Kota Cirebon mempunyai beragam oleh-oleh khas yang populer dan diburu para wisatawan. Mulai dari makanan, minuman, hingga produk barang menjadi daya tarik yang tak bisa ditolak.

Kota Cirebon terkenal dengan beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya destinasi alam saja, wisata Cirebon juga menyimpan pesona kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai kudapan tersebut bisa Andajadikan buah tangan setelah puas menghabiskan liburan disini.

Jika berkunjung ke Kota Cirebon, berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas untuk Andabawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat dan rekan.

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat
Image Credit: Shopee.co.id

Namanya memang cukup unik namun bukan berarti kuliner satu ini hanya dikonsumsi orang melarat saja. Penyebutan nama tersebut karena cara pembuatannya tidak menggunakan minyak goreng. Kerupuk ini digoreng menggunakan pasir, namun Andatak perlu khawatir sebab pasir yang digunakan jelas bersih. Jadi dijamin saat memakannya tidak meninggalkan banyak minyak.

Meskipun diolah dengan pasir namun rasa kerupuk melarat tidak perlu diragukan. Andaakan merasakan perpaduan manis dan gurih di dalam lidah. Rasanya semakin pas saat dicocolkan dengan sambal asam khas Cirebon. Menariknya tampilan kerupuk warna-warni yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Ditambah lagi harganya terjangkau membuatnya menjadi favorit.

2. Tape Ketan

Image Credit: Shopee.co.id

Salah satu kuliner khas Cirebon ini memiliki rasa istimewa, yang tidak Andatemukan dimanapun. Biasanya para wisatawan akan memburu tape ketan di Pasar Pagi, atau bila tak sempat bisa mengunjungi tempat oleh-oleh. Aroma khas dari tape ketan ini berasal dari daun pisang sebagai pembungkusnya. Selain itu tujuannya untuk menampilkan kesan tradisional.

Jajanan sederhana ini terbuat dari ketan yang difermentasikan menggunakan ragi. Rasanya manis campur rasa asam yang menjadi ciri khas dari tape ketan. Di beberapa toko oleh-oleh biasanya sudah di packing dan memiliki harga yang berbeda. Meskipun begitu masih ramah kantong sehingga Andabisa membawanya sebagai buah tangan untuk orang terdekat.

3. Rengginang

Rengginang
Image Credit: Facebook.com @chiwyouch

Cemilan ini terbuat dari ketan yang di keringkan setelah dicampur dengan terasi khas Cirebon. Paduan bahan tersebut membuat rasa rengginang gurih dan renyah. Makanan khas kota udang ini diproduksi oleh masyarakat lokal. Dan menjadi salah satu produk yang membantu perekonomian masyarakat. Meskipun proses pembuatannya sederhana tetapi selalu diburu para wisatawan.

Jika dulu hanya terdapat satu macam rasa, kini sudah tersedia berbagai varian rasa. Mulai dari rasa udang, rumput laut, keju, hingga terasi yang sangat kuat aromanya. Apabila ingin membeli makanan khas Cirebon ini, Andabisa mampir ke Pasar Pagi atau toko oleh-oleh terdekat. Untuk harganya sangat terjangkau dan bisa dijadikan buah tangan untuk para tetangga.

4. Kue Gapit

Kue Gapit
Image Credit: Facebook.com @neng.winda.50596

Bentuk kue ini seperti kepingan waffle yang pipih dan crunchy. Terbuat dari tepung tapioka lalu diberi beragam rasa yang memanjakan lidah. Andabisa memilih varian rasa mulai dari balado, bawang, udang, manis, keju, dan original. Semua rasa tersebut cocok dijadikan kudapan saat sedang bersantai bersama keluarga.

Tekstur kue sangat renyah karena proses pembuatannya dipanggang menggunakan dua lempengan besi. Tak heran bila kepingan kue ini langsung patah dalam sekali gigit. Meskipun begitu tekturnya lembut setelah digigit. Andaboleh memborong kuliner khas Cirebon ini untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau sehingga tak akan membuat kantong jebol.

5. Serabi Cirebon

Serabi Cirebon
Image Credit: Facebook.com (Jalan-jalan Ke Cirebon)

Makanan tradisional ini terbuat dari tepung yang diberi gula dan telur. Kemudian adonan dipanggang memakai cetakan khusus diatas bara api. Tekstur serabi sangat lembut membuat siapapun jatuh hati di gigitan pertama. Aroma bakar khas dari serabi benar-benar menggugah selera, dijamin membuat Andaketagihan untuk memakannya.

Di masa modern seperti ini, kue serabi sudah bermetamorfosa dengan berbagai varian rasa. Andabisa mencicipi aneka topping yang sangat lezat, mulai dari keju hingga durian. Asyiknya Andabisa memilih rasa sesuai dengan keinginan Anda. Kudapan ini cocok dinikmati dengan segelas kopi atau teh hangat. Atau sebagai teman bersantai bersama keluarga maupun teman-teman.

6. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Image Credit: Facebook.com @desma.delover

Populer dengan nama kota udang, tentu saja hasil olahan dari udangnya tidak boleh dilewatkan. Salah satunya kerupuk udang yang menjadi primadona di kalagan oleh-oleh khas Cirebon. Kudapan ini terbuat dari udang asli dengan paduan bumbu istimewa, dan tepung yang sudah dijemur hingga kering. Sehingga membuat tekstur kerupuk renyah saat digigit.

Anda bisa membawa pulang kerupuk dalam kondisi mentah atau sudah digoreng. Untuk yang mentah Andabisa menggorengnya sendiri saat tiba di rumah. Kerupuk udang ini dapat menjadi teman makan lezat atau hanya sekedar disantap biasa. Harganya yang sangat terjangkau membuatnya diburu oleh para wisatawan saat berkunjung ke kota Cirebon.

7. Emping Cirebon

Emping Cirebon
Image Credit: Detik.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai emping sebagai camilan favorit. Meskipun beberapa daerah mempunyai produksi yang sama, tetapi emping Cirebon miliki rasa yang berbeda. Andabisa memilih diantara rasa udang, rumput laut, hingga berbagai rasa unik lainnya. Tekstur emping cukup renyah dan cocok sebegai camilan pendamping saat bersantai.

Olahan dari biji melinjo ini bisa Andaburu dalam bentuk mentah atau sudah digoreng. Harga emping cukup ramah di kantong sehingga Andabisa memborongnya untuk oleh-oleh. Namun disarankan tidak makan berlebihan bagi Andayang menderita asam urat. Konsumsi saja secukupnya dalam sehari lalu disambung esoknya. Tak perlu khawatir renyahnya hilang karena makanan ini sangat awet.

8. Jeruk Nipis Peras (Jeniper)

Jeruk Nipis Peras
Image Credit: Facebook.com (Mabellerose Stuff)

Minuman dari jeruk nipis ini tidak boleh Andalewatkan saat berkunjung ke Cirebon. Cita rasa jeruk nipis yang khas membuat kuliner ini terasa menyegarkan di tenggorokan. Sangat pas menjadi pelepas dahaga setelah lelah berkeliling tempat wisata. Andajuga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga terdekat.

Produknya sudah dikemas dalam kemasan botol sirup siap minum. Sehingga dijamin tidak akan tumpah meskipun Andamenempuh perjalanan jauh. Biasanya di toko oleh-oleh sudah disediakan dalam kardus berisi beberapa botol Jeniper. Jadi memudahkan Andauntuk mengangakutnya sekaligus. Soal harga tidak perlu khawatir karena dibanderol sangat ramah dompet.

9. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay
Image Credit: Facebook.com @barokahfrozenfoods

Minuman legendaris ini sudah diproduksi sejak tahun 1936, dan menjadi ikon oleh-oleh Kota Cirebon. Meskipun dikelola oleh generasi kesekian hebatnya cita rasa khas sirup Tjampolay tidak berubah. Itulah mengapa hasil olahan ini berhasil menaklukkan tantangan global dan bertahan menjadi favorit para wisatawan.

Kini sirup Tjampolay memiliki banyak varian rasa diantaranya rasa mangga, pisang susu, frozen rose, dan rasa lezat lainnya. Dilihat dari kemasannya saja sudah tampak menggugah selera, otomatis rasanya pun begitu menyegarkan. Andabisa mencampurnya langsung dengan air, atau lebih nikmat membuat sop buah yang terbuat dari sirup Tjampolay.

10. Terasi Udang

Terasi Udang
Image Credit: Shopee.co.id

Bumbu masak satu ini terbuat dari 100 persen udang rebon milik Kota Cirebon. Produknya diolah sendiri oleh masyarakat lokal, sehingga rasa khas udang dan campuran bumbunya sangat terasa. Terasi ini bisa membuat rasa masakan Andamenjadi semakin lezat. Paduan bumbu dapur dengan cita rasa udang begitu memanjakan lidah saat disantap.

Anda bisa mendapatkan oleh-oleh satu ini dengan membelinya di pusat Kota Cirebon. Harganya cukup terjangkau hanya sekitar 15 ribu untuk kemasan per 3 ons. Namun harga tersebut bisa berubah tergantung dari toko yang menjualkannya. Disamping itu terasi udang sudah diolah dengan proses yang baik, jadi awet dalam jangka waktu lama.

11. Jambal Roti

Jambal Roti
Image Credit: Tokopedia.com

Meskipun menyandang nama roti bukan berarti kuliner ini terbuat dari tepung. Uniknya justru merupakan olahan dari ikan Manyung. Kuliner ini diklaim memiliki rasa yang enak dan punya kandungan gizi tinggi. Karena keistimewaan yang dimiliki Jambal Roti membuat harganya relatif mahal. Namun hal tersebut sebanding dengan hasil olahannya yang terkenal lezat.

Untuk mendapatkan makanan khas Cirebon ini Andabisa menlusuri sekitaran pasar atau pusat oleh-oleh. Selain untuk dikonsumsi pribadi, jambal roti juga dapat dijadikan buah tangan pasca berlibur di Cirebon. Ada banyak pilihan masakan yang bisa Andaolah berbahan dasar jambal roti. Tapi jelasnya rasa masakan menjadi lezat dan gurih di dalam lidah.

12. Batik Cirebon

Batik Cirebon
Image Credit: Google Maps (ina rafiq)

Batik identik dengan motif khas Indonesia dan hampir seluruh daerah memproduksinya. Bedanya batik Cirebon fokus kepada motif mega mendung yang sangat populer di kalangan wisatawan. Andabisa membelinya di pusat batik karena harganya terjangkau dan pilihannya cukup bervariasi. Selain kain batik Andajuga bisa menemukan aksesoris lainnya.

13. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak
Image Credit: Tokopedia.com

Jika sedang berburu oleh-oleh khas Cirebon tentu saja kerupuk rambak harus masuk dalam keranjang belanja. Hasil olahan dari kulit sapi ini sangat pas disandingkan sebagai pelengkap makan. Kerupuk rambak memiliki cita rasa yang berbeda yaitu jauh lebih gurih, dengan tekstur yang cukup chruncy.

Ukuran kerupuk besar-besar dan bulat tampak begitu menggugah selera. Andabisa membelinya di pasar ataupun pusat oleh-oleh. Dibanderol dengan harga ekonomis membuatnya diburu oleh para wisatawan. Bahkan biasanya pengunjung memborong kerupuk rambak sampai beberapa plastik.

14. Petis Cirebon

Petis Cirebon
Image Credit: Facebook.com @imzi.alrai

Biasanya kudapan pendamping saat makan tahu ataupun gorengan lainnya ialah petis. Sayangnya tidak semua petis memiliki rasa yang padu saat disantap dengan lauk lainnya. Lain cerita apabila Anda menggunakan petis Cirebon sebagai pendamping bumbu, agar sensasi makannya menjadi lebih nikmat.

Karena terbuat dari udang segar maka cita rasa gurihnya begitu pekat. Tentu saja hasil masakan tertentu menjadi lebih lezat. Andabisa membelinya dengan harga terjangkau per kotak nya. Biasanya petis tersebut sudah dikemasi oleh pihak produsen, dan Andatinggal membelinya sesuai kebutuhan.

15. Kripik Tempe Sagu

Kripik Tempe Sagu
Image Credit: Facebook.com (Vidi)

Camilan ini berbahan dasar tempe yang diiris tipis lalu dicampur menggunakan sedikit tepung sagu. Kemudian digoreng menggunakan minyak yang sangat panas, setelah ditiriskan barulah dikemas sesuai ukuran gram. Sebelum proses pengemasan keripik terlebih dahulu diberi varian rasa, mulai dari rasa pedas hingga rasa keju panggang.

Oleh-oleh khas Cirebon ini selalu menjadi favorit para wisatawan karena rasanya yang gurih. Saat digigit tekstur renyah akan terasa dan membuat Andaketagihan untuk memakannya. Camilan yang cocok sebagai teman dalam perjalanan pulang, serta buah tangan yang pantas untuk para tetangga.

Jika Andaberlibur ke Kota Cirebon tentu kurang lengkap rasanya bila tak membeli buah tangan. Ada beragam pilihan oleh-oleh yang bisa Andadapatkan dengan harga ramah kantong. Dijamin oleh-oleh khas dari Cirebon sangat pantas untuk diberikan kepada kerabat dekat. Andapun bisa memborongnya dalam jumlah banyak tanpa khawatir dompet kosong.