Museum Geologi Bandung salah satu wisata museum yang menyimpan materi-materi Geologi yang melimpah, seperti batuan, mineral dan fosil. Memiliki berbagai fosil manusia hingga replika dinosaurus bisa ditemukan di monumen bersejarah ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Mengisi momen liburan akan jauh menyenangkan apabila berkunjung ke lokasi yang juga kental dengan unsur edukasi. Salah satu tempat warga Bandung untuk merasakan pengalaman tersebut adalah Museum Geologi. Sebenarnya bukan hanya warga lokal, banyak pendatang yang juga penasaran akan destinasi ini. Yuk simak informasi selengkapnya disini.

Sejarah Singkat Museum Geologi Bandung

Sejarah Museum Geologi
Image Credit: Twitter.com @shapyhsic

Museum Geologi menjadi objek wisata yang terkenal di wilayah Jawa Barat. Destinasi liburan ini dibangun pada 16 Mei 1928 saat masih dalam masa penjajahan. Dulunya, museum ini dikenal dengan nama Geologisch Laboratorium. Setelah jepang datang, bangunan tersebut dialih fungsikan sebagai laboratorium paleontology dan kimia.

Dalam sejarahnya, museum ini sempat ditutup pada tahun 1999 karena diadakan renovasi. Kegiatan tersebut diadakan atas bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Setelah prosesnya selesai, tempat wisata ini dibuka pada 23 Agustus 2000 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Hingga saat ini museum tersebut masih menjadi andalan warga Bandung dan sekitarnya yang ingin mengenal lebih dalam peradaban manusia. Dalam museum ini terdapat berbagai fosil dan benda bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan kehidupan manusia dari masa prasejarah. Berbagai fakta menarik dapat Anda temukan di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Geologi

Daya Tarik Museum Geologi
Image Credit: Google Maps (Nobrya Husni)

Museum Geologi tak pernah sepi pengunjung karena berbagai koleksi yang ditampilkan di sana cukup rapi dan menarik. Hal inilah yang membuat para tamu merasa nyaman. Belum lagi bangunannya yang kental dengan nuansa kuno semakin membuat perjalanan jauh lebih berkesan.

Museum ini terdiri dari dua lantai yang semua koleksinya terawat dengan baik. Di setiap sudut museum menampilkan berbagai koleksi batuan, mineral meteorit, artefak, dan fosil. Semua benda ini disusun dengan teratur disertai dengan berbagai informasi yang menyertainya. Dengan begitu, Anda bersama dengan anak anak dapat memperoleh wawasan dengan lengkap.

Salah satu bagian yang paling menarik dari Museum Geologi Bandung adalah koleksi fosil manusia purba homo erectus dan fosil gajah purba stegodon trigonocephalus. Dua benda tersebut membuat pengunjung merasa penasaran sehingga lokasinya kerap menjadi spot menarik yang selalu dikunjungi.

Bagi Anda yang penasaran dengan fosil dinosaurus, koleksi tersebut juga berada di dalam museum ini. Meskipun dibuat dalam bentuk replika, fosil Tyrannosaurus rex atau yang lebih dikenal dengan nama T-rex tampak seperti nyata. Ukurannya yang sangat besar serta detail replica yang menyerupai aslinya membuat siapa saja merasa terpukau.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Geologi

Alamat Museum Geologi
Image Credit: Google Maps (Nadya Syafiqa)

Bagi Anda yang penasaran, Museum Geologi Bandung berada di sekitaran jalan Diponegoro Kota Bandung. Aksesnya juga cukup mudah karena dekat dengan berbagai destinasi ikonik lain di kota tersebut. Mulai dari Gedung Sate, Taman Lansia, dan Lapangan Gasibu berada di sekitarnya. Lokasi museum yang berada di tengah kota mudah untuk dijangkau.

Demi memperlancar akomodasi turis, saat ini terdapat berbagai aplikasi ojek online sehingga Anda yang berasal dari luar kota tidak perlu merasa kebingungan. Anda hanya perlu meminta driver untuk mengantarkan ke lokasi tujuan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, lokasi ini sudah terdapat di aplikasi google map sehingga rutenya dapat diketahui dengan jelas.

Tidak lengkap apabila saat membahas sebuah destinasi wisata tidak ikut mencantumkan harga tiket masuknya. Sejauh ini, masyarakat yang telah mengunjungi wisata museum ini tidak pernah keberatan masalah biaya yang harus dikeluarkan. Kabarnya para tamu yang datang bisa mengakses segala sudut museum dengan membayar biaya sekitar 3 ribu rupiah saja.

Harga ini sangatlah terjangkau dan bahkan bisa dibilang tidak sebanding dengan segala fasilitas dan ilmu yang diperoleh jika mengunjungi lokasi tersebut. Bagi Anda yang masih pelajar, harga tiketnya malah lebih miring yaitu sekitar 2 ribu rupiah saja. Akan tetapi biaya untuk turis mancanegara jauh berbeda dengan penduduk lokal yaitu sekitar 10 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Museum Geologi

Aktivitas Seru di Museum Geologi
Image Credit: Twitter.com @DPR_RI

1. Menggali Informasi Terkait Dengan Peradaban Manusia

Menelisik lebih dalam terkait dengan peradaban manusia adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui setiap proses yang dialami sebelum manusia berevolusi seperti sekarang. Sebenarnya wawasan tersebut masih bisa diakses melalui internet namun sensasinya jauh berbeda apabila Anda melihatnya secara langsung.

Pengelola Museum Geologi Bandung mengetahui bahwa informasi ini akan lebih mudah diserap apabila seluruh koleksinya terpampang dengan rapi di etalase. Oleh karena itu, setiap koleksi yang ada di dalam museum diletakkan secara runtut agar mudah untuk dipahami oleh pengunjung. Belum lagi berbagai pamphlet yang disediakan dapat menambah pengetahuan.

Lantas apakah hal tersebut menarik untuk dilakukan oleh anak anak? Tentu saja iya. Si kecil akan merasa tertarik karena berbagai fosil yang ada di sana tidak dapat ditemukan dengan mudah di sembarang destinasi wisata. Hanya museum lah yang memberikan fasilitas edukasi berupa kerangka dan tulang dari manusia secara real.

Sebenarnya apa yang membedakan kerangka manusia purba dengan manusia zaman sekarang? Beberapa hal yang terlihat tidak sama adalah postur dan bentuk tengkorak kepalanya. Sebagian orang berpendapat bahwa manusia zaman lampau memiliki struktur otak yang lebih kecil sehingga tempurung kepalanya lebih datar.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada struktur tulang alisnya. Manusia purba memiliki bentuk yang lebih tebal dibandingkan manusia modern. Bagian gigi gerahamnya juga dinilai lebih besar dan kuat. Berbagai perbedaan ini akan membuat semua pengunjung merasa penasaran dan ingin menyelami lebih dalam bagaimana nenek moyang manusia di zaman dahulu.

2. Mengenal Lebih Dalam Perkakas Masa Lampau

Peralatan zaman lampau dan saat ini jelas berbeda jauh. Manusia purba membuat peralatan dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Secara struktur juga terlihat lebih sederhana dan kasar. Hal inilah yang membuat banyak pengunjung merasa penasaran dengan berbagai perkakas yang dulunya digunakan oleh manusia demi menunjang berbagai kegiatan.

Belum lagi dulu manusia purba memiliki ritual yang lebih kompleks dibandingkan dengan manusia modern. Tentu saat melakukan kegiatan keagamaan ini mereka menggunakan berbagai alat yang tidak dapat ditemukan sekarang. Pajangan unik tersebut dapat ditemukan oleh pengunjung yang berkeliling di Museum Geologi.

3. Melihat Bagaimana Struktur Tubuh Dinosaurus

Bukan hanya seputar manusia, museum bersejarah di Bandung juga menyediakan informasi terkait dengan peradaban fauna di dunia yaitu dinosaurus. Hewan ini telah musnah karena dulu sempat ada bencana yang menghancurkan peradaban mereka. Meskipun begitu, berbagai fosil dapat ditemukan dan menjadi bukti nyata keberadaan mereka di masa lampau.

Bagi yang penasaran bagaimana struktur tubuh dinosaurus, Anda dapat melihatnya di museum ini. Meskipun sifatnya adalah replika, semua detailnya telah diperhitungkan secara matang. Pengunjung dapat melihat bagaimana ukuran serta penampakan tulang pembentuk struktur tubuhnya dengan baik karena memang semuanya didesain seperti nyata.

Aktivitas di Museum Geologi
Image Credit: Google Maps (CafeIn Bandung)

4. Mengenal Berbagai Batuan dan Mineral

Tidak semua museum menyediakan koleksi berupa batuan dan mineral. Siapa sangka jika pengetahuan terkait dengan masalah tersebut dapat Anda temukan di Museum Geologi Bandung. Dalam diorama kaca, pengunjung dapat melihat beraneka ragam batuan yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Setiap mineral dan batuan yang dikoleksi memiliki penampakan yang berbeda beda. Hal tersebut terjadi karena bahan penyusun serta kondisi alam sangat mempengaruhi pembentukannya. Bahkan beberapa batuan meteorit juga ikut melengkapi koleksi yang ada di museum ini.

Dapat dipastikan bahwa setiap pengunjung yang datang dapat memperoleh pengetahuan yang sangat kompleks. Faktor inilah yang membuat banyak orang tua selalu menyempatkan waktunya untuk membawa anak mereka mengunjungi museum. Untungnya, pengelola Museum Geologi Bandung memahami bahwa kelengkapan informasi adalah hal yang sangat penting.

Tentu saat melakukan proses penyimpanan pihak museum telah mempertimbangkan semuanya dengan baik. Berbagai barang yang mereka koleksi terlihat awet dan tidak mengalami perubahan bentuk. Pastinya ruang penyimpanan telah didesain khusus sehingga berbagai item yang dipajangkan tetap terlihat sama seperti awal keberadaannya di dalam museum.

5. Menonton Pemutaran Film di Auditorium

Salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Museum Geologi Bandung adalah melihat pemutaran film di auditorium. Fasilitas ini sengaja dibuat untuk memberikan pengalaman yang lebih mengasyikkan bagi pengunjung. Belum lagi informasi yang diterima akan jauh lebih lengkap dan mudah untuk diserap.

Fasilitas ini sangat diminati karena tidak semua museum menyediakan ruangan untuk pemutaran film terkait dengan koleksi yang mereka miliki. Tidak heran bahwa museum ini menjadi destinasi wisata yang sangat populer. Liburan bersama keluarga akan jauh lebih menyenangkan dan berkesan.

6. Berbelanja Souvenir Khas Museum Geologi Bandung

Setelah puas berkeliling museum, Anda dan keluarga bisa menyempatkan waktu untuk melihat berbagai souvenir yang dijual disana. Cendera mata ini bisa Anda beli sebagai kenang kenangan. Kebanyakan pengunjung dari luar kota selalu membeli pernak-pernik untuk menandai momen berharga yang telah mereka habiskan berkunjung ke museum ini.

Harga souvenirnya juga masuk akal dan tidak terlalu mahal. Beberapa item yang bisa Anda bawa pulang adalah gantungan kunci dan kaos khas yang bertuliskan Museum Geologi Bandung. Barang barang ini tidak dapat diperoleh di tempat lain karena memang otentik dan hanya bisa di beli di kawasan wisata yang bersangkutan saja.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Geologi Bandung

Fasilitas di Museum Geologi
Image Credit: Twitter.com @WisataExpo

Bagi Anda yang belum tahu, Museum Geologi juga memiliki berbagai fasilitas penunjang yang sangat memadai. Di sana terdapat ruang seminar yang memungkinkan pengunjung dalam rombongan melakukan aktivitasnya. Belum lagi fasilitas penunjang seperti masjid, toilet, dan poliklinik akan membuat para tamu merasa terlayani dengan baik.

Toilet yang sangatlah terawat menjadi salah satu bentuk keseriusan pengelola untuk menghadirkan tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi. Meskipun sepele, hal ini kerap kali menjadi alasan bagi wisatawan enggan kembali ke sebuah destinasi. Apabila toiletnya jorok, tentu hal tersebut akan membuat liburan menjadi tidak nyaman.

Sangat disayangkan apabila saat Anda berkunjung ke Bandung tidak menyempatkan diri untuk datang ke Museum Geologi Bandung. Berbagai informasi yang telah disebutkan sebelumnya diharapkan dapat menjadi pertimbangan Anda saat hendak mengunjungi lokasi wisata tersebut. Pastikan Anda datang bersama dengan keluarga agar liburan jauh lebih berkesan.