Purwakarta dikenal memiliki beragam olahan makan dan kerajinan tangan yang menarik perhatian wisatawan. Inilah deretan oleh-oleh khas Purwakarta yang populer dan bisa Anda bawa pulang.

Padatnya aktivitas dengan suasana hiruk pikuk kota yang membosankan menjadi alasan utama seseorang membutuhkan waktu untuk liburan. Saat rencana tersebut direalisasikan tak lengkap rasanya jika pulang ke rumah tanpa membawa buah tangan khas daerah tempat berlibur.

Kota Purwakarta memiliki letak strategis dengan berada di persimpangan 3 kota besar dan memiliki julukan sebagai Kota Pensiun. Banyaknya destinasi wisata yang tersedia tak heran jika kota ini menjadi tujuan wisata sebagian besar orang. Tak menguras kantong, Purwakarta menawarkan berbagai produk khas daerahnya. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Purwakarta yang bisa Anda pilih.

1. Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin
Image Credit: Facebook.com @nhiia.eankkemmbhem

Meskipun makanan yang satu ini merupakan makanan khas kota Purwakarta, namun Anda dapat menjumpainya di berbagai daerah. Bagaimana tidak, rasanya yang khas membuat banyak orang segan untuk melupakan kenikmatannya. Anda tentu merasa terheran heran dengan nama kerupuk yang satu ini.

Cukup digemari oleh masyarakat, kerupuk miskin terbuat dari bahan bahan seperti tepung tapioka, garam dan bawang putih. Di beberapa daerah pula kerupuk ini diberi nama dengan sebutan kerupuk pasir. Pemberian nama tersebut berdasarkan dengan proses pembuatannya yang digoreng tanpa minyak melainkan menggunakan pasir yang telah disangrai.

2. Semprong

Semprong
Image Credit: Facebook.com @midwiffery.sopiah

Jika Anda menginginkan makanan yang manis dan gurih, semprong menjadi pilihan yang sangat tepat. Buah tangan khas Purwakarta yang satu ini dibandrol dengan harga terjangkau. Saat melihatnya, secara sekilas mungkin semprong akan terlihat mirip dengan makanan simping. Namun pada dasarnya kedua makanan ini berbeda dari segi bentuknya.

Memiliki tekstur permukaan dengan corak timbul, makanan yang berwarna coklat ini memiliki rasa khas dengan perpaduan jahe, kencur dan wijen yang sempurna. Terbuat dari bahan bahan alami membuatnya memiliki daya simpan yang tahan lama. Karena makanan khas ini mudah hancur dan lembek pastikan Anda meletakkannya di wadah yang tepat.

BACA JUGA:  7 Air Terjun (Curug) di Purwakarta yang Paling Indah & Hits

3. Keramik Plered

Keramik Plered
Image Credit: Facebook.com @(Barokah Jaya pengrajin keramik plered purwakarta, indonesia)

Keramik plered merupakan salah satu produk keramik unggulan yang dimiliki oleh Kota Purwakarta. Produk ini diberi nama sesuai dengan nama daerah produksinya yaitu Kecamatan Plered. Oleh-oleh yang satu ini memiliki fungsi sebagai fungsi guna dan hias, antara lainnya yaitu seperti kendi, vas bunga, cangkir,perabot rumah tangga, cangkir dan masih banyak lagi.

Dengan keuntungannya yang sangat menjanjikan keramik plered mampu menembus pasar internasional dengan ciri khas khususnya. Keramik plered terbuat dari tanah liat dan telah memiliki pusat sentra keramik dengan pusat penelitian dan pengembangan. Dengan adanya hal tersebut menjadikannya sebagai satu satunya di Indonesia.

4. Manisan Pala Wanayasa

Manisan Pala Wanayasa
Image Credit: Facebook.com @henti.nuryantisp

Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana dengan harga terjangkau, rasa dari oleh-oleh khas yang satu ini tidak perlu diragukan. Manisan pala Wanayasa terbuat dari buah lokal yang hadir dengan 2 tampilan yaitu manisan kering dan basah.Manisan ini sendiri memiliki rasa yang gurih dan manis legit yang akan membuat lidah Anda merasa ketagihan.

5. Bando Sunda Purwakarta

Bando Sunda Purwakarta
Image Credit: Galeri-iket.com

Bando sunda merupakan salah satu buah tangan aksesoris dengan tingkat kerumitan yang berbeda beda. Bentuknya yang menyerupai blangkon akan membuat Anda menerima pancaran kesan adat Jawa yang sangat kental. Kerajinan tangan ini sendiri dibandrol dengan harga kisaran belasan hingga ratusan ribu.

6. Opak Gurih Gurih

Opak Gurih Gurih
Image Credit: Facebook.com @seblak.mangsolle

Sesuai dengan namanya oleh-oleh khas ini memiliki rasa gurih dengan bahan dasar campuran tepung beras dengan bumbu penyedap.Identik dengan bentuk lingkaran dan pipih, proses pembuatan opak opak gurih sangatlah mudah. namun jika Anda khawatir rasanya berbeda dengan yang khas Purwakarta maka Anda dapat membeli opak mentah dan disajikan di rumah.

7. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul
Image Credit: Facebook.com @sutan.belawan01

Jika Anda menebak makanan khas ini adalah tape, maka itu merupakan jawaban yang tepat. Tape ini dibuat dengan bahan dasar singkong yang utuh. Karena rasanya yang khas, peuyeum bendul cocok sebagai salah satu pilihan buah tangan untuk kerabat. Peuyeum bendul memiliki tekstur yang berbeda dengan peuyeum pada umumnya.

Teksturnya lebih kenyal dan halus dengan permukaannya yang tidak pecah. Meskipun memiliki beberapa tahap pembuatan , namun pembuatannya tergolong mudah untuk dilakukan siapa saja. Selain itu Anda dapat membawanya hanya dengan membayar sebesar Rp. 13.000 saja yang tersedia di sepanjang kios Jalan Raya Purwakarta-Bandung.

8. Gula Cikeris

Gula Cikeris
Image Credit: Facebook.com @Purunews

Dijajakan di desa Cikeris, Kecamatan Bojong, Purwakarta, makanan tradisional ini hadir dengan rasa manis yang seringkali dijadikan pengganti gula oleh masyarakat sekitar. Gula Cikeris banyak dicari karena manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahan gula aren ini dapat melancarkan pencernaan, menyembuhkan penyakit urat, mencegah kanker dan membantu mengobati sariawan.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Purwakarta yang Unik & Instagramable

9. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Facebook.com @tahu.keriting

Makanan khas Purwakarta ini sangat familiar bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, Ranginang telah menjadi oleh-oleh wajib. Dengan rasanya yang renyah dan gurih, ranginang tersedia dalam beberapa varian rasa dan yang paling populer adalah rengginang terasi. Dengan daya tahan simpannya yang lama dan harga terjangkau, ranginang cocok menjadi pilihan buah tangan.

10. Boneka Menong

Boneka Menong
Image Credit: Facebook.com @Indraniesta

Boneka menong merupakan boneka hasil kerajinan tangan khas purwakarta yang diberi nama berdasarkan kata akronim yang memiliki arti manusia cantik. Dengan bentuk wujud yang unik, tentu ini menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh khas dari Purwakarta. Berbahan dasar keramik, boneka yang satu ini memiliki unsur lokalitas yang sangat kuat.

Boneka menong memiliki tujuan untuk menggambarkan kecantikan perempuan indonesia. Jika Anda berminat untuk membelinya, maka Anda dapat membeli satuan ataupun berdasarkan golongan paket dengan hiasan beragam aksesoris pakaian adat. Harga satuannya pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 100.000 saja.

11. Surabi

Surabi
Image Credit: Facebook.com @Surabi-Setia-Budhi-Purwakarta

Hadir dengan rasa manis dan asin, Anda dapat menentukan selera berdasarkan dengan kuahnya. Oleh-oleh khas Purwakarta yang satu ini tergolong sebagai salah satu makanan legendaris. Rasanya akan semakin nikmat saat Anda makan dalam keadaan hangat. Terbuat dari tepung beras, Surabi dipatok dengan harga terjangkau mulai dari Rp. 2.000 saja.

12. Simping

Simping
Image Credit: Facebook.com @kulinerbandungtop

Simping merupakan oleh-oleh yang memiliki bentuk hampir sama dengan semprong. Dibuat dengan warna warna yang terang dan cerah, simping memiliki bentuk pipi dengan motif timbul di permukaannya. Camilan legendaris dengan tekstur renyah dan gurih yang satu ini cocok dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

13. Mie Tiga Warna

Mie Tiga Warna
Image Credit: Facebook.com @ronyhsb

Mie tiga warna memiliki beberapa varian warna sesuai dengan namanya. Namun Anda tak perlu khawatir karena mie ini terbuat dengan bahan alami , tentunya tidak mengandung pengawet. Warna warna tersebut adalah kuning, merah dan hijau. Dalam penyajiannya mie ini disajikan dengan berbagai topping sehingga menambah cita rasa semakin lezat.

Saat berkunjung ke kota Purwakarta dan Anda tak mengunjungi kedai mie tersebut maka hal itu menjadi sesuatu yang sangat disayangkan. Terletak di Kabupaten Purwakarta, letak kuliner yang satu ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai akan pengunjung baik hari kerja maupun hari libur.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purwakarta yang Terkenal Lezat

14. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu
Image Credit: Facebook.com @ristiia.iya.9

Tersedia dengan berbagai bentuk, kerajinan bambu Purwakarta terkenal ke berbagai daerah lainnya. Bagaimana tidak, Purwakarta sendiri merupakan daerah penghasil bambu. Selain karena termasuk benda mati, kerajinan bambu memiliki nilai guna yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai cinderamata.

Di kota ini banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin dan penjual souvenir bambu. Dalam pembuatannya, produk khas ini menggunakan bambu hitam atau bambu wulung. Dapat diolah menjadi berbagai kerajinan seperti mainan anak-anak, kebutuhan rumah tangga, gelas dan jam tangan tak heran jika membuatnya diminati oleh wisatawan.

15. Wedang Jahe Instan

Wedang Jahe Instan
Image Credit: Tokopedia.com

Wedang jahe instan khas Purwakarta memiliki komposisi dipadukan dengan habbatussauda. Meskipun saat siang hari kondisi cuaca terasa panas dan matahari bersinar terik, namun berbeda dengan kondisi cuaca saat malam hari yang sangat dingin. Maka dari itu wedang jahe instan menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh.

Karena tersedia dalam kemasan instan maka Anda dapat membawanya ke kampung halaman tanpa harus takut mengenai tanggal kadaluarsanya. Pada umumnya minuman instan memiliki daya simpan yang cukup lama. Dengan rasa jahe yang pedas manis dan gurih menjadikannya sebagai suatu perpaduan yang sangat pas.

16. Buah Salak Pusaka Mulya

Buah Salak Pusaka Mulya
Image Credit: Travelingyuk.com

Di kota Purwakarta terdapat buah salak pusaka mulya yang memiliki rasa lebih enak dan lembut jika dibandingkan dengan salak pada umumnya. Selain dapat menikmati buah salak, Anda juga dapat mendapatkan ilmu pengetahuan saat berada di kawasan tersebut. Griya rumah salah yang tersebar akan memberikan informasi lengkap mengenai pengetahuan pembibitan dan perawatannya.

Anda dapat pula membeli salak melalui petani secara langsung. Dengan demikian Anda akan mendapatkan harga terbaik. Ukuran buah salak pusaka mulya cenderung lebih kecil sehingga cocok untuk satu kali santap. Saat mengunjungi kota yang satu ini akan terasa pas sekali jika buah salah menjadi oleh-oleh sebagai pelengkapnya.

Berdasarkan daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Purwakarta tersebut, maka dapat menjadi referensi bagi Anda saat bingung menentukan buah tangan bagi keluarga tercinta. Dengan harga yang ramah dikantong, tentunya menarik minat banyak orang. Hadir dengan beragam jenis dan rasa yang ditawarkan, Anda dijamin tidak akan bosan dibuatnya.