Pantai Batu Karas salah satu objek wisata pantai yang populer di Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Pantai yang landai, ombak yang bersahabat, birunya air laut dan panorama alam yang tersaji menjadikan pantai ini cocok dikunjungi untuk berenang dan berselancar.

Harga Tiket: Rp 1.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

Berkunjung ke Pangandaran kurang lengkap rasanya jika tidak mampir ke pantai andalannya, Batu Karas. Wisata bahari satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka berselancar. Bila Anda sedang dilanda penat, pantai ini dapat menjadi salah satu opsi yang bisa untuk Anda kunjungi.

Pantai Batu Karas adalah wisata bahari yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Saat berada disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menghilangkan penat atau sekedar refreshing di akhir pekan. Tertarik untuk berlibur di pantai ini? Simak daya tariknya disini.

Daya Tarik Wisata Pantai Batu Karas

Daya Tarik Pantai Batu Karas
Image Credit: Twitter.com @atourin

Wisata bahari satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama bagi Anda yang menyukai kegiatan surfing. Berada satu garis dengan pantai Pangandaran dan juga Pantai Hiu yang berada di Laut Selatan, membuat destinasi wisata satu ini memiliki ciri khas tersendiri.

Memasuki kawasan pantai ini, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan pemandangannya yang indah. Terlebih lagi, pantai satu ini memiliki ombak yang tenang dan juga panjang. Sehingga banyak wisatawan yang melakukan kegiatan berselancar ketika berada di lokasi satu ini.

Ketika Anda berada di pantai Batu Karas, Anda pun akan merasakan sensasi yang berbeda. Sebab, ombak yang ada di pantai ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Sehingga tak mengherankan wisata ini menjadi daya tarik dan mengundang rasa penasaran bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Saat Anda berada disini, Anda pun pastinya akan melihat banyak sekali turis asing yang sedang menghabiskan waktu di pantai. Hal ini dikarenakan pesona dan pemandangan alam yang ada di destinasi wisata ini memang tak bisa diragukan lagi. Pesona tersebut tentunya akan membuat siapa saja ingin menjelajah indahnya pantai.

Ditambah lagi, kebanyakan turis mancanegara tersebut memang sengaja datang untuk menaklukan ombak yang ada di pantai ini. tak hanya surfing atau berselancar saja, bagi Anda yang ingin berenang, maka Anda pun perlu untuk mengecek keadaan ombaknya apakah dirasa aman atau tidak.

Terlebih lagi ketika Anda berada di tempat satu ini bersama si kecil. Pastikan Anda untuk selalu menjaga dan mengawasi kemanapun si kecil berlarian. Sehingga nantinya tidak berlarian menuju ke daerah air laut yang berombak. Destinasi wisata ini memang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga maupun sendirian. Sebab, tempatnya tak akan membuat bosan meskipun Anda berada disini dalam waktu yang lama.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Batu Karas

Alamat Batu Karas
Image Credit: Bodyraftingpangandaran.com

Pantai yang berada di Pangandaran ini bisa Anda lalui dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Perjalanan pertama untuk bisa sampai ke daerah ini bisa Anda lalui menuju ke arah Pangandaran. Kemudian, Anda pun bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju ke arah Cijulang.

Apabila Anda masih bingung, alangkah baiknya jika Anda menggunakan peta digital dari Google Maps maupun Waze. Dengan adanya GPS akan menjadi salah satu cara untuk memudahkan Anda agar cepat sampai ke pantai. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk bertanya kepada masyarakat sekitar tentang arah menuju ke lokasi satu ini.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa mengawalinya dengan menggunakan bus dan turun di Terminal Pangandaran. Perjalanan selanjutnya bisa Anda teruskan dengan menggunakan minibus menuju ke arah Cijulang. Barulah nanti Anda bisa naik ojek menuju ke Pantai Batu Karas.

Untuk jam buka dari wisata satu ini adalah selama 24 jam penuh. Sehingga, Anda pun bisa datang kapan pun yang Anda mau. Dengan adanya jam buka seharian ini, maka Anda pun bisa menikmati semilirnya angin laut di malam hari. Tak hanya itu saja, menyaksikan kerlipan bintang di pantai pun menjadi salah satu kegiatan mengasyikkan yang bisa Anda coba.

Sedangkan untuk harga tiket dari destinasi satu ini adalah beragam. Sebab, harga yang dipatok mulai dari 1500 rupiah hingga kisaran 80 ribu rupiah. Untuk harga yang paling murah, biasanya ditujukan kepada Anda yang datang ke pantai tanpa menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Dan untuk kisaran harga 80 ribu biasanya ditujukan untuk rombongan bus yang datang ke pantai.

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Batu Karas

Aktivitas di Pantai Batu Karas
Image Credit: Google Maps (Elis)

1. Berselancar

Kegiatan yang paling diminati dan menjadi daya tarik dari pantai satu ini adalah berselancar. Sebab, di Pantai Batu Karas sendiri terdapat tiga titik yang bisa Anda gunakan untuk berselancar. Adapun tiga titik tersebut berada di Bulak Pendak, Karang dan juga Legok Pari.. jika Anda memang peselancar profesional, Anda pun bisa menantang diri untuk ke Bulak Pendak.

Spot satu ini memang dikenal karena memiliki tingkatan yang paling sulit diantara yang lain. Hal ini dikarenakan ketika Anda berselancar di spot satu ini maka Anda diharuskan untuk menyewa perahu lantaran memiliki ombak yang panjang dan juga tinggi. Namun, bagi Anda yang masih beginner, Anda juga bisa berselancar.

Pilihlah spot Legok Pari yang memiliki ombak tidak terlalu tinggi. Selain itu, untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan berselancar ketika laut sedang pasang, maka spot Karang akan menjadi lokasi yang pas. Tentunya kegiatan berselancar ini wajib untuk Anda coba ketika berada di pantai cantik ini.

2. Bersantai di Pinggir Pantai

Tidak hanya berselancar, bagi Anda yang kurang menyukai kegiatan menantang adrenalin maka Anda pun bisa duduk dan bersantai di pinggir pantai. Melihat indahnya pemandangan laut yang eksotis lengkap dengan ombak yang menggulung tentunya dapat menjadi salah satu destinasi pelepas penat yang pas.

Pasalnya, Pantai Batu Karas yang berada di Pangandaran ini tidak seramai pantai pantai lain yang ada di sekitarnya. Hal ini tentu saja membuat Anda bisa menikmati deburan ombak yang tenang dan juga melihat beberapa turis asing maupun domestik yang sedang menjajal kegiatan berselancar.

3. Menikmati Terbenamnya Matahari

Jika Anda datang mulai siang hari, pastikan untuk tidak meninggalkan pantai ini saat senja tiba. Sebab, pemandangan yang ada di lokasi ini sangatlah indah dan memanjakan mata. Keindahan sunset yang bisa Anda nikmati di pantai ini pun akan membuat Anda terpukau dan betah untuk berlama lama di lokasi ini.

4. Piknik

Kegiatan berpiknik bersama keluarga juga menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu luang. Hal ini dikarenakan ketika Anda berada di Pantai Batu Karas, Anda bisa membawa bekal dan menyantapnya sembari menikmati pemandangan yang indah.

Tidak hanya itu saja, di sekitar pantai juga terdapat banyak pedagang asongan yang menjajakan makanannya. Sehingga, ketika Anda tidak membawa bekal atau perbekalan Anda telah habis, maka Anda pun bisa membelinya di pedagang yang berseliweran di daerah pantai ini.

Aktivitas Seru di Pantai Batu Karas
Image Credit: Google Maps (Tyo Pras)

5. Berkemah

Jika Anda ingin menghabiskan malam di lokasi satu ini, maka kegiatan berkemah dapat Anda jadikan pilihan. Sebab, Pantai Batu Karas yang buka selama 24 jam penuh memungkinkan bagi Anda untuk menginap. Tentunya menghabiskan waktu di malam hari bersama teman teman sambil bermain gitar bersama menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat satu ini.

6. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, ternyata Pantai Batu Karas dapat Anda jadikan jujukan. Sebab, kegiatan satu ini ternyata bisa Anda lakukan di pantai tersebut. Untuk lokasinya sendiri, sebaiknya Anda bisa menanyakan ke warga sekitar. Sebab, bisa jadi lokasi memancing tersebut memiliki tempat yang tersembunyi.

7. Berfoto

Kegiatan berfoto atau swafoto tentu saja tidak bisa Anda hindari ketika berada di lokasi satu ini. hal tersebut dikarenakan ketika Anda menghabiskan waktu di lokasi satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang apik dan mempesona. Oleh sebab itu, mengambil gambar untuk dijadikan kenang kenangan dapat menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan.

8. Bermain Wahana Air

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Batu Karas adalah menikmati berbagai wahana air yang tersedia. Saat berada di lokasi satu ini, Anda pun akan bisa untuk bermain jet sky hingga banana boat bersama orang orang tersayang. Untuk harga tiketnya sendiri yakni berkisar 35 ribu rupiah saja per orang.

Untuk masalah keamanan, Anda pun tak perlu khawatir sebab ketika Anda bermain, nantinya akan langsung ditemani oleh pemandu. Selain itu, pengawasan selama bermain pun akan dilakukan oleh pengawas secara ketat. Sehingga, Anda pun bisa menikmati keseruan wahana air tersebut.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Pantai Batu Karas Pangandaran

Fasilitas di Pantai Batu Karas
Image Credit: Google Maps (Irfan Yu)

Saat Anda berwisata ke Batu Karas, tak perlu khawatir akan fasilitas dan tempat yang disediakan. Hal ini karena Anda akan mendapatkan fasilitas penunjang untuk membuat liburan menjadi lebih nyaman. Adapun fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini antara lain tempat ibadah hingga toilet.

Anda dapat menikmati suasana tenang ditemani angin sepoi-sepoi sembari menikmati hidangan dari tempat makan yang bisa ditemukan di kawasan pantai.

Berlibur di Pantai Batu Karas dapat menjadi alternatif tempat wisata bagi Anda yang berada di daerah Pangandaran dan sekitarnya. Walaupun tidak menutup kemungkinan jika nantinya Anda akan mendapati banyak wisatawan asing maupun dari luar kota yang menghabiskan waktu liburnya di pantai satu ini.