Nuart Sculpture Park, Museum Unik dengan Berbagai Karya Seni di Bandung

Nuart Sculpture Park, Museum Unik dengan Berbagai Karya Seni di Bandung
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sutra Duta Raya II/11, Desa. Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kab. Bandung, Jawa Barat

Pencinta dan penikmat seni pasti tidak asing lagi dengan objek wisata ini. Nuart Sculpture Park adalah sebuah museum seni patung yang merupakan pusat seni hasil karya seniman Nyoman Nuarta. Karya pertama hingga terbaru dari seniman ini tersaji dengan apik di tempat tersebut.

Tidak ada yang menyangka, bahwa Bandung selain memiliki wisata alam yang menawan, namun juga memiliki museum seni yang sangat mempesona. Terletak di Jalan Setraduta KII/11, museum ini sangat mudah dijangkau dan strategis bagi siapa saja yang ingin menyaksikan karya seni Nyoman Nuarta dan seniman lainnya.

Kawasan yang sangat luas sekitar 3 hektar, menjadikan objek wisata ini juga dilengkapi sebuah landmark taman yang sangat indah. Setelah puas menikmati keindahan dalam museum dengan berbagai karya seni, pengunjung juga dapat menikmati keindahan di luar museum tentunya juga akan sangat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Daya Tarik Nuart Sculpture Park

Daya Tarik Nuart Sculpture Park Bandung
Photo by Google Maps Yerikho Teudas Litaniwan

1. Gallery Nuart Building

Bangunan ini terdiri atas dua lantai, yang dibangun di atas lahan 1000meter persegi. Lantai kedua berisikan hasil visualisasi kelahiran anak dan cucu Nyoman Nuarta yang dituangkan dalam karya seni patung. Hal ini berbeda fungsi dengan lantai pertama dari gedung ini.

Karya seni lain seperti dokumentasi serta proses pembuatan Garuda Wisnu Kencana dapat dinikmati pengunjung di lantai pertama. Selain itu di lantai pertama kita juga bisa memanjakan mata dengan melihat hasil karya sang Maestro yang merupakan pria asli Bali.

Sang Maestro, Nyoman Nuarta memiliki hampir 300 buah hasil karya patung, yang di buatnya sejak awal hingga saat ini. Tembaga, Kuningan dan besi adalah bahan yang dimanfaatkan nya dalam membuat suatu hasil karya patung. Patung-patung hasil olahan sang maestro ini terbilang memiliki filosofis dan makna yang terkandung di dalamnya.

2. Event Nuart Sculpture Park

Pentas tari, pameran lukisan di dalam galeri, seni acara kreativitas untuk anak, pertunjukan teater dan penampilan band indie adalah event seni yang terlaksana di objek wisata ini. Namun sangat disayangkan event event tersebut hanya bisa dilaksanakan di waktu tertentu saja, sedangkan event rutin belum disediakan oleh pengelola.

Baca Juga:  Situ Patenggang, Danau yang Eksotis di Ciwidey Bandung Selatan

3. Scukpture Park

Selain museum karya seni, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan seni patung sejak awal memasuki Nuart Sculpture Park.

Terletak di luar museum, pengunjung akan disuguhi berbagai karya seni patung yang mempunyai filosofi dalam dan tentunya sangat mengagumkan. Beberapa diantaranya adalah patung Nightmare, Patung Man and Cosmos dan Patung Waiting.

Salah satu patung yang terkenal adalah Patung Drupadi. Tersirat makna dan filosofi mendalam dari patung tersebut. Dimana filosofi tersebut adalah adanya sebuah hubungan cinta terlarang sepasang kekasih dan telah melakukan aborsi kepada bayi yang merupakan hasil dari cinta terlarang tersebut. Kisah ini pernah dibuat film layar lebar pada tahun 2008.

Sejak awal memasuki kawasan ini, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan taman patung. Patung diletakkan secara acak di seluruh area taman. Beberapa tanaman dan pepohonan rindang ikut mempercantik taman patung ini.

Hasil karya patung berukuran besar ditampilkan di taman ini. Kehadiran air mancur semakin menambah keindahan taman. Auditorium terbuka juga tersedia di sekitar taman ini, dengan kapasitas 1500 orang, siap menampung peserta jika ada cara outdoor yang ingin dilaksanakan.

4. Gedung Kuning

Daya Tarik Di Nuart Sculpture Park Bandung
Photo by Google Maps Naya Nurindra

Bagi para pengunjung yang ingin mengadakan presentasi seni dan kegiatan kesenian lainnya maka dapat menggunakan gedung kuning. Warna kuning muda adalah ciri khas dari bangunan ini.

5. N Café

Nuart Sculpture Park juga memiliki sebuah café yang sangat memanjakan lidah pengunjung dengan berbagai makanan khas Bali. Beberapa menu tersebut seperti Crispy Duck dan Baliiness bebek. Minuman baik dingin dan hangat juga telah tersedia di café ini.

Berbagai lukisan yang merupakan hasil karya seniman lokal dan internasional juga dapat dinikmati di café ini. Lukisan yang tertata apik semakin membuat pengunjung betah berada di café ini.

6. Workshop

Daya tarik lainnya adalah workshop, dimana workshop ini adalah ruang kerja Nyoman Nuarta. Pengunjung bisa menyaksikan aksi sang maestro dalam membuat masterpiece yang dibantu oleh asistennya. Pengunjung juga dapat berperan dalam menghasilkan beberapa karya seni, seperti seni grafik, mewarnai, membatik bahkan membuat patung. Kursus singkat juga tersedia.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Nuart Sculpture Park
Photo by Google Maps Alain Bintoro

Kota Bandung, Jawa Barat adalah daerah yang sangat terkenal dengan kawasan wisata yang sangat mempesona. Baik wisatawan lokal maupun luar negeri sudah mengakui keindahan kota yang dijuluki kota Kembang ini. Nuart Sculpture Park adalah salah satu objek wisata yang dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur.

Nuart Sculpture Park berada di kota Bandung, dibangun di jalan Sutra Duta Kencana II/11, menggunakan lahan seluas 3 hektar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan tentunya sangat strategis, sehingga pengunjung akan mudah menemukan lokasi Nuart Sculpture Park.

Baca Juga:  Gua Maria Karmel, Objek Wisata Religi & Sarana Edukasi Favorit di Bandung

Tempat ini bisa dijangkau dengan memakai kendaraan pribadi. Namun sayang kendaraan umum belum tersedia di sekitar objek wisata ini.

Bagi pengunjung yang belum pernah ke lokasi ini, maka dapat mencarinya dengan menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi geogle maps akan menuntun pengunjung agar bisa menemukan lokasi Nuart Sculpture Park dengan mudah dan tidak sulit.

Harga Tiket Masuk Nuart Sculpture Park

Tiket Masuk Di Wisata Nuart Sculpture Park
Photo by Google Maps Yohanes Pangaribuan

Biaya yang dikeluarkan oleh pengunjung agar bisa menikmati keindahan Nuart Sculpture Park ini adalah khusus pengunjung berusia dewasa berkisar Rp 50.000, khusus pelajar dan anak berumur lebih dari 2 tahun dikenai biaya Rp 25.000. Jam bukanya dimulai jam 09.00 dari hari Senin sampai Minggu.

Pengunjung hanya bisa menikmati tempat ini hingga pukul 19.00 di hari Minggu sampai hari Kamis, sedangkan untuk hari Jumat dan Sabtu jam tutup lebih lama yaitu pukul 21.00.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Nuart Sculpture Park
Photo by Google Maps 黃文琛Huang WenShen

1. Dokumentasi

Berlibur sambil menambah koleksi foto pribadi adalah idaman setiap orang. Keindahan karya seni patung dan hasil karya kesenian lain di tempat ini sangat menggoda setiap pengunjung untuk mengabadikan momen bersama orang-orang tersayang di saat liburan.

Dokumentasi dapat dilakukan di dalam museum, tentunya pengunjung juga harus memperhatikan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola. Area outdoor pun tidak kalah menariknya, taman patung biasa orang menyebutnya adalah spot yang sangat diminati oleh pengunjung.

2. Membuat Hasil Karya Seni Sendiri

Sang Maestro menyediakan suatu wadah bagi pengunjung yang tertarik memperdalam bakat dan minat dalam bidang kesenian dengan menyediakan kursus singkat bagi pengunjung yang tertarik dengan seni.

Pengunjung juga dapat berperan dalam menghasilkan beberapa karya seni, seperti seni grafik, mewarnai, membatik bahkan membuat patung. Kursus singkat juga tersedia bagi ada pengunjung yang tertarik dan ingin belajar seni.

Setelah pengunjung membuat karya seni mereka, pengunjung dapat menjual karya seni yang dihasilkan pada toko souvenir yang berada di kawasan ini.

3. Menikmati Hasil Karya Seni

Aktivitas Menarik Di Wisata Nuart Sculpture Park
Photo by Google Maps Daxa Daxa

Tidak dipungkiri lagi bahwa Nyoman Nuarta adalah salah seorang seniman yang sangat berdedikasi. Berbagai karya seni patung telah dihasilkan dari tangan dinginnya. Tidak kurang dari 300 buah karya seni patung yang bisa dinikmati pengunjung. Karya seni sang maestro yang sangat fantastis diantaranya adalah Patung Garuda Wisnu Kencana dan Patung Drupadi.

Selain menikmati karya seni Nyoman Nuarta, ternyata berbagai karya seni dari seniman lokal dan internasional pun dapat kita nikmati di Nuart Sculpture Park.

4. Menikmati Makanan Kuliner Khas Bali

Pengelola telah menyiapkan sebuah café yang menyajikan makanan khas Bali. Beberapa diantaranya adalah Crispy Duck dan Baliiness bebek. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati kuliner khas Bali, namun bisa juga menikmati berbagi lukisan. Lukisan yang ditata dengan sangat apik dan menawan semakin membuat pengunjung betah di café ini.

Baca Juga:  The Great Asia Africa Lembang, Rasakan Sensasi Keliling 7 Negara Sekaligus

5. Menyelenggarakan Event

Lahan yang luas menjadikan pengelola menyediakan bagi pengunjung yang ingin mengadakan seminar, pertemuan atau rapat kerja. Selain itu lokasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan foto pre-wedding dan acara pernikahan.

Fasilitas Penunjang di Nuart Sculpture Park

Fasilitas di Nuart Sculpture Park
Photo by Google Maps Jessica Sobian

Beragam fasilitas di tempat ini membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati hasil karya dari seniman yang terdapat di Nuart Sculpture Park. Selain museum seni, ada beberapa fasilitas yang disiapkan pengelola yaitu:

1. Lahan Parkir

Lahan parkir luas, dipersiapkan agar bisa menjadi sarana parkir bagi kendaraan pribadi pengunjung. Berbagai ukuran kendaraan baik kecil hingga besar dapat ditampung disini.

2. Toilet dan Mushola

Fasilitas lain yang dapat dinikmati adalah mushola. Umat muslim tetap bisa melaksanakan kewajiban ibadah kepada Tuhan. Pengelola telah menyediakan mushola yang berlokasi tepat disamping lahan parkir. Hal ini sangat memudahkan bagi umat muslim yang ingin beribadah.

Demi menerapkan protokol kesehatan, diharapkan pengunjung wanita bisa membawa mukena sendiri, sehingga lebih bersih dan lebih aman.

Toilet yang bersih dan terawat adalah keunggulan objek wisata ini. Toilet juga tidak bercampur baur antara laki-laki dan perempuan. Pengunjung bisa memanfaatkan toilet yang terletak di area dekat lahan parkir.

3. Craft Boutique

Ini adalah fasilitas terpenting yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Berburu oleh-oleh atau cenderamata bisa dilakukan di tempat ini. Tersedia banyak karya seni disini berbentuk miniatur dari seniman sang maestro. Hasil karya seni dari desainer, pengrajin lokal dan internasional bisa ditemukan di tempat ini.

Tidak hanya membeli, pengunjung ternyata bisa juga menjual hasil karya seni mereka di tempat ini. Selain itu tulisan seniman asli Bali ini yang dituangkannya dalam bentuk tulisan oleh Jim Supangkat juga dapat kita nikmati disini. Adapun jam operasional toko ini akan berakhir dipukul 18.00, yang dan mulai buka pukul 09.00.

4. Penginapan

Pengelola berencana akan membuat penginapan di lokasi, sehingga wisatawan bisa bermalam di lokasi ini. Saat ini proyek NuArt Boutique Cottage masih dalam tahap perencanaan. Diharapkan dengan adanya penginapan ini, pengunjung memiliki waktu yang luang untuk bisa menikmati keindahan di Nuart Sculpture Park.

Bandung yang dikenal dengan berbagai keindahan alamnya, ternyata memiliki objek wisata yang sangat mempesona yaitu Nuart Sculpture Park. Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagi fasilitas, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi liburan dengan keluarga, teman-teman dan orang-orang yang disayang.