Lembang Bandung memiliki sejuta pesona yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Ketika Anda berkunjung, jangan lupa untuk berburu oleh-oleh khas Lembang yang unik, mulai dari jajanan tradisional, makanan kekinian, hingga cinderamata.

Memiliki udara yang sejuk dengan banyak objek wisata, Bandung menjadi salah satu destinasi tujuan liburan bagi warga ibu kota maupun daerah lainnya. Salah satu tempat yang bisa Anda tuju di Bandung yakni daerah Lembang. Bahkan Lembang memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang
Image Credit: Twitter.com @Wowfakta

Bolu susu menjadi salah satu produk khas dari Lembang yang cukup modern dan kekinian. Tidak sedikit wisatawan yang mampir ke toko oleh-oleh untuk mencari bolu susu ini. Lembang sendiri memang merupakan salah satu daerah penghasil susu yang terkenal. Jumlah peternak sapi di sini bahkan cukup banyak, sehingga tidak heran jika bolu susu menjadi oleh-oleh khasnya.

Bolu susu ini pun memiliki beberapa varian yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti bolu susu original, susu vanila, dan susu cokelat. Rasanya manis dengan tekstur yang lembut, kemudian di atasnya akan diberi taburan keju parut yang meningkatkan rasa lezat. Bolu susu ini bisa tahan selama kurang lebih 4 hari dalam suhu ruangan, namun bisa lebih jika disimpan dalam kulkas.

2. Tahu Susu

Tahu Susu
Image Credit: Twitter.com @tahupriangan

Masih dari olahan susu, Anda juga bisa menjadikan tahu susu sebagai oleh-oleh khas untuk dibawa ke kota asal dan dibagikan ke sanak saudara. Bahkan tahu susu tersebut menjadi salah satu oleh-oleh yang ngehits dan banyak diburu oleh para wisatawan. Pamornya pun disebut sebut menyaingi tahu sumedang.

Karena cepat memanjat tangga popularitas, Anda pun bisa menemukan banyak produsen tahu susu di Lembang. Kendati demikian, salah satu yang paling terkenal adalah POM Tahu Susu Lembang. Mengusung konsep yang mirip pom bensin, namun POM di sini adalah singkatan dari Pusat Orang Makan. Jadi di sini Anda bisa menemukan banyak sekali produk tahu.

3. Tahu Tauhid

Tahu Tauhid
Image Credit: Twitter.com @sidakigunung

Di Lembang, ada dua produsen tahu yang populer. Selain tahu susu, tahu tauhid juga memiliki popularitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak wisatawan yang mencarinya lantaran tahu ini memiliki tekstur yang lembut, kenyal, serta rasanya juga sangat sedap dan begitu khas.

Untuk saat ini, tahu tauhid memiliki dua cabang di daerah Lembang. Anda bisa menemukannya di belakang PLN Lembang dan daerah dekat De’Ranch. Dimana pada kedua lokasi tersebut Anda tidak hanya bisa membeli tahu tauhid sebagai oleh-oleh saja, melainkan bisa dikonsumsi di tempat. Pilihan menu seperti bajigur, bandrek, hingga jagung bakar siap menemani sajian tahu.

4. Susu Murni KPSBU

Susu Murni KPSBU
Image Credit: Facebook.com @raffasya.alfarizihendarsyah

Tidak jauh jauh dari susu, di Lembang ada tempat bernama Susu Murni KPSBU yang banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk mencari oleh-oleh. Tempat ini merupakan sebuah koperasi yang menyediakan susu murni maupun yogurt literan. Tentu kemasan ini akan sangat cocok bila dijadikan sebagai buah tangan untuk orang orang di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan toko di depan koperasi tersebut yang menjual berbagai produk jadi yang berbahan dasar susu. Salah satu yang banyak dicari adalah kerupuk susu, karena perpaduannya yang unik. Tentunya terdapat banyak lagi produk jadi berbahan susu lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan.

5. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari
Image Credit: Twitter.com @bandungmodern

Anda tidak bisa disebut sudah mampir ke Lembang apabila melewatkan Kartika Sari. Kartika Sari merupakan sebuah toko produksi makanan yang berlokasi di daerah Kebon Kawung. Toko ini spesial menyediakan pisang bollen yang rasa lezatnya sudah begitu terkenal di kalangan para wisatawan.

Bahkan Pisang Bollen Kartika Sari bisa disebut sebagai pelopor pisang bollen di daerah Bandung, dan sudah berdiri sejak kisaran tahun 1970 an. Hingga sekarang, popularitas dari Pisang Bollen Kartika Sari pun tidak pernah luntur dan masih mempertahankan resep asli turun temurun. Jadi rasanya memang sangat khas dan begitu lezat.

6. Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll Prima Rasa
Image Credit: Twitter.com @ben_doang

Merupakan inovasi baru, picnic roll bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh dari Lembang yang tidak boleh Anda lewatkan. Kemunculan picnic roll ini berawal dari kreativitas warga sekitar yang tidak ada habisnya dalam menciptakan kuliner enak dan unik. Yang mana picnic roll tersebut merupakan makanan dengan bahan dasar daging cincang.

Daging cincang yang telah dibumbui kemudian dimasukkan dalam kulit pastry bersama dengan telur rebus. Selanjutnya semua bahan ini dipanggang hingga berwarna kecokelatan dan menjadi hidangan lezat. Anda bisa memilih varian daging ayam maupun sapi, keduanya memiliki rasa yang sama lezatnya.

Untuk menemukan panganan picnic roll ini Anda bisa mencarinya di toko Prima Rasa yang ada di sekitaran Jalan Pasir Kaliki. Harganya sendiri terbilang sangat terjangkau untuk sebuah rasa yang amat lezat. Kemasannya pun membuat makanan ini bisa mudah dibawa selama perjalanan pulang Anda.

7. Peuyeum

Peuyeum
Image Credit: Facebook.com @kulinerlembang

Apabila ingin mencari oleh-oleh yang lebih tradisional sehingga jauh lebih khas, maka peuyeum bisa menjadi pilihan yang tepat. Peuyeum sendiri merupakan salah satu makanan tradisional khas Bandung yang berbahan dasar singkong hasil fermentasi. Rasanya juga sangat lezat dan begitu khas, tidak kalah dengan oleh-oleh yang lebih modern.

Anda bisa menemukan peuyeum di sepanjang jalan Cihampelas dengan harga yang murah meriah. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh dengan kemasan yang mudah dibawa. Karena terbuat dari singkong hasil fermentasi, makanan ini terbilang cukup awet dan tahan lama.

Jadi Anda yang berasal dari daerah jauh sangat disarankan membawa pulang makanan satu ini sebagai buah tangan. Karena sudah melewati berhari hari pun, peuyeum masih dalam keadaan baik dan tetap lezat untuk disantap. Cocok untuk diberikan pada kerabat maupun disantap sendiri di rumah menemani sore hari Anda dengan tambahan secangkir teh atau kopi.

8. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Image Credit: Twitter.com @yihagames

Gepuk merupakan salah satu makanan khas suku Sunda, yang bahan dasarnya terbuat dari daging sapi. Daging sapi ini memiliki cita rasa yang gurih serta sedikit manis, seperti empal daging kebanyakan. Namun tetap mempunyai rasa khas yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Jadi makanan ini cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan maupun dimakan bersama dengan nasi.

Salah satu yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah Gepuk Nyonya Ong. Gepuk ini begitu terkenal akan kelezatannya dan bisa Anda temukan di daerah Jalan Dr. Djunjunan. Bahkan toko ini terbilang sebagai salah satu merek gepuk paling terkenal yang ada di Lembang. Tidak heran jika warga sekitar pun banyak berbelanja di lokasi tersebut.

Tentunya selain enak, Gepuk Nyonya Ong juga menyediakan cukup banyak varian rasa. Beberapa wisatawan bahkan menyebutkan bahwa mereka merasa kebingungan untuk menentukan varian mana yang sebaiknya dibawa pulang. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa mencoba masing masing varian tersebut. Tidak perlu khawatir karena harganya terbilang murah meriah.

9. Surabi

Surabi
Image Credit: Facebook.com @yanti.mardiyono

Surabi sangat mudah untuk ditemukan di daerah Lembang. Bahkan jajanan tradisional yang sudah go internasional ini banyak dijajakan secara berkeliling di kampung kampung oleh beberapa warga. Namun ada baiknya jika Anda langsung membelinya di tempat oleh-oleh apabila ingin menjadikannya sebagai buah tangan.

Sebab surabi yang ada di pusat oleh-oleh tentunya memiliki kemasan yang lebih baik dan praktis. Sehingga aman dan mudah untuk dibawa selama perjalanan. Namun jika Anda ingin langsung mencoba surabi di daerah Lembang, pasar tradisional di sekitar juga bisa dituju untuk menemukan panganan satu ini.

Pasalnya pasar tradisional merupakan pusat dari jajanan, termasuk kue yang berbahan dasar tepung terigu dan juga santan satu ini. Rasa surabi sendiri sangat lezat, sehingga Anda tidak akan rugi meski harus blusukan ke dalam pasar untuk mencarinya. Tentu harga yang ditawarkan untuk satu buah surabi juga dibanderol dengan harga yang begitu terjangkau.

10. Kaos Oblong Skoci

Kaos Oblong Skoci
Image Credit: Bukabukaan.id

Mau memberikan buah tangan berbeda yang tidak berupa makanan dari Lembang ? Tidak masalah, karena Lembang juga memiliki oleh-oleh khas yang tidak hanya berupa panganan. Salah satunya yaitu kaos oblong Skoci ini. Skoci adalah Sentra Kaos Suci yang merupakan merek yang digagas oleh para anak muda lokal yang kreatif.

Di sini Anda bisa menemukan banyak desain modern dan juga unik yang dapat dijadikan pilihan. Bahkan tidak hanya kaos oblong, berbagai merchandise juga bisa Anda temukan dengan harga terjangkau yang bisa dijadikan sebagai cinderamata. Tentunya Skoci ini bisa dijadikan oleh-oleh terbaik apabila Anda khawatir tidak bisa memberikannya dalam waktu dekat.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Lembang, Bandung yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke daerah ini. Tidak hanya berupa makanan, Anda pun juga bisa memilih barang sebagai cinderamata apabila khawatir tidak bisa langsung memberikannya setelah pulang ke kota asal. Bahkan beberapa jajanan pun terbilang cukup tahan lama, jadi tetap bisa dijadikan pilihan.