Panama Park 825, Taman Rekreasi Indoor dengan Beragam Wahana Seru di Bandung

Panama Park 825, Taman Rekreasi Indoor dengan Beragam Wahana Seru di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.825, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi wisata baik wisata alam hingga wisata kekinian. Beragam destinasi wisata tersebar di berbagai daerah terutama di wilayah Jawa. Salah satu wilayah di Jawa yang menyimpan tempat wisata bervariatif adalah Bandung yang berada di Jawa Barat. Panama Park 825 adalah salah satunya.

Bandung memang dikenal sebagai destinasi liburan favorit para wisatawan. Tidak heran karena disana ada banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi. Baik di area kotanya maupun di kabupatennya, tempat wisata yang tersebar di daerah Bandung tidak pernah membosankan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung untuk berlibur.

Daerah yang populer dengan sebutan ‘Kota Kembang’ tersebut seolah berhasil membuat para wisatawan jatuh cinta, bahkan ketika pertama kalinya menginjakkan kaki disana. Tempat wisata Panama ini termasuk destinasi kekinian terbesar yang ada di daerah Bandung. Wisatawan terutama anak-anak sangat senang mengunjungi tempat wisata ini.

Daya Tarik Wisata Panama Park 825

Daya Tarik Panama Park 825 Bandung
Photo by Twitter ابراهيم الشريف

1. Tempat Wisata dengan Konsep yang Unik

Bandung mempunyai beragam objek wisata kekinian dengan konsep yang tidak biasa. Salah satunya adalah taman ini yang dibangun dengan konsep unik. Panama Park 825 merupakan tempat wisata yang di dalamnya terdapat banyak wahana permainan indoor yang cocok dikunjungi oleh wisatawan sekeluarga.

Pengembang indoor playground ini adalah Game Master dan didesain untuk tempat wisata keluarga. Tidak hanya cocok untuk anak-anak saja, namun remaja dan dewasa juga cocok bermain beragam wahana permainan yang ada disana. Meskipun baru diresmikan tanggal 1 Juni 2019, namun hingga kini selalu ramai dipadati wisatawan.

2. Indoor Playground yang Berdiri Sendiri

Wahana permainan yang ada di area indoor sebagian besar ada di dalam kawasan pusat perbelanjaan. Termasuk di daerah Bandung sendiri memang belum banyak terdapat tempat wisata khusus yang di dalamnya terdapat beragam wahana indoor. Panama Park 825 hadir di Kota Bandung dan merupakan yang terbesar.

Kehadiran objek wisata berkonsep indoor playground tersebut disambut ramah oleh warga Bandung. Selama ini sangat jarang ditemukan tempat wisata dengan konsep seperti itu di Bandung yang berdiri sendiri. Warga Bandung dan juga wisatawan tidak perlu mendatangi pusat perbelanjaan jika ingin bermain berbagai wahana indoor.

Daya Tarik Dimiliki Panama Park 825 Bandung
Photo by Google Maps Ramadhan Fauzy

3. Wahana Permainan yang Menarik untuk Dicoba

Tidak hanya memiliki beragam wahana permainan indoor saja, tempat wisata ini juga memiliki jenis wahana permainan lainnya yang menarik untuk dicoba oleh para wisatawan. Ada wahana permainan Joy ‘n Fun, Game Master, dan Snow Park disana yang pastinya tidak akan membosankan.

Menariknya, orang tua tidak akan bosan menunggu anak-anaknya bermain saja, namun mereka juga bisa ikut bermain bersama anak-anak mereka. Pengembang tempat wisata Panama Park 825 memang membuat berbagai wahana permainan disana ramah untuk semua wisatawan dari beragam kalangan usia.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Panama Park 825 Bandung
Photo by Twitter ابراهيم الشريف

Taman bermain dengan konsep indoor terbesar yang ada di Bandung ini berlokasi di area kotanya, tepatnya di Kecamatan Bandung Kulon. Letaknya sangat strategis, beredekatan dengan coffe shop populer di Kota Bandung seperti Dago Bakery, Ngopi Doeloe, hingga Noah’s Barn Coffenery.

Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi. Ada dua rute yang bisa dilalui oleh para wisatawan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Rute pertama adalah melalui arah barat dengan melewati Tol Baros.

Setelah keluar dari Tol Baros, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan melalui Jl. Rajawali lalu memutar balik kendaraan di Jl. Elang. Rute kedua adalah melalui arah timur dengan melewati Alun-Alun Bandung.

Dari Alun-Alun Bandung para wisatawan bisa lurus ke arah barat dengan menyusuri Jl. Jenderal Soedirman sampai ujung sebelum sampai di batas kota. Jika para wisatawan keluar dari Tol Pasirkoja, perjalanan menuju ke Panama Park 825 bisa dilanjutkan ke arah Jl. Jend. Soedirman.

Harga Tiket Masuk Panama Park 825

Tiket Panama Park 825 Bandung
Photo by Google Maps Panama Park 825

Untuk bisa bermain berbagai wahana permainan indoor di tempat wisata tersebut, para wisatawan diharuskan membeli kartu TAP Game Master. Awal penggunaan kartu TAP Game Master harus diisi saldo terlebih dahulu. Pengisian saldo bisa dilakukan di depan bangunan sebelum gerbang masuk. Ada syarat tertentu untuk pengisian saldo awal.

Para wisatawan diharuskan mengisi saldo awal minimal Rp 10ribu. Dari saldo tersebut ada saldo mengendap sebesar Rp 5ribu yang nantinya bisa digunakan untuk tambahan tiket masuk berbagai jenis wahana disana. Setiap jenis wahana mempunyai harga tiket masuk yang berbeda-beda satu sama lain.

Untuk tiket masuk ke wahana Joy ‘n Fun adalah Rp 75ribu untuk weekday dan Rp 95ribu untuk weekend. Lalu untuk tiket masuk ke wahana Snow Park adalah Rp 45ribu untuk weekday dan Rp 60ribu untuk weekend. Harga tiket tersebut merupakan tiket masuk untuk dua orang yakni 1 anak dan 1 pendamping.

Di Panama Park 825 juga terdapat wahana Game Master yang di dalamnya terdapat berbagai jenis arcade games atau permainan bermesin kecil seperti excavator, mobil-mobilan, hingga carousel.

Untuk harga tiket masuk setiap permainannya berbeda-beda mulai dari Rp 5ribu setiap game. Tempat wisata ini buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 10.00-18.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Panama Park 825 Bandung
Photo by Twitter ابراهيم الشريف

1. Bermain di Wahana Snow Park

Tak perlu jauh-jauh ke Trans Sudio Cibubur atau Snow World Bintaro untuk bermain salju karena di tempat wisata ini ada wahana bermain salju yang seru. Disana para wisatawan bisa puas bermain salju karena wahana salju ini lengkap dengan boneka salju, boneka beruang kutub, hingga bangunan rumah khas suku eskimo.

Di wahana ini para wisatawan bisa bermain ice skating, membuat boneka salju hingga bermain lempar-lemparan bola salju. Salju disana memang bukan salju sungguhan, akan tetapi pihak pengelola membuat suasana disana semirip mungkin dengan suasana salju di luar negeri.

2. Bermain di Wahana Joy ‘n Fun

Wahana yang tidak kalah seru yakni Joy ‘n Fun yang merupakan wahana bermain untuk anak-anak berupa wisata profesi dan beraneka ragam jenis playground. Sambil bermain, anak-anak bisa belajar dengan memainkan peran layaknya sebagai seorang chef, pemadam kebakaran, polisi, dan lain sebagainya.

Tiket masuk wahana Joy ‘n Fun diperuntukkan untuk 1 anak dengan 1 pendamping saja. Di wahana ini anak-anak dapat bermain sepuasnya tanpa ada batasan waktu. Wahana permainan ini cocok untuk anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun karena berbagai jenis permainan disana juga mengandung ilmu untuk mereka belajar.

3. Bermain di Wahana Game Master

Ada juga wahana Game Master di area Panama Park 825 dimana di dalamnya terdapat beragam jenis permainan dengan mesin kecil seperti excavator, mobil-mobilan, carousel, dan lain sebagainya. Wahana ini sangat mirip dengan wahana bermain anak-anak yang banyak ditemukan di dalam pusat perbelanjaan.

Setiap permainan di wahana Game Master bisa dimainkan para wisatawan dengan cara tap kartu di tempat yang sudah disediakan. Sebelum mulai bermain, para wisatawan diharuskan tap kartu untuk membayar sejumlah uang yang akan otomatis berkurang dari saldo pada kartu TAP Game Master yang sudah dibeli di awal.

Aktivitas Seru Panama Park 825 Bandung
Photo by Twitter Garuda Vision TV

4. Menikmati Kuliner di Food Court

Selain area bermain, tempat wisata ini juga memiliki food court yang bisa digunakan untuk para wisatawan melepas lelah serta mengisi kekosongan perut setelah bermain seharian di wahana bermain. Ada banyak sajian kuliner yang dijual di food court dengan harga terjangkau seperti siomay, ayam krispi, bakso, dan lain-lain.

5. Hunting Foto

Selain bermain, para wisatawan juga bisa hunting foto disana. Setiap sudut Panama Park 825 bagus dijadikan sebagai spot berfoto. Menariknya, orang tua bisa mengajak anak-anak untuk berfoto bersama dengan latar belakang area bermain yang menarik. Yang pasti raut wajah anak-anak tampak sangat ceria ketika diajak orang tua berfoto.

Salah satu spot hunting foto paling populer di tempat wisata ini adalah LED Interactive Room. Spot foto ini termasuk spot foto instagramable yang cukup terkenal di Bandung. Sesuai namanya, ada banyak lampu LED yang terpasang di ruangan tersebut dan ditata sedemikian rupa sehingga menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

6. Melihat Pertunjukan di Stage Performance dan Event Room

Terkadang di tempat wisata ini menggelar event atau pertunjukan yang diadakan di Stage Performance dan Event Room. Ada beragam event yang biasa digelar disana sehingga para wisatawan merasa terfasilitasi.

Setelah puas bermain, para wisatawan bisa mengunjungi Stage Performance dan Event Room untuk melihat event seru. Event yang sering dipertunjukkan di tempat wisata ini adalah pertunjukan anak-anak yang sangat menarik.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Panama Park 825

Fasilitas Panama Park 825 Bandung
Photo by Google Maps Lyla S

Berwisata di Panama Park 825 tidak perlu khawatir soal fasilitas. Disana ada banyak fasilitas memadai yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Fasilitas utama yang ada di tempat wisata yang namanya merupakan singkatan dari ‘Delapan Dua Lima’ ini tentu saja beberapa jenis wahana permainan yang terdiri dari Game Master, Snow Park, dan Joy ‘n Fun.

Khusus untuk wahana permainan Snow Park, setiap orang yang memasuki area bermain salju tersebut harus menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola seperti sepatu, sapu tangan, dan jaket biru.

Sepatu yang digunakan dari rumah bisa ditaruh loker yang disediakan pengelola dan diganti dengan sepatu khusus area Snow Park. Untuk fasilitas penunjang lainnya, pihak pengelola indoor playground ini sudah menyediakan toilet, nursery room, dan mushola.

Terdapat juga fasilitas food court yang bisa dijadikan pit stop untuk tempat para wisatawan mengisi kekosongan perut dan menghilangkan dahaga. Selain itu, ada Stage Performance dan Event Room yang digunakan untuk menggelar event.

Berwisata ke Bandung tidak melulu harus ke berbagai tempat wisata alam. Jika para wisatawan ingin berwisata dengan suasana yang berbeda, bisa mencoba mendatangi Panama Park 825. Taman wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk para wisatawan dari berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.