Kota Banjar menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang menarik dijelajahi pesona alam yang terkenal menawan. Banjar juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang menggugah selera dan cocok dibawa pulang.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui Kota Banjar yang ada di Jawa Barat. Namun perlu anda ketahui, jika kota satu ini memiliki segudang keunikan. Mulai dari tempat wisata yang beragam dan sajian kuliner khas yang sangat cocok dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang. Ingin tahu apa saja oleh-oleh khas Banjar yang paling diminati oleh para pelancong? Simak ulasannya.

1. Rangicok

Rangicok
Image Credit: Elasitinurjanah.blogspot.com

Buah tangan pertama yang bisa didapatkan dikala bertandang ke Banjar, Jawa Barat yakni rangicok. Sebetulnya nama dari kudapan satu ini merupakan singkatan dari Ranginang Coklat, yang mana hasil dari perpaduan antara makanan khas daerah dengan cita rasa modern. Berkat perpaduan inilah, menjadikan rangicok dikenal oleh para pelancong yang datang berkunjung.

Rangicok pula bisa disantap untuk semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang tua. Pada dasarnya, rangicok tidak jauh beda dengan rengginang biasanya lantaran terbuat dari beras ketan yang diolah dengan cara dijemur terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari sebelum digoreng. Hanya saja kudapan khas Banjar ini diberikan sentuhan kekinian dengan beberapa bahan lainnya.

Sentuhan ajaib tersebut mampu menghasilkan rangicok dengan varian rasa seperti original, coklat, strawberry, hingga anggur. Bukan hanya rasa semata, bentuknya pun tidak seperti rengginang pada umumnya yang bulat tipis, melainkan dibentuk kotak layaknya coklat batangan. Sementara soal rasanya sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena sangat renyah dan manis.

2. Mih Iteng, Mie Lidi Khas Banjar

Mih Iteng, Mie Lidi Khas Banjar
Image Credit: Shopee.co.id

Mih Iteng merupakan nama brand makanan khas Banjar yang kini sedang naik daun. Dimana mereka menyuguhkan olahan mie lidi yang sangat menggiurkan. Mungkin sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan mie lidi. Namun beda halnya dengan kudapan khas Banjar ini, lantaran cara pembuatan serta bahan yang digunakan terbilang tradisional.

Bisa dikatakan jika mih iteng ini merupakan jajanan siap santap yang berbahan baku pasta berbentuk lidi super tipis. Jadi tak heran ketika menyantapnya, akan terasa sangat renyah dan gurih. Meski terbilang cukup tradisional, akan tetapi pengemasannya sangatlah kekinian yang mana dimasukkan ke dalam kotak. Selain itu, kudapan satu ini pula tersedia dalam dua varian rasa.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Buat Liburan

Varian rasa tersebut berasal dari bumbu yang digunakan yakni keju dan pedas. Sebetulnya, antara kedua varian rasa tersebut sama sama memiliki cita rasa yang sangat menggiurkan. Namun tergantung pada selera si penikmatnya saja, manakah rasa yang disukai dan diandalkan. Mih iteng sangat cocok dijadikan camilan dikala menonton televisi bersama anggota keluarga.

3. Galendo

Galendo
Image Credit: Facebook.com @akbar.fa.543

Meski menjadi salah satu makanan asal Ciamis, namun galendo di Banjar pun tak kalah tenarnya. Hal ini tak lain karena kudapan satu ini banyak dijual di beberapa wilayah Banjar. Camilan yang bernama galendo ini merupakan sebuah kudapan dari ampas minyak kelapa. Ide pembuatan galendo ini tercipta dari banyaknya industri pengolahan kelapa di Jawa Barat.

Bisa dibilang, bila jajanan satu ini mulai langka di pasaran lantaran disaingi dengan kudapan kekinian lainnya. Akan tetapi, banyak pula para produsen mengkreasikannya dengan memberikan varian rasa. Mulai dari original, kacang, coklat, pisang, hingga susu. Bahkan, galendo pun kerap dicampurkan ke dalam bahan untuk membuat kue bolu.

Biasanya, orang orang menikmati kudapan satu ini dengan cara mencocolkannya ke gula pasir atau gula bubuk. Tidak sedikit pula masyarakat sekitar menyantapnya bersamaan dengan teh hangat atau kopi dikala sore hari sembari berkumpul dengan orang tersayang. Jadi tak ada salahnya, membawa galendo sebagai buah tangan untuk anggota keluarga dan kerabat terdekat di rumah.

4. Sale Pisang

Sale Pisang
Image Credit: Bukalapak.com

Camilan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh andalan saat di Banjar yakni sale pisang. Sesuai dengan namanya, makanan satu ini memang terbuat dari pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Penjemuran yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar airnya sehingga sale pisang bisa bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Sebetulnya, olahan pisang satu ini terdapat beragam pilihan yakni basah ataupun kering. Dimana keduanya memiliki cita rasa yang sangat lezat dan memanjakan lidah. Kudapan pisang yang berbentuk panjang nan pipih ini pula biasanya digoreng kering dengan balutan tepung. Namun hanya pisang jenis tertentu yang bisa diolah sebagai kudapan tradisional asal Banjar ini.

5. Kacang Umpet

Kacang Umpet
Image Credit: Disperindagkop.banjarkota.go.id

Siapa yang tidak mengenal kudapan bernama kacang umpet? Pastinya hampir semua orang pernah mencicipi makanan yang berasal dari bahan kacang dan tepung ini. Sebetulnya, buah tangan satu ini tersebar di beberapa wilayah nusantara. Namun untuk Banjar sendiri memiliki ciri khas tersendiri untuk kudapan populer satu ini, yang mana terletak pada bumbunya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pasalnya, masyarakat setempat mengkreasikannya dengan memadukan berbagai bumbu kekinian seperti keju, balado, pedas, wijen, karamel, barbeque, dan original. Varian rasa kacang umpet yang begitu beragam inilah, membuat para wisatawan yang datang tertarik untuk membelinya dan membawanya pulang sebagai buah tangan andalan.

6. Sambal Khas Banjar

Sambal Khas Banjar
Image Credit: Facebook.com @etty.hariyani

Salah satu makanan khas Indonesia yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan masyarakatnya yakni sambal. Bisa dikatakan jika setiap daerah memiliki sambal dengan karakteristik sendiri, baik itu dari bumbu maupun cara penyajiannya. Apalagi sambal yang berasal dari tanah Banjar ini, mempunyai cita rasa yang begitu khas lantaran pembuatannya terbilang tradisional dan khas.

Rasa pedas yang ditawarkan oleh sambal satu ini mampu membangkitkan selera makan siapa saja. Jadi tak ayal jika banyak sekali pelancong datang, hanya untuk berburu sambal khas Banjar. Bahkan hampir setiap warung atau tempat makan yang ada di wilayah Banjar, menyediakan sambal khas satu ini. Anda pun bisa mendapatkannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

7. Pepes Lubang

Pepes Lubang
Image Credit: Facebook.com @ayat.fajarbirdfarm

Pepes lubang menjadi makanan khas dari Banjar selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Olahan yang berasal dari belut ini sangat menggugah selera, lantaran perpaduan bumbu atau rempah pilihan lalu dikukus sedemikian rupa. Aromanya yang begitu menggugah, ternyata berasal dari daun kemangi serta daun bawang yang dimasukkan di dalam bumbunya.

Meskipun tidak dijual di beberapa pusat oleh-oleh, namun anda masih bisa mendapatkan makanan satu ini di rumah makan Cobek Beti yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Berkat cita rasanya yang begitu khas tersebut, tidak sedikit wisatawan bertandang ke Banjar hanya untuk mencicipi pepes lubang dan membawanya pulang untuk buah tangan.

8. Otok Owo

Otok Owo
Image Credit: Shopee.co.id

Memiliki nama yang begitu unik, makanan satu ini sebenarnya camilan kuping gajah yang kerap dijumpai di beberapa daerah tertentu. Namun di Kota Banjar sendiri, kudapan ini disebut dengan nama otok owo. Kudapan khas dari Banjar ini terbuat dari tepung terigu, gula, garam, vanili, telur, dan coklat bubuk yang dicampur menjadi satu lalu diuleni hingga bisa dibentuk.

Setelah itu, adonan akan digulung hingga lonjong dan didiamkan dalam beberapa menit. Baru kemudian adonan dipotong tipis tipis dan digoreng. Meskipun pembuatannya terbilang cukup mudah, namun camilan khas satu ini memiliki cita rasa yang begitu manis dan renyah. Meski identik dengan rasa coklat, namun otok owo di Banjar pula dikreasikan dengan varian rasa lainnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Buat Liburan

Jajanan tradisional ini pula bisa dijumpai sangat mudah di beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Banjar. Karena berupa camilan ringan, sehingga otok owo sangat cocok disantap untuk semua kalangan. Tak hanya itu saja, otok owo pula kerap disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah pada hari tertentu terutama perayaan hari besar seperti Idul Fitri.

9. Pepes Ikan

Pepes Ikan
Image Credit: Cookpad.com

Selain pepes lubang, pepes ikan juga menjadi makanan khas yang paling digemari oleh para wisatawan. Hal ini tak lain karena rasanya yang begitu lezat serta aromanya mampu menggugah selera. Layaknya makanan khas lainnya, pepes ikan pula bisa dijumpai sangat mudah di beberapa tempat makan yang ada di kawasan Kota Banjar.

Salah satu tempat makan legenda yang menyajikan pepes ikan sebagai menu andalannya yakni Rumah Makan Saung Sawah. Jangan khawatir, tempat makan ini berada di sekitaran pusat kota sehingga anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Selain bisa disantap di tempat, pepes ikan pula menjadi rekomendasi buah tangan andalan selanjutnya yang dimiliki oleh Kota Banjar.

10. Kupat Tahu

Kupat Tahu
Image Credit: Facebook.com (Nia Kurnia)

Berkunjung ke Banjar, kurang afdol rasanya jika belum mencicipi makanan khas bernama kupat tahu. Seperti namanya, kuliner satu ini memang berupa ketupat dan tahu yang dilumuri bumbu kacang. Berkat bumbu kacang yang menyelimuti ketupat dan tahunya tersebutlah, membuat makanan ini menjadi sangat lezat dan menggugah selera makan.

Cita rasa yang semacam inilah, membuat kupat tahu populer di kalangan masyarakat dan pelancong yang berasal dari luar daerah. Bahkan tak segan, wisatawan yang datang hanya untuk mencicipi makanan khas satu ini semata. Bukan hanya enak dimakan secara langsung, anda pun bisa membungkusnya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh tatkala berkunjung ke Banjar.

Berburu oleh-oleh menjadi kegiatan paling menyenangkan ketika sedang berkunjung ke salah satu daerah, terutama Kota Banjar di Jawa Barat. Selain terkenal akan wisatanya yang berlimpah, kota ini pula menyimpan segudang buah tangan yang sebagian kecil telah disebutkan diatas. Tentunya oleh-oleh tersebut tak ingin dilewatkan begitu saja, bukan?