Temukan Beragam Pilihan Wisata Populer Pantai Dekat Kota Bandung, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Terindah, Populer dan Paling Hits untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Kota Bandung merupakan lokasi paling tepat untuk menghabiskan waktu liburan.

Bandung memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan cocok untuk menghabiskan liburan. Bukan hanya wisata buatannya yang menarik hati, namun destinasi pantai di sekitarnya juga wajib dikunjungi. Anda akan melihat eloknya panorama alam di beberapa pantai yang bisa memanjakan mata.

Apa saja pantai terindah yang menarik dikunjungi? Berikut rekomendasi wisata pantai terbaik dekat Bandung yang bisa Anda pilih untuk liburan.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng
Image Credit: Wisatabagus.com

Pantai ini terletak di Sukabumi dan membutuhkan 6-7 jam perjalanan dari kota Bandung. Daerah Ujung Genteng merupakan desa nelayan sehingga Anda bisa melihat banyak aktivitas nelayan setiap harinya. Jika berkunjung saat pagi hari Anda dapat menjumpai pelelangan ikan. Selain itu Anda bisa berburu aneka kuliner seafood enak dan segar disini.

Di Pantai Ujung Genteng Anda akan dibuat terpesona dengan air laut yang biru. Ditambah lagi hamparang pasir putih yang membentang indah sepanjang pantai. Anda bisa duduk bersantai diatas lembutnya pasir sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Namun disarankan untuk berenang di tepian saja, sebab ombak di pantai ini cukup besar.

Apabila Anda merasa kurang puas dan ingin menikmati pemandangan lainnya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat di sekitar Pantai Ujung Genteng. Tidak jauh dari tempat wisata ini terdapat pantai buatan yang bisa dikunjungi, yaitu Kampung Gajah Lembang dan Kampung Batu Malakasari. Kedua wisata ini menyediakan berbagai wahan dan sederet fasilitas lengkap.

Lokasi: Desa Gunung Batu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Garuttrip.com

Untuk menuju wisata bahari ini Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam dari pusat kota. Letaknya cukup tersembunyi dan jarang diketahui banyak wisatawan, sehingga kawasan wisata ini masih terasa alami dan asri. Anda akan menjumpai view indah dihiasi dengan pasir putih dan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Karena belum terjamah oleh tangan-tangan wisatawan jahil, keindahan bawah laut disini masih sangat terjaga. Namun jangan berharap ada banyak wahana disini, karena pengelola wisata menginginkan kondisi lingkungannya tetap aman. Alhasil Anda hanya bisa menikmati bermain air dan berenang disini. Ditambah lagi aktivitas snorkeling untuk melihat pesona kehidupan bawah laut.

Meskipun lokasinya jauh dari akses jalan, bukan berarti tidak tersedia apapun disini. Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk wisatawan seperti toilet dan warung pinggir pantai. Selain itu ada banyak sekali penjual souvenir khas Pantai Santolo yang dijual disini. Anda juga bisa membeli aneka ikan segar yang dijual oleh para nelayan di area wisata ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Anak di Bandung Terhits Buat Liburan

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Topijelajah.com

Berjarak sekitar 20 kilometer dari Kabupaten Garut, Anda akan menemukan Pantai Rancabuaya yang populer di kalangan wisatawan. Hal ini karena Pantai Rancabuaya merupakan salah satu lokasi syuting film Perahu Kertas. Panorama alam di pantai ini sangat indah dan dihiasi air terjun, membuat setiap pengunjung betah berlama-lama disini.

Menjelang sore hari Anda bisa melihat pemandangan sunset yang sangat menawan. Karena itulah Pantai Rancabuaya dijuliki sebagai destinasi terbaik untuk melihat matahari tenggelam. Anda disarankan untuk menunggu hingga malam hari, sebab ada suguhan view bintang di langit yang begitu mempesona.

Di pinggiran pantai terdapat saung-saung yang didirikan sebagai tempat istirahat para wisatawan. Setelah puas bermain di area pantai, Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner seafood yang lezat dan menggoda. Selama menghabiskan liburan di pantai ini Anda akan mendapatkan banyak momen yang berkesan.

Lokasi: Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab Garut.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Google Maps (Anita Yuliani)

Sesuai dengan namanya yang cukup unik di telinga, bentuk Pantai Sayang Heulang juga berbeda dengan pantai lainnya. Kawasan wisata ini memiliki bentangan batu karang yang menjorok ke laut. Bagi Anda yang ingin melihat matahari terbit terbaik, maka pantai ini menjadi pilihan destinasi yang tepat.

Namun untuk tiba di Pantai Sayang Heulang, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam dari kota Bandung. Sepanjang perjalanan Anda harus berjuang untuk melewati beragam jalan terjal. Tetapi rasa lelahnya bukan menjadi masalah besar setelah sampai di lokasi pantai. Karena Anda langsung disambut dengan hamparan pasir putih serta air laut biru kehijauan.

Ombak di pantai ini cukup besar sehingga wisatawan dihimbau untuk berhati-hati saat berenang. Lanskap alam yang disuguhkan menjadi background foto yang sangat apik. Sehingga banyak beberapa fotografer profesional yang mengabadikan banyak momen di pantai ini. Setelah puas menikmati keindahannya Anda bisa bersantai di bibir pantai sambil minum es kelapa muda.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

5. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak
Image Credit: Instagram.com @febriantourandtravel

Posisi pantai ini berdekatan dengan Taman Nasional Ujung Kulon dan mudah akses jalannya. Meskipun begitu belum banyak wisatawan yang mengenal Pantai Karapyak dan asing dengan namanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa keindahan alamnya masih asri dan alami. Suasana lingkungannya juga masih bersih dan belum ada jejak-jejak para wisatawan disini.

Panorama alam yang disuguhkan disini mirip sekali dengan wisata bahari Ketepeng di Bandungraharjo, daerah sekitar kota Jepara. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung menunjuk Pantai Karapyak sebagai pantai yang paling romantis. Dengan suasana syahdu dan momen matahari terbenam yang sangat menawan.

Lokasi: Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Dekat Grafika Cikole Lembang Terhits Buat Liburan

6. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan
Image Credit: Pasirpantai.com

Berangkat dari daerah Ujung Genteng, Anda melaju sekitar 5 kilometer kea rah barat daya untuk menjumpai Pantai Pangumbahan. Setelah tiba di lokasi Anda akan disuguhi dengan pasir putih yang lembut dan membentang luas. Air lautnya berwarna biru dengan ombak yang cukup besar, menambah poin keindahan dari wisata bahari di daerah dekat Bandung ini.

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, pantai ini cocok untuk lokasi liburan sambil belajar. Sebab Pantai Pangumbahan menjadi tempat untuk penangkaran penyu dan dijadikan sebagai sarana edukasi anak. Jika beruntung pada sore hari Anda bisa melihat pelepasan anak penyu di lautan lepas. Bahkan bisa menyaksikan secara langsung telur-telur penyu di tempat penangkaran.

Bukan hanya waktu pelepasan penyu saja yang menarik, panorama menjelang matahari terbenam pun tidak kalah mempesonanya. Anda akan menjumpai sunset paling eksotis disini dengan semburat senja yang memukau. Biasnya memantul ke air laut hingga menghasilkan siluet-siluet yang sayang bila tidak diabadikan.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Image Credit: Instagram.com @n_graph71

Meskipun letaknya di Banten, namun lokasi Pantai Sawarna dekat dengan daerah Sunda. Jika berangkat dari pusat kota Bandung Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 7 jam. Namun rasa lelah Anda akan menguap setelah tiba di lokasi, karena pesona alamnya sangat memanjakan mata. Gradasi laut biru dan pasir putih membuat pantai ini semakin tampak menawan.

Sepanjang bentangan pantai Anda akan melihat gugusan batu karang yang menarik. Mulai dari ukuran kecil hingga dua batu karang yang paling besar. Lanskap inilah yang kerap menjadi background foto yang instagramable. Pemandangan akan bertambah eksotis apabila langit sedang cerah berwarna biru dan sinar matahari menyinari keseluruhan pantai.

Selain panorama unik dari Pantai Sawarna, wisata bahari ini kerap dijadikan lokasi untuk berselancar. Pasalnya ombak yang dihasilkan cukup besar sehingga wisatawan dihimbau untuk waspada saat berenang. Pantai ini buka selama 24 jam jadi Anda bisa berkunjung kapanpun Anda mau. Paling asyik saat malam hari sembari menikmati keindahan bintang di langit.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

8. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar
Image Credit: Instagram.com @shandi_adiwijaya

Berdekatan dengan Pantai Sawarna membuat pantai ini sedikit memiliki kemiripan. Bedanya Pantai Tanjung Layar hampir keseluruhannya dihiasi dengan hamparan batu karang. Ukuran batuannya cukup besar dan membentuk gugusan yang menawan. Cocok bagi Anda yang memiliki hobi hunting foto-foto unik. Bukan hanya batuan karang saja namun beberapa spotnya bagus untuk latar fotografi.

Karena hampir di dominasi oleh batuan karang, tidak banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disini. Anda bebas berenang di laut sebab ombak Pantai Tanjung Layar cenderung tenang. Selain itu perairannya cukup dangkal untuk orang dewasa, sehingga tidak banyak yang perlu dikhawatirkan. Namun tetap waspada apabila membawa anak kecil agar tidak jauh bermain ke tengah.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pada area pinggir pantai sudah banyak berdiri warung-warung kuliner yang bisa Anda santap. Rata-rata menunya merupakan hasil tangkapan dari nelayan setempat. Sehingga Anda langsung merasakan masakan seafood segar yang diambil langsung dari laut. Harganya pun tidak menguras dompet dan rasanya sangat lezat serta memanjakan lidah.

Lokasi: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

9. Pantai Karang Bandung

Pantai Karang Bandung
Image Credit: Google Maps (Achmad Mafaid)

Jika Anda ingin mengunjungi pantai yang belum banyak terjamah wisatawan, maka Pantai Karang Bandung adalah jawabannya. Pantai ini dijuluki surga tersembunyi karena memiliki keindahan alam yang masih asri. Selain itu medan yang ditempuh cukup berat membuat wisatawan berpikir dua kali untuk mengunjunginya.

Namun perjalanan berat itu segera terlunasi setelah tiba di area pantai. Anda akan merasakan kepuasan tersendiri melihat bentangan alam yang begitu mempesona. Posisi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia menjadikan bentangan lautnya luas dan memanjakan mata. Sebab warna biru lautnya benar-benar membuat hati damai dan tenang saat dipandang.

Meskipun memiliki ombak yang cukup tenang namun disarankan tidak berenang disini. Hal ini karena laut langsung terhubung ke Samudera Hindia, sehingga arus yang dihasilkan lumayan deras meski tidak terlihat. Anda bisa beralih ke aktivitas lainnya seperti memancing atau sekedar duduk santai sambil menikmati keindahan Pantai Karang Banudung.

Lokasi: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

10. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Updatetiket.com

Pantai ini berlokasi di dekat Ciwidey dan memiliki akses yang terdekat menuju Bandung. Pantai Jayanti terkenal memiliki ombak yang besar dan dihiasi batuan karang. Sehingga tidak disarankan bagi wisatawan untuk berenang atau bermain air disini. Mungkin duduk santai atau berjalan-jalan sekitaran pantai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di bagian timur Pantai Jayanti terdapat deretan kapal-kapal nelayan yang bersandar rapi di tepi pantai. Kapal-kapal ini akan berlayar sesuai jadwal dan membawa pulang hasil tangkapan ikan segar. Tidak heran jika Anda berkunjung di pagi hari akan ada pasar lelang dan ada transaksi jual beli ikan. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasil tangkapan laut dengan harga terjangkau.

Para pecinta fotografi pun juga kerap memburu deretan kapal yang dijejer rapi ini. Sebab menjadi spot foto favorit dan memiliki makna seni yang tinggi. Jika merasa belum puas menikmati keindahan Pantai Jayanti, Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk dengan harga per malam murah. Namun terkadang penduduk setempat menawarkan tempat bermalam gratis.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

Jika Anda berkunjung ke Kota Bandung mungkin bisa mencoba berlibur ke beberapa pantai populer di sekitarnya. Terdapat banyak rekomendasi pantai yang bisa Anda sambangi sejenak untuk melepas jenuh. Deretan pantai ini memiliki pesona alam yang luar biasa, sehingga cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Jadi, sudah tertarik untuk mengunjungi salah satunya?