Indramayu memiliki komoditas unggulan dengan kekayaan hasil buminya dan juga tempat wisatanya yang menarik. Saat berkunjung, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Indramayu yang paling populer di kalangan wisatawan.

Jumlah kekayaan yang melimpah, membuat daerah dengan sebutan Kota Mangga ini selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Menjadikan Cianjur sebagai pilihan tempat berlibur merupakan keputusan yang tepat, tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan saat ingin meninggalkan Indramayu. Nah maka dari itu, berikut daftar oleh-oleh khas Indramayu yang paling terkenal.

1. Buah Mangga

Buah Mangga
Image Credit: Facebook.com @(Vie Bhikenz)

Sesuai dengan nama julukan, Indramayu lekat akan buah mangga. Patut untuk Anda ketahui jika buah mangga tersebut memiliki beberapa jenis.Jenis jenis mangganya yaitu mangga gedong gincu, mangga harum manis , mangga cengkir, mangga golek, mangga budi raja, mangga lali jiwo dan mangga madu. Namun yang menjadi primadona adalah mangga cengkir.

Hadirnya mangga cengkir, membuat komoditas unggulan tersebut dibudidayakan secara asli dan merata. Mangga cengkir memiliki ciri khas rasa manis nan legit dipadukan dengan daging buah yang padat tetapi sangat lembut. Di Indramayu mangga diolah menjadi beberapa olahan sekaligus.

Untuk membawa pulang, Anda harus membayar sebesar Rp. 20.000 untuk per kg nya. Tentu harga tersebut terasa sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga oleh-oleh khas daerah pada umumnya. Selain itu, buah mangga juga dapat ditemukan disepanjang jalan utama atau pantura dan dapat membelinya baik di kios buah ataupun pedagang di kabupaten tersebut.

2. Cimplo

Cimplo
Image Credit: Facebook.com @fesbukersindramayu

Kue cimplo akan mengingatkan Anda dengan kue apem atau bakpao. Dengan tampilan luar berbentuk bulat dan berwarna putih menjadi alasannya. Anda dapat juga membuat sendiri di rumah oleh-oleh khas yang satu ini. Namun tentunya rasa yang dihasilkan akan berbeda jika khas buatan Indramayu.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya merupakan bahan umum yang sederhana seperti air kelapa, bibit roti, tepung beras dan tape singkong. Dimasak dengan mode kukus, makanan khas ini disajikan dengan air gula merah , parutan kelapa dan daun pandan sebagai pelengkapnya. Anda dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh.

BACA JUGA:  11 Wisata Pantai di Indramayu Paling Hits Buat Liburan

Cimplo menjadi solusi bagi Anda yang kebingungan saat ingin membeli buah tangan khas Indramayu dan tentunya dengan rasa khas yang kental. Harga yang dibanderol untuk 1 cimplo hanya sekitar Rp. 15.000 saja. Di kawasan ini Anda dapat menikmati oleh-oleh dengan rasa bintang lima namun harga kaki lima.

3. Kerupuk Bonggol Pisang

Kerupuk Bonggol Pisang
Image Credit: Facebook.com @wisata.kota.cirebon

Banyak dijual di pusat oleh-oleh, tentu membuat Anda tak perlu bingung untuk mencarinya. Makanan ringan khas ini dapat dipastikan terbuat dari bahan bahan alami sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia. Hal tersebut membuatnya pantas untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta.

Jika bagi sebagian orang di daerah lainnya, bonggol pisang akan dibuang begitu saja. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan di Indramayu yang justru memanfaatkannya sebagai salah satu oleh-oleh khas. Teksturnya yang sempurna dengan rasa gurih membuat kerupuk bonggol pisang diminati oleh banyak orang.

4. Kue Koci

Kue Koci
Image Credit: Instagram.com @olshop_byswl

Kue koci merupakan makanan khas Indramayu yang hadir dengan tampilan menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa manis nan legit membuatnya tampak hampir sama dengan salah satu kue Jawa, yaitu nagasari. Menghasilkan rasa khas, daun pisang sebagai pembungkus merupakan kuncinya.

Harganya murah meriah membuat Anda dapat membawanya sebagai buah tangan meskipun harus membeli dalam jumlah banyak. Saat merasakan kenikmatannya menyentuh lidah, maka Anda akan merasakan gula merah dengan parutan kelapa sebagai nilai khas dari kue koci. Anda juga dapat menjadikannya sebagai teman camilan bersama dengan kopi atau teh.

Kue khas ini terdapat dalam varian warna putih dan hijau. Seringkali dijadikan pelengkap dalam lebaran ataupun acara hajatan, membuat kue koci tak mungkin dilupakan oleh masyarakat. Dengan perpaduan resep resep di internet, Anda juga dapat membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang mudah didapatkan.

5. Dodol Mangga

Dodol Mangga
Image Credit: Facebook.com @alifa.seblak

Seperti yang tertera pada ulasan oleh-oleh khas yang pertama, mangga diolah menjadi berbagai olahan lezat, salah satunya adalah dodol mangga. Meskipun Anda harus menempuh perjalanan jauh bahkan hingga menyimpannya dalam kurun waktu berhari hari, oleh-oleh khas yang satu ini tidak akan mudah basi.

Tak hanya itu dodol mangga ini juga mampu bertahan sampai berminggu minggu dan tetap mempertahankan rasa manis legit nan gurihnya. Sebagai salah satu makanan tradisional, dodol masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Pengemasannya sendiri dilakukan dengan menggunakan plastik yang dibungkus kembali dengan kotak sesuai dengan merknya.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Indramayu yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

6. Kerupuk Kulit Ikan

Kerupuk Kulit Ikan
Image Credit: Facebook.com @pengolahan krupuk kulit ikan

Terasa asing bagi beberapa masyarakat daerah lainnya, kerupuk kulit ikan memang terbuat dari kulit ikan. Menjadi salah satu oleh-oleh khas yang sangat populer, membuatnya diminati oleh banyak wisatawan. Selain itu harga yang terjangkau dan rasa khas menjadi salah satu faktor pendukung hal tersebut.

Kerupuk kulit ikan khas Indramayu digoreng dengan adonan yang telah dicampur oleh bumbu rahasia sehingga membuat rasanya menjadi lezat dan khas. Dengan daya tahan simpan yang lama, menjadikannya sebagai pilihan buah tangan untuk keluarga tercinta menjadi pilihan cerdas.

Meskipun begitu, makanan ini tidak menggunakan pengawet sama sekali saat pembuatannya. Setiap bungkusnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 10.000 saja. Jika Anda berpikir bahwa rasa yang dimilikinya hampir sama dengan ikan asin, Anda salah besar. Karena kerupuk khas ini menggunakan kulit ikan saja sehingga daging ikan dipisahkan terlebih dahulu.

7. Kaos Kafka

Kaos Kafka
Image Credit: Facebook.com @umriko.jahats

Menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat bermanfaat, Anda dapat menjatuhkan pilihan kepada kaos kafka. Merupakan bagian dari Kota Indramayu, kaos yang satu ini terkenal dengan kualitasnya. Alasan mengapa kaos kafka menjadi salah satu oleh-oleh wajib adalah harga yang terjangkau, model mengikuti perkembangan tren dan desainnya yang unik.

Sebagai oleh-oleh yang mengesankan, kaos ini hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 70.000 saja tergantung dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika malas untuk berkunjung ke toko offlinenya, maka Anda juga dapat membelinya melalui situs online atau e commerce resmi mereka dan akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.

8. Keripik Tike

Keripik Tike
Image Credit: Facebook.com @susilawati.anton

Namanya yang khas, membuat keripik dengan dominasi warna yang unik ini menjadi mudah dikenal oleh banyak orang. Tak lengkap rasanya jika saat berkunjung ke Indramayu Anda tidak mencicipi atau membawanya sebagai buah tangan. Kerupuk tike merupakan salah satu buah tangan populer dengan rasanya yang sedap dan gurih.

Dapat dijadikan sebagai camilan atau pelengkap makanan anda, kerupuk ini dibanderol dengan harga untuk per kilogramnya. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 100.000 untuk mendapatkan 1 kg keripik tersebut. Banyak dijual di seluruh pusat oleh-oleh, Anda dapat dengan mudah menemukannya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Terhits Buat Liburan

Kerupuk tike dibuat dengan bahan utama rumput teki. Menjadi kesukaan banyak orang, kerupuk ini biasanya diproduksi setiap hari dan juga dipasarkan di luar daerah Indramayu. Proses pembuatannya pun cukup mudah, namun patut diketahui jika sebelum menggorengnya, Anda harus menjemur keripik di bawah terik matahari.

9. Terasi Udang

Terasi Udang
Image Credit: Instagram.com @feezaolshop

Oleh-oleh khas yang satu ini menjadi kesukaan dari sebagian besar ibu rumah tangga. Terasi udang sendiri merupakan salah satu produk olahan ikan yang hadir dengan rasa khas di setiap produksinya. Mengandung unsur gizi yang tinggi, menjadikannya pelengkap saat menikmati makanan. Rasa terasi udang khas Indramayu sendiri cukup khas dan menggugah selera.

Lebih banyak dijadikan sebagai pelengkap sambal, terasi udang dapat menjadi pilihan buah tangan yang tepat. Tentu beralasan, terasi memiliki daya tahan simpan yang lama sehingga saat membawanya Anda tak perlu merasa khawatir. Selain itu, terasi udang tersebut dijual di berbagai toko ataupun pusat oleh-oleh.

10. Dodol Raragudig

Dodol Raragudig
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Dodol khas Indramayu hadir dengan berbagai macam varian, salah satunya adalah dodol raragudig. Dodol ini dibuat tanpa menggunakan pemanis buatan. Selain itu keunggulan yang dimiliki dari dodol yang satu ini adalah pembuatannya dilakukan dengan mempertahankan keaslian rasanya. Cara pembuatan tradisional yang dilakukan menjadi salah satu faktor pendukungnya.

Seiring perkembangan waktu, dodol yang telah ada sejak zaman dahulu kala ini tetap populer di kalangan wisatawan dan tersedia di berbagai outlet pusat oleh-oleh di Indramayu. Dengan rasa manis alami yang dilengkapi dengan cita rasa gurih membuatnya mampu bertahan. Proses pembuatan dodol Raragudig biasanya dilakukan secara turun temurun.

Dibungkus dengan sederhana dan tanpa tambahan topping tetap membuatnya memiliki tempat khusus di hati masyarakat. Namun beberapa produsen telah mengoperasikannya menjadi berbagai bentuk seperti bentuk bola dan bunga. Dodol Raragudig biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp. 18.000 saja.

Dengan adanya beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kota Mangga tersebut, dapat menjadi referensi Anda saat ingin membeli buah tangan di Indramayu. Saat dalam perjalanan selama beberapa hari maka sebaiknya Anda patut untuk memperhatikan daya tahan simpan buah tangan yang Anda bawa.