Majalengka yang dikenal dengan julukan Kota Angin memiliki destinasi wisata alam yang menarik, makanan khas dan kerajinan tangan yang unik. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Majalengka yang menarik untuk Anda bawa pulang.

Menyajikan berbagai pesona alam dengan cita rasa kudapan yang khas, membuat Majalengka menjadi tempat liburan impian banyak orang. Musim liburan panjang dapat menjadi alternatif waktu untuk mewujudkannya. Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membawa buah tangan khas yang unik. Berikut rekomendasi jenis oleh-oleh khas dari Majalengka yang paling diminati wisatawan.

1. Oncom Goreng

Oncom Goreng
Image Credit: Google Maps (Indra Baihaqy)

Makanan khas yang satu ini mungkin saja sudah seringkali Anda temui di beberapa daerah, selain Majalengka. Namun oncom khas kota ini telah dibumbui terlebih dahulu menggunakan rempah dengan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Untuk menikmati kelezatan, biasanya masyarakat sekitar mencampur oncom goreng dengan mie ayam atau bakso.

Cita rasa khas nya yang gurih mampu membius Anda saat menyantapnya. Oncom dijual dengan dibungkus menggunakan kemasan plastik dengan tambahan keterangan atau label nama. Selain memiliki daya tahan simpan yang lama, oncom goreng dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 5.000 saja.

2. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk
Image Credit: Facebook.com @berlian.putri.357

Dengan bahan dasar daging jeruk dan gula merah, makanan khas yang satu ini menjadi makanan kebanggaan yang dimiliki oleh Majalengka. Saat kalua jeruk masuk ke dalam mulut, maka rasa manis asamnya akan membuat Anda enggan untuk berhenti mengunyah. Bagi sebagian wisatawan, kalua tampak seperti jelly.

Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Saat Anda melihat bagian tengah makanan ini maka akan tampak tekstur keras dan padat di bagian tengahnya. . Sebagai golongan makanan kering, kalua jeruk dapat Anda bawa dalam perjalanan tanpa harus merasa khawatir tekstur dan rasanya akan berubah.

3. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Image Credit: Facebook.com @inka.nopiawati

Keripik tempe khas kota angin ini tidak memiliki rasa pahit sama sekali. Dengan citra rasa khasnya sendiri, keripik tempe ini mampu bertahan hingga 2-3 bulan lamanya di dalam kemasan. Anda dapat mencoba 2 varian rasa yang tersedia untuk memanjakan lidah. Pedas dan original menjadi pilihan varian dengan potongan tempe yang lebih tipis.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Bekasi yang Terkenal Lezat

4. Ampas Kecap

Ampas Kecap
Image Credit: Facebook.com @vina.bae.547

Mungkin bagi beberapa orang nama makanan ampas kecap ini akan menimbulkan pertanyaan di benak mereka. Dimasak dengan cara tumis, ampas kecap cocok dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh saat mengunjungi daerah tersebut. Hal ini tentu karena suatu alasan, yaitu rasanya yang enak dan membuat Anda ketagihan saat merasakannya.

Ampas kecap sendiri memiliki bentuk fisik sekilas seperti sambal karena terdapat bulir bulir kedelai yang melimpah karena memang merupakan hasil dari produksi kecap. Rasa nikmat yang ditawarkan membuat masakan ini juga turut disajikan dengan olahan daging kambing sehingga perpaduan rasanya semakin nikmat.

5. Gula Cakar

Gula Cakar
Image Credit: Facebook.com @iwansetiawn.iwansetiawn.7

Makanan khas Majalengka ini memiliki tampilan warna yang menyegarkan karena memang berwarna magenta atau pink. Terbuat dari campuran gula putih, gula cakar biasanya digunakan sebagai campuran kopi atau teh layaknya gula pasir. Jika Anda merasa bosan menikmatinya dengan cara tersebut, maka Anda juga dapat menikmati dengan menggigitnya secara langsung.

Dengan tampilan sederhana, tak banyak orang yang menyangka jika gula cakar memiliki banyak peminat. Berbentuk kotak dan berongga membuatnya tampak seperti terumbu karang. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 10.000 untuk 300 gram tentu membuat Anda tak perlu berpikir ulang untuk membawa gula cakar sebagai oleh-oleh.

6. Kain Batik Majalengka

Kain Batik Majalengka
Image Credit: Facebook.com @nouvaouctavia

Meskipun kain menjadi sentra utamanya, namun Anda juga dapat menjadikan berbagai pilihan ukuran dan motif baju batik sebagai pilihan tepat. Didominasi oleh pemandangan alam, batik Majalengka tetap mendapatkan posisi tersendiri di hati masyarakat. Biasanya penciptaan batik terinspirasi dari hewan, kultur, artefak dan tumbuhan.

Selain itu terdapat pula kain batik dengan inspirasi yang berasal dari buah maja, mahkota dan kujang sebagai pelengkap. Dengan coraknya yang khas, produk kota Majalengka dapat dengan mudah dikenali. Lauk Ngibing, Nyi Rambut Kasih, Kota Angin, Gedong Gincu,dan Simbar Kencana menjadi pilihan motif yang dapat Anda pilih sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

7. Jalakote

Jalakote
Image Credit: Facebook.com @dimas.sonny

Melihat tampilan yang sekilas sama dengan makanan pastel, banyak orang berfikir jika makanan ini juga terbuat dari bahan yang sama. Namun hal tersebut salah, karena jalangkote merupakan makanan dengan bahan dasar aci dan tahu. Rasanya yang gurih dan hadir dengan tampilan frozen food membuatnya dapat menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

BACA JUGA:  20 Restoran & Tempat Makan di Bogor yang Terkenal Enak

8. Buah Duwet

Buah Duwet
Image Credit: Facebook.com @iwan.supriatna

Dengan merasakan cita rasa khasnya, Anda tak akan merasa rugi telah berkunjung ke Majalengka. Memiliki nama lain buah jamblang, buah ini selalu menjadi incaran banyak orang karena khasiatnya. Khasiatnya yaitu mampu mencegah penyakit diabetes dan kolesterol. Meskipun begitu Anda tetap akan merasakan rasa manis dari buah duwet.

Keberadaan buah duwet dari waktu ke waktu semakin susah untuk ditemukan. Meskipun begitu Anda masih tetap bisa membelinya di kios kios pasar Plumbungan, Padukuhan dan Desa Putat. Bentuk buah yang lonjong semakin khas dengan warna ungu pekat membuatnya mudah dikenali.

9. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka
Image Credit: Facebook.com @fajar.purnama.129

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya adalah kecap Majalengka. Rasanya oleh-oleh yang satu ini sudah diketahui oleh banyak orang. Jika Anda akan menempuh perjalanan jauh maka dapat membeli kecap dengan ukuran sedang maupun kecil, di Kota Majalengka terdapat 2 nama merk ternama kecap, yaitu Maja Menjangan dan Segi Tiga.

10. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu
Image Credit: Facebook.com @Gedong-gincu

Mangga gedong gincu Majalengka memiliki ciri khas yaitu warna kulit buah yang akan merah dibagian ujungnya seperti gincu. Terkenal, mangga yang satu ini memang menjadi oleh-oleh khas Majalengka. Ukuran buah gedong gincu juga tak jauh berbeda dengan ukuran buah mangga pada umumnya. Namun rasanya yang manis nan legit akan membuat Anda sulit untuk melupakan.

11. Pepes Jeroan

Image Credit: Jatim.poskota.co.id

Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok untuk pecinta pedas dan makanan jeroan. Berbeda dengan pepes pada umumnya yang menggunakan daging ikan, pepes jeroan ini menggunakan bahan daging ayam dan sapi dengan berbagai isian jeroannya. Selera makan Anda akan tergugah dengan merasakan rasa nikmat, pedas dan gurih menjadi satu dalam masakan.

Di Majalengka terdapat beberapa kawasan yang menjual pepes tersebut. Anda dapat mengunjungi kawasan Cicurug Pejuan untuk dapat menikmatinya. Dengan dibungkus daun pisang dan proses pembakaran membuatnya menghasilkan aroma yang memabukkan. Pepes jeroan dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat karena cita rasanya yang khas.

12. Surabi Oncom

Surabi Oncom
Image Credit: Facebook.com @vicatcilku

Surabi oncom merupakan makanan khas Majalengka yang jarang Anda temui di daerah lainnya. Sehingga oleh-oleh yang satu ini patut menjadi pilihan wajib saat Anda berkunjung ke Majalengka. Makanan yang terbuat dari olahan tepung beras ini dikombinasikan dengan taburan oncom yang telah diberi bumbu rempah diatasnya.

Surabi menjadi salah satu makanan yang mengenyangkan dan membuat lidah Anda menjadi ketagihan. Harganya pun relatif terjangkau, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 saja untuk menikmati satu surabi oncom. Jika Anda ingin membawanya dalam perjalanan, maka sebaiknya surabi dalam kondisi kering sehingga memiliki daya simpan lebih lama.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

13. Seroja Gurih

Seroja Gurih
Image Credit: Liputan6.com

Oleh-oleh khas yang satu ini diberi nama sesuai dengan bentuknya. Dimana bentuknya menyerupai bunga seroja. Memiliki cita rasa gurih yang berbeda, seroja gurih dapat juga dijadikan sebagai camilan saat bersantai. Bahan dasar pembuatannya pun mudah didapatkan, yaitu tepung beras dan beberapa bumbu lainnya.

Lapisan kulit yang tipis membuat suara kriuk terdengar nyaring saat makanan yang satu ini masuk ke dalam mulut. Namun ada beberapa masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan roda dokar atau kembang goyang. Daya tahan simpannya pun cukup lama sehingga memudahkan Anda untuk membawanya sebagai buah tangan.

14. Kerajinan Rotan

Kerajinan Rotan
Image Credit: Facebook.com @rotankreatif

Kerajinan rotan merupakan produk lokal yang telah berhasil menembus pasar Eropa. Fakta mengejutkan yang satu ini memang benar kenyataannya. Meskipun begitu harga dari setiap kreasi kerajinan rotan tersebut sangat terjangkau. Di Desa Leuwilaja Lah tempat sentra kerajinan rotan yang merupakan bagian dari Majalengka.

Kerajinan rotan yang diproduksi beragam, seperti kursi, meja, pot bunga, keranjang cucian, tempat tidur bayi, tempat tisu dan masih banyak lagi. Kualitas yang dimilikinya memang patut untuk diacungi jempol. Tingkat kerapian yang tinggi namun dilalui dengan proses natural menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh kota yang menjadi kebanggaan.

15. MOBI

MOBI
Image Credit: Dinasperdagangan.majalengkakab.go.id

Saat Anda ingin membawa oleh-oleh Majalengka dengan keunikan yang khas namun harga terjangkau, maka MOBI lah solusinya. MOBI merupakan salah satu hiasan yang berupa sandal. Proses pembuatannya pun dilakukan oleh orang yang berpengalam karena membutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi.

Dengan bahan dasar karung goni, sandal ini tetap awet dan hadir dengan tampilan bentuk dan corak yang unik serta menarik. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 15.000 membuat Anda akan menyesal jika melewatkannya. Meskipun terbuat dari goni, namun MOBI memiliki beberapa varian model sandal.

Oleh-oleh khas Majalengka sendiri terdiri dari banyak macam, namun beberapa diantaranya telah dijelaskan melalui ulasan di atas. Saat mengunjungi Kota Majalengka maka pastikan Anda tidak melewatkan untuk berbelanja. Selain itu budget keuangan juga harus disiapkan karena dengan melihat bentuk yang menarik dan harga terjangkau dapat membuat Anda kalap mata.