Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Jawa Barat. Objek Wisata Pantai Nan Eksotis, Populer & Paling Hits yang Wajib Anda Eksplor Dikala Liburan.

Sebagai salah satu provinsi di Pulau Jawa, Jawa Barat ternyata memiliki potensi akan wisata bahari yang mempesona. Keindahan alam, suasana pantai yang eksotis tentu saja akan bisa untuk Anda jumpai, baik pantai utara maupun pantai selatannya menyimpan berbagai pesona tersendiri yang sayang untuk Anda lewatkan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai cantik di wilayah Jawa Barat, berikut daftar rekomendasinya.

1. Pantai Pulau Peucang

Pantai Pulau Peucang
Image Credit: Google Maps (Zeze Zadid)

Ketika berada di Jawa Barat, pastikan untuk mengunjungi Pantai Pulau Peucang. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan keindahan berupa hamparan pasir putih yang sangat apik. Ditambah lagi dengan terumbu karang yang ada di sekitarnya akan membuat Anda terbius akan kecantikannya.

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di tempat satu ini. Sebut saja seperti menyelam, berenang, hingga snorkeling sembari melihat indahnya wisata alam bawah laut. Selain itu, bagi Anda yang menyukai rusa, tentu saja Pantai Pulau Peucang akan menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

2. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar
Image Credit: Instagram.com @shandi_adiwijaya

Menikmati pemandangan laut yang tenang menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Layar. Pantai yang berada di Banten satu ini menawarkan keindahan yang tak bisa untuk Anda tampik begitu saja. Selain itu, Anda juga bisa untuk berkemah ketika berada di wisata satu ini. Api unggun dan barbekyu menjadi hal yang tak bisa dilewatkan.

Lokasi: Tanjung Layar Blok Ciantir, Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

3. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Google Maps (Rudyanto A. Wibisono)

Masih berada di area Banten, Anda bisa mengunjungi Pantai Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata selanjutnya. Dengan memiliki panorama yang indah dan juga dilengkapi dengan hamparan pasir yang lembut membuat Anda akan terpesona dibuatnya. Ditambah lagi dengan air lautnya yang jernih akan membuat Anda betah berada di pantai ini.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa untuk Anda lakukan ketika berada di pantai satu ini. Pertama, bagi Anda yang suka menyelam maka snorkeling dan diving menjadi kegiatan yang bisa Anda coba. Lalu, bagi Anda yang ingin sekedar menikmati suasana pantai yang romantis, tentunya Anda bisa mengajak pasangan untuk menghabiskan waktu disini sembari menunggu sunset.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Terhits Buat Liburan

4. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu
Image Credit: Bandung-tour.com

Pantai Manalusu menjadi salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi selanjutnya saat menjelajah wisata bahari di Jawa Barat. Pantai ini dinamakan demikian karena nama penemunya yakni Karl Manalusu. Disini, Anda bisa berkemah, memancing hingga berenang karena ombaknya yang tenang. Bahkan jika beruntung Anda bisa menemukan ikan kecil di sela batu karang.

Lokasi: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

5. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai unik satu ini memiliki dua warna air yang berbeda, yakni warna hijau kecoklatan dan juga biru. Dengan suasananya yang sepi, sangat pas bagi Anda yang ingin mencari tempat untuk menyendiri. Dengan menikmati kawasan pantai yang hening, Anda pun juga tetap bisa untuk mengabadikan keindahan alam yang ada dalam kamera, terutama ketika sunset tiba.

Lokasi: Sagara, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

6. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak
Image Credit: Google Maps (urbani elisya)

Berada di sekitar Depok, Pantai Cicalobak menjadi salah satu wisata bahari yang wajib untuk Anda kunjungi. Walaupun masih belum tersohor, namun pemandangan yang eksotis akan membuat Anda terpukau. Ditambah lagi dengan pantainya yang bersih dan masih cukup sepi akan sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati kesendirian bersama dengan alam.

Lokasi: Desa Mekarsari, Kec. Garut, Kab. Garut.

7. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Image Credit: Garuttrip.com

Saat mengunjungi Pantai Santolo yang ada di Garut, Anda tak akan pernah kehabisan ide untuk beraktivitas. Sebab, saat berada di area ini Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan seru, sebut saja seperti berenang di pantai, memancing hingga melakukan watersport seperti banana boat.

Uniknya lagi, bagi Anda yang ingin memancing di laut lepas maka Anda hanya perlu untuk menyewa perahu dan Anda bisa memacing di tengah laut. Apabila Anda ingin berada disini hingga malam tak perlu khawatir. Karena di sekitar pantai akan banyak sekali tersedia berbagai penginapan dengan harga yang terjangkau untuk bermalam.

Lokasi: Pantai Santolo, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

8. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah
Image Credit: Google Maps (Partho Djojodihardjo)

Meskipun memiliki ombak yang cukup besar, Pantai Cipatujah yang ada di Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Sebab, Anda akan bisa melakukan banyak sekali aktifitas seru ketika berada disini, seperti bermain air dan juga berenang di tepi pantai.

Ketika sore telah tiba, Anda pun jangan terburu buru untuk beranjak. Sebab, keindahan matahari tenggelam yang sangat elok akan sayang untuk dilewatkan. Pasalnya pemandangan Pantai Cipatujah menjelang malam sangatlah eksotis. Anda pun akan terbuai dibuatnya.

Lokasi: Kec. Cipatuah, Kab. Tasikmalaya.

9. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta
Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai Sindangkerta menjadi salah satu pantai di Jawa Barat yang menawarkan indahnya hamparan pasir putih. Selain keindahan pantai, Anda juga akan disuguhkan dengan taman laut yakni Taman Langsar yang sangat cantik untuk Anda kunjungi. Disini Anda juga bisa berjumpa dengan spesies laut yang unik. Bahkan Anda juga bisa turut untuk melepas penyu.

Lokasi: Desa Sindangkerta, Kec. Cipatuah, Kab. Tasikmalaya.

10. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan
Image Credit: Youtube.com (Andri Bambang St)

Bagi Anda yang berkesempatan untuk ke Tasikmalaya, maka Pantai Karang Tawulan wajib masuk ke destinasi wisata bahari yang wajib untu Anda kunjungi. Sebab, Anda akan disuguhkan dengan panorama pantai yang berbeda dari biasanya. Selain itu, pemandangan laut dari atas bukit akan menjadi hal yang akan Anda jumpai

BACA JUGA:  15 Tempat Camping di Bogor yang Paling Hits

Hamparan batu karang yang indah, hanya sebagian kecil suasana alam yang Anda rasakan. Hal ini dikarenakan ketika petang, Anda akan bisa melihat indahnya matahari tenggelam yang sangat cantik. Sederet burung camar yang berterbangan pun akan menambah keelokan destinasi wisata bahari satu ini.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Kec. Cikalong, Kab. Tasikmalaya.

11. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Image Credit: Travelvit.com

Untuk Anda yang memiliki hobi surfing, tentu saja Pantai Cimaja menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib masuk ke bucket list. Bahkan bagi Anda yang ingin belajar berselancar pun akan cukup aman dilakukan di pantai ini. Sebab, keselamatan Anda telah tejamin oleh adanya tim Surfing Culture Club Indonesia, yakni komunitas peselancar yang telah ahli.

Lokasi: Desa Cimaja, Kec. Cikakak, Kab. Sukabumi.

12. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu
Image Credit: Google Maps (Simple Hayati)

Keindahan yang luar biasa tentu saja dimiliki oleh pantai satu ini. Sebab, topografi antara pantai yang curam, landai dan juga tebing karangnya yang terjal akan membuat bentang alam yang cantik. Namun, mengingat ombaknya cukup besar Anda sebaiknya tidak bermain air ketika berada di pantai ini. cukup menikmati panorama indah yang disuguhkan saja.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Citepus

Pantai Citepus
Image Credit: Google Maps (Yanti Herawati)

Berjalan jalan sembari menikmati keindahan alam menjadi aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Citepus. Selain itu, Anda juga bisa untuk berenang maupun bermain air di tepi pantai untuk melepas penat. Ketika lapar, tak perlu khawatir sebab di sekitar pantai telah tersedia berbagai macam kuliner khas laut yang bisa Anda cicipi.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

14. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Jika Anda melanjutkan perjalanan ke Sukabumi, pastikan untuk singgah sejenak ke Pantai Ujung Genteng. Pantai satu ini memiliki keindahan yakni berupa hamparan pasir putih yang bersih serta berbagai macam biota laut yang indah. Sebut saja seperti rumput laut, kepiting kecil, bintang laut dan ikan yang berwarna warni.

Ketika berada disini, Anda juga bisa untuk melakukan jelajah dengan menyusuri pantai sembari melihat puing puing dermaga yang menjadi peninggalan jaman Belanda. Bahkan Anda pun dapat menaiki mercusuar untuk melihat keindahan Pantai Ujung Genteng dari sudut pandang yang berbeda.

Lokasi: Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Karang Nini

Image Credit: Google Maps (Yuris Ipunk)

Apabila Anda hendak mengunjungi wisata ini, bersiaplah untuk melakukan perjalanan yang cukup lama. Namun, sesampainya di Pantai Karang Nini tentunya Anda tak akan dibuat menyesal. Pasalnya, banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan seperti area untuk berkemah, pondok wisata hingga area bermain untuk anak.

Lokasi: Emplak, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

16. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (ikshan Budi Saputra)

Memiliki pasir yang putih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai satu ini. Selain itu, wisata bahari ini pun menawarkan suasana yang masih alami dan juga asri. Sehingga, Anda bisa menemukan kera yang berkeliaran dengan bebas dan tentu saja jinak saat diajak untuk bermain.

Lokasi: Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

17. Pantai Madasari

Pantai Madasari
Image Credit: Klikpositif.com

Pantai yang cukup unik dengan pemandangan berupa pulau pulau kecil di sekitarnya akan menjadi salah satu hal yang Anda jumpai saat berada di Pantai Mandasari. Selain itu, hamparan pasir putih serta indahnya batu karang yang menghiasi pantai ini juga menjadi panorama yang akan Anda jumpai di wisata satu ini.

Lokasi: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Pangandaran.

18. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Image Credit: Instagram.com @pantai_batuhiu

Pantai yang memiliki batu terlihat mirip dengan sirip ikan hiu ini menjadi pantai di Pangandaran yang cocok untuk Anda singgahi. Untuk melihat batu yang menyerupai hiu tersebut, Anda bisa naik menuju ke atas bukit. Pasalnya, pemandangan yang ada di atas bukit sangatlah memukau.

Disini, Anda bisa mengambil banyak foto yang instagenik. Sebab, setiap sudutnya memiliki spot foto yang sangat menarik. Mulai dari berfoto di batu hiu, hamparan pasir putih dan tentu saja panorama matahari terbenam yang sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Bagi Anda yang kelaparan, warung makan yang ada di sekitar pantai akan menjadi penyelamat perut Anda.

Lokasi: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

19. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Instagram.com @penginapanbatukaras

Pantai Batu Karas menjadi salah satu wisata bahari yang wajib Anda kunjungi selanjutnya. Disini, Anda akan disuguhkan dengan suasana pantai lengkap dengan ombak lautnya yang tenang. Sehingga, Anda bisa berenang, menaiki perahu bahkan hingga berselancar disini. Untuk Anda yang ingin menginap, maka banyak sekali penginapan di sekitar pantai untuk bermalam.

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

20. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya
Image Credit: Radarcirebon.com

Saat berada di Indramayu, pantai Tirtamaya menjadi destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Disini, Anda bisa berpiknik bersama keluarga. Ditambah lagi, saat matahari akan terbenam, Anda akan disuguhkan dengan fenomena berubahnya langit menjadi warna oranye dan tergantikan oleh malam.

Namun, Anda juga bisa menikmati momen matahari tenggelam tersebut sembari menyantap hidangan laut yang sangat khas di warung sekitar pantai. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin berenang dan bermain air, sebaiknya lebih berhati hati dan disarankan untuk tidak melakukannya. Pasalnya, pantai satu ini dikenal memiliki ombak yang cukup besar.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

Beberapa destinasi wisata pantai di Jawa Barat tersebut menjadi jujukan bagi Anda yang bingung mencari tempat untuk berlibur. Karena pantai tersebut menawarkan keindahan tersendiri yang akan membuat Anda terkagum. Ditambah lagi dengan pesona alamnya yang sangat indah dan luar biasa akan membuat Anda ingin mengunjunginya saat sedang berada di Jawa Barat.