Pantai Santolo salah satu destinasi wisata bahari yang kaya pesona di Garut, Jawa Barat. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang masih natural, hamparan pasir putih yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ciklet, Kab. Garut, Jawa Barat.

Garut, kota yang menjadi bagian dari Jawa Barat ini tidak hanya terkenal karena dodol Garutnya. Tapi kota ini juga memiliki pesona wisata yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah wisata bahari yang menawan seperti Pantai Santolo. Pesona bahari yang dimiliki pantai ini layak untuk Andajadikan sebagai tujuan wisata.

Memiliki air biru bersih dengan pasir pantai yang lembut membuat pantai ini layak sebagai tempat mengisi liburan Anda. Menawarkan banyak aktivitas menarik, Andayang singgah di Garut jangan sampai melewatkannya. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pantai Santolo

Tentang Pantai Santolo
Image Credit: Google Maps (Irfan Arifuddin)

Bagi mereka yang sudah sering singgah di Garut, tentu saja destinasi bahari ini tidaklah asing. Karena bagi masyarakat Garut sendiri, Pantai Santolo menjadi pantai favorit yang tak boleh diabaikan ketika singgah di kota ini. Bahkan pengunjung pantai ini juga terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Pantai menawan ini sendiri termasuk bagian dari pantai Selatan, sehingga wajar jika memiliki ombak yang cukup ganas. Seperti halnya pantai pantai yang ada di Selatan Jawa, dan ombak ini justru menjadi ciri khasnya. Kendati demikian, Andatak perlu merasa khawatir saat liburan di pantai ini. Karena Andamasih bisa bermain di tepi pantainya.

Anda memang harus ekstra hati hati saat ingin berenang, dan masih tergolong aman. Pantai Santolo menawarkan pesona alam asri yang menenangkan. Begitu Andamenginjakkan kaki di pantai ini, suara deburan ombak akan langsung terdengar. Semakin mendekat, Andaakan menyaksikan birunya air laut dengan udara sejuk yang menerpa.

Walaupun menjadi pantai favorit, pantai satu ini masih terbilang tersembunyi. Sehingga kesan alaminya masih sangat kental dan dijamin akan membuat Andabetah berlama lama. Tak hanya dianugerahi air jernih kebiruan, pantai ini juga memiliki pasir putih lembut. Ketika terkena cahaya matahari, berkilauan layaknya hamparan mutiara yang indah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Santolo

Daya Tarik Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @GNFI

Menginjakkan kaki di Pantai Santolo, tak lengkap rasanya jika tidak menjelajah setiap sudutnya. Pantai satu ini memang memiliki garis pantai panjang yang menjadi daya tarik utamanya. Sehingga Andabisa puas melakukan berbagai kegiatan di pantai satu ini. Apalagi, pantai ini juga banyak dijadikan tempat bersandarkan perahu nelayan.

Mengingat sumber daya alam baharinya memang sangat melimpah. Membuat pantai ini dijadikan sebagai pusat kegiatan para nelayan setiap hari. Sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga, pengunjung akan ditawan dengan pesona yang dimilikinya. Belum lagi ada banyak wahana permainan air yang juga dihadirkan di pantai ini.

Selain menawarkan pemandangan yang mempesona, pantai satu ini juga memiliki mitos yang berkembang hingga saat ini. Konon katanya, keberadaan Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai penunggu dan juga penguasa laut selatan. Sehingga Pantai Santolo yang juga termasuk pantai selatan diselimuti oleh larangan dan mitos hingga saat ini.

Mitos yang berkembang ini meliputi, para wisatawan yang datang dari luar Garut tepatnya wisatawan lokal, dilarang untuk berenang atau bermain apabila datang dua pekan sebelum puasa dan sesudah lebaran. Hal ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat, karena sering ada kejadian wisatawan dari luar Garut yang terseret ombak bahkan meninggal.

Atas seringnya kejadian tersebut, maka banyak yang menghubungkan kejadian tersebut dengan mitos Nyi Roro Kidul. Padahal kejadian tersebut bisa disebabkan oleh kelalaian ataupun faktor alam. Sehingga, setiap pengunjung yang datang selalu dihimbau untuk berhati hati. Terutama ketika ombak sedang tinggi, sebaiknya tak terlalu dekat dengan bibir pantai.

Mitos dan larangan yang ada tidak menyurutkan niat dan minat wisatawan untuk liburan ke pantai ini. Dan hal ini justru menambah daya tarik dari Pantai Santolo dengan segala ciri khasnya. Selama berhati hati, rasanya tidak akan menjadi masalah dimana saja kita berlibur. Di pantai cantik ini sendiri kegiatan yang bisa dilakukan tidak hanya bermain air saja.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Santolo

Alamat Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @DiplomasiTotal

Pantai cantik nan mempesona ini bisa Andakunjungi di Kecamatan Ciklet, Kabupaten Garut, Jabar. Apabila Andamelakukan perjalanan dari pusat kota Garut, maka Andaharus menempuh perjalanan sekitar 88 KM. Akses jalan yang sudah bagus juga akan membantu Andauntuk menjangkau destinasi ini. Walaupun ada beberapa jalanan bergelombang tetapi tidak banyak.

Kendati demikian, selama perjalanan Andatetap harus berhati hati. Medan yang harus Andalalui adalah daerah pegunungan yang berkelok. Terutama jika Andamenggunakan kendaraan roda empat, beberapa jalanan bergelombang akan memaksa Andaberhati hati. Jalanan untuk menuju kawasan pantai ini juga tidak lebar.

Perjalanan Andadari Bandung hingga ke Pantai Santolo sekitar 150 km. Tidak hanya menggunakan kendaraan pribadi, Andajuga bisa memanfaatkan kendaraan umum. Naik saja ELF dengan jurusan Garut menuju Pameungpeuk. Perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan Pick Up menuju Sayang Heula dan dilanjutkan dengan perahu untuk sampai di Pantai Santolo.

Rute ke Pantai Santolo ada beberapa pilihan yang bisa Andaambil, salah satunya rute Ranca Bali atau bisa juga menggunakan rute Ciwidey. Untuk Andayang memulai perjalanan dari Bandung, Ranca Bali menjadi pilihan tepat, mengingat jalan ini sudah lumayan bagus. Rute ini bisa dimulai dari Naringgul, dilanjutkan menuju Cidaun dan Rancabuaya.

Tidak hanya menggunakan kedua rute tersebut, Andajuga bisa menggunakan rute alternatif dari pusat kota Garut menuju Cikajang. Setelah Cikajang dilanjutkan menuju Pameungpeuk, Andabisa mengandalkan petunjuk jalan. Rute ini lebih banyak digunakan untuk Andayang bepergian dengan angkutan umum.

Menikmati pesona pantai ini tak harus mengeluarkan budget yang besar. Hanya dengan merogoh kocek mulai Rp 10 ribu Andasudah bisa menikmati pesonanya. Harga tiket tersebut berlaku untuk semua, baik untuk anak anak atau dewasa. Tarif tiket masuk ini juga tidak berubah sekalipun akhir pekan atau musim liburan.

Tetapi, tetap saja tidak menutup kemungkinan jika bisa mengalami kenaikan harga tiket. Apabila kenaikan terjadi, umumnya harganya tak akan langsung naik berkali kali lipat. Andabisa mengunjungi pantai satu ini kapan saja, karena memang buka 24 jam. Inilah mengapa ada beberapa pengunjung yang memilih untuk bermalam di sekitaran pantai cantik ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Santolo

Kegiatan di Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @AviatourTwit

1. Menikmati Keindahan Pantainya

Kegiatan pertama yang pasti dilakukan adalah menikmati keindahan pantai terlebih dahulu. Apalagi pantai ini memiliki air jernih dengan pasir putih yang begitu lembut. Wisatawan akan dibuai dengan kemolekannya. Suasananya yang sejuk, akan memberikan ketenangan tersendiri bagi pengunjung Pantai Santolo. Tentunya bersantai akan membantu untuk menghilangkan penat Anda.

Pantai ini memiliki area yang cukup bersih, sehingga membuat Andabetah berlama lama. di bagian bibir pantai, Andaakan disuguhkan dengan gugusan karang yang akan terlihat saat surut. Sehingga ada beberapa bagian, yang tenang karena ombaknya tertahan di tengah. Pemandangan semakin ramai dengan hadirnya perahu perahu nelayan yang bersandar.

2. Bermain Pasir atau Air

Sekalipun ombak di pantai ini cukup besar, Andatetap bisa bermain air di tepian. Andabisa sekedar berbasah basahan ataupun berkejaran dengan ombak. Jika Andabepergian dengan buah hati, Andabisa mengajak si kecil untuk bermain pasir. Andamemang tidak bisa berenang, tetapi bukan berarti tidak bisa senang senang dengan airnya.

3. Menyusuri Pantai Dengan Perahu

Kegiatan yang seru selanjutnya adalah menyusuri kawasan pantai dengan menggunakan perahu. Pantai satu ini memang dekat dengan kampung nelayan, sehingga tak sulit untuk menyera perahu. Kegiatan ini cocok untuk Andayang gemar melakukan aktivitas ekstrim. Selama berperahu, Andamemang bisa merasakan ombak pantai yang menantang.

Pemandangan dari tengah lautan ini tentunya akan semakin menawan. Sepanjang mata memandang, Andaakan disuguhkan lautan biru. Selain menikmati pemandangan, Andajuga bisa menyeberang hingga ke Pulau Santolo. Di pulau ini, pengunjung bisa merasakan ombak yang tenang dengan perairan yang dangkal.

Kegiatan Menarik di Pantai Santolo
Image Credit: Twitter.com @Gurilaps_ID

4. Bermain Banana Boat

Anda yang masih ingin melakukan kegiatan yang ekstrim, menjajal banana boat bukanlah ide yang buruk. Apalagi jika kita melakukannya bersama sama, dengan teman atau keluarga pasti bisa menambah keseruan. Ketika bermain, Andasudah akan dilengkapi dengan alat keselamatan. Kegiatan seru ini akan membuat liburan Andasemakin tak terlupakan.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Untuk melengkapi wisata Andadi Pantai Santolo, rasanya sayang jika melewatkan pesona sunrise dan sunset. Keindahan pantai ini memang akan berkali lipat saat matahari terbit dan tenggelam. Bisa dikatakan jika wisata pantai ini menjadi titik sunset paling mengagumkan, layaknya namanya. Pastikan Andatidak lupa untuk mengabadikan setiap momen Anda.

6. Wisata Kuliner

Kegiatan yang juga tak boleh Andalewatkan saat di Pantai Santolo adalah menjajal wisata kulinernya. Aneka olahan seafood di pantai ini memang sudah terkenal akan rasanya yang luar biasa. Menu seperti ikan Layur Gurita, cumi hingga udang segar bisa Andacicipi. Andajuga bisa sekalian berburu oleh oleh ikan segar, mengingat ada TPI di sekitar pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Santolo Garut

Fasilitas Pantai Santolo Garut
Image Credit: Google Maps (ASY Motovlog)

Tidak hanya bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, Andajuga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada. Pantai Santolo memang sudah dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang membuat pengunjung semakin nyaman. Andabisa menemukan fasilitas seperti kamar mandi, toilet dan juga tempat untuk bilas.

Kendaraan Andajuga akan terparkir dengan aman, area parkir pantai satu ini cukup luas. Dengan begitu Andatak perlu khawatir jika mengunjungi pantai satu ini. Andayang tidak sempat membawa makanan, juga tak perlu cemas. Pantai ini menyediakan fasilitas restoran dengan aneka makanan seafood yang menggugah selera.

Untuk Andayang ingin singgah lebih lama, Andajuga bisa menemukan penginapan di area pantai ini. Budget yang ditawarkan untuk penginapannya mulai dari Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu per malam. Sekalipun harganya miring, Andasudah akan mendapatkan fasilitas kamar yang nyaman dan memadai.

Menariknya, penginapan yang ada langsung berhadapan dengan pantai. Sehingga Andabisa disambut dengan sunrise atau sunset dari penginapan Anda. Begitu pulang, rasanya tidak lengkap jika tidak berburu buah tangan. Di Pantai Santolo Andabisa menemukan toko souvenir untuk oleh oleh keluarga atau teman di rumah.

Berlibur ke pantai memang masih menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Berbagai kegiatan mulai dari menikmati pemandangan hingga menjajal aktivitas ekstrim bisa Andalakukan. Begitu juga saat Andadi Pantai Santolo, pantai yang indah ini memang menjadi incaran. Sebagai wisatawan, pastikan Andamenjadi wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan.