Pantai Karapyak salah satu pantai yang menawan di Kalipucang, Pangandaran. Pantai yang indah untuk berbagai aktivitas liburan seru, teras kaca yang unik dan didukung berbagai fasilitas yang memadai.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Pangandaran merupakan salah satu kawasan di Jawa Barat yang terkenal dengan wisata baharinya. Tak hanya itu saja, pantai yang ada disini pun memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah Pantai Karapyak. Untuk Anda yang penasaran, simak lebih lanjut tentang pantai cantik berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Karapyak

Daya Tarik Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (Pantai Karapyak Pangandaran)

Berada di daerah Pangandaran, Pantai Karapyak memang menjadi salah satu wisata bahari yang memiliki keindahan tersendiri. Saat berada disini, Anda pun akan disambut dengan hamparan pasir putihnya yang hangat dan juga terumbu karang yang cantik. Pastinya Anda pun tak akan pernah bosan untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Selain itu, Pantai Karapyak dapat dikatakan sebagai salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan rute untuk menuju pantai ini searah dengan Pantai Pangandaran yang terkenal tersebut. Sehingga banyak wisatawan yang singgah sejenak untuk menikmati pantai.

Atau pantai ini juga sering kali menjadi alternatif destinasi bahari apabila Pantai Pangandaran sedang penuh pengunjung. Berbeda dengan pantai lain, pengunjung yang datang ke pantai ini kebanyakan adalah wisatawan lokal. Dengan begitu, akan menjadi daya tarik tersendiri.

Daya tarik atau keunikan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah banyaknya batu karang yang dimiliki olehnya. Selain itu, Anda pun juga bisa melihat tebing tebing yang curam menghiasi pantai satu ini. ditambah lagi deburan ombaknya yang cukup besar akan menjadi hal yang membuat banyak wisatawan mampir.

Jika Anda pertama kali masuk ke Pantai Karapyak, maka Anda pun akan mendapati kondisi pantai yang sejuk sekaligus bersih. Kemudian, sepanjang 5 kilometer Anda pun akan disambut dengan pasir putihnya yang hangat karena terkena sinar matahari pantai. Lalu, Anda juga bisa melihat batu batu karang di pinggiran pantai.

Pasir berwarna putih yang Anda temukan di lokasi ini sebenarnya berasal dari butiran butiran kecil dari batu karang yang ada di tepi pantai. Selain itu, ketika Anda menginjakkan kaki ke bebatuan karang tersebut, Anda juga akan mendapati banyak biota laut yang indah di pantai satu ini.

Daya Tarik Pantai Karapyak Pangandaran
Image Credit: Google Maps (Gebyar Binu)

Apabila Anda ingin merasakan indahnya pantai laksana taman laut, sebaiknya Anda datang ke lokasi satu ini. hal tersebut dikarenakan ketika ombak laut sedang surut, maka Anda pun akan lebih banyak sekali ikan ikan kecil yang berenang di sela sela batu karang. Bahkan Anda juga bisa menemukan kepiting kecil yang masuk ke lubang pasir.

Hal ini disebabkan adanya batu menjorok yang ada di Pantai Karapyak sehingga menjadikan ikan ikan tersebut berenang pada area ini. Selain itu, keindahan dari cangkang yang Anda temukan di sepanjang pasir pantai juga sangat indah dan menarik untuk dikoleksi karena memiliki bentuk dan model yang memikat.

Apabila Anda mencari pantai dengan tebing tebing curam, maka Pantai Karapyak menjadi salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan adanya tebing curam yang berada di pantai ini membuat ombak yang besar akan menghantam dan buih buih air laut pun akan nampak sangat eksotis.

Keindahan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berwisata ke tempat satu ini adalah suasana alaminya yang menjadi daya pikat tersendiri. Selain itu, pantai satu ini pun dapat dikatakan cukup bersih. Bahkan Anda mungkin akan jarang menemukan sampah yang dibuang sembarangan saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Karapyak

Alamat Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (Candra Utama)

Bagi Anda yang tertarik untuk datang ke pantai satu ini, maka Anda pun bisa datang ke Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi dari arah alun alun kota Ciamis, maka Anda pun akan menempuh perjalanan sejauh 78 kilometer. Dan apabila Anda berangkat dari Pangandaran, Anda hanya akan menempuh sekitar 20 km saja.

Pantai ini tergolong salah satu jenis tempat wisata yang sangat mudah untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan akses untuk menuju ke lokasi Pantai Karapyak tidak terlalu sulit. Walaupun nantinya Anda akan dihadapkan dengan jalanan yang rusak, namun Anda pun tetap bisa menemukannya dengan cukup mudah.

Sebab, terdapat banyak sekali penunjuk jalan yang bisa Anda temukan untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. namun, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung. Hal ini lantaran masih belum terdapat angkutan umum yang melewati Pantai Karapyak ini.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor, mobil maupun minibus terdapat dua jalur yang bisa Anda tempuh. Pertama adalah dengan melewati Kantor Kecamatan Kalipucang. Dari sini, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih yakni sekitar 13 kilometer.

Keunggulan menggunakan jalur satu ini adalah keadaan jalannya yang cukup baik dan beraspal. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk melaluinya. Namun, di beberapa titik tertentu, Anda juga akan dihadapkan dengan tanjakan yang curam. Sehingga, Anda pun diperlukan untuk berhati hati.

Sedangkan untuk jalur yan kedua yakni dengan melewati rest Area Emplak. Jika melewati jalur ini, Anda hanya akan membutuhkan perjalanan yakni sepanjang 9 kilometer saja. namun, Anda perlu berhati hati lantaran kondisi jalan dengan menggunakan rute ini masih terbilang terjal dan jelek.

Kemudian, ketika Anda telah sampai di gerbang pantai, Anda pun juga akan menemukan dua rute yakni yang pertama memiliki jarak yang lebih dekat. Akan tetapi, kondisi jalannya pun cukup buruk dan terdapat turunan curam. Sedangkan rute yang lain yakni memiliki jarak yang lebih jauh, namun kondisi jalanan lebih mulus karena telah beraspal.

Harga Tiket Masuk Pantai Karapyak Pangandaran

Harga Tiket Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (Dayus 2016)

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun bisa menikmatinya sepanjang hari. Hal ini disebabkan pantai yang ada di daerah Pangandaran ini buka selama 24 jam penuh. Dengan begitu, Anda pun bisa bermalam atau datang pada malam hari untuk menikmati keindahan pantai.

Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri masih memiliki harga yang cukup terjangkau. Hal ini karena Anda hanya dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang Anda naiki untuk sampai ke pantai ini. sebut saja ketika Anda menggunakan minibus, maka Anda akan dipatok dengan harga yakni sekitar 46 ribu rupiah.

Apabila Anda datang ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan roda dua, maka biaya yang harus dibayarkan cenderung lebih murah. Sebab, Anda hanya perlu membayar sekitr 20 ribu saja per motor. Sedangkan untuk tarif parkirnya yakni sekitar 5 ribu rupiah untuk satu kendaraan. Cukup terjangkau, bukan?

Beragam Aktivitas Seru yang Bisa Diakukan di Pantai Karapyak

Aktivitas Seru di Pantai Karapyak
Image Credit: Facebook.com @on.juliana

1. Hunting Foto

Kegiatan berfoto adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika sedang berada di Pantai Karapyak. Hal ini dikarenakan lokasi satu ini memiliki banyak sekali spot foto yang menarik dan pastinya instagramable. Salah satunya adalah tebing pantai yang bagus untuk dijadikan background foto.

Selain itu, pantai ini juga identik dengan air lautnya yang berwarna biru dan hamparan pasir putih yang terbentang luas. Hal ini tentu saja menjadi salah satu tempat yang sangat menarik untuk berfoto. Sehingga Anda pun bisa mengambil gambar sepuasnya di lokasi yang sangat mempesona tersebut. Pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga yang Anda miliki disini.

2. Menikmati Indahnya Pantai di Teras Kaca

Keunikan lain yang bisa Anda jumpai ketika berada di Pantai Karapyak adalah wahana teras kaca. Spot foto satu ini memiliki nama yakni Teras Kaca Karapyak Valley. Saat berada di lokasi satu ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan spot foto yang menarik saja. melainkan Anda juga bisa menyaksikan keindahan pantai dari lokasi yang tinggi dan indah.

Ketika Anda berada disini, wisatawan pun bisa berfoto dengan latar belakang yakni panorama pantai yang sangat memukau. Bagaimana tidak, lautan yang luas membentang akan menjadi salah satu pemandangan utama yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. selain itu, Anda juga bisa untuk menikmati indahnya pepohonan dan hutan yang ada di pinggir pantai.

Namun, untuk bisa berfoto di lokasi satu ini Anda pun juga harus memiliki nyali yang tinggi. Hal ini dikarenakan wahana satu ini memiliki lantai yang terbuat dari kaca bening. Sehingga nantinya Anda pun akan disuguhkan secara langsung pemandangan pantai dari ketinggian. Anda juga bisa melihat secara langsung jurang yang ada di bawah dari balik kaca.

Aktivitas di Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (G41 Pro)

3. Bermain di Karang dan Bebatuan

Pantai Karapyak memang dikenal akan batu karangnya yang indah. Oleh karena itu, selain bersantai Anda juga menikmati keindahan dari batu karang yang sangat mempesona yang disuguhkan oleh pantai satu ini. disini, Anda bisa bermain di sela sela batu karang. Namun, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi, sebaiknya Anda tidak bermain di tepi pantai.

Sehingga, Anda pun bisa bermain batu karang yang berada di pinggir pantai. Disini pun Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam batuan karang yang indah dengan berbagai macam jenis dan model. Bahkan Anda pun bisa melihat terumbu karang dari jarak yang cukup dekat. Pastinya akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Karapyak Pangandaran

Fasilitas di Pantai Karapyak
Image Credit: Google Maps (Djadja Kosnendar)

Saat berada di Pantai Karapyak, Anda pun akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang sangat indah. Selain memiliki pemandangan yang indah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang akan membuat liburan semakin nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Untuk itu, objek wisata yang berada di daerah Pangandaran ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum. Seperti area parkir dengan lahan yang cukup luas, toilet, mushola untuk beribadah dan beberapa warung yang berada di sekitar pantai. Sehingga bagi Anda yang lapar, Anda pun tidak perlu khawatir karena warung warung yang ada disini akan mengenyangkan perut Anda.

Berlibur di Pantai Karapyak menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi, terutama ketika sedang berada di Pangandaran. Dengan begitu, bagi Anda yang sedang jenuh atau bingung untuk mencari tempat berlibur, maka Pantai Karapyak dapat Anda kunjungi. Disini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dan juga berbagai aktifitas menari yang bisa Anda lakukan.