Pantai Kejawanan salah satu pantai yang memukau berada di Kota Cirebon, Jawa Barat. Pantai yang menyuguhkan panorama senja dan sarat mitos tentang lumpur ajaib yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Jawa Barat sepertinya tak lelah menunjukkan pesona wisatanya, kali ini datang dari kota Cirebon. Letaknya yang berada di pesisir utara Jawa membuat kota ini punya beragam destinasi wisata alami. Salah satu yang populer adalah Pantai Kejawanan yang memiliki keunikan tersendiri. Penasaran apa daya tarik dari tempat wisata tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Kejawanan

Sekilas Tentang Pantai Kejawanan
Image Credit: Google Maps (Saroeun Youtube)

Cirebon dikenal sebagai kota dengan keindahan alam yang ciamik. Pemandangan alam bebas begitu memanjakan mata para wisatawan. Pantai Kejawanan ditunjuk menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara agar berlibur di kota ini. Letaknya yang dekat dengan pesisir utara Jawa, yang menjadi rute warga Jakarta membuatnya mudah diakses.

Hamparan pasir hitam berkilauan merupakan daya tarik yang tak terlupakan. Banyak keunikan dari objek wisata ini, diantaranya mitos bahwa air lautnya bisa menyembuhkan penyakit. Suasana alam yang tenang dengan jajaran pohon kelapa, seolah membawa kesan damai tersendiri. Tempat wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kejawanan

Daya Tarik Pantai Kejawanan Cirebon
Google Maps (Mf gaming)

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota memudahkan wisatawan untuk berkunjung kesini. Bukan hanya waktu libur saja, terkadang pengunjung datang selepas beraktivitas dan menghabiskan sore hari disini. Paduan alam yang terpahat sempurna membuat siapapun betah berlama-lama. Mendengarkan kicauan burung dan deburan ombak terasa begitu damai.

Begitu tiba Anda langsung disuguhi dengan birunya air laut, serta pasir hitam yang mendominasi sebagian Pantai Kejawanan. Meskipun berwarna hitam tapi tidak mengurangi pesonanya, justru menciptakan kombinasi yang apik. Selain itu, pasirnya halus dan lembut jadi aman untuk jalan-jalan menyusuri pantai. Anda juga bisa membuat istana pasir bersama anak di atasnya.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah mitos yang tersebar bahwa air lautnya mampu mengobati berbagai penyakit. Ada yang menyebutkan hanya dengan beredam di air laut, ada pula yang mengatakan cukup berkumur saja. Dengan begitu segala penyakit ringan atau berat seperti rematik, radang tenggorokan, diabetes, penyakit kulit, hingga stroke bisa sembuh.

Rahasia pengobatan tersebut terletak pada lumpur ajaib yang berada di pinggiran laut. Lumpur ajaib ini juga dipercaya masyarakat mampu menghaluskan kulit wajah dan membuatnya awet muda. Sebab di lumpur tersebut mengandung mineral alami yang dapat mencerahkan wajah. Anda tinggal membalurkan lumpur ke seluruh tubuh dan wajah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kejawanan
Image Credit: Google Maps (Debora Dwi Kristiani)

Selain mitos lumpur ajaib dan air laut, panorama sunset di Pantai Kejawanan turut menjadi spotlight favorit para pengunjung. Itulah mengapa wisatawan lebih suka datang ketika sore hari, terutama para wisatawan lokal. Momen senja inilah yang ditunggu karena mencipatkan aura magis tersendiri.

Perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi di tepi pantai ikut menjadi latar menarik dari wisata ini. Mengingat lokasi pantai menjadi satu dengan pelabuhan yang punya sejarah terkait perdagangan Indonesia pada zaman dahulu. Bagian pantai dekat pelabuhan ini kerap terlihat aktivitas sehari-hari para nelayan. Mulai dari persiapan melaut hingga saat menurunkan hasil tangkapan.

Sepanjang garis pantai juga terdapat hutan bakau yang menampilkan lanskap instagramable. Hutan mangrove ini sengaja dibuat untuk menahan abrasi laut, tapi sekarang justru dijadikan spot utama saat menyantap kuliner. Bagi pengunjung yang ingin memancing di sekitar bakau diperbolehkan. Asalkan tidak menggunakan alat-alat yang berpotensi merusak dan mengotori.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Kejawanan

Lokasi Pantai Kejawanan
Image Credit: Google Maps (Anwar Zakaria)

Destinasi alam ini berlokasi di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Alamatnya mudah dijangkau karena bisa dikatakan masih berada di area pusat kota. Jaraknya sekitar 5 kilometer bila ditempuh dengan berkendara kira-kira hanya butuh 15 menit. Akses jalan ke Pantai Kejawanan tidak sulit bahkan bisa dijangkau dari segala penjuru.

Apabila datang dari Jakarta Anda perlu ambil rute Jalan Raya Pantura atau Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian menuju ke Tol Cipali sejauh 215 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan. Setelah bertemu Terminal Dukuh Semar Anda bisa lanjutkan ke arah Jalan Yos Sudarso. Tinggal ikuti petunjuk jalan atau bertanya warga sekitar, maka Anda bisa menemukan lokasi akuratnya.

Sedangkan bila dari Jawa Tengah atau Jawa Timur, Anda melaju di rute Jalan Raya Pantura Semarang. Kurang lebih perjalanan 5 jam lamanya, baru masuk ke kawasan Jalan Yos Sudarso. Bila tidak tau akses jalan yang pasti Anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar. Letak pantai di tengah pedesaan cukup memudahkan wisatawan dari luar kota.

Untuk menikmati keindahan objek wisata ini pengunjung dikenai biaya sekitar 6 ribu. Tiket masuk tersebut belum mencakup biaya untuk bermain wahana disini. Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar retribusi parkir. Kendaraan motor sekitar 3 ribu rupiah, mobil 5 ribu, dan kendaraan besar kisaran 10 ribu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Kejawanan

Aktivitas di Pantai Kejawanan
Image Credit: Google Maps (Flora Severine F)

1. Menyaksikan Sunset

Bagi penikmat momen sunset sepertinya harus mengunjungi Pantai Kejawanan. Bagaimana tidak, panorama matahari terbenam disini sangat epik. Anda menunggu waktu sore hari sambil melakukan berbagai aktivitas. Ketika mendekati waktu magrib sinar matahari mulai meredup. Anda bisa langsung ambil tempat di tepi pantai sambil menyiapkan kamera.

Siluet-siluet berwarna hitam menampilkan pemandangan yang begitu menajubkan. Pantulan sinar senja di permukaan laut tampak berkilauan, sehingga menciptakan kesan yang tak terlupakan. Apalagi ketika kapal-kapal berlayar di tengah lautan, siluetnya semakin terlihat menawan. Pesona ini sering dijadikan latar untuk berfoto para pengunjung.

2. Naik Perahu Kayu

Di tepi pantai berjajar rapi perahu-perahu kayu milik nelayan, yang sebagian besar untuk melaut. Tapi ada pula perahu yang khusus disewakan untuk kebutuhan wisata. Terutama bagi wistawan yang ingin menjelajahi lautan. Anda akan diajak berkeliling sejauh satu kilometer dari pantai. Menikmati hamparan laut yang luas serta angin sepoi-sepoi yang menentramkan.

Selama mengelilingi lautan Anda akan melihat air laut yang jernih dan bewarna biru. Bayangan langit yang terpantul di permukaan air memberikan kesan indah. Anda bisa mengambil gambar sebanyak mungkin ketika di atas perahu. Untuk menikmati wahana ini Anda dikenakan biaya sebesar 5 ribu per orang, dengan durasi sekitar 15-20 menit.

3. Wisata Kuliner

Pantai Kejawanan terkenal dengan hidangan khas laut yang sangat lezat. Anda bisa merasakan enaknya olahan seafood yang dimasak dengan cita rasa Sunda. Ada pula salah satu masakan Sunda favorit disini yaitu Nasi Jamblang dengan sambal terasi. Dari kejauhan aroma masakan seafood menggugah selera, disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan.

Anda boleh memilih ingin menyantap seafood di warung sebelah mana. Mengingat di pinggir pantai banyak berdiri warung-warung semi permanen. Bahkan tidak hanya menjual olahan hasil laut saja, tersedia juga jenis masakan lain. Seperti nasi rames, mi instan, camilan ringan, sampai gorengan. Semua menu bisa dinikmati dengan harga cukup terjangkau.

Aktivitas Menarik di Pantai Kejawanan
Image Credit: Google Maps (Bobby Aztech)

4. Bersantai di Pinggir Pantai

Kalau Anda malas berbasah ria agenda duduk santai di pinggir pantai bisa jadi opsi. Anda bisa membawa tikar dan payung untuk duduk di atas pasir. Bawa bekal dari rumah juga diizinkan asal tetap menjaga kebersihan dan buang sampah di tempatnya. Sembari melihat ombak yang bergulung serta suara deburan yang menenangkan.

Suara alami lautan yang sayup-sayup menambah kenyamanan bersantai di tepi pantai. Perahu-perahu nelayan yang hilir mudik menjadi poin plus pemandangan kali ini. Tidak ketinggalan sambil menikmati segarnya kelapa muda. Dijamin liburan disini menjadi alternatif untuk menghilangkan penat yang paling berkesan.

5. Memancing

Bagi pengunjung yang hobi memancing bisa menyalurkannya di tempat wisata ini. Tidak jauh dari pantai ada hutan bakau sebagai spot tempat pemancingan. Hanya saja pihak pengelola wisata tidak menyediakan penyewaan alat pancing. Jadi Anda perlu membawanya sendiri dari rumah. Ada beragam spesies ikan yang tersedia, hasil tangkapan bisa Anda bawa pulang.

6. Melakukan Swafoto

Berlibur kurang rasanya jika tidak mengambil banyak foto. Apalagi suguhan panorama di Pantai Kejawanan sangat instagenic. Anda bisa jepret sejumlah gambar dengan pemandangan alam paling epik. Para fotografer handal pun juga senang mengambil foto bertema alam disini. Bahkan terkadang dijadikan sebagai lokasi ambil foto pre wedding.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kejawanan Cirebon

Fasilitas di Pantai Kejawanan Cirebon
Image Credit: Google Maps (Little Missy)

Sebagai objek wisata publik, Pantai Kejawanan sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum. Diantaranya toilet untuk laki-laki dan perempuan, lahan parkir cukup luas, mushola, dan warung-warung makan. Meskipun sederhana tetapi bangunan disini rata-rata terawat cukup baik.

Untuk penginapan sendiri belum banyak, tapi ada di sekitar pedesaan dengan akomodasi memadai dan harga ramah di kantong. Jika ingin fasilitasnya sedikit lebih mewah, Anda bisa menuju ke pusat kota. Ada banyak hotel atau villa yang menyediakan tempat istirahat cukup nyaman.

Berkunjung ke Cirebon sangat disayangkan kalau belum pergi ke Pantai Kejawanan. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menajubkan. Hamparan pasir hitam dan laut biru menjadi paduan yang apik. Keunikan yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri, momen sunset pun paling ditunggu oleh para pengunjung.