Garut dikenal menyimpan ragam kuliner khas yang mampu memanjakan lidah dan beberapa bisa Anda  bawa pulang. Inilah daftar oleh-oleh khas dari Garut yang paling diburu wisatawan.

Garut dikenal sebagai daerah wisata di Jawa Barat yang memiliki hawa sejuk dan pemandangan memukau. Meskipun wilayahnya tidak terlalu besar, Garut selalu berhasil menghadirkan beragam daya tarik yang sayang jika dilewatkan. Selain kekayaan alamnya, Garut juga diberkahi dengan beragam kuliner yang begitu menggugah selera. Adapun beberapa oleh-oleh khas Garut yang bisa Anda  bawa pulang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

1. Dorokdok dan Kerupuk Kulit

Dorokdok dan Kerupuk Kulit
Image Credit: Facebook.com @mumu.ical

Teruntuk Anda  yang bukan penggemar makanan manis, Dorokdok bisa menjadi camilan atau oleh-oleh yang tepat. Dorokdok dan kerupuk kulit khas Garut memiliki rasa gurih yang nagih. Terdapat perbedaan mencolok antara Dorokdok dan Kerupuk Kulit, yakni pada bahan pembuatannya. Jika Dorokdok terbuat dari kulit sapi asli, maka Kerupuk Kulit terbuat dari kulit kerbau.

Baik Dorokdok maupun Kerupuk Kulit, keduanya sangat cocok jika disantap bersama nasi hangat. Tak heran, penganan khas Garut ini menjadi camilan yang wajib diburu para wisatawan. Bahkan, baru baru ini Dorokdok menjadi semakin terkenal dan banyak diminati masyarakat luar daerah. Anda  pun bisa membawa camilan ini pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Burayot

Burayot
Image Credit: Facebook.com @(Mariati Rachman)

Burayot merupakan camilan khas Garut yang awal mulanya merupakan jajanan khas Sunda. Banyak yang menyebut penganan ini sebagai kue karamel khas Garut. Dinamakan demikian karena Burayot memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur legit yang berpadu sempurna. Cita rasa manis dan legit tersebut dihasilkan oleh gula merah dan gula aren.

Dahulu, Burayot hanya dibuat jika ada acara acara besar seperti hajatan atau syukuran. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Burayot menjadi cemilan khas Garut yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Berbicara mengenai cara pembuatannya, Burayot dibuat dengan menggunakan tepung sebagai bahan utamanya. Kemudian, adonan akan diberi siraman gula merah.

Agar rasa dari Burayot tidak monoton, biasanya pemroduksi camilan ini menambahkan santan untuk menciptakan rasa yang gurih. Untuk mendapatkan jajanan tradisional Garut ini, Anda  bisa membelinya dengan mengunjungi daerah Kampung Cilageni, Garut. Di lokasi tersebut, Anda  bisa mendapatkan Burayot murah sekitar Rp 28 ribu dengan isi banyak.

3. Dodol Picnic

Dodol Picnic
Image Credit: Facebook.com @ribka.barus.33

Sebagian dari Anda  mungkin sudah mengetahui, bahwa Garut terkenal sebagai daerah penghasil dodol. Ketika berbicara oleh-oleh dan jajanan tradisional khas Garut, maka tidak afdhol jika belum menyinggung Dodol Garut. Penganan dengan cita rasa legit dan sedikit kenyal ini sudah menjadi camilan wajib untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh.

Salah satu merek dodol yang menjadi jawara di Kota Garut ialah Dodol Picnis. Saking terkenalnya, Dodol Picnic ini juga sudah banyak diburu wisatawan yang datang dari luar negeri. Artinya, Dodol Picnic berhasil mengepakkan sayapnya hingga ke lingkup mancanegara. Bukan tanpa alasan, merek dodol ini selalu memberikan yang terbaik tiap produksinya.

Bagi Anda  yang ingin mencicipi dodol yang sudah tersohor ini, bisa mengunjungi salah satu gerai yang terletak di Jalan Ciledug, Garut. Di gerai buah tangan tersebut, Anda  bisa memilih aneka macam dodol Garut dalam berbagai rasa. Meski sudah terkenal hingga ke mancanegara, Anda  tetap bisa mendapatkan Dodol Picnic dengan harga yang terjangkau.

4. Opak Garut

Opak Garut
Image Credit: Facebook.com @(Miftah)

Salah satu camilan khas Garut yang juga menjadi buruan para wisatawan ialah Opak Garut. Ketika berkunjung ke Kota Garut, jangan lupa pula untuk membeli oleh-oleh Opaknya yang tak kalah terkenal. Di Garut, masyarakat membuat makanan ini dengan bahan dasar ketan dan saripati kelapa. Oleh sebab itu Opak Garut memiliki rasa yang lebih gurih.

Pada dasarnya, Opak Garut banyak diproduksi oleh bisnis UMKM kota tersebut. Meski demikian, bisnis tersebut selalu menjaga kualitas produksi dengan menghindari penggunaan bahan pengawet. Untuk Anda  yang tertarik, bisa mencicipi Opak Garut dengan mengunjungi salah satu toko yang terletak di Jl. Subyadinata, Garut. Harganya sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 18 ribuan.

5. Emplod

Emplod
Image Credit: Facebook.com @arie.fajar

Emplod adalah salah satu jajanan yang juga wajib dijadikan oleh-oleh setelah ke Garut. Camilan ini sering kali dijuluki sebagai Endog Lewo oleh masyarakat sekitar Garut. Dijuluki Lewo, karena tempat produksi makanan ini berada di daerah Lewo. Bentuknya yang seperti telur juga membuat masyarakat sekitar sepakat menjulukinya sebagai Endog (telur) Lewo.

Secara visual, tampilan dari jajanan ini sangatlah sederhana. Namun Anda  akan terkesima tatkala mencicipi camilan yang satu ini. Rasanya sungguh nikmat, perpaduan antara gurih dan sedap menyatu dengan sempurna. Dalam pembuatannya. Emplod hanya menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih, garam, dan sedikit gula.

6. Batik Garut

Batik Garuta
Image Credit: Facebook.com @rumahbatikgarutan

Tiap tiap daerah di Indonesia tentu memiliki batik khasnya masing masing. Hal demikian juga berlaku di Garut. Di kota sejuk ini, Anda  bisa mendapatkan batik khas yang memiliki beragam motif menarik. Jika batik di setiap daerah memiliki ciri khasnya, maka Batik Garut juga demikian. Setiap corak batik khas Garut ini memiliki makna dalamnya tersendiri.

Uniknya, Anda  bisa berkomunikasi dengan pengrajinnya untuk mengetahui setiap pesan yang terkandung dalam corak Batik Garut. Salah satu desa penghasil batik yang bisa Anda  kunjungi yakni Desa Sindanglaya, Karangpawitan, Garut. Di lokasi tersebut, Anda  bisa mendapatkan pengalaman berburu batik dan bisa melihat langsung proses pembuatannya.

7. Chocodot

Chocodot
Image Credit: Facebook.com @OlehOlehGarut09

Chocodot ialah sebuah nama makanan khas Garut yang juga wajib Anda  bawa pulang. Ketika menginjakkan kaki di Garut, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi jajanan yang paling fenomenal ini. Chocodot sendiri ialah coklat unik khas Garut yang punya banyak varian rasa. Mulai dari dark chocolate, milk chocolate, hingga vanilla chocolate, bisa Anda  dapatkan di Garut.

Jika kebanyakan coklat memiliki rasa eneg, di Garut Anda  bisa mencicipi beragam coklat dengan rasa yang nagih. Inilah yang membuat Chocodot Garut menjadi jajanan khas yang begitu populer. Saking populernya, ada banyak sekali gerai gerai besar yang menjual Chocodot. Jadi, Anda  tak perlu kesulitan untuk mendapatkan coklat khas Garut ini.

Bagi Anda  yang ingin berburu Chocodot, silakan kunjungi beberapa gerai yang terletak di Jalan Cipanas, Garut. Di sana, Anda  bisa memilih beragam varian Chocodot yang bisa dibawa pulang. Soal harga, Anda  tak perlu cemas. Setiap bungkus Chocodot dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 15 hingga Rp 25 ribuan saja.

8. Jaket Kulit

Jaket Kulit
Image Credit: Facebook.com @sririsnayanti

Sudah bukan menjadi rahasia, bahwa Garut ialah daerah produksi Jaket Kulit yang berkualitas. Di Kota Garut, Anda  bisa melengkapi berbagai kebutuhan produk fashion yang sangat menakjubkan. Menjadikan Jaket Kulit Garut sebagai buah tangan juga merupakan keputusan yang tepat. Keluarga, kerabat, maupun teman tentu akan merasa bahagia.

Tak hanya jaket kulit, di Garut Anda  juga bisa mendapatkan berbagai produk lain yang terbuat dari kulit. Beberapa di antaranya mulai dari dompet, sabuk, gantungan kunci, hingga sepatu kulit. Tak main main, produksi Jaket Kulit Garut ini sudah merambah hingga ke berbagai kota kota besar. Ini membuktikan bahwa produk lokal Garut layak bersaing di pasaran.

Teruntuk Anda  yang ingin melihat lihat produksi jaket kulit dan ingin menambah koleksi, bisa langsung mengunjungi Desa Sukaregang. Desa tersebut merupakan pusat sentra industri kulit yang paling besar di Kota Garut. Tak heran, banyak wisatawan yang mengunjungi desa tersebut untuk mendapatkan koleksi fashion kulit dengan harga yang murah.

9. Moring Garutan

Moring Garutan
Image Credit: Facebook.com @moringgarutan

Satu lagi camilan khas Garut yang juga wajib dibawa pulang, yakni Moring Garutan. Jajanan ini termasuk camilan yang sangat unik dan juga banyak dicari para wisatawan. Moring sendiri merupakan singkatan dari Cimol Kering, sesuai dengan bahan utama pembuatannya. Jika Anda  sudah biasa melihat cimol berbentuk bulat, maka wajib mencoba Moring Garutan ini.

Dalam proses pembuatannya, cimol diiris setipis mungkin dan melewati proses pengeringan hingga menjadi keripik. Ada berbagai varian rasa Moring Garutan yang wajib Anda  coba, mulai dari keju, BBQ, jagung manis, dan pedas. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang unik, menjadikan Moring Garutan ini diburu banyak pelancong.

10. Kue Balok Maranti

Kue Balok Maranti
Image Credit: Facebook.com @E.Jenet.R

Pada dasarnya, kue balok ialah hidangan pastry yang merupakan jajanan asli khas Jawa Barat. Kue balok ini umumnya terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, telur, gula, soda kue, dan susu. Sebagai gambarannya, Kue Balok Maranti sedikit mirip dengan Kue Pukis atau Kue Pancong

Jika dilihat sekilas, Kue Balok Maranti memiliki tampilan yang mirip seperti Kue Pukis. Yang menjadi pembedanya adalah, Kue Balok Maranti memiliki isian dan tekstur yang berbeda. Jika kue pukis memiliki rasa yang cenderung lebih lembut, Kue Balok Maranti pun tak demikian. Kue ini memiliki tekstur lebih padat namun sangat empuk ketika pertama kali digigit.

Traveling dan kuliner bagaikan dua sejoli yang tidak dipisahkan. Anda  yang berkunjung untuk traveling ke Garut, juga tak bisa dipisahkan dari kuliner khasnya. Dalam ulasan tersebut, Anda  bisa memilih beberapa olahan tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Garut. Jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat atau keluarga.