Tidak hanya terkenal dengan curugnya yang menawan, Subang juga memiliki beragam makanan dan jajanan khas yang dapat memanjakan lidah dan menarik untuk dibawa pulang. Inilah deretan oleh-oleh khas Subang yang paling diburu wisatawan.

Subang dikenal menjadi tujuan wisata yang banyak dipilih oleh wisatawan Indonesia maupun luar negeri. Hal ini membuat masyarakat membuka peluang untuk membuat beragam oleh-oleh khas yang kreatif dan inovatif. Deretan kuliner hingga jajanan unik menjadi buah tangan yang terus laris dan diminati wisatawan. Berikut daftar oleh-oleh khas Subang yang bisa Anda pilih.

1. Keripik Nanas

Keripik Nanas
Image Credit: Facebook.com @(Nur Ida)

Terkenal sebagai kota penghasil nanas, tak heran banyak warga mengolah buah satu ini menjadi oleh-oleh menarik seperti keripik nanas. Keripik nanas selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Kota Subang. Makanan ini sering kali menemani mereka berkeliling kota maupun dibawa untuk oleh-oleh teman dan keluarga di kota asalnya.

Keripik nanas ini dibuat asli dari buahnya tanpa tambahan tepung, sehingga bentuk khas dari nanas terlihat dengan jelas. Biasanya jenis nanas yang digunakan untuk keripik ini jenis nanas madu. Irisan tipis dari nanas langsung digoreng hingga kering sehingga rasanya unik dan gurih. Pengunjung bisa membeli oleh-oleh keripik nanas ini dengan harga kisaran 20 ribu saja.

2. Dodol Nanas

Dodol Nanas
Image Credit: Facebook.com @thayanx.angga2

Masih berada di olahan nanas, Kota Subang juga memiliki inovasi oleh oleh asal nanas berupa dodol. Dodol menjadi makanan khas tradisional Indonesia, tentu saja hal ini membuat wisatawan khususnya dari luar negeri berbondong bondong untuk membelinya. Berbeda dengan keripik nanas, pembuatan dodol nanas ini memerlukan waktu yang lebih lama.

Parutan dari buah nanas yang kemudian dicampur dengan adonan gula merah dan santan serta tepung ketan membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya. Tak hanya itu, adonan nanas juga perlu diaduk setiap waktu agar tidak menggumpal. Dimana kemudian setelah matang, didinginkan sejenak dan dikemas. Biasanya harga 1 kotak dodol nanas berkisar 10 hingga 20 ribu.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Diburu Wisatawan

3. Nanas Simadu

Nanas Simadu
Image Credit: Facebook.com @(Dhe’endz Crashyy Thioby)

Sebagai salah satu kota penghasil nanas tersebar, Subang menjadi kota yang banyak dikunjungi wisatawan demi merasakan nanas khas Subang secara langsung. Nanas asli yang berasal dari Kota Subang ini sering disebut dengan nanas simadu. Nama tersebut disematkan karena rasa nanas yang manis dan legit layaknya sebuah madu yang masih segar.

Produksi nanas simadu ini disesuaikan dengan musim. Saat musim panen tiba, akan banyak penjual nanas yang menjejerkan nanas-nanas hasil panennya di sepanjang jalan. Sehingga saat Anda mengunjungi Kota Subang pada waktu masa panen, Anda akan dengan mudah menemukan penjual nanas di sisi kota. Biasanya banyak penjual berada di Jalan Cagak Kota Subang.

4. Tape Ketan Khas Subang

Tape Ketan Khas Subang
Image Credit: Facebook.com @susana.anayanti

Berbeda dari bahan nanas, Kota Subang juga memiliki makanan khas berbahan ketan. Ketan khas dari subang ini memiliki rasa yang unik dan gurih. Tak heran pengunjung rela untuk berkeliling Subang demi merasakan makanan khas ini. Tape ketan ini adalah makanan yang terbuat dari campuran tape dan ketan. Sehingga cita rasa yang diciptakan perpaduan antara manis dan asam.

Perpaduan rasa ini membuat pengunjung merasa tertarik dengan keunikannya. Belum lagi olahan tape ketan ini akan lebih nikmat apabila disajikan dengan campuran es dan beragam minuman segar lainnya. Berkuliner tape ketan bersama keluarga akan cukup menyenangkan di Kota Subang. Hanya saja oleh-oleh ini lebih dianjurkan untuk dimakan langsung di tempat.

5. Iklan Lapan Crispy

Iklan Lapan Crispy
Image Credit: Google Maps (Moehamad Yogi)

Makanan khas yang selanjutnya adalah Ikan Lapan Crispy. Ikan ini cukup berlimpah di daerah Subang, sehingga masyarakat mengolahnya dengan sebaik mungkin hingga dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Subang. Produksi Ikan Lapan Crispy ini sudah mulai sejak tahun 2012 oleh gabungan umkm disana. Sehingga usaha tersebut terus berkembang hingga saat ini.

Tak hanya itu, Ikan Lapan Crispy ini juga hadir dengan banyak varian rasa yang berbeda. Varian tersebut terdiri dari keju, original, barbeque, balado dan masih banyak lagi. Dengan kemasan yang sudah cukup bagus dan higienis, daya tahan dari makanan ini sudah lebih lama. Anda bisa membawakan oleh-oleh ini untuk kerabat dan keluarga di rumah.

BACA JUGA:  22 Wisata Kuliner di Bandung yang Enak & Diburu Wisatawan

6. Bubuy Ayam Subang

Bubuy Ayam Subang
Image Credit: Facebook.com @RMOLJabar

Makanan khas selanjutnya yang berasal dari Kota Subang adalah Bubuy Ayam Subang. Makanan ini sudah beredar cukup lama dan menjadi salah satu hidangan khas dari Subang. Makanan ini bukan sekedar bubuy ayam biasanya dikarenakan teknik pengolahannya yang berbeda.

Bubut ayam Subang berasal dari olahan ayam yang dibuat dengan bumbu rempah khas yang telah menjadi warisan secara turun temurun. Rasanya yang sungguh nikmat dan unik ini tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Oleh sebab itu, Anda perlu mencobanya ketika berada di Kota Subang. Bubuy Ayam Subang ini mirip dengan pepes ayam, hanya saja pengolahannya lebih lama.

7. Nasi Liwet Subang

Nasi Liwet Subang
Image Credit: Facebook.com @asep.kepo.351

Makanan unik selanjutnya adalah nasi liwet. Nasi liwet menjadi makanan kesukaan bagi sebagian orang Indonesia. Bagi Anda yang menyukai nasi liwet, wajib rasanya mencoba nasi liwet khas dari Subang ini. Nasi ini dilengkapi dengan toping lauk yang cukup beragam dari suwiran ayam, daging, lalapan, telur balado dan sebagainya. Harga satu porsi kisaran 10 ribu saja.

8. Tutut Soding

Tutut Soding
Image Credit: Facebook.com @(Ronni)

Tutut Soding mungkin sedikit aneh terdengar bagi sebagian orang. Khususnya apabila berasal dari luar Jawa Barat. Tutut adalah hewan sejenis keong yang bisa dikonsumsi. Kota Subang memiliki keong sawah yang disebut Tutut Soding yang bisa diolah menjadi makanan lezat dan menjadi oleh-oleh khas yang wajib Anda coba. Rasa bumbu rempah yang melengkapinya membuatnya terasa nikmat.

9. Oncom Dawuan Subang

Oncom Dawuan Subang
Image Credit: Facebook.com @tintin.suprihatin.96

Oncom Dawuan menjadi salah satu makanan populer di Kota Subang. Penghasil oncom paling terkenal di Kota Subang berasal dari dusun Dawuan. Oleh sebab itu, banyak yang menyebutkan dengan oncom dawuan. Oncom ini diolah menjadi makanan yang lezat dengan perpaduan bumbu-bumbu khasnya. Sebagai pengunjung Kota Subang, Anda wajib untuk mencicipi ini.

10. Pina Drink

Pina Drink
Image Credit: Facebook.com @saysmakan

Oleh-oleh khas selanjutnya kembali pada produk nanas lagi. Nanas menjadi buah primadona Kota Subang, tak heran terus muncul inovasi pengolahan nanas yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu contohnya adalah Pina Drink, dimana minuman ini berasal dari nanas simadu Kota Subang. Uniknya, minuman ini gak ada tambahan gula sedikit pun sehingga kemurniannya terjamin.

11. Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin
Image Credit: Instagram.com @yuwanda_mae

Memiliki nama yang unik, kerupuk miskin khas Subang ini sering kali menjadi incaran para pengunjung untuk dijadikan cemilan di jalan maupun oleh-oleh keluarga di rumah. Kerupuk miskin ini memiliki ciri khas berwarna warni dan menggoda mata. Keunikan lainnya adalah kerupuk ini digoreng dengan pasir membuat pengunjung penasaran dengan rasanya.

BACA JUGA:  16 Makanan Khas Subang yang Terkenal Lezat

12. Abon Jantung Pisang

Abon Jantung Pisang
Image Credit: Tokopedia.com

Makanan khas yang unik selanjutnya adalah Abon Jantung Pisang. Tentu saja dengan inovasi dan kreatifitas masyarakat sekitar membuat jantung pisang menjadi olahan abon yang lezat. Rasa abon dari jantung pisang ini tidak berbeda jauh dengan rasa abon daging. Sehingga makanan ini akan cocok bagi Anda yang ingin diet produk hewani namun tetap bisa merasakan masakan dengan cita rasa daging.

13. Gitrek Singkong

Gitrek Singkong
Image Credit: Facebook.com @fitripuspitasari.tandia

Gitrek Singkong menjadi salah satu camilan khas Subang dengan bahan dasar singkong. Namun, yang membuat makanan ini berbeda dari keripik singkong yang lainnya adalah campuran dengan kencur. Tekstur keripik menjadi krispi dan renyah dengan sekali gigit. Aroma kencur dari keripik juga terasa cukup kuat, sehingga menjadi sensasi tersendiri karena belum ada kerupuk yang memiliki cita rasa seperti ini. Anda bisa mendapatkannya di daerah Kasomalang.

14. Gepuk Daging

Gepuk Daging
Image Credit: Facebook.com @lala.mutia

Kuliner selanjutnya yang harus Anda coba selama mengunjungi Subang adalah daging gepuknya. Gepuk daging dari Kota Subang ini memiliki cita rasa yang khas dan unik. Anda bisa merasakan bumbu rempah-rempahnya yang membuat daging menjadi lebih empuk dan legit serta manis. Anda bisa menemui gepuk daging di berbagai resto di sekitaran Kota Subang.

15. Coklat Nanas

Image Credit: Kotasubang.com

Kembali dengan produk nanas, Kota Subang memiliki oleh-oleh dengan bahan dasar coklat. Perpaduan coklat dan nanas yang pas menjadi salah satu cemilan paling populer di Subang. Anda bisa merasakan cita rasa coklat yang manis dan juga rasa segar dari nanas simadu khas dari Subang. Anda bisa menemui oleh-oleh ini di pusat perbelanjaan di Kota Subang.

Itulah beberapa oleh-oleh khas yang terkenal dari Kabupaten Subang. Saat Anda mengunjungi kota ini selain melihat-lihat destinasi alamnya yang memukau, Anda juga wajib mencoba berbagai jajanan khas ini. Tak hanya itu, oleh-oleh ini juga bisa menjadi teman camilan Anda selama di perjalanan menuju ke destinasi-destinasi alam yang ingin Anda kunjungi di Subang.