Ketika Anda berkunjung ke Karawang, menjadi lengkap dengan membawa pulang buah tangan untuk kerabat dan teman. Inilah deretan oleh-oleh khas Karawang yang terkenal dan paling diburu wisatawan.

Saat berwisata ke sebuah daerah, Anda tentu saja akan menyempatkan waktu untuk membeli buah tangan yang unik. Oleh-oleh tersebut bisa berupa makanan ataupun souvenir khas yang tidak bisa Anda jumpai di tempat lain. Lalu bagaimana ketika Anda sedang berada di Karawang yang dikenal sebagai kota industri? Berikut beberapa daftar oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Karawang.

1. Rengginang Ketan

Rengginang Ketan
Image Credit: Tokopedia.com

Makanan ringan satu ini menjadi salah satu oleh-oleh lezat dan renyah yang bisa Anda bawa pulang. Hal ini dikarenakan rengginang ketan khas Karawang memiliki rasa yang sangat khas. Untuk bahan utama pembuatan oleh-oleh satu ini tentu saja berasal dari ketan yang dikeringkan dan selanjutnya digoreng.

Untuk masa tahan lama dari makanan satu ini umumnya sangat lama. sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Selain itu, harganya yang cukup terjangkau membuat Anda bisa membelinya dimana saja dan kapan saja. saat berada disini, Anda nantinya bisa memilih rengginang dalam bentuk siap akan ataupun mentah yang bisa dimasak sendiri.

2. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot
Image Credit: Liputan6.com

Selain itu, Anda juga bisa membawa pulang kerupuk bontot khas Karawang yang akan membuat keluarga Anda menjadi ketagihan. Pasalnya, makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu dengan udang yang telah dihaluskan ini akan memiliki rasa yang sangat enak dan sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh.

Meskipun kerupuk ini merupakan adonan setengah jadi, namun tentu saja oleh-oleh ini bisa Anda buru sebagai buah tangan. Makanan ini sendiri bisa Anda oleh dengan menggunakan resep pribadi. Atau untuk lebih simpel, Anda hanya perlu untuk menggorengnya dan mencocolkannya dengan saus. Pastinya akan sangat pas untuk melengkapi sore Anda sembari menonton televisi.

3. Bolu Kijing

Bolu Kijing Karawang
Image Credit: Facebook.com @urul.zie

Memiliki bentuk seperti hewan kijing membuat kue ini dinamakan demikian. Jajanan tradisional yang dibuat tanpa menggunakan pengawet ini menjadi salah satu makanan yang bisa Anda jadikan buah tangan. Terbuat dari vanili, gula dan juga tepung terigu maka akan membuat Anda bisa merasakan rasa manis di dalam kue bolu satu ini.

Selain itu untuk teksturnya sendiri yakni renyah pada bagian luar. Namun, apabila Anda menggigitnya maka bagian dalamnya akan memiliki tekstur yang sangat lembut. Akan tetapi, kue satu ini hanya bisa bertahan selama 7 hari saja dalam suhu ruangan. Untuk itu, ketika Anda membelinya, maka Anda bisa segera mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan ketika Anda telah membelinya dan enggan untuk mengkonsumsinya lebih dari 7 hari, maka kue bolu kijing ini akan rusak. Sehingga memiliki rasa yang tidak enak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, pastikan Anda segera menghabiskan kue ini setelah membelinya.

4. Kue Semprong

Kue Semprong
Image Credit: Facebook.com @oleh.karawang

Jajanan tradisional ini masih menjadi primadona yang sering kali dicari para wisatawan. Hal ini karena kue semprong memiliki rasa yang sangat enak dan bisa Anda konsumsi dengan teh maupun kopi hangat ketika sore hari. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membawa pulang makanan ini adalah mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga sangat pas untuk Anda jadikan oleh-oleh. Untuk tekstur dari kue ini adanya memiliki bentuk yang lonjong layaknya pipa dan mempunyai tekstur yang renyah. Dan rasanya sendiri pun tidak terlalu manis. sehingga akan sangat pas bagi Anda yang tidak menyukai makanan yang terlalu manis.

Pembuatannya sendiri, kue ini terdiri dari bahan berupa kue beras, bubuk kayu manis dan juga gula pasir. Kemudian, nantinya akan dicetak dengan menggunakan cetakan yang memiliki bentuk layaknya pipa. Sehingga akhirnya kue ini pun disebut dengan semprong. Termasuk makanan khas Karawang, maka Anda pun akan bisa menemukannya dengan mudah.

5. Opak Ketan

Opak Ketan
Image Credit: Shopee.co.id

Memiliki bentuk yang bulat dan ketebalan medium membuat opak ini sangat pas untuk Anda jadikan oleh-oleh. Pasalnya, rasanya yang enak akan membuat Anda ketagihan dan pastinya akan habis dalam sekejap. Selain itu, keuntungan membawa opak ketan sebagai oleh-oleh adalah memiliki daya tahan yang cukup lama.

Untuk Anda yang ingin mendapatkannya, maka bisa mengunjungi Rawagede yang merupakan daerah penghasil makanan ringan satu ini. opak ketan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ketan dan melalui banyak proses pembuatan. Untuk ketebalannya sendiri ternyata tergantung dari pembuatnya. Akan tetapi, untuk urusan rasa masih tetap sama.

6. Serabi Hijau

Sorabi Kuntilanak M. Kasim
Image Credit: Google Maps (Januidi STP)

Apabila Anda sedang berlibur di daerah Karawang dan kebetulan tempat Anda berasal dekat dengan kawasan satu ini, maka Serabi hijau dapat menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. apabila Anda biasanya menemukan serabi yang berwarna putih, maka Anda bisa menemukan yang berwarna hijau saat berada di Karawang.

Untuk warna hijaunya sendiri ternyata terbuat dari bahan yang alami tanpa adanya campuran bahan kimia. Serabi ini dimasak dengan cara yang tradisional dan menggunakan arang. Disini, Anda juga akan menemukan gula jawa sebagai sausnya sehingga menghasilkan rasa yang manis.

7. Kue Gonjing

Kue Gonjing
Image Credit: Facebook.com @ap.gonjing

Makanan khas lainnya yang bisa Anda bawa pulang saat sedang berada di Karawang adalah kue Gonjing. Kue satu ini memiliki keunikan dan cita rasa yang sangat disukai oleh masyarakat sekitar. Terbuat dari kelapa dan tepung serta ditaburi gula pasir diatasnya akan menciptakan rasa manis saat digigit.

Namun, apabila Anda tidak menyukai makanan yang manis, maka biasanya penjual akan menyediakan saus yang bisa Anda nikmati bersama kue gonjing. Jajanan khas dan tradisional dari Karawang ini dapat menjadi alternatif buah tangan untuk keluarga Anda. terutama bagi Anda yang berdomisili tidak jauh dari Karawang.

8. Gandasturi

Gandasturi
Image Credit: Facebook.com @nounnaauliaa.nounnaauliaa

Salah satu kue khas Karawang yang tidak bisa Anda lewatkan kelezatannya begitu saja adalah Gandasturi. Kue ini tentu saja wajib menjadi daftar oleh-oleh yang harus Anda bawa pulang untuk kerabat maupun keluarga di rumah. terbuat dari kacang hijau, tentu saja akan memiliki rasa yang unik dan berbeda dari yang pernah Anda coba.

Selain itu, kue ini pun memiliki tekstur yang cukup unik. Hal ini dikarenakan pada bagian luar kue akan memiliki tekstur yang bisa dibilang kasar. Akan tetapi, apabila Anda menggigitnya, maka tekstur yang lembut akan langsung menyambut Anda di lidah. Untuk warnanya sendiri yakni coklat, sebab kue ini umumnya disajikan setelah melalui proses penggorengan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, maka Anda bisa dengan mudah untuk menemukannya di pasar tradisional. Hal ini dikarenakan kue ini masih bisa Anda temui dengan mudah saat berada di Karawang. Dengan memiliki rasa yang manis, tentu saja akan sangat pas untuk Anda jadikan teman minum teh.

9. Ali Grem

Ali Grem
Image Credit: Topijelajah.com

Oleh-oleh selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang saat sedang berada di Karawang adalah Ali Grem. Buah tangan satu ini dapat dikatakan cukup unik, baik dari segi nama maupun bentuknya sendiri. Untuk ukurannya sendiri tidak terlalu besar dan hampir menyerupai donat. Karena memiliki bentuk yang melingkar seperti cincin.

Oleh karena itu, dalam bahasa Sunda sendiri cincin memiliki sebutan Ali. Sehingga, kue ini pun diberikan nama yakni Ali Grem. Untuk warnanya sendiri yakni kecoklatan, hal ini dikarenakan makanan ringan tersebut terbuat dari gula merah. Sedangkan adonannya sendiri adalah kepala, gula merah dan juga tepung beras.

Biasanya makanan ini akan disajikan dalam acara acara khusus masyarakat Karawang. Sebut saja seperti khitanan, hajatan maupun pernikahan. Namun, bagi Anda yang penasaran tetap bisa untuk membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Sebab makanan satu ini masih bisa dengan mudah untuk Anda jumpai saat sedang berada di Karawang.

10. Minuman Kawista Madu

Minuman Kawista Madu
Image Credit: Tempatwisataindonesia.id

Selain makanan, saat berada di Karawang Anda juga bisa untuk membawa pulang Kawista Syrup. Minuman satu ini terbuat dari buah kawista yang dikenal dengan cangkangnya yang keras. Namun, ketika telah matang maka Anda akan bisa mencium wanginya dari buah satu ini. untuk rasa sirup ini pun sangat khas dan cenderung manis.

Akan tetapi, sirup ini juga mengandung cola. Sehingga, banyak orang yang menyebutnya yakni cola Jawa. Selain memiliki rasa yang unik, minuman ini juga mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Untuk itu, banyak sekali wisatawan yang menyukai minuman ini dan membawanya sebagai buah tangan ketika sedang berada di Karawang.

Bepergian ke sebuah tempat tentu saja akan sangat kurang lengkap apabila Anda tidak mencoba untuk membeli jajanan atau makanan ringan khas yang ada di daerah tersebut. Hal ini berlaku pula ketika Anda sedang berada di Karawang. Pasalnya, terdapat banyak makanan dan minuman enak yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Tentu saja akan dapat menjadi buah tangan yang terbaik.