Ciamis memiliki banyak jenis makanan khas yang diminati wisatawan karena cita rasanya. Ada pula makanan legendaris yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi yang cocok dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Ciamis.

Berkeliling berburu kuliner di Jawa Barat, tidak akan lengkap tanpa mencicipi sajian khas Ciamis yang mampu menghipnotis lidah para pelancong. Bukan hanya untuk dinikmati saat berada di Ciamis, tapi juga bisa dijadikan sebagai buah tangan lezat untuk keluarga atau kerabat yang ada di kampung halaman. Ingin tahu apa saja varian oleh-oleh khas lezat dari Ciamis?

1. Sale Pisang

Sale Pisang
Image Credit: Facebook.com @andri.purnawan.75

Kabupaten Ciamis memilih makanan khas yang terbuat dari olahan buah pisang, yaitu sale pisang Ciamis. Saat menggigit kudapan lezat ini, Anda bisa merasakan campuran rasa manis dan gurih yang menjadi satu sekaligus di dalam mulut. Karena kenikmatan inilah, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang memborong sale pisang sebagai oleh-oleh paling favorit.

Menelisik cara pembuatannya, sale pisang tergolong sebagai camilan ringan yang pembuatannya cukup mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan mengupas buah pisang, lalu diiris memanjang. Jika sudah, buah pisang tersebut harus dijemur di bawah sinar matahari.

Langkah selanjutnya yaitu goreng pisang yang telah dijemur menggunakan campuran sedikit tepung. Selanjutnya makanan khas Ciamis ini sudah bisa disajikan untuk dinikmati bersama kerabat atau keluarga. Perlu diketahui, bahwa sale pisang yang dibuat oleh warga Ciamis ini bukan hanya dijual di pasar lokal saja, tetapi juga telah di ekspor ke beberapa wilayah di tanah air bahkan luar Negeri.

2. Gula Kelapa

Gula Kelapa
Image Credit: Facebook.com @kadal.mesir.3701

Oleh-oleh gula kelapa seringkali dijadikan sebagai buah tangan khas Ciamis yang tidak boleh tertinggal. Gula yang terbuat dari nira kelapa ini memang diakui sebagai bahan makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Sebab sajian ini bisa dijadikan sebagai bumbu masakan, hingga membuat sajian kolak yang lezat.

Untuk bisa mendapatkan gula kelapa khas Ciamis, Anda dapat langsung mengunjungi kawasan pasar tradisional yang berada di Kabupaten Ciamis. Di tempat ini, wisatawan akan mendapatkan gula kelapa dengan harga yang bervariasi. Hal ini tergantung pula dengan ketersediaan gula yang dijajakan di pasaran.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Ciamis yang Terkenal Lezat

3. Saroja Khas Ciamis

Saroja Khas Ciamis
Image Credit: Facebook.com @nhell.eottsangatt

Apakah Anda tahu camilan ringan kembang goyang? Jika iya, di Kabupaten Ciamis makanan ini disebut sebagai saroja. Menurut masyarakat sekitar, sebutan dari nama camilan gurih ini digunakan karena bentuknya terlihat sangat mirip dengan bunga seroja yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias.

Untuk bahan utama yang digunakan, tidak jauh berbeda dengan kembang goyang yaitu menggunakan tepung beras putih. Hanya saja, perbedaan terletak pada proses pencetakan kue seroja yang menggunakan cetakan berbentuk bunga cantik. Setelah kue terlepas dari cetakannya, adonan tinggal digoreng hingga matang dan menorehkan warna emas kecoklatan yang menggoda untuk disantap.

4. Cocorot

Cocorot
Image Credit: Facebook.com @ciamismanis

Cocorot diketahui sebagai makanan tradisional khas yang berasal dari Kabupaten Ciamis. Untuk mendapatkan kue Cocorot, Anda bisa langsung mengunjungi beberapa pasar tradisional. Selain itu, makanan ini juga bisa ditemui di toko jajanan yang ada di pinggir jalan sekitar Kabupaten Ciamis. Terutama di kawasan Cijulang, Parigi, Cimerak dan juga Pandangaran.

Dilihat dari bentuknya, oleh-oleh cocorot ini terbilang cukup unik. Yang mana adonan dibungkus bulat bentuk memanjang seperti terompet, dengan menggunakan janur ataupun daun kelapa yang masih muda. Lalu untuk bahan pembuatan Cocorot sendiri, juga mudah untuk ditemukan. Yakni hanya menggunakan tepung beras, gula merah, serta beberapa bumbu pelengkap lainnya.

5. Kecimpring Ciamis

Kecimpring Ciamis
Image Credit: Facebook.com @fauzan.fabyyan

Kuliner kecimpring memang sangat identik dengan makanan dari Jawa Barat atau Sunda. Itulah mengapa di Kabupaten Ciamis sendiri juga menjajakkan kecimpring sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh pelancong. Dimana tekstur yang renyah dan rasa gurihnya, mampu membuat siapapun ketagihan untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Cemilan kecimpring terbuat dari bahan dasar menggunakan singkong. Setelah itu, ada pula tambahan bumbu berupa segala jenis rempah pilihan. Karena kualitas bumbu yang tidak perlu diragukan lagi, maka tidak heran jika sajian kecimpring ini memiliki banyak varian rasa yang menggoda untuk dijajal.

Mendapatkan sebungkus kecimpring di Kabupaten Ciamis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab hampir di seluruh toko oleh-oleh sudah menjual jenis makanan kecimpring. Harganya pun terbilang murah untuk sebungkus kecimpring, dimulai dari kisaran 10 ribu sampai dengan kisaran 20 ribu.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Terhits Buat Liburan

6. Opak Khas Ciamis

Opak Khas Ciamis
Image Credit: Facebook.com @kmgbandung

Sebagian orang mungkin menganggap semua opak atau kerupuk opak terbuat dari parutan singkong. Namun saat menginjakkan kaki di kabupaten Ciamis, Anda akan menemui opak yang terbuat dari ketan. Keunikan inilah yang dijadikan sebagai alasan mengapa para wisatawan selalu menjadikan opak Ciamis menjadi alternatif pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Proses pembuatan opak Ciamis tidak begitu sulit. Dimana bahan ketan yang digunakan nantinya akan dibentuk bulat bulat, kemudian dijemur hingga kering. Jika sudah, sajian opak pun siap digoreng lalu disantap sebagai camilan keluarga. Untuk harganya sendiri, opak khas Ciamis dibandrol harga berkisar 20 ribu dan bisa ditemui di beberapa pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

7. Bola Bola Susu

Bola Bola Susu
Image Credit: Facebook.com @(Makan Makan Enak)

Oleh-oleh khas berikutnya yaitu bola bola susu yang sudah banyak dijual di seluruh toko jajanan di daerah Ciamis. Sesuai namanya, camilan ringan ini berbentuk bulat seperti bola yang diberi campuran susu. Sebagai pelengkap rasa, ada juga beberapa bahan campuran lain yang digunakan untuk menambah cita rasa lezat dari bola bola susu.

Camilan khas Ciamis yang satu ini merupakan makanan yang cukup digemari karena rasa yang ditawarkan sangat memanjakan lidah. Bahkan saat Anda melihat etalase toko oleh-oleh, akan tersedia banyak varian bola bola susu yang menggoda. Tidak hanya dibuat dengan warna putih, tetapi juga beberapa warna lainnya. Diantaranya seperti warna pink, hijau, dan kuning yang dikemas dalam satu wadah.

8. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi
Image Credit: Facebook.com @ranirastafara.anzana

Buah tangan dari Ciamis yang harus masuk ke dalam daftar buruan belanja saat berada di Jawa Barat, yakni dendeng sapi. Dendeng sendiri merupakan olahan daging sapi yang diiris tipis tipis kemudian diberi bumbu rempah, dan setelah itu dilakukan pengeringan agar daya tahannya lebih lama.

Kuliner dendeng sapi sangat cocok dinikmati untuk mereka yang gemar dengan hidangan daging yang menggoda. Karena ketahanan makanan ini bisa sampai berbulan bulan lamanya, maka tidak heran jika makanan tersebut sangat cocok dijadikan buah tangan untuk teman dekat ataupun keluarga.

9. Abon Sapi

Abon Sapi
Image Credit: Facebook.com @cucu.an.14

Selain dendeng, ada lagi olahan daging sapi berupa abon yang menjadi oleh-oleh paling banyak diincar wisatawan ketika berada di Ciamis. Hal ini dikarenakan abon sapi khas Ciamis sudah terkenal memiliki tekstur yang lembut dan juga memiliki bumbu abon yang lebih kuat saat dirasakan di lidah.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah di Ciamis yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Disamping dari rasanya yang menarik untuk dijajal, abon sapi ini juga termasuk kedalam kategori lauk yang tahan lama. Maka dari itu, abon sapi sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sebagai sarana, abon sapi akan lebih nikmat disantap saat disandingkan dengan nasi hangat sebagai teman makan.

Agar bisa mendapatkan abon sapi, Anda bisa berkunjung ke toko jajanan atau cemilan ringan yang berada di Kabupaten Ciamis. Untuk harganya sendiri, abon sapi dibanderol harga kisaran mulai dari 20 ribu sampai dengan ratusan ribu. Yang mana nominal ini tergantung dengan ukuran serta bahan pembuatan abon sapi tersebut.

10. Galendo

Galendo
Image Credit: Facebook.com @galendo.ciamis

Buah tangan dari Ciamis selanjutnya yakni makanan galendo yang diketahui sudah ada sejak dulu dan hingga saat ini terus diturunkan dari generasi ke generasi. Galendo merupakan makanan yang cukup unik, karena bahan utama yang digunakan saat proses pembuatannya yaitu dari endapan santan.

Untuk membuatnya pun tidaklah sulit, Anda hanya perlu memasak santan beberapa waktu hingga mengeluarkan minyak. Dari endapan yang dihasilkan oleh minyak itulah yang dikenal sebagai blotong atau galendo. Setelah melalui beberapa rangkaian proses yang dilakukan oleh ahlinya, barulah galendo bisa dinikmati.

11. Surabi Ciamis

Surabi Ciamis
Image Credit: Facebook.com @dimas_wibisanaa

Di Kabupaten Ciamis, terdapat kuliner surabi yang dibuat dengan berbagai topping sesuai selera. Topping tersebut pun dibuat dengan dua pilihan rasa, yakni asin dan juga manis. Adapun varian yang banyak digemari yakni susu, coklat, dan juga strawberry. Sedangkan untuk topping asin, berupa telur, oncom dan abon.

Wisatawan yang ingin menjajal kuliner nikmat ini, bisa menyusuri pasar tradisional maupun toko oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan di Kabupaten Ciamis. Untuk harga sebuah surabi juga terbilang sangat terjangkau. Hanya merogoh kocek berkisar 5 ribu hingga 15 ribu saja, wisatawan sudah bisa memanjakan lidah dengan surabi beserta topping yang lezat.

Demikian deretan ragam oleh-oleh khas Ciamis yang cocok dibawa pulang. Bisa Untuk dikonsumsi sendiri, atau bisa juga dijadikan sebagai buah tangan untuk kerabat ataupun keluarga dekat. Untuk bisa mendapatkan ragam makanan tradisional tersebut, Anda bisa mengunjungi pasar ataupun pusat perbelanjaan yang berada di Ciamis.