Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Tak hanya berupa wisata gunung, perbukitan, dan kawah saja, ternyata wisata pantai di Pangandaran, Jawa Barat juga menjadi destinasi yang tak boleh terlewatkan. Salah satu objek wisata menawan yang bisa anda kunjungi yaitu Pantai Karang Nini. Dengan pemandangan serta pesona wisata yang ditawarkan, maka cukup memanjakan jiwa dan pikiran para pengunjung untuk liburan yang menyenangkan. Untuk lebih lengkapnya, simak di sini!

Sekilas Pesona Karang Nini yang Memukau

Pesona Karang Nini yang Memukau
Photo by Google Maps Asep Aziz

Seperti yang diketahui, hampir semua tempat wisata yang ada di tanah air ini memiliki cerita dan legenda tersendiri. Bahkan hal ini juga berlaku pada destinasi wisata yang berkembang di kalangan masyarakat. Begitu juga dengan Pantai Karang Nini yang memiliki cerita menarik dari segi misteri beserta mitos yang beredar.

Sejarah pantai yang satu ini bisa diketahui dengan adanya Pangandaran yang dinamakan Karang Nini yaitu batu karang. Jika dilihat secara sekilas saja, maka bentuk perwujudan badannya menyerupai nenek-nenek. Tak heran jika nama yang diberikan pada pantai ini yaitu Nini atau dalam bahasa sunda yang berarti nenek.

Dibalik bentuk karang yang cukup unik, terdapat cerita yang tersimpan di dalamnya. Konon, di suatu kampung pada masa lalu terdapat sepasang kakek dan nenek yang tinggal di lokasi tersebut. Profesi kakek pada saat itu merupakan seorang penangkap ikan dan melaut menjadi rutinitasnya. Hasil tangkapannya juga akan disisakan untuk makan sehari hari.

Pantai Karang Nini yang Mempesona
Photo by Google Maps Rizki Subekti

Awalnya, hidup kedua pasangan tersebut berlangsung sederhana, harmonis, dan bahagia. Hingga pada suatu hari, ada sesuatu kejadian yang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, sang kakek tidak juga pulang dari laut sampai membuat nenek menjadi cemas secara berlebih. Karena alasan tersebut, nenek sangat cemas akan ada sesuatu yang buruk menimpa suami ketika melaut.

Akhirnya, nenek berjalan menelusuri pantai dengan menyebutkan nama sang suami sampai beberapa kali. Sayangnya, nenek yang menunggu hingga menjelang tengah malam juga tidak kunjung menemukan kakek. Nenek merasa sangat sedih, bahkan sampai membuat warga desa mencarinya. Namun, pencarian tersebut tidak membuahkan hasil yang nyata.

Mengingat kondisi sudah larut malam, maka para warga desa pun mulai untuk pulang dan berhenti untuk melakukan pencarian kakek. Sampai akhirnya, nenek hanya tinggal seorang diri di tepi pantai dengan menangis tersedu sedu. Selain itu, nenek juga tak henti hentinya memanjatkan doa agar bisa bertemu sang kakek bagaimanapun kondisinya.

Tak disangka sangka, secara ajaib doa dari nenek akhirnya dikabulkan untuk bertemu kakek. Setelah itu, tidak lama kemudian, nenek mendapatkan satu buah batu karang yang mengambang di dekatnya. Konon, batu karang tersebutlah yang menjadi perwujudan kakek yang dalam kenyataannya sudah tidak ada di dunia.

Daya Tarik Wisata Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini yang Alami dan Sejuk
Photo by Google Maps Parja ParmanJawa

Selain daya tarik dari cerita yang beredar, pantai ini menjadi incaran banyak wisatawan karena keindahan yang dipancarkan. Pantai ini memiliki air yang begitu jernih dan suara ombak yang terdengar dari kejauhan cukup besar. Pengunjung bisa menikmati waktu seru ketika mendapatkan sentuhan air laut di kaki.

Pantai Karang Nini memiliki keistimewaan yang tidak bisa ditemukan di daerah lainnya, mengingat letaknya yang ada di balik rimbunnya hutan. Perpaduan wisata hutan dan bahari ini menawarkan pengalaman yang cukup berbeda ketika berlibur di lokasi yang satu ini. Ditambah lagi, suasananya yang masih asri membuat wisata ini menjadi referensi liburan seru.

Mengingat keindahan pantai yang begitu memukau, maka kamera menjadi must have item yang harus ada di kantong para wisatawan. Pasalnya, pesona siluet dari matahari begitu menawan dan sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Tak heran jika para wisatawan selalu mengabadikan momen ketika berlibur ke pantai ini.

Yang Menarik di Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Asep Aziz

Selain indahnya pemandangan dari langit di pantai, anda juga akan disuguhi dengan daya tarik yang cukup menakjubkan dari jalur kereta api. Jalur ini merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda yang menjadi saksi bisu dan sejarah pada masanya. Jalur ini memiliki daya tarik yang cukup unik jika diabadikan ke dalam sebuah bingkai foto.

Sedangkan untuk Pantai Karang Nini sendiri, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan pasir putih dan laut yang biru. Apalagi jika cuaca sedang cerah dengan langit yang biru, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang hadir di kawasan wisata yang satu ini. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi dengan keindahan dari bebatuan karang yang berjajar di pantai ini.

Tak berhenti sampai di situ saja, anda juga bisa menikmati keindahan yang tak kalah eksotisnya. Pengunjung bisa menikmati segara anakan yang tak kalah dengan segara anakan Gunung Rinjani. Selain itu, anda juga bisa menikmati menara pandang yang sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa teropong untuk menikmati pesona laut dari ketinggian.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Parja ParmanJawa

Pantai eksotis ini berada tepat di Emplak, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Karang Nini, maka anda bisa mengaksesnya dengan mudah melalui Ciamis Pangandaran. Lebih tepatnya, anda bisa mengunjungi desa Emplak yang ada di Kecamatan Kalipucang. Bagi anda yang berangkat dari arah kota Ciamis, maka dapat menempuh wisata pantai ini sekitar 80 km.

Sedangkan jika ditempuh dari arah Pangandaran, maka jarak yang dibutuhkan berkisar 10 km dengan waktu perkiraan sekitar 20 menit. Mengingat lokasi ini cukup populer di kalangan para wisatawan, maka pengunjung dapat menjangkaunya dengan memanfaatkan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Ketika mengunjungi Karang Nini, pengunjung diharuskan membayar harga tiket masuk berkisar 7500 per kepala. Petugas akan memberikan tiket masuk setelah membayar tanpa perlu turun dari kendaraan. Untuk jam bukanya sendiri, anda bisa mengunjunginya dari hari Senin sampai dengan minggu.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengujung

Aktifitas menarik di Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Herry Maulana

1. Hunting Foto Seru

Ketika berkunjung ke Pantai Karang Nini, maka bersiaplah untuk mendapatkan banyak foto yang indah. Dengan perpaduan antara hutan dan pantai, anda bisa menjadikannya sebagai latar belakang foto yang menarik. Lebatnya hutan yang bertaut dengan lautan lepas, memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Tentu, pesona alam yang menawan tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berkunjung di pantai. Para pelancong yang datang bisa berfoto dengan keindahan alam yang tersaji di pantai ini. Akan lebih baik lagi jika anda datang ke pantai ketika cuaca sedang cerah di musim panas, bukannya musim penghujan.

2. Menikmati Indahnya Sunset

Kondisi yang paling diburu oleh para wisatawan ketika berada di kawasan wisata ini yaitu saat mentari di ufuk timur membayang di yang ada di seberang dari Pantai Karang Nini. Ada juga kelokan jalan dari kereta api yang menjadi peninggalan Belanda untuk menambah keindahan dari sunset yang ada di kawasan pantai.

Aktifitas menarik lainnya di Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Aris Gunawan

3. Bermain Air di Pantai

Pasir yang bersih dan air laut yang membiru, tentu menjadi salah satu daya tarik yang tidak ingin dilewatkan begitu saja. Para pengunjung tidak akan melewatkan keindahan pasir pantai untuk menghibur diri. Tak jarang jika para wisatawan datang untuk sekedar bermain pasir putih yang ada di sekitar pantai.

4. Berjemur

Selain menikmati pesona keindahan yang ditawarkan pantai yang indah ini, anda juga bisa sekedar berjemur, di pinggiran pantai. Keindahan alam sekitar pantai cukup menawan sambil menikmati pancaran cahaya matahari yang cukup terik. Umumnya, aktivitas yang satu ini sering dilakukan bagi para pengunjung yang berasal dari mancanegara.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Parja ParmanJawa

Mengingat objek wisata yang satu ini cukup populer di Jawa Barat, maka Pantai Karang Nini dilengkapi dengan sederet fasilitas yang mumpuni. Ketika pengunjung membawa kendaraan, maka sudah tersedia area parkir kendaraan wisata yang cukup luas. Dengan begitu pengunjung bisa berlibur di pantai tanpa khawatir kendaraan pribadi yang diparkir.

Fasilitas pendukung lainnya ada gazebo, camping area, mushola, toilet, beserta spot foto yang trendi. Setelah menghabiskan waktu seharian di lokasi ini, maka pengunjung bisa menemukan sederet fasilitas berupa warung makan yang menyediakan santapan lezat. Dengan begitu, liburan ke pantai cantik ini menjadi semakin lengkap dan tak terlupakan.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Nini

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Nini
Photo by Google Maps Aris Gunawan

Berlibur memang menjadi salah satu kesempatan untuk mendapatkan waktu bersama dengan orang tersayang. Untuk itu, persiapkan waktu liburan sebaik mungkin dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan kondisi kendaraan pribadi agar tetap prima jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, siapkan bekal selama menikmati perjalanan menuju ke Pantai Karang Nini. Pastikan jika kondisi tubuh anda selalu fit dan juga sehat agar liburan menjadi lebih berkesan. Tak berhenti sampai di situ saja, jangan lupa membawa baju ganti mengingat lokasi wisata yang dikunjungi adalah wisata bahari.

Ketika berada di pantai, maka jangan lupa untuk selalu awasi putra putri anda jika bermain di dekat air. Patuhi larangan serta anjuran dari pihak pengelola, sehingga bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Tak ketinggalan, persiapkan kamera untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau pun teman-teman di pantai ini.

Itulah beberapa informasi yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi Pantai Karang Nini di Pangandaran. Menjadi saksi keindahan dan eksotisnya wisata pantai di Indonesia, lokasi wisata ini penuh dengan cerita sejarah dan legenda yang menarik. Sehingga, ini patut dikunjungi untuk menambah pengalaman yang mengesankan.