Bila berkunjung ke Bogor, terdapat cukup banyak museum yang menarik dijelajahi untuk belajar sejarah dan budaya. Mulai dari museum prasejarah, sejarah perjuangan kemerdekaan, museum tentang flora, fauna, hingga barang barang antik bisa ditemukan di Kota Hujan.

Museum merupakan cagar budaya yang keberadaannya berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai koleksi sejarah, serta berbagai keunikan lainnya. Dengan begitu masyarakat pun bisa menjadikan museum sebagai sarana pendidikan dan pengetahuan. Di Bogor sendiri, terdapat deretan museum yang memiliki berbagai koleksi bersejarah yang disuguhkan pada publik. Penasaran dengan museum yang ada di Kota Hujan Bogor? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
Image Credit: Google Maps (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia)

Ketika membahas tentang tanah air Indonesia, maka rasanya tidak lengkap tanpa membahas kekayaan alamnya yang begitu melimpah. Di Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia yang telah diresmikan sejak 2016 lalu ini, Anda  bisa menemukan bagaimana kerjasama antara manusia dan alam telah berlangsung sejak lama. Saat pertama memasuki area museum, Anda  akan langsung menyaksikan peradaban manusia zaman prasejarah.

Di sini Anda  juga bisa memperoleh pengetahuan mengenai bagaimana manusia zaman dahulu memenuhi kebutuhan makanan, dari cara yang sederhana hingga menggunakan alat. Semua informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk panel informasi, diorama, serta sarana multimedia. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia juga menyimpan koleksi alat pertanian yang bisa Anda  jumpai di ruang Manusia dan Lingkungan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor
Image Credit: Instagram.com @syawalji

Museum Perjuangan Bogor menjadi salah satu museum terbaik di Bogor yang juga tidak boleh Anda  lewatkan. Wisata museum yang terletak di kawasan Ciwaringin ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah, juga cerita perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terjadi di Bogor. Tidak hanya itu saja, Anda  juga bisa melihat secara langsung berbagai senapan yang pernah dirampas dari tangan Inggris dan Jepang.

Dengan berkunjung ke Museum Perjuangan Bogor, Anda  juga akan berkesempatan untuk melihat lihat mata uang pada zaman VOC. Koleksi yang ada di museum satu ini semakin lengkap dengan simpanan koleksi pakaian para pejuang, yang masih terdapat nama serta noda darah pada beberapa bagiannya. Berkunjung ke wisata museum ini bisa membuat Anda  seakan tengah berada di masa perjuangan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti
Image Credit: Google Maps (Raden Yusuf)

Museum Balai Kirti menjadi wisata bersejarah selanjutnya yang bisa Anda  kunjungi ketika berada di Bogor. Gedung yang memiliki luas lahan sekitar 3.2116,6 m ini berada di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. Dimana di sini para pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih dekat para presiden Indonesia, beserta dengan berbagai barang peninggalannya yang ikut dipamerkan.

Memasuki area museum Balai Kirti, Anda  akan menemukan koleksi seperti film dokumenter, storyline dan lain sebagainya. Terdapat juga beberapa deretan buku sejarah kepresidenan, hingga fasilitas IT yang bisa memudahkan pencarian informasi. Museum Balai Kartini terdiri atas 3 lantai, dimana pada lantai pertama berisi patung dan beberapa gambar dari semua presiden. Lantai dua berisi barang peninggalan presiden, dan di lantai tiga terdapat taman terbuka dan ruang rapat.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Museum PETA

Museum PETA
Image Credit: Google Maps (Afif Afandi)

Jika berbicara mengenai masa penjajahan, Anda  tentu tidak akan asing lagi dengan PETA. PETA atau Pembela Tanah Air adalah pasukan tanah air yang dilatih dan disiapkan oleh Jepang untuk menghadapi kedatangan sekutu. Dengan mengunjungi museum ini, Anda  sekilas akan merasakan suasana perjuangan pada masa penjajahan tersebut. Bahkan begitu tiba di lokasi museum, Anda  akan langsung disambut oleh patung Jendral Sudirman.

Sementara pada sisi bagian kiri museum akan terlihat sebuah tank yang cukup besar, turut menyambut kedatangan para pengunjung museum. Sedangkan ketika memasuki area dalam museum, Anda  akan menjumpai relief tokoh tokoh PETA, beserta dengan berbagai kegiatan yamg dilakukan saat itu. Ada juga diorama dan berbagai senjata yang digunakan dalam perjuangan, yang juga ikut serta ditampilkan untuk pengunjung di Museum PETA ini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Museum Tanah dan Pertanian

Museum Tanah dan Pertanian
Image Credit: Google Maps (Adhita Dian)

Beranjak dari museum perjuangan bangsa Indonesia, kali ini ada museum unik yang menyimpan banyak ilmu di dalamnya. Dari depan museum ketika melihat bangunannya saja, Anda  dijamin akan langsung tertarik untuk masuk ke dalamnya. Pasalnya Museum Tanah dan Pertanian ini memiliki bangunan klasik yang tampak begitu megah dan indah. Setelah memasuki area dalam museum, Anda  justru akan seperti masuk ke dalam rumah mewah.

Penataan cahaya maupun interiornya memang begitu apik dan menyejukkan mata, dimana di sekeliling ruangan terdapat koleksi bebatuan indah yang dipajang. Kemudian pada ruangan berikutnya, Anda  bisa melihat banyak maket berbagai bentuk tanah. Di bagian dinding sudah terdapat informasi detail mengenai proses pembentukan tanah tersebut, yang bisa Anda  baca untuk menambah wawasan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Purwakarta yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Museum Pasir Angin

Museum Pasir Angin
Image Credit: Google Maps (arief bw)

Museum Pasir Angin berada di kawasan Cemplang, tepatnya di bukit kecil dengan ketinggian sekitar 210 mdpl. Sehingga area di sekitar wisata tersebut terasa begitu sejuk dan menyegarkan mata. Benda yang disimpan di dalamnya juga beragam dan begitu menarik untuk dieksplorasi, ada banyak benda arkeolog yang bisa ditemukan seperti tongkat perunggu, kapak besi, kapak corong, alat alat obsidian, dan gerabah.

Semua peninggalan prasejarah yang terdapat di Museum Pasir Angin ini sangat unik, dan tidak bisa Anda  temukan di objek wisata lainnya. Bahkan hampir semua peninggalan tersebut menghadap pada bidang datar utama monolit, yang semuanya menghadap ke arah timur. Cagar budaya ini sangat sayang sekali untuk Anda  lewatkan bila Anda  sedang berkunjung ke daerah Bogor.

Lokasi: Cemplang, Kec. Cibungbulang, Kota Bogor.

7. Museum Etnobotani Indonesia

Museum Etnobotani Indonesia
Image Credit: Google Maps (Eko Budi Utomo)

Etnobotani adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan tumbuh tumbuhan. Sesuai dengan nama objek wisatanya, di museum ini pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih banyak tentang dunia tumbuhan. Ketika berada di lobby museum, Anda  bahkan akan disuguhi relief penggambaran evolusi tumbuhan. Kemudian memasuki area museum lebih dalam, Anda  akan berjumpa dengan foto Bogor masa lampau sekitar tahun 1920 hingga 1930 an.

Beranjak dari ruang foto, ruangan berikutnya menyajikan berbagai informasi mengenai rempah rempah. Dimana berbagai rempah tersebut dulunya banyak digunakan untuk berbagai hal, seperti bahan pangan dan pengobatan. Kemudian ada juga lorong panjang yang berisikan kerajinan tangan dari rotan yang begitu menarik untuk disaksikan. Semua pembagian ruangan di museum ini tergolong sangat rapi, jadi Anda  bisa lebih nyaman dalam menikmatinya.

Lokasi: Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

8. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor
Image Credit: Google Maps (JH)

Museum Zoologi Bogor menjadi salah satu museum terbaik di Bogor yang wajib untuk Anda  kunjungi. Berwisata bersama buah hati di objek wisata ini tentu akan lebih menyenangkan, mengingat bahwa bangunan satu ini menyimpan banyak koleksi fosil satwa. Mulai dari berbagai satwa kecil hingga fosil yang berukuran cukup besar seperti paus biru, juga bisa ditemukan di Museum Zoologi Bogor ini.

Tidak hanya itu saja, di sini Anda  juga akan menemukan beberapa fosil hewan langka yang pernah hidup di Indonesia. Tidak hanya terus berpusat pada hewan, Museum Zoologi Bogor juga menghadirkan koleksi jenis flora langka yang begitu cantik dan unik. Dengan berkunjung kemari, secara tidak langsung putra putri Anda  akan teredukasi dengan wawasan tentang flora dan fauna yang dilindungi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Majalengka yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Museum Mobil dan Keramik

Museum Mobil dan Keramik
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Selanjutnya Anda  Museum Mobil dan Keramik dan menyuguhkan pengalaman wisata cukup berbeda dari museum lainnya. Museum yang berada di kawasan Sentul ini tentu tidak boleh Anda  lewatkan, terlebih bagi Anda  para pecinta barang antik. Pasalnya museum satu ini menawarkan berbagai koleksi mobil dan motor antik. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa koleksi keramik antik yang juga turut dihadirkan.

Saat berkunjung ke Museum Mobil dan Keramik, Anda  tidak diperkenankan untuk menyentuh ataupun menaiki kendaraan yang dipamerkan. Mengingat bahwa semua koleksi tersebut penuh sejarah dan menjadi barang antik yang berharga. Meski begitu, Anda  bisa berfoto di samping semua koleksi dan mendapatkan sebuah potret klasik yang begitu instagramable.

Lokasi: Cileungsi, Kadumangu, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

10. Museum Tambang Pongkor

Museum Tambang Pongkor
Image Credit: Radarbogor.id

Gunung Pongkor yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, merupakan tempat penambangan emas yang terbesar di pulau Jawa. Sejak operasi tambang berakhir, PT Aneka Tambang Tbk mendirikan Museum Tambang Pongkor dan mengubahnya menjadi objek wisata edukasi. Dimana di sini Anda  akan mendapat wawasan mengenai aktivitas pertambangan secara lengkap, mulai dari eksplorasi area tambang hingga pengolahan biji emas.

Destinasi wisata museum satu ini juga menyuguhkan nilai nilai budaya, sejarah, dan struktur bumi yang merupakan pengetahuan yang begitu bermanfaat bagi para pengunjung Indonesia maupun asing. Dengan adanya objek wisata ini, diharapkan juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan dari masyarakat sekitar museum. Ada juga beberapa aktivitas wisata lainnya yang bisa Anda  nikmati, yang masuk ke dalam Pongkor Geopark.

Lokasi: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kota Bogor.

Berbicara mengenai objek wisata museum, Indonesia memang memiliki cukup banyak sekali cagar budaya yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Meski sebagian orang berpikir berwisata ke museum akan membosankan, ternyata museum juga bisa menjadi sangat menyenangkan. Terlebih di sana Anda  tidak bisa berwisata saja, tapi juga mendapatkan wawasan baru yang sebelumnya tidak diketahui. Jadi, sudah siap berkunjung ke deretan museum di Bogor?