Banyak hal yang bisa dilakukan di Tasikmalaya selain menjelajah objek wisata, salah satunya adalah berbelanja oleh-oleh khas Tasikmalaya untuk dibawa pulang. Tak hanya makanan, kota ini juga memiliki buah tangan berupa cinderamata.

Menyimpan beragam tempat menarik mulai dari wisata pantai hingga wisata curug menjadikan Tasikmalaya kerap kali dijadikan tujuan wisata. Bukan hanya tempat wisata cantik, Anda juga bisa menikmati sajian kuliner di Tasikmalaya. Tidak ketinggalan, buah tangan yang dimiliki oleh kota satu ini juga begitu unik dan wajib untuk Anda buru. Berikut daftar oleh-oleh khas Tasikmalaya yang paling diminati wisatawan.

1. Sambal Goang

Sambal Goang
Image Credit: Cookpad.com

Buah tangan yang begitu banyak diburu oleh wisatawan adalah sambal Goang. Sambal satu ini merupakan sambal yang dibuat dari banyak jenis cabai rawit. Kemudian ditambahkan dengan bawang putih, garam, dan juga kencur. Semua bahan tersebut akan ditumbuk, ketika sudah halus maka akan disiram dengan minyak sambal.

Sambal satu ini sangat cocok untuk jadi teman makan, bersama pepes ikan maupun menu Sunda lainnya. Saat ini, Anda tidak hanya bisa menikmati sambal Goang langsung ditempat. Tetapi juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.Sebab, di pusat oleh-oleh Anda bisa menemukan Sambal Goang kemasan yang rasanya tak kalah nikmat.

2. Kolontong

Kolontong
Image Credit: Facebook.com (Ade)

Kolontong merupakan camilan yang dibuat dari bahan tepung ketan putih yang ditambahkan dengan gula merah dan gula pasir. Proses pembuatan kolontong membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Inilah mengapa camilan ini memiliki banyak penggemar. Rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah sangat cocok untuk jadi buah tangan kerabat Anda.

Untuk menemukan Kolontong bukanlah hal yang sulit di Tasikmalaya. Hampir semua pusat oleh-oleh menyediakan makanan ringan yang membuat ketagihan ini. Harga yang ditawarkan juga tidak akan membuat kantong Anda jebol. Umumnya Kolontong dijual dalam kemasan 2 kg dengan kisaran harga Rp. 40 ribuan saja.

3. Opak Ketan Oven

Opak Ketan Oven
Image Credit: Facebook.com @aris.a.riswandi.31

Makanan yang juga jadi oleh-oleh unggulan Tasikmalaya adalah Opak Ketan Oven. Opak ketan dibuat dari tepung beras ketan dengan tambahan bahan lainnya. Karena dimasak dengan cara dioven maka memiliki tekstur yang renyah. Anda bisa memilih varian rasa opak yang manis maupun asin sesuai dengan selera Anda.

Rasanya lebih dominan gurih dan manis yang akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Bentuknya bulat pipih, makanan ini sangat pas dijadikan sebagai teman bersantai. Opak Ketan juga awet sehingga tidak akan menjadi masalah sekalipun tujuan Anda jauh. Anda bisa menemukan di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Tasikmalaya.

4. Sale Pisang

Sale Pisang Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com (Afni Sintia)

Sale Pisang menjadi salah satu panganan yang sampai saat ini memiliki banyak penggemar. Jika Anda sedang singgah di Tasikmalaya jangan sampai melewatkan oleh-oleh satu ini. Sale Pisang khas Tasikmalaya memiliki keunikan tersendiri. Bahan yang digunakan merupakan pisang yang ditambahkan dengan telur ayam, tapioka dan juga tepung beras serta gula.

Semua bahan kemudian akan dicampurkan dan diproses dengan cara digoreng. Sale pisang Tasikmalaya tidak terlalu tebal, dan sebelum diproses harus dijemur terlebih dahulu hingga kering. Saat ini sale pisang khas Tasikmalaya mengalami inovasi yang dikenal dengan banana roll. Dan Anda bisa dengan mudah menemukan buah tangan ini di pusat oleh-oleh Tasikmalaya.

5. Ladu Ketan

Ladu Ketan Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com @mita.meiliadp

Buah tangan khas Tasikmalaya yang begitu kondang berikutnya adalah Ladu Ketan. Seperti namanya, Ladu ketan dibuat dari ketan hitam dengan jenis ranggey. Tidak lupa bahan bahan lainnya seperti kelapa dan gula aren. Sekilas, Ladu memang memiliki bentuk yang mirip dengan dodol. Rasanya manis dan gurih dengan aroma harum yang menggugah.

Teksturnya kenyal, membuat ketagihan ketika sudah mencicipi makanan ini. Sebelumnya, Ladu hanya dibuat ketika Hari Raya Idul Fitri saja. Namun, saat ini Anda bisa menemukan Ladu Ketan di banyak pusat oleh-oleh di Tasikmalaya. Harga yang ditawarkan juga beragam, umumnya berkisar di angka Rp. 20 ribuan dimana dalam 1 kemasannya berisi 15 pcs.

6. Citruk

Citruk
Image Credit: Facebook.com @rezahistorya.jek

Citruk, dari namanya saja sudah terdengar begitu unik yang merupakan singkatan dari aci ngagetruk atau aci yang sudah keras. Citruk sendiri adalah panganan khas Tasikmalaya yang berupa kerupuk. Kerupuk ini dibuat dari tepung terigu dan juga kanji, kemudian dibentuk layaknya uang koin. Sekilas memang terlihat keras, tetapi tidak sekeras yang dibayangkan.

Teksturnya yang renyah, ditambah dengan rasanya yang gurih memang menjadi daya tarik tersendiri. Citruk yang merupakan jajanan tradisional kini hadir dengan berbagai rasa yang kekinian. Kemasannya juga begitu menarik, tak heran jika citruk banyak diburu oleh wisatawan. Makanan ringan ini juga awet dan mudah untuk ditemukan di Tasikmalaya.

7. Tutug Oncom

Tutug Oncom
Image Credit: Facebook.com @cevy.bolmat

Nasi Tutug Oncom merupakan salah satu kuliner khas Tasikmalaya yang begitu banyak penggemar. Dimana di dalam nasinya akan ditambahkan oncom panggang yang membuat nasi tutug oncom makin enak. Seperti namanya, Tutug dalam bahasa Sunda berarti tumbuk. Oncom yang ditambahkan memang ditumbuk terlebih dahulu.

Tidak hanya hadir dalam kuliner saja, saat ini Tutug Oncom juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Karena sudah ada Tutug Oncom instan yang bisa Anda masak di rumah nanti. Kapanpun Anda ingin menikmati kuliner andalan ini di rumah. Saat ini juga sudah mudah menemukan Tutug Oncom instan di pusat pusat oleh-oleh Tasikmalaya.

8. Keripik Sukun

Keripik Sukun
Image Credit: Facebook.com @styfirman.sesiliabeniman

Keripik sukun yang dibuat dari buah sukun juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Tasikmalaya. Sukun yang telah matang akan diiris tipis kemudian ditambahkan bumbu tertentu. memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah membuat siapapun ketagihan akan rasanya. Anda juga bisa mudah membawa oleh-oleh ini serta bisa tahan lama dibawa perjalanan.

9. Kalua Jeruk Khas Tasik

Kalua Jeruk Khas Tasik
Image Credit: Facebook.com @edi.i.hendriyana

Kalua jeruk menjadi jajanan yang cukup terkenal dan kerap kali dijadikan sebagai buah tangan khas Tasik. Uniknya, makanan ini dibuat dari kulit jeruk yang ditambahkan dengan gula aren sehingga manis rasanya. Saat ini kalua jeruk ini sudah hadir dalam banyak rasa yang bisa dipilih. Anda juga bisa menemukannya di pusat oleh-oleh yang ada di Tasik.

10. Wajit Ketan Tasik

Wajit Ketan Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com @neni.nurfadhilah

Wajit Ketan Tasik juga bisa memenuhi keranjang belanjaan oleh-oleh Anda. Dibuat dari beras ketan putih yang ditambahkan dengan gula merah dan gula putih membuatnya banyak diburu wisatawan. Wajit ketan sebelumnya selalu hadir dalam acara acara besar seperti pernikahan. Tetapi saat ini Anda sudah bisa dengan mudah menemukan makanan tradisional ini.

Rasanya manis gurih dan memiliki tekstur yang kenyal seperti dodol jawa. Tampilannya makin membuat penasaran karena dibungkus menggunakan daun jagung putih. Wajit Ketan dijual di berbagai pusat oleh-oleh dengan harga yang ramah kantong. Selain itu juga termasuk panganan yang cukup awet sekalipun dibawa tujuan yang jauh.

11. Rengginang

Rengginang Tasikmalaya
Image Credit: Tokopedia.com

Rengginang menjadi makanan yang begitu mudah ditemui, terutama di daerah jawa. Begitu juga ketika Anda menginjakkan kaki di Tasikmalaya. Rengginang menjadi buah tangan yang begitu mudah untuk Anda temukan. Rengginang dibuat dari beras ketan ini saat ini sudah menawarkan banyak rasa dan juga warna yang membuatnya makin menarik.

12. Godeblag

Godeblag Tasikmalaya
Image Credit: Mediadesa.id

Godeblag merupakan makanan yang dibuat dari singkong dan diberikan bumbu tambahan. Godeblag memiliki rasa yang enak dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan. Perpaduan asin dan gurihnya membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. Anda bisa menemukan makanan ini di pasar pasar tradisional atau di daerah Manojaya.

13. Batik Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com @widan.batik

Bukan hanya dalam bentuk makanan, Anda juga bisa menemukan oleh-oleh berupa barang untuk keluarga di rumah. Tasikmalaya memiliki kain batik khas yang sangat cocok sebagai buah tangan. Beragam motif yang ditawarkan tentunya berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Motif yang diusung batik ini terkesan lebih sederhana, pluralis dan juga terbuka.

Motif Batik Tasikmalaya yang paling terkenal adalah Batik Sukapura, Batik Tasik dan juga Batik Sawoan. Warna yang dimiliki juga terkesan lebih ceria dan cerah. Anda bisa memilih warna merah, coklat, hijau, biru, hingga ungu. Sudah banyak tempat yang menjual batik khas Tasikmalaya ini. Harga yang ditawarkan juga beragam dan sesuai dengan motifnya.

14. Kelom Geulis

Kelom Geulis
Image Credit: Facebook.com @PusatKelomGeulis

Kelom Geulis bisa dijadikan sebagai buah tangan selanjutnya yang berupa sandal kayu khas Tasikmalaya. Kayu yang digunakan untuk sandal ini adalah jenis mahoni. Menariknya sandal ini masih dibuat secara manual dan hasilnya begitu menawan. Terdapat ukiran berupa bunga ataupun motif batik yang bisa dipilih.

15. Payung Geulis

Payung Geulis
Image Credit: Tokopedia.com

Buah tangan unik khas Tasikmalaya yang juga bisa dijadikan pilihan adalah Payung Geulis. Kerajinan tangan yang unik ini bisa dijadikan pelindung dari panas sinar matahari atau pajangan. Dibuat dari kayu dan dilapisi oleh kertas, nilai seni dari payung ini begitu kental. Ada banyak motif dan juga warna yang bisa dijadikan pilihan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Tasikmalaya yang bisa Anda bawa pulang. Pastikan Anda membeli buah tangan yang bisa tahan lama jika tujuan Anda jauh. Mengingat ada beberapa makanan jenis kue basah yang tidak bisa bertahan lama. Jadi sudah memutuskan oleh-oleh apa yang akan Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah?