Pantai Rancabuaya salah satu objek wisata favorit di Carigin Garut, Jawa Barat dengan keunikan air lautnya yang memiliki 3 warna kontras. Hal menarik lainnya, keindahan air terjun yang menghadap ke pantai, sehingga pantai ini wajib menjadi tujuan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat.

Garut tidak hanya terkenal karena dodolnya, tetapi juga memiliki pesona yang menarik untuk dijelajahi. Kabupaten yang merupakan bagian dari Jawa Barat ini menawarkan wisata yang beragam, mulai dari pegunungan, teluk, lembah hingga laut yang tak kalah cantik. Salah satu destinasi bahari yang harus Anda kunjungi adalah Pantai Rancabuaya. Pantai ini menyimpan banyak pesona yang bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pantai Rancabuaya

Sekilas Pantai Rancabuaya
Image Credit: Twitter.com @travellerKaskus

Untuk Anda para traveller, rasanya belum lengkap jika belum singgah di Rancabuaya. Mengingat pantai satu ini memiliki pesona yang luar biasa, yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Walaupun nama pantai ini belum sepenuhnya dikenal banyak orang. Hadir dengan laut biru kehijauan yang jernih dan membuat siapapun tidak sabar untuk bermain di pantai ini.

Nama Pantai Rancabuaya sendiri semakin dikenal pasca namanya disebut dalam karya milik Dee. Dari sanalah kemudian banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan pantai ini. Sebelumnya pengunjungnya lebih banyak didominasi oleh warga lokal. Namun siapapun yang menghabiskan waktu di pantai ini tidak akan pernah menyesal.

Selain memiliki air yang jernih, pengunjung juga akan disambut dengan pasir putih yang terbentang luas. Jika Anda datang tanpa menggunakan alas kaki, Anda bisa merasakan sendiri betapa lembutnya pasir tersebut. Pasir ini tidak langsung bersentuhan dengan air, terdapat batuan karang yang akan membatasi area bibir pantai ini.

Karang karang ini membuat pemandangan yang dihadirkan berbeda dengan pantai pada umumnya. Ketika Anda memandang jauh ke depan, tampak pepohonan hijau yang rimbun dari kejauhan. Suara ombak dan hembusan angin yang berpasu dijamin akan membuat siapapun merasa tenang juga damai.

Daya Tarik Wisata Pantai Rancabuaya

Daya Tarik Pantai Rancabuaya
Image Credit: Instagram.com @aesyahwaqas

Pantai Ranca Buana tidak hanya indah, tetapi juga memiliki pesona yang tidak semua pantai memiliki. Salah satunya adalah hadirnya air terjun yang jatuh menghadap ke laut. Tentu hal ini menjadi daya tarik istimewa yang akan membuat siapapun penasaran. Air terjun yang mengalir juga merupakan air tawar yang jatuh dari ketinggian.

Air terjun tersebut diperoleh dari aliran air yang berada di atas tebing kemudian langsung jatuh ke laut. Airnya yang segar dan dingin menciptakan saluran anaknya yang jumlahnya 3 aliran. Pecitakan air tawar yang didapatkan dari air terjun semakin menambah keindahan pantai ini. Anda akan dibuat terkagum dengan ciptaan sang Maha satu ini.

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, pantai ini juga memiliki pasir putih. Area pasir putihnya cukup luas, yakni terbentang sepanjang 1000 sampai 2000 meter. Pengunjung bisa bebas melakukan berbagai kegiatan di atas pasir ini. Saking lembutnya, beberapa pengunjung juga membawa pasir ini dalam botol untuk dibawa pulang.

Daya tarik dari Pantai Rancabuaya yang selanjutnya adalah adanya tebing ukir. Tebing tebing yang berdiri kokoh ini juga akan menyambut Anda. tebing tebing ini hasil alami, artinya tidak ada aktivitas pertambangan maupun pengerukan. Kemudian, untuk mempercantik bagian ini dilakukan pengukiran dengan motif yang beragam.

Kendati dilakukan proses pengukiran, tetapi warna tebingnya tidak menggunakan pewarna buatan melainkan warna tebing asli. Tekstur asli dari tebingnya juga tetap dijaga agar kesan alaminya masih tetap bisa didapatkan. Bahkan ada larangan untuk tidak boleh menambah ukiran maupun membuat coretan pada tebing tebing tersebut.

Sebelumnya, tebing tebing yang ada masih menjadi perbukitan di sekitar pantai. Hingga lama kelamaan terkikis ombak dan terbentuklah seperti sekarang. Perlu Anda tahu bahwa daya tarik Pantai Rancabuaya memang sangat melimpah. Air lautnya kondang 3 warna yang akan membuat siapapun terpukau. Dari kejauhan warnanya memang tampak biru jernih.

Saking jernihnya, ana bisa mengintip dasar laut dengan kedalaman 2 meternya dengan cukup jelas. Semakin mendekat, Anda bisa melihat jika air laut ini memiliki 3 perpaduan warna. Warna yang pertama kali terlihat adalah warna putih karena buih ombak. Warna ini juga tidak terlalu tampak, mengingat hanya di ujung laut dan langsung menyentuh pasir.

Kemudian warna hijaunya dihasilkan dari lumut laut juga tanaman laut yang lainnya. Sementara warna biru tuanya berada di bagian tengah laut. Dimana di area ini sudah banyak terumbu karang yang membuat airnya tampak kebiruan. Ketika Anda singgah di Rancabuaya, Anda juga akan disuguhkan pemandangan sunset yang menawan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Rancabuaya

Alamat Pantai Rancabuaya
Image Credit: Instagram.com @annisalina7

Surga sembunyi satu ini berada di Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. Untuk sampai di pantai cantik ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Tak heran jika pantai ini kerap dikunjungi para backpacker. Mengingat ada rute khusus yang bisa dimanfaatkan oleh para backpacker yang ingin berpetualang mengunjungi pantai ini.

Dari pusat kota Garut Anda harus menempuh jarak 100 km atau setara dengan 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah. Lokasinya memang berada di pedesaan yang masih sangat asri. Ada baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi menuju pantai ini.

Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih, untuk rute pertama untuk Anda yang melakukan perjalanan dari pusat kota garut. Dari arah pusat kota, Anda silahkan menuju Jalan Raya garut menuju Cikajang dan dilanjutkan menuju Jl. Margawati. Selanjutnya, Anda akan menuju Jl. Bratayudha dan menuju arah Jl. Pasundan, Jl. Papandayan dan juga Cisurupan.

Setelah melewati Cikajang, Anda bisa menuju Cidatar dan melewati Cipang Ramatan. Perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Selatan hingga Anda tiba di pertigaan Jl. Raya Cigodeg silahkan ambil lurus ke Barat. Anda akan tiba di Jl. Rancabuaya dan tak kalam memasuki lokasi pantainya.

Bagi Anda yang melajukan kendaraan dari Bandung, Anda bisa menggunakan jalur alternatif pangalengan. Selain jalur ini juga bisa melalui Ciwidey, dilanjutkan ke Cidaun sebelum akhirnya tiba di Rancabuaya. Jalur yang kedua ini melewati Bandung Selatan, dan Anda akan menemukan banyak pantai cantik sepanjang Pantai Selatan Jabar.

Sementara bagi backpacker, Anda bisa menggunakan kendaraan umum ELF untuk sampai di Garut. Anda bisa turun di Pasar pameungpeuk kemudian lanjut naik mobil pick up. Anda bisa menyewa kendaraan bermotor untuk sampai di Pantai Rancabuaya. Atau bisa juga berangkat dari terminal Cicaheum dengan Bus atau ELF sampai di pantai Sayang Heulang, lanjut dengan sewa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya Garut

Harga Tiket Rancabuaya Garut
Image Credit: Google Maps (Eko)

Menikmati pantai indah ini Anda tak perlu merogoh kantong dalam. Harga tiket masuk Pantai Rancabuaya terbilang ramah kantong, yakni mulai Rp 5 ribu setiap orang. harga tike ini akan berubah ketika akhir pekan dan bisa naik hingga 2 kali lipat atau sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket tersebut juga belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan Anda.

Objek wisata pantai ini masih belum menerapkan jam operasional. Sehingga Anda bisa datang kapan saja dan bukan selama 24 jam. Waktu paling tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat sore hari. karena Anda akan dihadirkan oleh pesona matahari tenggelam yang rupawan. Anda juga bisa menginap di sekitaran pantai jika ingin lebih seru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Rancabuaya

Aktivitas Seru di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Saefudin 3009)

1. Menikmati Pemandangan Pantai

Hal yang pasti dilakukan oleh pengunjung saat liburan di Pantai Rancabuaya adalah bersantai. Menikmati pemandangan indah di depan mata memang menjadi obat paling mujarab ketika penat melanda. Kegiatan berenang memang tidak dianjurkan di pantai ini. Lantaran tempat wisata ini termasuk pantai dengan ombak yang cukup besar.

Kendati demikian, Anda tetap bisa menikmati pemandangan indah yang ada. Hamparan pasir yang berpadu dengan laut bersih memang paduan yang luar biasa. Anda juga bisa bermain di pinggiran pantai, asalkan tetap berhati hati. Ketika air laut surut, Anda akan menemukan pemandangan unik yang berbeda dengan ketika pantai sedang pasang.

Ketika surut, berbagai jenis terumbu karang bisa terlihat. Pantulan cahaya matahari terbenam yang mengenai karang juga akan memberikan pesona yang luar biasa. Yang jelas, semua yang dimiliki pantai ini akan membuat Anda tak menyesal mengunjunginya. Saat ini, ada banyak ikan yang terjebak di batuan karang, sehingga Anda juga bisa sekalian berburu ikan segar.

2. Hunting Foto

Ketika menginjakkan kaki di pantai cantik ini, tak lengkap rasanya jika tidak sekalian berburu foto cantik. Perlu diketahui, pantai ini memiliki beberapa spot yang wajib untuk diabadikan. Seperti spot dengan latar air terjun, mengambil foto dengan background batu karang hingga senjanya. Panorama matahari terbenam di kawasan ini memang jadi primadona.

Aktivitas di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Hadi Agus Salam)

3. Wisata Kuliner

Liburan Anda akan semakin lengkap dengan menjajal berbagai kuliner di pantai ini. Perlu Anda ketahui, Pantai Rancabuaya juga menjadi pantai dengan hasil kekayaan laut melimpah. Ikan ikan segar atau hasil laut lainnya yang telah ditangkap nelayan bisa langsung dinikmati di tempat. Makanan khas Garut lainnya juga tak kalah nikmat untuk Anda cicipi.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Rancabuaya Garut

Fasilitas di Pantai Rancabuaya Garut
Image Credit: Google Maps (Naha Asneverwas)

Demi menjaga kenyamanan pengunjung, pihak pengelola juga sudah menambahkan beberapa fasilitas penunjang. Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan aman dan memadai di area tempat parkirnya. Anda juga bisa menemukan toilet yang dalam kondisi bersih serta memadai. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin membilas diri atau urusan kamar mandi lain.

Ketika Anda lelah, Anda bisa bersantai di gazebo gazebo yang disediakan. Tidak ketinggalan, setelah melakukan berbagai aktivitas Anda juga bisa memanjakan perut serta lidah Anda. ada beberapa warung makan yang menawarkan berbagai menu yang harus Anda coba. Menu hidangan yang paling banyak ditemukan adalah hidangan khas Jawa Barat maupun Garut.

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan pantai ini lebih lama, Anda bisa bermalam di sekitar pantai. Beberapa penginapan atau villa kecil telah tersedia di pantai ini untuk jadi tempat istirahat pengunjung. Anda juga bisa mendirikan tenda di area yang disediakan untuk bermalam lebih seru. Mengingat Anda bisa malam api unggun sembari ditemani suara deburan ombak.

Keindahan ciptaan Tuhan satu ini tak hanya untuk dinikmati, tetapi juga sudah sepatutnya dijaga. Pantai Rancabuaya perlahan menjadi destinasi andalan wisatawan saat di Garut. Jika pengunjungnya tidak bijak, bukan tidak mungkin jika keindahannya akan pudar. Untuk itu, tetap menjaga kebersihan dan tak merusak lingkungan saat Anda liburan di pantai ini.