Kuningan Jawa Barat tak hanya dikenal dengan pesona wisata alamnya, tetapi juga terkenal dengan beragam buah tangan yang unik. Inilah daftar oleh-oleh khas Kuningan yang bisa Anda bawa pulang untuk kerabat maupun keluarga.

Kuningan adalah salah satu kota di daerah Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Wilayahnya yang asri menjadikan para wisatawan kerap kali mengunjunginya. Anda juga bisa menikmati berbagai macam makanan khasnya yang enak dan kaya akan rempah. Berikut daftar oleh-oleh khas dari Kuningan yang dapat Anda jadikan referensi saat berkunjung.

1. Jeniper

Jeniper
Image Credit: Youtube.com (Dwinoto Adi)

Jangan salah dengan namanya yang unik. Jeniper disini bukan nama orang apalagi artis luar negeri. Juniper adalah singkatan dari Jeruk Nipis Peras. Minuman ini berupa sirup yang dibuat dari sari perasan jeruk nipis dan ditambahkan gula sebagai bahan pelengkap. Sirup Jeniper ini memiliki rasa yang unik dengan manis dan kesegaran asam dari jeruk nipisnya.

Kemasannya menggunakan botol kaca dengan desain yang modern, ditambah warna hijau mencolok yang melambangkan jeruk nipis. Beberapa botol Jeniper dibungkus dalam kardus dengan rapi dan aman. Kemasan seperti ini cocok sekali untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh karena aman dari tumpahan dan kerusakan minuman saat perjalanan pulang.

2. Keripik Gadung

Keripik Gadung
Image Credit: Instagram.com @agenkulinerindo

Umbi gadung yang dikupas kemudian dicuci hingga bersih, lalu diiris tipis dan digoreng akan menjadi camilan enak bernama keripik gadung. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah pasti membuat Anda ketagihan. Anda bisa membeli keripik gadung dengan berbagai macam rasa, keripik ini juga sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat menonton film di rumah.

3. Kue Satu

Kue Satu
Image Credit: Wikimedia.org

Mengingat momen Idul Fitri yang marak dirayakan dengan berbagai macam kue sebagai sajian untuk tamu yang datang. Kue Satu seringkali hadir pada setiap meja masyarakat pada rumah-rumah yang menerima kedatangan tamu. Kue tradisional berbahan dasar kacang hijau ini memang menjadi favorit berbagai kalangan karena rasanya yang manis dan unik.

Kue Satu dibuat dari kacang hijau yang disangrai, kemudian dihaluskan hingga membentuk bubuk kacang hijau. Lalu dicampur dengan gula sebagai pemanis alami yang melengkapi kelezatannya. Setelah diolah adonan ini dipanggang menggunakan cetakan khusus Kue Satu hingga matang. Kue ini tahan lama sehingga cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh liburan.

BACA JUGA:  16 Makanan Khas Kuningan yang Terkenal Lezat

4. Kopi Luak Linggarjati

Kopi Luak Linggarjati
Image Credit: Kaskus.co.id

Penikmat kopi akan selalu ingat dengan keunikan kopi asal Kuningan ini. Jika Anda suka mencicipi berbagai jenis kopi dari seluruh daerah di nusantara maupun dunia, Anda wajib mencoba kopi khas Kuningan ini. Aromanya yang khas dan diambil dari biji kopi pilihan akan membuat Anda terkesima dengan kelezatannya, jangan lupa untuk menjadikannya buah tangan.

5. Tahu Lumping

Tahu Lumping
Image Credit: Ksmtour.com

Tidak hanya kuda lumping yang ternal, Kuningan juga memiliki Tahu Lumping sebagai buah tangan yang menarik untuk keluarga Anda. Jika Anda berkunjung ke Kuningan, makanan ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Tahu Lumping cocok untuk dijadikan makanan pendamping lauk pauk dengan nasi atau pun sebagai camilan untuk dimakan bersama.

Tahu Lumping beda dengan tahu yang lainnya karena tekstur bagian luarnya yang renyah, namun Anda akan terkejut dibuatnya karena bagian dalamnya yang sangat lembut. Teksturnya padat sehingga dapat mengenyangkan, cocok dijadikan cemilan saat perjalanan dengan dipadukan dengan petis. Dapat juga Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa ke rumah.

6. Opak Bakar

Opak Bakar
Image Credit: Facebook.com @busepuh

Suku Sunda sangat identik dengan makanan yang renyah ini. Opak merupakan makanan yang sangat populer di seluruh Indonesia sebagai makanan khas Jawa Barat. Di Kuningan Anda dapat menemui opak yang unik karena proses pembuatannya dibakar. Terbuat dari beras ketan serta kelapa pasti membuat Anda tergiur dan langsung ingin mencobanya.

7. Papais

Papais
Image Credit: Facebook.com (Maman Suryaman)

Kue tradisional nampaknya menjadi sajian yang digemari oleh masyarakat Kuningan. Kali ini ada jajanan pasar yang marak dijual saat pagi hari sebagai sarapan, yaitu papais. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan memiliki isian gula merah. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis dapat membuat Anda terpesona dengan kelezatan papais ini.

Selain dibuat dari beras ketan, ada pula masyarakat yang membuatnya dengan bahan dasar singkong. Proses masak yang mudah hanya dengan dikukus membuat papais seringkali ditemui sebagai jajanan di pinggir jalan. Selain itu papais juga biasa disajikan sebagai kue untuk acara-acara adat. Anda bisa menikmatinya sekaligus menjadikannya oleh-oleh.

8. Tahu Susu Tamiang

Tahu Susu Tamiang
Image Credit: Kompas.com

Kuningan juga memiliki kedai tahu yang sangat populer di kalangan masyarakat maupun wisatawan, yaitu Tahu Susu Tamiang. Tekstur tahu yang sangat lembut membuatnya menjadi makanan favorit yang banyak diburu pembeli. Tahu Susu Tamiang diolah dan dikemas dengan tampilan modern sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Kuningan yang Populer Buat Liburan

9. Leupeut

Leupeut
Image Credit: Indonesiakaya.com

Selain papais, Anda juga dapat menjadikan leupeut sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah. Leupeut terbuat dari beras ketan yang diolah dengan santan, kemudian diberi isian kacang yang menjadikannya nikmat. Uniknya, leupeut ini dibungkus dengan daun kelapa atau janur sebagai pembungkusnya, bukan dengan daun pisang seperti kue lain.

Leupeut ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih dari isian kacang di dalamnya. Hidangan ini juga sangat nikmat untuk disantap saat kumpul bersama kerabat dan dipadukan dengan teh atau kopi kesukaan Anda. Saat masih panas, leupeut sangat lezat dan mengeluarkan aroma yang khas. Pastikan leupeut menjadi salah satu daftar buah tangan untuk Anda bawa pulang.

10. Jenisa

Jenisa
Image Credit: Bukalapak.com

Belum selesai dengan keunikan nama minuman, selain Jeniper ada juga Jenisa. Minuman ini hampir mirip dengan juniper, yaitu jenis minuman yang berbahan dasar jeruk nipis. Jenisa adalah singkatan dari Jeruk Nipis Asli. Minuman ini dikemas dengan kemasan botol dan praktis untuk sekali minum. Sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda.

11. Tape Ketan Ember

Tape Ketan Ember
Image Credit: Facebook.com @ihot.solihat

Bila Anda pernah menikmati makanan tradisional tape ketan, pasti Anda mengenal kemasannya terbuat dari daun pisang. Berbeda pada tape ketan pada umumnya, tape ketan khas Kuningan diolah menggunakan ember. Perbedaan wadah ini bukan hanya untuk keperluan pemasaran semata, namun ada alasan unik yang sengaja dilakukan saat pembuatannya.

Jika tape ketan biasa dibuat dengan daun pisang, air yang berada di dalam kue tersebut dapat tercecer dan keluar dari bungkusnya. Tapi dengan wadah berupa ember kecil ini, air yang menetes dari kue tetap dapat dikonsumsi dan tertampung di bawah ember. Air endapan ini berguna untuk menambah aroma dan kekuatan rasanya yang nikmat.

Warna tape ketan ini juga berbeda dengan tape ketan pada umumnya. Tape ketan dalam ember ini biasanya berwarna hijau, hal ini disebabkan proses pembuatannya menggunakan daun katuk sebagai pewarna alami. Unik sekali bukan? Anda dapat membelinya di sepanjang jalan Kuningan untuk menjadikannya buah tangan yang menarik bagi keluarga.

BACA JUGA:  10 Air Terjun (Curug) di Kuningan yang Paling Indah & Hits

12. Golono

Golono
Image Credit: Twitter.com @choeyseal

Makanan kali ini adalah jenis gorengan yang menjadi favorit segala kalangan. Golono terbuat dari ampas tahu yang dibaluri tepung terigu dan kemudian digoreng. Golono biasa disajikan bersama dengan gorengan lainnya, apalagi dilengkapi dengan teh atau kopi. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah dan dapat ditemui di seluruh daerah Kuningan.

13. Keripik Gemblong

Keripik Gemblong
Image Credit: Bukalapak.com

Beralih ke camilan gurih yang mampu membuat siapa saja yang mencoba menjadi ketagihan. Anda juga bisa menjadikan keripik gemblong sebagai oleh-oleh dari Kuningan. Ini adalah makanan ringan yang enak untuk dijadikan cemilan saat perjalanan maupun saat berkumpul bersama kawan-kawan. Menjadikannya buah tangan tentunya dapat menjadi alternatif untuk Anda bawa pulang.

Keripik gemblong terbuat dari bahan dasar singkong yang dijadikan keripik. Uniknya, keripik gemblong asal Kuningan diisi oncom pada bagian tengahnya sehingga menambah rasa gurih yang menggugah selera. Teksturnya yang renyah akan membuat Anda ketagihan dan sulit untuk berhenti saat memakannya. Jangan lewatkan keripik ini untuk oleh-oleh wajib Anda.

14. Kwecang

Kwecang
Image Credit: Instagram.com @buburcaptiger

Jika Anda penyuka makanan manis dan mengenyangkan, kwecang cocok sekali sebagai oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang. Kwecang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan air apu sehingga rasanya khas. Kemudian adonan dibungkus dengan daun bambu lalu dikukus, maka Anda akan merasakan aroma yang nikmat dari daun bambu.

Kwecang biasanya berwarna kuning karena proses pembuatannya mengeluarkan warna alami. Cocok sekali untuk menikmati kwecang saat hujan turun dan berkumpul bersama keluarga. Anda mudah sekali menemukan kwecang di seluruh daerah Kuningan untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan lewatkan makanan yang lezat ini untuk menemani perjalanan.

15. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay
Image Credit: Facebook.com @berkahfrozenfoods

Ada lagi minuman khas Kuningan yang wajib menjadi oleh-oleh Anda saat mudik ke kampung halaman. Sirup Tjampolay ini adalah minuman legendaris masyarakat Kuningan yang masih eksis hingga sekarang karena kelezatannya. Cita rasa yang manis dapat Anda nikmati dengan berbagai macam varian rasa seperti pisang susu, jeruk nipis dan lainnya.

Demikian beberapa kuliner yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh khas dari Kuningan untuk sanak saudara dan keluarga Anda di rumah. Mereka pasti senang karena dapat menikmati makanan khas Kuningan yang lezat dan unik. Anda juga dapat mengirimnya sebagai hadiah untuk teman dan kerabat Anda di luar kota. Karena rasanya yang enak, dijamin semua orang pasti menyukainya.