Kota dengan julukan Beludru ini tidak hanya terkenal dengan aneka kuliner yang mampu memanjakan lidah. Wisatawan juga bisa berburu beragam oleh-oleh khas Sumedang yang unik dengan cita rasa yang bervariasi.

Indonesia memang sudah terkenal sebagai negara yang memiliki aneka kuliner lezat di setiap daerahnya, termasuk juga kota Sumedang yang ada di Jawa Barat. Tidak hanya menikmati sajian di tempat, tapi Anda juga bisa menyantap makanan khas Sumedang bersama dengan keluarga di rumah. Ingin tahu apa saja daftar oleh-oleh khas Sumedang?

1. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang
Image Credit: Facebook.com @Kania Putri)

Mendengar kata Sumedang, pasti Anda langsung terbayang dengan tahu Sumedang yang kehadirannya mulai banyak ditemui. Tahu Sumedang sejatinya tidak hanya dijadikan sebagai lauk untuk menu makanan utama, namun bisa juga dijadikan sebagai teman nongkrong santai bersama keluarga.

Karena kelezatan dan gurihnya tahu Sumedang, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk mengkonsumsinya langsung di tanah Sumedang sendiri. Meskipun hampir di setiap perkotaan bisa ditemukan pedagang kaki lima yang menawarkan kuliner gurih ini, namun citra rasa dari tahu Sumedang asli belum ada yang bisa menandinginya.

Sudah bukan hal baru lagi jika rasa tahu khas Sumedang berbeda dari tahu kebanyakan. Pasalnya kuliner ini terasa gurih di bagian luarnya, namun terasa begitu lembut di bagian dalamnya. Saat Anda menggigit tahu tersebut, akan terdengar suara renyah yang berhasil meningkatkan selera makan.

2. Sawo Citali Sumedang

Sawo Citali Sumedang
Image Credit: Facebook.com @mei.nurzulfadriah

Selain makanan olahan, Sawo Citali Sumedang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat berwisata di kota Sumedang. Hanya dilihat sekilas, mungkin Anda sudah menyadari bahwa buah ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan buah sawo pada umumnya. Tetapi bukan hanya bentuknya saja, tetapi rasanya yang begitu manis menjadikannya sebagai buah istimewa.

Saat menyantap buah sawo citali Sumedang, Anda akan dibuat jatuh hati karena teksturnya yang lembut saat masuk ke dalam mulut. Tentu saja, hanya mengkonsumsi satu buah sawo saja akan terasa kurang puas. Maka dari itu, banyak pelancong yang memilih untuk memborongnya sebagai bekal perjalanan sekaligus menjadi buah tangan terbaik dari kota Sumedang.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Sumedang yang Terkenal Lezat

3. Salak Bongkok

Salak Bongkok
Image Credit: Facebook.com @(Nendjo Sumedang)

Siapa sangka ternyata kota Sumedang yang kaya akan wisata alam ini juga memiliki varian jenis salak yang memiliki cita rasa yang menggoda. Namanya adalah salak bongkok Sumedang. Yang mana rasa buah ini dominan manis dan asam, serta memberikan sensasi menyegarkan saat dilahap.

Dilihat dari segi ukurannya, salak bongkok juga memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang jenis salak pada umumnya. Sedangkan untuk aromanya, dari jarak dekat Anda sudah bisa mencium wangi aroma salak yang harum. Hal ini disebabkan karena petani menggunakan air Sumedang asli saat melakukan proses panen.

Untuk bisa mendapatkan buah berkulit coklat ini, Anda bisa menemuinya di pinggiran jalan kota. Jika ingin langsung melihat pohon salak, Anda bisa datang ke daerah Bongkok yang ada di Sumedang. Karena di tempat itulah salak ini banyak dihasilkan oleh para penduduk yang bermukim di sekitarnya.

4. Opak Ketan

Opak Ketan
Image Credit: Shopee.co.id

Masih dari Sumedang, di tempat ini Anda bisa menjajal gurihnya opak ketan yang juga tidak kalah terkenal di kalangan para wisatawan. Adapun jenis opak ketan Sumedang yang paling banyak diburu oleh masyarakat lokal hingga wisatawan, yakni opak Conggeang dan juga opak Cimanggung.

Opak Conggeang sendiri, memiliki keunggulan yang mana bahan dasar pembuatannya terbuat dari sari kelapa yang khas dicampur dengan beras ketan pilihan. Setelah melalui proses pembuatan yang sempurna, jadilah cita rasa khas opak Conggeang yang tidak mudah terlupakan saat sudah disantap.

Selanjutnya ada pula opak Cimanggung yang rasa sedapnya tidak jauh berbeda dengan opak Conggeang. Hanya saja, opak ini dulu disebut sebut sebagai makanan favorit dari raja dan bangsawan yang bermukim di wilayah kerajaan Sumedang Larang. Untuk Anda penggemar opak, mencicipi semua jenis opak ketan dari Sumedang ini tentu bisa Anda rasakan.

5. Oncom Sumedang

Oncom Sumedang
Image Credit: Lazada.co.id

Sejatinya, makanan ini sudah bisa ditemukan di berbagai daerah lainnya, namun sayangnya belum ada yang bisa menandingi kenikmatan dari oncom Sumedang. Dari segi bahan pembuatannya, oncom Sumedang sedikit berbeda dengan varian cemilan oncom pada umumnya.

Jika biasanya yang Anda ketahui bahwa oncom dibuat dari ampas tahu, namun oncom Sumedang justru dibuat dari campuran ampas ketela dan juga tambahan kacang tanah untuk menjadikannya semakin sedap. Dengan bahan pembuatan yang berbeda itulah, berhasil melahirkan cita rasa unik nan gurih ketimbang oncom yang lainnya.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Sumedang yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

6. Sale dan Keripik Pisang

Sale dan Keripik Pisang
Image Credit: Facebook.com @(Eonni Fath)

Sale dan keripik pisang merupakan dua jenis oleh-oleh yang keduanya sama sama terbuat dari bahan dasar berupa buah pisang. Tidak sembarangan, sebab pisang pilihan yang digunakan yakni yang memiliki rasa legit, renyah, dan pastinya cita rasa kelezatan menggoda di setiap gigitannya.

Buah pisang yang banyak tumbuh di tanah Sumedang, dijadikan sebagai olahan sale dan keripik pisang yang memang memiliki rasa khasnya tersendiri. Makanya jangan heran jika olahan pisang asli Sumedang bisa menciptakan kudapan nikmat terbaiknya. Selain itu, jenis makanan ringan ini juga dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga wisatawan bisa memborongnya.

7. Asinan Sukasari

Asinan Sukasari
Image Credit: Twitter.com @LaperGila

Makanan yang berasal dari Sumedang berikutnya yaitu asinan sukasari. Asinan ini terbagi menjadi 2 jenis sajian, yaitu asinan sayur dan juga asinan buah. Untuk asinan buahnya, mengandalkan beberapa potongan buah yang nantinya akan direndam dalam air gula selama beberapa jam.

Adapun jenis buah yang umumnya digunakan yakni buah kedondong, pepaya, jambu, salak, bengkoang dan buah lainnya. Sedangkan untuk asinan sayuran, menggunakan jenis sayur seperti timun, kol, ataupun tauge yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, campuran sayuran tersebut disajikan dengan kuah asinan.

8. Emplod

Emplod
Image Credit: Facebook.com @cmojang.thea

Bosan dengan kuliner biasa? Mungkin Anda harus mencoba kenikmatan tiada banding dari kuliner Khas Sumedang yang bernama emplod. Untuk orang awam yang baru mendengar nama emplod, nama ini masih terasa sangat asing. Namun soal rasa, sajian cemilan ringan dari emplod tidak perlu diragukan lagi.

Sebenarnya emplod merupakan kudapan dengan bahan dasarnya menggunakan singkong yang telah dicampurkan dengan parutan kelapa, garam, serta minyak goreng. Meskipun terbilang bahannya cukup sederhana, namun rasa yang dihasilkan sangat gurih. Apalagi jika disantap untuk menemani waktu luang, dijamin Anda akan ketagihan.

9. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu
Image Credit: Facebook.com @diana.ghibran

Ubi cilembu cukup berbeda dengan ragam jenis ubi pada umumnya, karena ubi yang satu ini lebih mirip dengan ubi madu. Produk unggulan dari pemerintah Kabupaten Sumedang ini memiliki satu keunikan tersendiri. Dimana ubi cilembu merupakan hasil getah yang meleleh dan menghadirkan rasa manis dan lengket seperti madu ketika dipanggang dalam oven.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Saat digigit pun, ubi cilembu mampu melahirkan teksturnya yang pulen dan sangat lembut. Menelisik ke bagian sejarahnya, diketahui bahwa ubi cilembu sudah populer sejak kisaran tahun 1990 an. Dimana rasa manis alami dari makanan ini terbukti dapat memberikan tambahan tenaga bagi siapa saja yang menyantapnya.

10. Tape Singkong

Tape Singkong
Image Credit: Facebook.com @selaluadasenja

Masyarakat setempat mengenai tape singkong sebagai nama peuyeum sampeu yang merupakan makanan asli Sumedang. Sesuai dengan namanya, kudapan ini terbuat dari ketela pohon ataupun jenis singkong pilihan dengan kualitas yang menjanjikan. Makanan ini cukup populer di tanah Priangan, namun banyak juga dihasilkan oleh para pengusaha yang bertempat tinggal di daerah Cigendel.

Jenis singkong yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan tape ini, umumnya menggunakan jenis singkong mangu atau singkong mentega. Alhasil rasa yang dihasilkan pun menjadi ciri khas tersendiri dan tidak tertandingi dengan beberapa tape singkong di daerah lainnya.

Menariknya lagi, tape singkong ini sekarang sudah mengalami banyak inovasi. Mulai dari penyajian dengan berbagai varian rasa, hingga disusun ke dalam kemasan yang menarik. Maka dari itu, tape singkong menjadi makanan yang sangat layak dijadikan sebagai buah tangan khas Sumedang.

11. Kadedemes

Image Credit: Facebook.com @engsih.yuningsih.397

Makanan terakhir yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh, yaitu kadedemes yang merupakan oseng oseng kulit singkong. Kudapan ini terbuat dari olahan kulit singkong yang dicampur dengan bumbu, lalu dijadikan bahan utama dalam satu hidangan. Biasanya jenis singkong yang digunakan untuk membuat kadedemes adalah ubi kayu atau ketela pohon.

Kebanyakan orang yang makan singkong akan membuat kulitnya setelah dikupas. Namun berbeda dengan masyarakat Sumedang, dimana kulit singkong justru diolah menjadi masakan sedap. Bahan yang dijadikan bahan pembuatan sebenarnya bukanlah kulit bagian luar singkong, tetapi kulit bagian dalam singkong yang berwarna putih atau merah.

Setelah melihat deretan oleh-oleh khas Sumedang, pasti Anda mulai paham bahwa ciri khas Sumedang bukan saja dari olahan tahunya yang menggoda. Sebab banyak sekali varian bahan makanan yang digunakan sebagai kudapan lezat. Mulai dari jenis sayuran, buah buahan, hingga cemilan ringan dari singkong.