Lantas apakah tidak bisa makanannya langsung beli di sana saja? Sebenarnya bisa, akan tetapi jumlah rumah makan di tepian pantai tidaklah banyak. Menu yang ditawarkan juga belum terlalu bervariasi sehingga ditakutkan tidak sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Selain itu, dengan membawa makanan dari rumah, Anda bisa menghemat pengeluaran.

3. Berenang di Tepian Pantai

Ngomong ngomong soal pantai, salah satu kegiatan menarik yang juga bisa dilakukan di sana adalah berenang. Seperti yang telah disebutkan tadi, pengunjung bisa berenang di zona lain yang tidak terdapat batuan karang. Lokasi ini cukup luas dan nyaman sehingga Anda bisa berenang dengan leluasa.

Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan keselamatan diri. Anda yang tidak pandai berenang lebih baik ditemani oleh satu orang yang handal. Seluruh orang tua juga harus memperhatikan anak anaknya saat bermain air di tepian pantai. Penjagaan seperti itu sangat perlu untuk dilakukan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Pastikan pula bahwa Anda tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak ada yang pernah tahu bagaimana kondisi ombak dan air laut sesaat setelah Anda masuk ke dalam air. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan sebelum berenang agar otot otot yang ada di tubuh Anda tidak mengalami kram.

Aktivitas Menarik di Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Twitter.com @infobdg

4. Melihat Keindahan Panorama Terumbu Karang dengan Snorkling

Menjelajah keindahan bawah laut merupakan sebiah aktvitas yang mengasyikkan, tidak terkecuali di Pantai Sayang Heulang. Pengunjung yang datang dapat melihat keindahan terumbu karang beserta keanekaragaman biota laut yang tinggal di bawah air dengan menggunakan alat bernama snorkel.

Alat tersebut memiliki bentuk menyerupai huruf”J” dan berfungsi sebagai alat bantu pernapasan agar Anda dapat mengambil udara di atas permukaan air tanpa harus mengangkat kepala. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa menelisik indahnya panorama bawah laut yang ada di sekitar pantai ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya, Anda perlu membawa semua peralatannya dari rumah. Hal ini sangat penting karena di pantai ini belum tersedia tempat penyewaan alat alat snorkling. Kegiatan ini akan jauh lebih menyenangkan jika dilakukan sore hari, karena cuacanya sudah tidak panas sekaligus Anda bisa melihat keindahan matahari saat tenggelam.

Alasan lain mengapa Pantai Sayang Heulang cocok sebagai tempat bersnorkling adalah kontur pantainya yang rata dan ombaknya yang tidak terlalu besar. Keseruan Anda bersama dengan keluarga akan jauh lebih terasa saat banyak ikan ikan kecil yang mendekat. Mereka sangat jinak sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mereka mendekat.

5. Bermain Voli Pantai

Olahraga voli pantai menjadi alternatif kegiatan yang juga bisa Anda mainkan di sana. Alasan mengapa pantai ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut adalah garis pantainya yang panjang. Dengan begitu Anda memiliki banyak spot untuk melakukannya. Belum lagi kontur pantainya juga landai sehingga para pemain voli bisa berolahraga dengan nyaman.

Karena sering digunakan untuk bermain voli, di pesisir pantai ini sudah tersedia petak pembatasnya. Fasilitas semacam ini sangat membantu wisatawan yang ingin mencoba olahraga pantai tersebut. Anda juga bisa melepas alas kaki mengingat pasir putihnya sangatlah lembut dan nyaman untuk dipijak.

6. Berburu Keindahan Sunset

Momen tenggelamnya matahari adalah salah satu waktu yang paling ditunggu tunggu oleh wisatawan yang datang ke pantai, tidak terkecuali Pantai Sayang Heulang. Cahaya matahari yang perlahan redup dan memberikan semburat sinar berwarna orange terlihat sangat indah. Belum lagi pantulan cahaya yang mengenai air laut membuat nuansanya semakin romantis.

Di saat itulah, banyak wisatawan berburu foto sebagai kenang kenangan. Mereka biasa berpose membelakangi matahari sehingga akan muncul siluet. Foto model ini cukup diminati karena hasil gambarnya lebih aesthetic. Selain itu, cahaya sore seperti ini terlihat indah di kamera karena tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

Biasanya, semakin sore maka pengunjung di pantai ini semakin ramai. Bukan hanya orang yang berasal dari luar kota, banyak pula warga sekitar yang datang ke sana. Mereka juga berburu momen sunset yang indah. Semburat cahaya jingga yang berpadu dengan air laut merupakan sajian yang mujarab untuk menghilangkan stress sekaligus meningkatkan rasa syukur.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Sayang Heulang Garut

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang Garut
Image Credit: Google Maps (Abd Amin)

Tidak dapat dipungkiri apabila fasilitas yang lengkap membuat para wisatawan yang datang ke sebuah objek wisata merasa betah. Ternyata pihak pengelola Pantai Sayang Heulang sudah menyadari hal tersebut. Di pantai ini, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas dengan kondisi yang memadai dan juga modern misalnya kamar mandi, lahan parkir, dan rumah makan.

Bahkan di sekitaran pantai tersebut juga ada sebuah penginapan. Alhasil, Anda yang berasal dari luar kota dapat bermalam di sana. Harga yang mereka tawarkan juga cukup standard sehingga tidak terlalu menguras kantong. Penginapan tersebut dapat menjadi alternatif andalan jika Anda ingin menikmati sunrise keesokan harinya.

Demikianlah ulasan tentang Pantai Sayang Heulang yang perlu Anda ketahui. Patikan destinasi ini masuk dalam salah satu list liburan Anda bersama dengan keluarga. Agar perjalanan wisata lebih menyenangkan, jangan lupa untuk membawa perbekalan dari rumah. Penting juga bagi Anda untuk menjaga kesehatan sebelum berangkat agar nantinya bisa mencoba berbagai aktivitas di sana.