Kota Bandung memang terkenal dengan beragam oleh-oleh khas populer yang sering diburu wisatawan. Mulai jajanan tradisional, makanan kekinian hingga cinderamata bisa anda temukan di Kota Kembang.

Kota Bandung hingga kini masih menjadi salah satu kota yang begitu digandrungi wisatawan. Menawarkan destinasi wisata andalan dengan wisata kuliner yang juga tak kalah menarik untuk dicicipi. Dan tidak ketinggalan, kota Kembang juga menghadirkan buah tangan yang akan cocok untuk teman atau keluarga di rumah. Berikut beberapa oleh-oleh khas dari Bandung yang bisa anda buru saat berkunjung.

1. Surabi Bandung

Surabi Bandung
Image Credit: Instagram.com @bulekulineran

Surabi Bandung menjadi salah satu panganan yang paling terkenal dan banyak diburu. Menginjakkan kaki di Bandung rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi surabi Bandung. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai menu kulineran, anda juga bisa menjadikan surabi sebagai oleh-oleh kerabat di rumah atau untuk teman teman anda.

Saat ini Surabi juga sudah hadir dalam balutan yang kekinian dengan banyak topping yang menarik. Salah satu surabi yang terkenal di Bandung adalah Surabi Enhai dan bisa anda jadikan sebagai tempat untuk memburu oleh-oleh satu ini. Surabi di Bandung tak hanya disajikan dengan rasa manis, namun juga asin. Hanya saja makanan satu ini tidak bisa bertahan terlalu lama.

2. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen Kartika Sari
Image Credit: Shopee.co.id

Siapa yang tidak mengenal Kartika Sari ketika berkunjung ke Bandung? Toko satu ini memang menjadi langganan untuk memburu oleh-oleh khas kota Bandung. Salah satu produknya yang begitu terkenal adalah Pisang Bollennya. Pisang Bollen ini bahkan sudah ada sejak tahun 1970an lalu dan hingga kini masih hits serta diburu oleh banyak orang.

Bagaimana tidak, semenjak bertahun tahun lalu resep yang digunakan merupakan resep asli yang turun temurun. Sehingga dijamin rasa yang dihadirkan dalam setiap gigitan pisang bollen ini tidak pernah berubah. Tidak ketinggalan zaman, saat ini Pisang Bollen Kartika Sari juga hadir dalam berbagai varian rasa yang akan membuat anda miliki banyak pilihan.

Anda bisa menemukan rasa original, cokelat, keju hingga rasa durian yang banyak penggemar. Kue satu ini juga bisa tahan lama, sehingga tidak akan menjadi masalah sekalipun tujuan anda jauh. Belum lagi harga yang ditawarkan untuk setiap makanan di tempat ini tidak terlalu mahal. Sehingga anda bisa memborong untuk keluarga atau kerabat.

3. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung
Image Credit: Bukalapak.com

Selanjutnya buah tangan khas Bandung yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Peyeum Bandung. Tidak sulit menemukan peyeum ini di sekitaran kota Bandung, makanan ini juga sering disebut dengan tape di kota lain. Namun Peyeum tetap merepresentasikan kota Kembang atau wilayah Jawa Barat lainnya yang begitu banyak penggemar.

Dengan mengunjungi pusat oleh-oleh terdekat anda sudah bisa menemukan peyeum, salah satunya ketika di kawasan Cihampelas. Umumnya, untuk menarik perhatian para pembeli, para pedagang akan menggantung peyeum di depan kiosnya. Produk dari olahan singkong ini memiliki sensasi hangat ketika anda mengkonsumsinya.

Tak heran jika umumnya, peyeum akan disandingkan teh hangat atau kopi. Meskipun tape ini juga bisa ditemukan di daerah lain, tetapi Peyeum Bandung tetap memiliki perbedaan dan ciri khas. Yang paling mencolok adalah teksturnya yang lebih kering karena proses pembuatannya juga berbeda.

BACA JUGA:  Rainbow Garden, Taman Bunga Hits di Lembang Bandung

Biasanya, anda bisa menikmati peyeum ketika sudah 2 atau 3 hari kemudian. Sehingga bisa dikatakan jika peyeum termasuk dalam jajaran makanan yang bisa tahan lama. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau dan tidak membuat kantong anda jebol. Selain dinikmati langsung, anda juga bisa menjadikan peyeum sebagai olahan lainnya yang tak kalah nikmat.

4. Picnic Roll

Picnic Roll
Image Credit: Ksmtour.com

Picnic roll juga bisa anda jadikan pilihan bagi anda yang sedang berburu oleh-oleh khas kota Bandung. Picnic Roll yang paling terkenal adalah Picnic Primarasa yang memang sudah melegenda. Dibuat dari olahan daging cincang, anda bisa menjadi alternatif buah tangan ketika anda belanja oleh-oleh. Produk pastry ini sangat cocok untuk anda yang bosan jajanan manis.

Daging cincang yang ditambahkan dengan bumbu andalan, akan dimasukkan dalam kulit pastry lengkap dengan telur rebus. Setelah itu, akan dipanggang hingga memiliki warna kecoklatan. Selain memiliki tampilan yang menarik, Picnic Roll juga termasuk panganan dengan rasa yang tidak mengecewakan.

Anda bisa memilih dua varian rasa yang ditawarkan, yaitu daging ayam serta daging sapi. Kedua varian ini sama sama enak dan menjadi produk andalan dari Primarasa. Primarasa memang memiliki banyak cabang, namun tenang rasa semuanya diproduksi di satu dapur. Sehingga rasa yang dihadirkan tidak akan berbeda dan juga tidak akan mengecewakan.

5. Oncom Raos

Oncom Raos
Image Credit: Reddoorz.com

Oncom menjadi buah tangan selanjutnya yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Produk olahan yang dibuat dari kacang yang telah difermentasi ini memang sangat kondang di makanan Sunda. Oncom bisa disulap menjadi berbagai makanan salah satunya menjadi oncom goreng yang memiliki banyak penggemar. Dari sekian merek Oncom, Oncom Raos merupakan yang kondang di Bandung.

Telah berdiri sejak 40 tahun lalu, sudah dipastikan jika oncom yang diproduksi memiliki kualitas unggulan. Anda juga akan sangat mudah menemukan gerai Oncom Raos karena lokasinya yang dekat sangat strategis. Selain menyediakan oncom, Oncom Raos juga menyediakan banyak buah tangan yang bisa anda buru dan jadikan buah tangan.

6. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Image Credit: Shopee.co.id

Untuk melengkapi keranjang oleh-oleh anda, anda bisa menjadikan Gepuk Nyonya Ong sebagai salah satu isinya. Olahan daging sapi yang terkenal lezat ini memang mampu untuk membuat siapapun tersihir. Potongan daging digeprek kemudian ditipiskan, setelah itu dirangkai dengan menggunakan lidi, sehingga saat dimasak daging tidak hancur.

Dengan proses ini, menjadikan bumbu semakin meresap pada setiap sisi daging. Selain menyediakan menu dari daging sapi, anda juga bisa menemukan olahan dari daging ayam. Bahkan, varian rasa yang dihadirkan juga semakin lama semakin bervariasi. Anda bisa menemukan rasa beef original, beef extra pedas, chicken spicy hingga beef less sugar.

Kemasannya yang kekinian dan tahan lama memungkinkan anda untuk membawanya pulang sekalipun tujuan anda jauh. Begitu tiba di rumah, anda tidak menyantapnya dengan satu piring nasi hangat. Bisa dipastikan, anda akan ketagihan dengan rasa yang dihadirkan oleh Gepung Nyonya Ong ini. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal.

7. Wajit Cililin

Wajit Cililin
Image Credit: Tokopedia.com

Wajit Cililin merupakan jajan tradisional yang hingga kini masih banyak diburu. Wajit sendiri merupakan panganan yang serupa dengan dodol dan dibuat dari beras ketan. Teksturnya yang lengket dengan rasa yang legit membuatnya sangat diburu. Selain tahan lama, buah tangan ini juga dikemas dengan unik yaitu dibungkus dengan kulit jagung sehingga aromanya berbeda.

BACA JUGA:  Tebing Keraton Bandung, Objek Wisata Hits Menikmati Pemandangan Menakjubkan

8. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
Image Credit: Google Maps (M Robby Fir Amzi)

Jika Sumedang memiliki tahu Sumedang, maka kota Bandung memiliki tahu susu Lembang yang juga tidak bisa dilewatkan. Teksturnya yang lembut serta kenyal akan membuat siapapun ketagihan, dan di dalamnya memang ditambahkan dengan susu. Tahu Susu ini menjadi oleh-oleh yang hits dan memiliki harga yang ramah kantong.

9. Kafetaria Pia 170

Kafetaria Pia 170
Image Credit: Tesyasblog.com

Kota Bandung juga memiliki bakpia yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah. Dan yang paling kondang adalah Kafetaria Pia 170 dengan rasa pianya yang lezat. Anda juga bisa menemukan bakpia dengan berbagai rasa, salah satunya Butterscoth yang menjadi primadona. Satu kota bakpia hanya dihargai sekitar Rp. 30 ribuan saja.

10. Kopi Aroma

Kopi Aroma
Image Credit: Kopiaromabandung.net

Untuk membuat acara berbelanja anda semakin berkesan, anda bisa menjadikan kopi aroma sebagai pilihan selanjutnya. Sudah berdiri sejak 1930 silam, kopi satu ini menjadi kopi legendaris yang harus diburu pecinta kopi. Proses pembuatan yang masih mengandalkan alat tradisional menjadikan rasanya begitu otentik. Pastikan tidak datang di hari libur atau hari minggu karena tutup.

11. Brownies Amanda

Brownies Amanda
Image Credit: Youtube.com (Ruben Sukatendel)

Selain bisa menemukan brownies kebanggan kota Bandung ini di berbagai kota, tidak ada salahnya untuk membeli di kota asalnya. Brownies kukus satu ini memang begitu kondang dan memiliki cita rasa yang khas. Rasa manis dengan tambahan cokelat melimpah sangat pas berpadu dengan lembutnya teksturnya. Anda bisa memburu rasa lainnya yang tak kalah nikmat.

12. Basreng

Basreng
Image Credit: Shopee.co.id

Kota Bandung juga dikenal dengan berbagai jajanan yang begitu banyak penggemar. Salah satunya basreng yang juga bisa anda jadikan oleh-oleh. Basreng atau baso goreng umumnya memiliki berbagai varian rasa dan tingkat kepedasan berbeda. Paling nikmat menikmati varian pedasnya yang membuat berkeringat. Menemukan basreng di kota Bandung juga bukan hal yang sulit.

13. Seblak

Seblak
Image Credit: Gotravelly.com

Pecinta kuliner tentunya sudah tahu yang namanya seblak? Makanan berkuah pedas yang dibuat dari kerupuk ini memang banyak mencuri perhatian. Namanya makin hari makin populer dan dibarengi dengan banyaknya warung seblak. Selain bisa dinikmati sebagai makanan berkuah, seblak juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Hanya saja yang disajikan merupakan seblak kering, atau kerupuk yang pedas. Selain itu, juga sudah tersedia seblak instan yang bisa anda masuk di rumah. Seblak inilah yang kemudian banyak dijadikan sebagai buah tangan khas Bandung. Rasa pedas dengan bumbu yang unik memang akan membuat siapapun ketagihan.

14. Keripik Moring

Keripik Moring
Image Credit: Bukalapak.com

Selain Basreng, Bandung juga memiliki camilan lainnya yang tak kalah menggoda. Moring yang merupakan kepanjangan dari cimol kering sangat cocok jadi teman bersantai. Dibumbui dengan berbagai rasa dan juga pengemasan yang begitu menarik serta kekinian. Selain bisa dijadikan camilan, moring juga cocok sebagai teman makan dan menjadi oleh-oleh yang tahan lama.

15. Tempe Gila

Tempe Gila
Image Credit: Shopee.co.id

Camilan yang pedas memang selalu berhasil menarik minat, begitu juga dengan Tempe Gila. Camilan kekinian khas Bandung ini bisa anda jadikan buah tangan teman atau keluarga di rumah. Panganan dari tempe yang dibentuk keripik ini sangat pas dipadukan dengan bumbu pedasnya. Anda hanya perlu mengunjungi pusat oleh-oleh untuk mendapatkan buah tangan satu ini.

16. Bandung Makuta

Bandung Makuta
Image Credit: Bandungmakuta.com

Bukan hanya jajaran camilan kekinian, Bandung juga manawarkan banyak kue yang kekinian milik artis. Tidak ketinggalan Bandung Makuta yang merupakan milik Laudya Cynthia Bella. Kue artis satu ini memiliki berbagai varian rasa yang bisa anda jadikan pilihan. Mulai dari rasa blueberry, extra cheese, green tea cheese hingga cassaca cheese.

BACA JUGA:  Dago Dream Park, Taman Hiburan Kekinian di Lembang Bandung

Teksturnya yang lembut dengan balutan pastry akan membuat siapapun ketagihan. Bandung Makuta juga menjadi buah tangan yang sangat mudah untuk anda dapatkan. Karena memang sudah ada banyak gerai yang bisa anda tuju. Harga yang ditawarkan setiap kotaknya terbilang terjangkau, yakni berkisar Rp. 60 hingga Rp. 75 ribuan saja.

17. Rujak Cireng

Rujak Cireng
Image Credit: Tokopedia.com

Cireng atau aci digoreng juga menjadi panganan khas Bandung yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan. Teksturnya yang kenyal dengan rasa yang gurih ini memang sangat pas dinikmati dengan bumbu rujaknya. Dijual dalam kondisi belum digoreng, Rujak Cireng bisa tahan lama sehingga anda bisa langsung menggorengnya begitu sampai di rumah.

18. Angklung

Angklung
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Selain makanan, anda juga bisa membawa oleh berupa cinderamata. Salah satunya dengan menjadikan angklung sebagai pilihan. Alat musik yang dibuat dari bambu dan bersuara merdu ini memang begitu unik. Alat musik tradisional ini bahkan sudah diakui dunia dan mampu menghadirkan suara suara yang indah di telinga.

Angklung menjadi buah tangan yang akan langsung mengingatkan dengan kota Bandung. Anda bisa mendapatkan buah tangan ini di berbagai tempat, salah satunya di Saung Angklung Mang Udjo. Selain menghadirkan banyak ukuran angklung, saung ini juga menawarkan pertunjukkan angklung yang bisa anda saksikan secara langsung.

19. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut
Image Credit: Ksmtour.com

Mengunjungi kota Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Cibadayut. Daerah satu ini memang terkenal sebagai daerah penghasil sepatu maupun tas kulit yang berkualitas. Sekalipun semuanya merupakan produk asli dalam negeri, tetapi kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan buatan luar negeri yang tentunya harganya lebih tinggi.

Karena selain dijajakan di negeri sendiri, hasil kerajinan fashion ini sudah dikirim ke luar negeri. Begitu menginjakkan kaki di kawasan ini, sepanjang jalan anda akan menemukan jajaran penjual sepatu serta tas. Selain tas dan juga sepatu, sebenarnya juga ada produk berkualitas lainnya. Perlu anda tahu, di daerah ini anda bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

20. Souvenir Wayang Golek

Souvenir Wayang Golek
Image Credit: Tokopedia.com

Selain angklung, anda juga bisa menjadikan wayang golek sebagai buah tangan. Cinderamata khas Bandung ini begitu otentik dengan sisi tradisional yang begitu kental. Anda bisa menemukan wayang golek dalam berbagai ukuran untuk dijadikan hiasan di rumah. Harga yang ditawarkan untuk oleh-oleh satu ini juga sangat beragam, mulai Rp. 50 ribuan.

21. Pakaian Khas Factory Outlet

Pakain Khas Factory Outlet
Image Credit: Pegipegi.com

Selain surga makanan dan wisata, Bandung juga patut mendapatkan julukan sebagai surga belanja. Jajaran Factory Outletnya sangat cocok untuk anda yang hobi berbelanja. Produk fashion mulai dari kaos hingga kemeja bisa anda temukan. Selain untuk kebutuhan sendiri, anda juga bisa menjadikan produk fashion ini sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

22. Kerajinan Tangan Lembang

Kerajinan Tangan Lembang
Image Credit: Kompaswisata.com

Selain menghadirkan deretan wisatanya yang menakjubkan, Lembang juga menawarkan oleh-oleh beragam. Salah satunya yang tidak boleh dilewatkan adalah kerajinan tangan khas Lembang yang begitu unik. Karena kebanyakan dibuat dari anyaman bambu, hingga menjadi barang pakai yang beragam. Selain dari bambu, terdapat juga yang dibuat dari keramik atau anyaman.

Itulah beberapa oleh-oleh khas kota Kembang Bandung yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. Tidak hanya makanan, anda juga bisa menjadikan souvenir sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit, anda hanya perlu mengunjungi pusat oleh-oleh terdekat. Pastikan anda sudah memastikan ketahanan oleh-oleh tersebut jika tujuan anda terbilang jauh.