Pantai Madasari salah satu objek wisata bahari yang indah di Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat. Pantai yang menyajikan pesona bukit-bukit karang, suara riuhnya deburan ombak dan panorama alam sekitar menjadikan pantai ini menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Masawah, Kec. Cimerak, kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Ketika Anda kebetulan sedang berada di Jawa Barat, Pantai Madasari bisa Anda jadikan pilihan untuk melepas penat. Pantai cantik ini adalah salah satu objek wisata yang terletak di Pangandaran. Keindahan yang ada di lokasi satu ini pun tak perlu diragukan lagi. Sebab, Anda akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata sekaligus eksotis. Tertarik untuk mengunjunginya, berikut simak daya tarik dan beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan disini.

Daya Tarik Wisata Pantai Madasari

Daya Tarik Pantai Madasari
Image Credit: Instagram.com @pantaimadasaripangandaran

Salah satu pantai yang terletak di Jawa Barat ini memang memiliki panorama alam yang memukau. Tak mengherankan jika banyak wisatawan asing atau domestik yang tertarik untuk berkunjung di pantai yang berlokasi di bagian barat Pangandaran ini. Tidak hanya memiliki pemandangan yang apik, aktivitas menarik pun bisa Anda lakukan ketika berada di tempat ini.

Memasuki Pantai Madasari, Anda akan disuguhkan dengan keindahan yang tak bisa dibayangkan. Bagaimana tidak, disini Anda tidak hanya akan menemukan pantai yang biasa saja. Melainkan di tempat satu ini juga terdapat teluk dengan panorama yang menakjubkan dan pastinya membuat Anda betah menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Untuk Anda yang sedang dilanda penat dan mencari tempat yang tenang, pantai ini adalah salah satu lokasi yang cocok. Sebab, Anda bisa menjadwalkan waktu untuk berlibur dan menikmati semilirnya angin khas pantai yang eksotis satu ini. Anda pun bisa datang sendiri ataupun beramai ramai dengan sahabat.

Salah satu keunikan yang bisa Anda jumpai ketika berada di Pantai Madasar adalah adanya batu karang dengan ukuran yang sangat besar. Saat Anda menginjakkan kaki di pantai ini pun, Anda akan langsung bisa melihat batu karanya karena berada tepat di tengah tengah lautan.

Dengan keunikan tersebut, tak heran banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai ini karena keberadaan dari batu karang ini. pasalnya, dengan batu karang yang berada tepat di tengah tengah lautan tersebut akan membuat latar belakang foto Anda menjadi lebih menarik dan instagramable.

Selain itu, kelebihan dari destinasi wisata ini adalah memiliki keadaan yang masih terawat. Meskipun pengelola dari objek wisata ini merupakan warga setempat, namun Anda akan menemukan pantai yang bersih dan sangat alami ketika menghabiskan waktu di Pantai Madasari satu ini.

Biasanya ketika hari libur tiba, Anda juga akan mendapati banyak pengunjung yang datang beramai ramai untuk menikmati keindahan dari pantai satu ini. Tentu saja, hal ini dikarenakan pantai ini memiliki bentang alam yang luar biasa indah dan membuat Anda takjub dibuatnya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Madasari

Alamat Pantai Madasari
Image Credit: Google Maps (Hendra Taufik)

Pantai yang eksotis ini terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Pangandaran. Jika Anda pernah berlibur di Pantai Batu Karas, maka Anda pun akan dengan mudah untuk menemukan lokasi Pantai Madasar. Sebab, lokasi kedua pantai tersebut memang sangat berdekatan.

Untuk rute menuju ke lokasi pantai satu ini akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 45 menit apabila Anda melakukan perjalanan dari kota Pangandaran. Dari Pangandaran, Anda bisa mengambil rute menuju ke arah Cimerak. Rute satu ini pun berurutan melewati beberapa pantai hits yang lain seperti Pantai Batu Hiu dan juga Green Canyon.

Perjalanan selanjutnya, setelah Anda sampai di Cimerak maka Anda bisa mengambil rute yang lurus menuju ke arah Legok Jawa. Nantinya Anda bisa mengambil ke arah kiri menuju ke Bulak Benda. Anda bisa menempuh perjalanan sedikit lagi, kemudian Anda pun akan sampai di pantai yang eksotis ini.

Selain itu, Anda juga bisa menempuh jalur lainnya. Dimana ketika Anda telah sampai di Cimerak, maka Anda pun bisa mengambil arah ke kiri yakni menuju ke Desa Masawah. Nantinya sepanjang perjalanan, Anda hanya perlu untuk menempuh jalur lurus menuju ke Bulak Benda dan sampai di Pantai Madasari.

Apabila Anda masih bingung dengan rute yang ada, Anda pun bisa mencarinya melalui GPS secara online. Ada beberapa aplikasi seperti Google Maps dan Waze yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke pantai ini. selain itu, Anda pun juga bisa bertanya kepada warga sekitar jika dirasa masih kebingungan selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Madasari Pangandaran

Harga Tiket Pantai Madasari
Image Credit: Google Maps (Objek Wisata Pantai Madasari)

Pantai yang berlokasi di daerah Pangandaran ini memiliki jam buka selama 24 jam penuh. Sehingga, Anda pun bisa masuk dan datang untuk mengunjungi pantai satu ini. namun, apabila Anda ingin melihat indahnya matahari terbenam, maka sebaiknya Anda datang mulai pukul 4 sore.

Sedangkan untuk harga tiket dari wisata bahari ini pun cenderung sedikit berbeda dengan wisata yang lain. Sebab, ketika Anda berada disini, Anda tidak akan disuruh membayar berdasarkan berapa banyak orang yang datang. Melainkan berdasarkan kendaraan apa yang Anda gunakan.

Untuk Anda yang datang kesini dengan berjalan kaki, maka Anda pun hanya perlu membayar tiket masuk kurang dari 5000 rupiah. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan roda dua, maka tarif yang dikenakan yakni sekitar 7 ribu rupiah saja. dan apabila Anda membawa mobil, maka Anda diharuskan untuk membayar kurang lebih 25 ribu rupiah.

Kemudian, jika Anda datang ke pantai ini rombongan bersama dengan keluarga besar dan menggunakan bus berukuran kecil, maka Anda akan dipatok tarik untuk tiket masuk yakni sekitar 110 ribu rupiah. Sedangkan untuk Anda yang membawa bus dengan ukuran yang besar yakni sekitar 160 ribu rupiah.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Madasari

Aktivitas di Pantai
Image Credit: Google Maps (Hendra Taufik)

1. Bersantai dan Bermain Pasir

Ketika Anda memutuskan untuk datang ke pantai satu ini, maka healing adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk Anda lakukan. Menikmati indahnya pemandangan alam yang eksotis, ombak yang menggulung dan juga semilir angin laut yang khas, tentunya akan membuat Anda mampu melupakan sejenak aktivitas harian yang melelahkan.

Tak hanya duduk berdiam diri saja, Anda pun bisa bermain pasir di hamparan pasir lembut yang ada di pantai ini. apabila Anda datang bersama keluarga maupun si kecil, pastikan Anda juga membawa peralatan untuk bermain pasir. Bahkan membuat istana pasir sepertinya menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

2. Berburu Foto Keren

Pantai satu ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain. Oleh karena itu, Anda pun jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan foto dan memori di lokasi satu ini. sebab, banyak sekali spot spot menarik yang bisa Anda jadikan untuk tempat berfoto.

Salah satunya adalah foto dengan latar belakang batu karang yang indah dan megah. Tak hanya itu saja, berfoto ketika Anda sedang bermain pasir pun juga menjadi salah satu gambar yang menarik. Untuk itu, tak ada salahnya Anda menghabiskan waktu disini sembari mengukir memori yang tak terlupakan bersama orang tercinta.

3. Menikmati Indahnya Sunset

Ketika berlibur di pantai, keindahan matahari terbenam menjadi salah satu fenomena yang banyak dicari. Salah satunya adalah ketika Anda sedang berada di Pantai Madasari. Pantai yang ada di Pangandaran ini memang terkenal akan suasana alamnya yang eksotis, terutama ketika momen matahari terbenam tiba.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan keindahan tersebut, sebaiknya Anda bisa datang mulai pukul 4 sore dan menginap. Pasalnya, keindahan dari matahari terbenam tersebut wajib untuk diabadikan. Anda pun juga bisa melihat indahnya matahari tenggelam melalui menara mercusuar yang bisa Anda temukan di lokasi satu ini.

Aktivitas di Pantai Madasari
Image Credit: Facebook.com @(Asep Egy’Uzumaki)

4. Menjelajah Pantai

Melakukan penjelajahan Pantai Madasari nampaknya juga menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan disini. Sembari menghabiskan waktu, Anda pun bisa mengeksplorasi keindahan dan keunikan yang ada di pantai satu ini. pasalnya pemandangan alam yang indah dan memukau tersebut menjadi salah satu hal yang harus Anda nikmati.

Ketika Anda melakukan jelajah pantai, rasa lelah yang Anda rasakan pastinya akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi dengan suara deburan ombak akan menambah suasana menjadi lebih mengasyikkan. Saat Anda berada di kawasan pantai, tak ada salahnya untuk mencoba kegiatan satu ini.

5. Berkemah di Tepi Pantai

Jika Anda senang melakukan kegiatan camping atau berkemah, maka Anda pun bisa mencobanya ketika berada di Pantai Madasari. Anda pun bisa ijin terlebih dahulu kepada warga dan pengelola sekitar untuk mendirikan tenda. Ketika Anda berkemah, biasanya akan dipungut biaya yakni sekitar 30 ribu rupiah per malamnya. Cukup terjangkau bukan?

Fasilitas yang Bisa Anda Temukan di Pantai Madasari

Fasilitas di Pantai Madasari
Image Credit: Google Maps (Objek Wisata Pantai Madasari)

Fasilitas yang tersedia di pantai ini dapat dikatakan cukup lengkap. Salah satunya adalah jumlah toilet yang sangat banyak yakni mencapai 19 buah. Tak hanya itu saja, area parkir yang tersedia di lokasi ini pun terbilang cukup luas dan besar. Sehingga mampu untuk memuat banyak kendaraan sekaligus.

Jika Anda bingung mencari tempat untuk berlibur, tak ada salahnya untuk mampir dan merasakan keindahan secara langsung dari Pantai Madasari yang ada di Pangandaran ini. Pantai satu ini memang terkenal akan keindahannya. Selain itu, Anda pun bisa self-healing saat mengunjungi pantai yang sangat eksotis satu ini.