Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wanasari, Desa Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa barat.

Pantai masih menjadi destinasi wisata favorit untuk menghabiskan waktu luang. Seperti ketika Anda sedang berada di Indramayu, Pantai Karangsong menjadi salah satu lokasi terbaik untuk bermain air sekaligus melihat indahnya hutan mangrove. Pemandangan lautnya yang memukau akan membuat Anda enggan untuk berpaling. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Karangsong

Daya Tarik Pantai Karangsong
Image Credit: Google Maps (Prengki Supriyadi)

Saat menghabiskan waktu di lokasi satu ini, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan pemandangan laut saja. melainkan, sesampainya di lokasi Anda pun akan bisa melihat sisi yang berbeda dari pantai ini. pasalnya, di Pantai Karangsong terdapat hutan mangrove yang luar biasa indahnya.

Anda pun akan diajak berkeliling di hutan bakau yang tumbuh dengan indah di pesisir pantai. Pantai yang dikenal sebagai kampung nelayan ini memiliki panorama yang indah dan memanjakan mata. Bagi sebagian orang, menikmati indahnya pantai sekaligus mendapatkan nuansa indahnya hutan bakau adalah hal yang jarang ditemui.

Akan tetapi, ketika Anda berada di lokasi ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Selain itu, ada pula keunikan lain yang bisa Anda temui ketika mengunjungi pantai satu ini. diantaranya adalah dalam perjalanan menuju kesini, Anda pun akan bertemu dengan pengrajin yang mana sedang membuat kapal kayu.

Kapal tersebut memiliki ukuran yang berbeda beda, yakni mulai dari yang besar hingga yang kecil. Petualangan Anda akan dilanjutkan ketika Anda telah memasuki area pantai. Disini, Anda akan melihat sibuknya nelayan sedang melakukan pelelangan ikan ikan yang baru saja ditangkap.

Selain itu, pemandangan berupa hutan mangrove yang tumbuh subur di pantai ini pun menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang akan didapatkan oleh wisatawan. Apabila Anda berkunjung saat liburan maka Anda pun akan mendapati wisata bahari ini ramai oleh pengunjung. Tak mengherankan, kawasan Eco Wisata Pantai Karangsong ini menjadi tempat berlibur yang banyak dikunjungi oleh pelancong.

Baik pelancong yang berasal dari kota Indramayu atau bahkan wisatawan yang berasal dari luar kota. Hutan mangrove yang ada di kawasan pantai ini merupakan salah satu sarana untuk konservasi yang memang ditujukan untuk memberikan edukasi kepada wisatawan yang berkunjung.

Sehingga, selain berjalan jalan dan menikmati indahnya pemandangan alam yang ada disini, wisatawan juga diajak untuk peduli pada kelestarian dari lingkungan. Tak hanya itu saja, disini wisatawan juga bisa melihat berbagai macam satwa liar yang hidup di pantai. Untuk itu, bagi Anda yang membawa si kecil kesini tentu saja akan betah.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Karangsong

Alamat Pantai Karangsong
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Pantai Karangsong berada di kota Indramayu, tepatnya di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu. Untuk letaknya sendiri yakni berada sekitar 8 kilometer dari arah timur laut kota Indramayu. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, maka Anda bisa melaluinya dari kota Cirebon.

Disini, Anda bisa memulai perjalanan di bunderan kijang. Kemudian, Anda bisa belok ke kanan ke arah Jalan Pahlawan. Namun, apabila Anda berangkat dari Jakarta maka Anda bisa melalui jalur Jatibarang dan ke pusat kota Indramayu. Jalur lain yang bisa Anda tempuh jika berangkat dari Jakarta adalah dengan melalui jalan Yos Sudarso.

Setelah Anda melewati jalan ini, Anda bisa berjalan lurus hingga menemukan perempatan Karangturi. Kemudian, Anda bisa belok ke arah kanan. Ketika Anda berada di Jatibarang maka Anda pun akan menemukan Simpang Lima yang kerap kali disebut dengan Bundaran Mangga.

Sesampainya disana, Anda bisa mengambil jalur menuju ke Jalan Gatot Subroto hingga Anda menemukan bundaran kijang lurus. Perjalanan diteruskan hingga sampai ke Jembatan Cimanuk yang berada di dekat Masjid Agung dan juga alun alun Indramayu. Disini, Anda hanya tinggal belok ke kiri dan mengikuti Jalan Siliwangi.

Selanjutnya, Anda akan bisa menemukan gapura besar dari desa Karangsong. Anda perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 3 kilometer dan Anda pun akan tiba di lokasi pantai ini. berlibur ke wisata bahari ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Karangsong

Harga Tiket Pantai Karangsong
Image Credit: Google Maps (Nana Sumarna)

Jika Anda berlibur ke Pantai Karangsong, maka Anda pun bisa melakukannya meskipun sedang dalam kantong kering. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu untuk membayar tiket masuk dengan harga yang mahal. Sebab, pihak pengelola hanya membebankan tiket masuk berdasar kendaraannya saja.

Apabila Anda mengendarai sepeda motor, Anda pun akan ditarik biaya masuk yakni sekitar 5 ribu rupiah saja. sedangkan bagi Anda yang membawa mobil, maka Anda akan membayar biaya parkir yakni sekitar 10 ribu rupiah. Setelah membayar tiket masuk, Anda bisa langsung memarkir kendaraan di sepanjang tempat parkir yang telah tersedia di destinasi ini.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri yakni mulai pukul 10 pagi hingga jam 6 sore. Sehingga, Anda pun akan dengan puas bermain air dan berkeliling hutan bakau ketika berada di lokasi satu ini. ditambah lagi, pantai ini buka setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa mengunjunginya kapan saja dan dimana saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Karangsong

Aktivitas di Pantai Karangsong
Image Credit: Google Maps (Rendy Senpay)

1. Melihat Aktivitas Perkapalan

Salah satu keunikan dan daya tarik yang mungkin tidak Anda dapatkan di pantai lain adalah melihat aktivitas perkapalan saat berada disini. Hal ini dikarenakan hampir setiap har, Anda akan melihat adanya kapal tanker yang membawa BBM melewati dan bersandar di sekitar pesisir pantai.

Biasanya Anda akan menemukan beberapa kapal yang bersandar di hutan mangrove tersebut. Hal ini disebabkan kapal tersebut tidak dapat untuk bersandar di Pertamina Balongan. Tentu saja, hal ini menjadi pemandangan tersendiri yang sayang untuk Anda lewatkan.

Sebab, pengunjung akan bisa melihat indahnya Kilang Minyak Pertamina Balongan di atas menara pandang yang berada di dekat hutan mangrove. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pembuatan kapal ketika melewati Jalan Siliwangi. Oleh karena itu, berwisata ke tempat satu ini dapat menjadi sarana edukasi yang cocok untuk si kecil.

2. Berfoto

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pantai Karangsong tanpa berfoto. Hal ini dikarenakan sesampainya di lokasi, pengunjung akan diajak untuk menyusuri kawasan hutan Mangrove. Anda pun akan berkeliling dengan menggunakan perahu layaknya sedang berada di daerah Kalimantan.

Tentu saja, momen satu ini akan sangat apik apabila diabadikan dalam jepretan kamera. Sehingga Anda pun bisa membawa peralatan fotografi yang mumpuni. Karena sudah dipastikan tempat satu ini akan sangat instagramable. Selama berjalan menggunakan perahu tersebut, pengunjung akan beristirahat di menara pandang.

Disini, biasanya wisatawan akan berkumpul dan menyantap hidangan yang dibawa dari rumah. Karena tempatnya yang bagus, maka tak jarang Anda akan mendapati banyak pelancong yang berfoto di daerah satu ini. pasalnya, dengan latar belakang hutan mangrove yang indah akan membuat pengunjung betah dan menghasilkan gambar yang memukau.

Namun, tak hanya di kawasan mangrovenya saja malainkan di sepanjang pantai merupakan spot foto yang apik. Anda pun bisa berfoto sembari bermain air atau berfoto dengan latar belakang pantai yang eksotis. Ditambah lagi, adanya kapal minyak yang bersandar akan membuat hasil foto jauh lebih mempesona.

3. Mengarungi dan Berkeliling di Hutan Mangrove

Aktivitas satu ini tentu saja tak bisa Anda lewatkan begitu saja saat berada di Pantai Karangsong. hal ini dikarenakan jarang sekali Anda menemukan pantai dan juga hutan bakau dalam satu tempat. Untuk itu, biasanya wisatawan yang datang kesini pun akan mengelilingi hutan bakau dengan menggunakan perahu.

Namun tak hanya dengan perahu saja, Anda juga bisa berkeliling kawasan ini dengan berjalan kaki. Anda bisa melewati jembatan kayu dan menikmati segarnya angin khas pantai sembari berjalan jalan. Asiknya lagi, Anda tak akan dipungut biaya tambahan ketika berkeliling dengan berjalan kaki.

Akan tetapi, ketika Anda lelah, maka Anda pun bisa menggunakan perahu. Untuk satu kali putaran biasanya Anda akan ditarik biaya sekitar 15 ribu rupiah per orang. Anda pun akan puas berkeliling indahnya hutan bakau yang hijau ini. untuk itu, wisata ini pun sebaiknya tak Anda lewatkan saat berada di Pantai Karangsong.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Karangsong Indramayu

Fasilitas Pantai Karangsong
Image Credit: Google Maps (Fandy Fachrizal)

Wisata satu ini dapat dikatakan memiliki aktivitas yang lengkap. Bahkan pihak pengelola pun telah menatanya dengan apik dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung di dalam berjalan jalan. Ekowisata satu ini juga telah didukung oleh beberapa kegiatan CSR maupun Pertamina.

Untuk itu, fasilitas yang ada disini pun telah tersedia untuk pengunjung. Diantaranya seperti parkir, toilet dan mushola telah tersedia dengan memadai. Kemudian, untuk fasilitas wisatanya sendiri seperti perahu, jalan setapak untuk berkeliling juga terawat dengan baik di lokasi satu ini.

Berlibur ke Pantai Karangsong di Indramayu dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika senggang. Oleh karena itu, bagi Anda yang suntuk tak ada salahnya datang kesini bersama dengan keluarga. Sebab banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini.