Terkenal sebagai kota dengan hawa sejuk di Jawa Barat, Sukabumi kerap menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Jangan sampai melewatkan membeli oleh-oleh khas Sukabumi sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman dekat.

Salah satu rutinitas wajib dikala mengunjungi suatu tempat wisata yakni membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Apalagi bila Anda mengunjungi Sukabumi yang terletak di Jawa Barat. Bukan hanya menyuguhkan destinasi yang melimpah, terdapat pula beberapa kuliner ataupun cinderamata yang sangat cocok untuk diberikan orang terdekat. Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas paling populer di Sukabumi yang menarik dibawa pulang? Simak ulasan lengkapnya.

1. Kue Mochi Lampion

Kue Mochi Lampion
Image Credit: Twitter.com @benzbara_

Kudapan khas Sukabumi pertama yang paling digemari oleh para wisatawan yakni kue mochi. Karena telah ada sejak zaman dahulu, cita rasa dari kue yang terbuat dari tepung aci ini begitu khas. Tak ayal bila banyak sekali para pelancong yang datang selalu memburu camilan satu ini. Bukan hanya perkara rasa saja, penampilan kue mochi pun sangat menarik hati.

Dimana kudapan khas Sukabumi ini dihadirkan dengan aneka varian warna yang disesuaikan dengan rasanya. Apalagi diatasnya ditaburi gula putih bubuk yang mampu memberikan cita rasa manis nan legit untuk memanjakan lidah penikmatnya. Salah satu kue mochi yang cukup tersohor di tanah Sunda ini yakni mochi lampion dengan kualitas unggulan.

2. Roti Priangan

Roti Priangan
Image Credit: Google Maps (Lcy K)

Bisa dibilang, bahwa roti priangan ini merupakan ikon dari Kota Sukabumi. Hal ini tak lain karena kudapan satu ini menawarkan rasa yang begitu menggiurkan. Jajanan tradisional ini dibuat dari campuran beberapa bahan khusus. Ditambah lagi adanya taburan gula halus diatasnya membuat perpaduan rasa gurih dan manis yang sangat pas.

Apalagi pembuatannya dilakukan dengan cara khusus yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. Jadi tak heran jika kudapan ini jadi incaran para wisatan. Untuk bisa mendapatkan buah tangan paling populer ini yakni dengan mengunjungi toko yang bernama Roti Priangan Oey Tjiang Lie. Penjual roti priangan tersebut termasuk ke dalam salah satu toko roti legendaris di Kota Sukabumi.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal Lezat

3. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi
Image Credit: Twitter.com @BebenIsmail

Mungkin sebagian besar orang telah mengetahui surabi sebagai makanan khas Indonesia. Hal ini bisa dilihat, karena banyaknya daerah yang menyuguhkan olahan surabi salah satunya di Sukabumi. Berbeda dengan surabi pada daerah lainnya, masyarakat Sukabumi menawarkan olahan yang cukup unik dan menarik. Dimana olahan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Masyarakat sekitar menggunakan durian sebagai bahan utama dari pembuatan surabi. Rasa duriannya yang begitu khas mampu menjadikan cita rasa jajanan asal Sukabumi menjadi lebih nikmat. Bahkan ada beberapa surabi yang diolah kekinian dengan memberikan cita rasa tambahan, seperti keju, coklat, susu, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore
Image Credit: Twitter.com @handigunn

Meski terdapat nama “Singapore”, namun bukan berarti kudapan khas satu ini berasal dari negara Merlion. Lantaran penampilannya saja yang hampir mirip dengan olahan kuliner yang berada di Singapura. Salah satu ciri yang paling khas dari sekoteng Sukabumi dengan yang lainnya yakni adanya jenis roti sebagai bahan penikmat yang bernama roti jahe.

Layaknya sekoteng pada umumnya, minuman khas Sukabumi ini pula memiliki cita rasa hangat yang berasal dari roti jahe tersebut. Bahkan minuman satu ini pun akan sangat cocok bila diminum dikala hawa Sukabumi sedang dingin atau pada malam hari. Untuk bisa mendapatkan semangkuk sekoteng, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya cukup bersahabat.

5. Bandros

Bandros Sukabumi
Image Credit: Instagram.com @trixie_gayatri

Sepintas, kue khas Sukabumi bernama bandros ini terlihat sangat mirip dengan kue pancong. Namun sebenarnya, keduanya sangat berbeda baik itu dari bahan serta cita rasanya. Lazimnya, pembuatan kue bandros menggunakan tepung tapioka sementara kue pancong tidak. Cita rasanya sendiri jauh berbeda, dimana kue bandros lebih legit dan manis.

Berkat kelezatannya inilah, kue bandros menjadi kudapan yang paling dibanggakan oleh masyarakat sekitar Sukabumi. Bukan hanya warga sekitar saja, para pelancong yang berkunjung ke Sukabumi pun telah mengakui kelezatannya yang akan terus dikenang. Bahkan tidak sedikit orang menggunakan kue bandros sebagai alternatif buah tangan yang sangat tepat untuk sanak keluarga.

6. Sagon Bakar

Sagon Bakar
Image Credit: Putratravel.net

Karena memiliki cita rasa yang gurih nan renyah, jajanan bernama sagon ini memang terbuat dari kelapa yang dicampur dengan aci serta bumbu khas lainnya. Kini sagon bakar telah dilengkapi dengan beberapa macam rasa diantaranya original, kopi, keju, coklat, dan lainnya. Hebatnya lagi, sagon bakar sangat cocok menjadi kudapan bagi Anda yang sedang jalani masa diet.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Sukabumi yang Unik & Instagramable

Hal ini lantaran sagon bakar memiliki lemak yang sangat rendah, jadi cukup aman untuk dikonsumsi bagi semua kalangan. Keunggulan ini berkat pembuatan sagon yang berasal dari proses pengovenan. Sagon bakar pula sangat pas disantap sebagai makanan pendamping kopi maupun teh di waktu bersantai bersama dengan orang tersayang.

7. Kue Jahe

Kue Jahe
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Sukabumi memang terkenal sebagai salah satu kota dengan udara yang cukup sejuk di Jawa Barat. Jadi tak ayal bila banyak masyarakat sekitar mengolah makanan guna menghangatkan tubuhnya, misalnya saja kue jahe. Sesuai dengan namanya, kudapan khas Sukabumi ini memang menggunakan parutan jahe asli sebagai bahan baku utama dalam pembuatannya.

8. Pisang Coklat Cakra

Piscok Cakra
Image Credit: Google Maps (Nyai Nurjanah)

Satu lagi panganan yang paling digemari oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Sukabumi yakni pisang coklat cakra. Jajanan khas satu ini terbuat dari bahan dasar pisang yang kemudian dibalur dengan kulit lumpia yang terasa sangat gurih usai digoreng. Cara pembuatannya sendiri sengaja dibentuk pipih dan memanjang agar lebih menarik.

Usai digoreng hingga matang, selanjutnya olahan jajanan satu ini akan dilumuri cokelat yang telah dicairkan sebelumnya. Selain coklat, pisang cakra ini pun biasanya diberikan topping berupa parutan keju diatas. Tentunya perpaduan antara coklat dengan pisang tersebut akan melumer dengan lembut di mulut sang penikmatnya.

9. Deblo

Deblo
Image Credit: Cookpad.com

Apakah Anda tahu, bahwa buah tangan bernama deblo ini merupakan kudapan paling legendaris yang kini mungkin jarang sekali untuk dijumpai. Hal ini tak lain karena perkembangan zaman yang semakin modern, sehingga berdampak pada dunia perkulineran. Meskipun begitu jajanan khas dari singkong ini tetap menjadi primadona oleh warga serta para wisatawan.

Bukan hanya singkong saja, deblon pun dilengkapi dengan beragam bumbu khas lainnya yakni bawang putih, daun bawang, kunyit, merica, garam, dan bahan penyedap. Dimana semua bahan ini nantinya akan ditumbuk hingga halus kemudian dibentuk bulatan baru digoreng. Berkata adanya beragam bumbu tersebut yang bercampur dengan singkong menimbulkan rasa yang menggugah selera.

10. Coklat Unai Choco

Coklat Unai Choco
Image Credit: Shopee.co.id

Berbanding terbalik dengan deblon, coklat unai choco menjadi salah satu jajanan khas Sukabumi yang kekinian nan modern. Seperti namanya, makanan satu ini terbuat dari 100 persen coklat asli yang berasal dari perkebunan asli milik warga setempat. Tak heran bila cita rasanya sangatlah lezat nan legit, sehingga membuat para pelancong jatuh hati kepadanya.

BACA JUGA:  13 Restoran & Tempat Makan di Sukabumi yang Terkenal Enak

11. Bolu Pisang

Bolu Pisang
Image Credit: Instagram.com @bolupisang.sukabumi

Bolu pisang menjadi salah satu kuliner yang kini sedang hype lantaran cita rasanya yang begitu lezat. Bermodalkan buah pisang yang telah diolah sedemikian rupa, mampu menghasilkan jajanan yang begitu memanjakan perut sang penikmatnya. Pemilik bolu pisang yang paling tersohor di Sukabumi menjadi jajanan legendaris yakni Ibu Onih yang mana telah merintisnya sejak tahun 1988 silam.

12. Geco

Geco
Image Credit: Instagram.com @kartikaridaka

Makanan khas yang kerap kali menjadi buah tangan oleh para pelancong yakni geco. Kata geco tersebut berasal dari tauge tauco yang menjadi bahan baku utama pembuatan kuliner satu ini. Lazimnya, makanan satu ini menjadi menu sarapan masyarakat Sukabumi yang hanya bisa dijumpai di pedagang kaki lima di sekitaran jalanan tanah Sunda ini.

13. Sate Aci

Sate Aci
Image Credit: Twitter.com @yusuffirdaus814

Jika biasanya sate berasal dari bahan daging baik itu ayam, sapi, maupun kambing, namun untuk di Sukabumi terdapat kuliner favorit para pelancong yaitu sate dari bahan aci. Terdengar cukup unik memang, namun bila dirasakan hidangan satu ini tidak kalah lezatnya dengan sate lainnya. Jadi jangan heran bila banyak sekali orang yang berkunjung selalu membawa sate aci sebagai oleh oleh.

14. Pepes Ikan

Pepes Ikan
Image Credit: Twitter.com @Chef_Norman

Mungkin sebagian besar orang beranggapan bahwa pepes ikan menjadi makanan khas Indonesia yang bisa dijumpai dengan mudah di seluruh penjuru nusantara. Akan tetapi, di Sukabumi sendiri olahan pepes ikan ini jauh berbeda lantaran memiliki cita rasa yang begitu khas nan nikmat. Tentunya hal ini menjadi solusi tepat untuk oleh oleh keluarga tercinta di rumah.

15. Wedang Ronde

Wedang Ronde
Image Credit: Instagram.com @resepjajananpasar

Salah satu buah tangan yang disukai oleh sebagian besar para pelancong yakni wedang ronde. Meski termasuk ke dalam minuman pinggir jalan dan terbilang tradisional, namun para penjualnya tak pernah sepi akan pengunjung. Lazimnya, minuman satu ini sangat cocok bila dikonsumsi dikala malam hari atau cuaca sedang dingin di kota Sukabumi.

Menikmati masa liburan bersama dengan orang tersayang terasa sangat mengasyikkan. Apalagi dibarengi dengan berbelanja beragam oleh-oleh khas dari Sukabumi. Pastinya akan menciptakan pengalaman yang begitu berarti. Beragam jenis buah tangan yang telah disebutkan diatas, sebetulnya bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Kota Sukabumi dengan harga yang cukup terjangkau.