Bekasi yang terletak dekat dari Ibukota Jakarta ramai dikunjungi pelancong karena objek wisatanya yang menarik. Kota Patriot juga memiliki beragam oleh-oleh khas unik yang menarik untuk dibawa pulang.

Berlibur ke Kota Bekasi tentunya tak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan dari warga lokal. Kota Urban ini pun memiliki berbagai macam jajanan yang dapat dibeli para wisatawan ketika mengunjunginya. Jika anda bertandang ke Bekasi, terdapat beberapa pilihan oleh-oleh khas yang bisa jadi alternatif buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah. Untuk lebih detailnya, yuk simak ulasan berikut!

1. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang
Image Credit: Tokopedia.com

Oleh-oleh khas pertama yang bisa anda bawa pulang ke rumah adalah kue kembang goyang. Namanya yang unik juga diikuti dengan cara pembuatannya yang menarik. Pasalnya, jajanan yang berbentuk bunga ini harus dicetak menggunakan alat khusus berupa stainless steel dengan gagang panjang. Seperti namanya, teknik membuatnya pun juga digoyangkan di dalam minyak yang panas.

Kue berbentuk bunga ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan tekstur yang renyah ketika digigit. Kue ini menjadi salah satu yang digemari oleh orang Jakarta dan sekitarnya, dan juga selalu menjadi pilihan para wisatawan. Hal ini dikarenakan kue goyang bisa bertahan lama, jadi sangat cocok untuk dibawa menjadi buah tangan. Maka dari itu, jika anda bertandang ke Bekasi jangan sampai melewatkan untuk membeli kue kembang goyang.

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Image Credit: Bukalapak.com

Siapa bilang dodol yang terkenal hanya berasal dari Garut? Di Bekasi juga ada olahan manis dan legit populer dengan cita rasa khas yang berbeda dengan jenis dodol lainnya. Penduduk asli Bekasi mayoritas merupakan suku Betawi, sehingga dodol betawi dari Bekasi menjadi sangat populer. Dodol ini terbuat dari bahan ketan yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi camilan legit dan manis yang pas untuk lidah penikmatnya.

Tidak usah khawatir soal varian rasanya, karena terdapat beberapa pilihan yang bisa anda beli. Mulai dari rasa ketan biasa, hingga rasa buah-buahan seperti durian. Perpaduan rasa tersebut menjadi pilihan favorit bagi wisatawan. Anda bisa memilih ukuran dodol betawi sesuai dengan keinginan, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Untuk menikmatinya, anda bisa dengan mudah menemukannya di pusat oleh-oleh, sehingga tidak perlu bingung mencari camilan yang satu ini.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Bekasi yang Terkenal Enak

3. Kue Sagon

Kue Sagon
Image Credit: Facebook.com (Santy Dewi)

Buah tangan selanjutnya yang bisa anda beli adalah kue sagon. Jajanan tradisional ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Bekasi karena memiliki cita rasa yang unik dan tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Sebab, kue ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang harus disangrai terlebih dahulu. Setelah itu, kudapan ini dicampurkan dengan bahan lainnya seperti kelapa parut dan gula untuk menambah cita rasa tersendiri.

Proses pembuatannya yang khas tersebut menjadikan jajanan tradisional ini banyak diminati wisatawan. Harga yang ditawarkan pun juga sangat terjangkau, sehingga anda bisa membelinya sebagai buah tangan yang pas untuk dibawa ke kota asal. Selain itu, untuk menikmatinya, anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai toko baik pusat oleh-oleh, pusat perbelanjaan, maupun pasar tradisional.

4. Kue Duit

Kue Duit
Image Credit: Tokopedia.com

Keunikan camilan khas dari Bekasi selanjutnya adalah Kue bernama Duit. Tentu jika anda mendengar namanya mungkin akan terkejut. Namun anda tidak usah khawatir karena kue ini bukan uang sungguhan. Dinamakan demikian, sebab kue ini berbentuk menyerupai uang logam yang berbentuk bulat pipih. Maka dari itu, penyebutan dari jajanan bulat ini dinamakan sebagai kue duit.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah adonan tepung, gula, dan telur yang dibentuk sangat tipis. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang renyah, sangat cocok dimakan sebagai pendamping waktu berkumpul bersama keluarga dengan minuman kopi atau teh hangat. Anda bisa menjumpai camilan manis ini di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Bekasi dengan mudah.

5. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa
Image Credit: Shopee.co.id

Jika anda bertandang ke Bekasi, maka salah satu oleh-oleh yang tidak bisa dilewatkan begitu saja adalah Kue Akar. Kue ini menjadi yang paling dipilih oleh wisatawan karena bentuknya yang unik dan cita rasa yang khas. Bentuknya yang bergerigi dan agak panjang layaknya sebuah akar pohon menjadikan camilan ini sangat populer. Selain itu rasa dari kue akar kelapa sangat manis dan teksturnya renyah.

BACA JUGA:  10 Hotel Murah Dekat Stasiun Bekasi Dengan Fasilitas Terbaik

Tekstur yang renyah tersebut dikarenakan dibuat dari bahan utama tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut, membuat siapa saja ketagihan mencicipinya. Sekali mencoba, anda tidak akan berhenti untuk memakannya. Apabila anda ingin membeli kue akar untuk oleh-oleh ke kota asal, sebaiknya untuk mengunjungi beberapa pusat buah tangan atau pusat perbelanjaan yang ada di Bekasi.

6. Wajik Ketan Hitam Khas Bekasi

Wajik Ketan Hitam Khas Bekasi
Image Credit: Cookpad.com

Jika sedang berada di Bekasi dan masih bingung ingin membeli buah tangan apa? Tak usah khawatir, karena Bekasi memiliki banyak varian oleh-oleh yang bisa pilih dan bertahan lama. Salah satunya adalah wajik ketan hitam khas dari Bekasi. Jajanan ini merupakan produk asli dari daerah Bekasi yang memiliki rasa manis. Kue ini mempunyai tekstur kenyal ketika disantap dalam satu gigitan.

Wajik ketan hitam dibuat dari ketan hitam yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah khas. Untuk menikmati kelezatannya, anda bisa dengan mudah menemukan kue ini, karena tersedia di hampir semua toko oleh-oleh yang ada di Bekasi. Jika anda pelancong jauh, tidak perlu khawatir karena kue ini juga bisa bertahan di waktu yang cukup lama. Simpan di tempat aman dan tidak terkena matahari langsung akan membantu kue lebih awet.

7. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang
Image Credit: Instagram.com @mpok_nini

Meskipun penamaan dari kue ini adalah biji ketapang, bukan berarti bahan pembuatannya dari pohon ketapang. Produk daerah ini diberikan nama tersebut karena bentuknya yang kecil menyerupai biji ketapang. Rasa camilan Bekasi ini manis dan sangat cocok dijadikan sebagai camilan menemani ketika bersantai bersama dengan orang tersayang di pagi hari maupun menjelang senja.

Kue biji ketapang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur dan mentega. Menariknya lagi kue ini juga sangat populer di kalangan masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Pasalnya, jajanan khas ini menjadi salah satu kue yang disajikan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Namun bukan berarti anda hanya bisa menikmatinya ketika hari raya saja, karena banyak toko dan berbagai pusat oleh-oleh yang menyediakan makanan ringan ini.

8. Kue Telur Gabus khas Bekasi

Kue Telur Gabus khas Bekasi
Image Credit: Pesonanusantara.co.id

Apakah anda pernah mencoba kue telur gabus? Kue dengan nama unik ini berbentuk memanjang dan memiliki cita rasa yang gurih. Tekstur kue ini hampir mirip dengan styrofoam sehingga diberi nama kue gabus. Seperti halnya dengan jajanan kering khas Bekasi lainnya, kue ini juga memiliki keawetan yang cukup tinggi sehingga sangat pas untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Bekasi.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Bekasi yang Terkenal Lezat

Pada awalnya, kue yang menyerupai gabus ini hanya memiliki satu rasa yaitu gurih. Namun seiring perkembangan zaman dan waktu, terdapat berbagai inovasi kuliner baru. Sehingga banyak kreasi yang bermunculan dengan rasa lebih upgrade. Anda dapat menjumpai kue telur gabus dengan rasa keju, balado, dan lainnya. Hal ini akan semakin meningkatkan kelezatan dari camilan khas dari daerah Bekasi ini.

9. Bir Pletok Khas Bekasi

Bir Pletok Khas Bekasi
Image Credit: Instagram.com @mpok_nini

Selain jajanan manis, ada juga minuman khas Betawi yang menjadi oleh-oleh favorit jika bertandang ke Bekasi. Meskipun bernama bir, bukan berarti termasuk minuman yang beralkohol. Kata bir ini sendiri diambil dari bahasa arab yang memiliki arti sumur karena diibaratkan sebagai minuman yang mengandung sumber kesehatan. Pasalnya, bir pletok terbuat dari bahan rempah-rempah pilihan yang tentunya dapat menyehatkan.

Dengan berbagai macam rempah pilihan, khasiat meminum ini dapat meredakan masuk angin, mengatasi gejala flu, bahkan meredakan masuk angin. Hal ini yang membuat banyak wisatawan memilih minuman ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Bekasi. Untuk dapat menikmati kesegaran dari minuman ini, anda bisa memilihnya dalam bentuk kemasan cair yang siap minum atau berbentuk serbuk.

10. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod
Image Credit: Tokopedia.com

Oleh-oleh Bekasi yang bisa anda bawa pulang selanjutnya adalah Bandeng Rorod. Berbeda halnya dengan olahan bandeng pada umumnya, makanan yang satu ini disajikan tanpa duri. Hal tersebut akan menambah kenikmatan anda ketika menyantap ikan Bandeng Rorod. Biasanya, makanan ini sudah diolah bersamaan dengan bumbu pilihan sehingga anda dapat langsung menyantapnya langsung ditemani oleh nasi hangat dan sambal yang semakin menggugah selera.

Berkunjung ke Bekasi tidak lengkap rasanya jika melewatkan oleh-oleh khas daerahnya yang beragam. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai kuliner khas mulai dari camilan kering, minuman, hingga makanan. Semua buah tangan tersebut bisa didapatkan dengan berbagai bentuk dan rasa sehingga banyak pilihan yang bisa dibeli. Tidak hanya itu saja, produk yang dijual juga memiliki ketahanan yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok dibawa pulang ke kota asal.