Kota Bandung memiliki banyak wisata edukasi museum menarik yang menarik dikunjungi untuk belajar sejarah dan budaya. Tatkala mengunjunginya, pastikan Anda siap menerima segala informasi bermanfaat yang telah disiapkan.

Sudah menjadi kabar umum, jika Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, banyak pula pengunjung dari mancanegara yang jauh jauh datang untuk menikmati keindahan kota dingin ini. Meski terkenal dengan wisata alamnya, Bandung juga memiliki museum yang layak dikunjungi dikala musim liburan tiba. Berikut daftar museumnya.

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika
Image Credit: Google Maps (azzahra dhanindya)

Destinasi museum pertama yang patut untuk dikunjungi ketika bertandang ke Bandung yaitu Museum Konferensi Asia Afrika. Sesuai dengan namanya, museum ini memang sengaja dibangun untuk menyimpan histori atau sejarah tentang Konferensi Asia Afrika. Terletak di pusat kota Bandung, museum satu ini memang menjadi destinasi favorit para pelancong.

Bila berkunjung ke museum ini, Anda akan disuguhkan dengan beragam kenangan dikala Konferensi Asia Afrika silam. Selain bisa mengenang sejarah terjadinya konferensi, Anda pun mendapatkan pengetahuan dari museum ini. Bahkan museum yang diresmikan tahun 1980 silam ini juga menyediakan replika konferensi yang pernah dilakukan dulu.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

2. Museum Gedung Sate

Gedung Sate Bandung
Image Credit: Kompas.com

Tak kalah terkenalnya dengan Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Gedung Sate ini pun seringkali menjadi destinasi yang digemari oleh para pelancong. Semenjak diresmikan pada tahun 2017 silam oleh pemerintah setempat, Museum Gedung Sate ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan tidak jarang juga terdapat wisatawan yang berasal dari luar daerah berkunjung kesini.

Terletak dekat dengan basement Gedung Sate yang terkenal, museum satu ini menyuguhkan pemandangan yang berbeda dengan museum pada umumnya. Dimana didalamnya terdapat interactive glass display dan wall video mapping. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa menyaksikan interactive 3D scale model of Gedung Sate serta kecanggihan teknologi berupa hologram.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

3. Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional
Image Credit: Google Maps (Vini Siti Yundari)

Museum Pendidikan Nasional merupakan destinasi wisata yang paling tepat untuk dikunjungi dikala musim liburan tiba. Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2015 silam ini, menyimpan berbagai informasi terkait sejarah pendidikan di Indonesia khususnya Kota Bandung. Tidak sekedar membahas pendidikan semata, museum pula menawarkan wacana pendidikan di masa yang akan datang.

Selain kaya akan informasi, Museum Pendidikan Nasional pula memiliki gaya arsitektur bangunan yang sangat menarik. Pada dinding bagian luarnya, Anda akan menjumpai keindahan ukiran yang sengaja dibuat untuk mempercantik tampilan bangunan. Berkat kecantikannya tersebut, tidak heran jika banyak para wisatawan yang memanfaatkannya sebagai spot foto instagenik.

BACA JUGA:  Pesona Gedung Sate, Peninggalan Bersejarah di Kota Bandung

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

4. Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung
Image Credit: Google Maps (Henry Indratmoko)

Penasaran dengan sejarah berdirinya kota Bandung? Cobalah untuk berkunjung ke destinasi wisata bernama Museum Kota Bandung ini. Disini Anda akan disuguhkan dengan beragam informasi mengenai sejarah terbentuknya Kota Bandung. Mulai dari zaman kerajaan, penjajahan, hingga merdeka. Meski memiliki tampilan yang lebih sederhana, namun informasi yang diberikan tentunya sangat akurat.

Selain mendapatkan informasi mengenai sejarah Kota Bandung, Anda pun akan memperoleh informasi terkait para pahlawan yang berjasa di masa silam. Tidak jarang pula, museum satu ini seringkali digunakan sebagai destinasi tujuan wisata sekolah di musim liburan. Segudang informasi yang disuguhkan museum ini, tentunya akan menambah wawasan Anda.

Lokasi: Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Museum Inggit Garnasih

Museum Inggit Garnasih
Image Credit: Google Maps (Hereka Yuni Jayanto)

Bisa dibilang, jika museum satu ini merupakan bekas dari tempat tinggal sang tokoh yang bernama Inggit Garnasih. Tidak heran jika bentuk dari museum satu ini layaknya sebuah hunian zaman dahulu. Meskipun begitu, tatkala memasukinya Anda akan menyaksikan beragam informasi menarik terkait perjuangan dari Inggit Garnasih.

Bahkan dulunya, rumah ini sempat ditinggali oleh tokoh nasional yang sangat berpengaruh di tanah air yakni Ir. Soekarno. Banyak sekali sejarah yang telah terukir di rumah satu ini. Berkat perjuangan yang pernah dilakukan Inggit Garnasih dahulu, pemerintah setempat memutuskan untuk membuat huniannya sebagai museum. Hal ini tidak lain guna mengingat jasa yang pernah ia lakukan kepada bangsa Indonesia.

Lokasi: Jl. Ibu Inggit Garnasih No.8, Nyengseret, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

6. Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan
Image Credit: Google Maps (Henhen Suhendar)

Museum selanjutnya yang patut untuk dikunjungi yaitu Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan. Di museum ini Anda akan ditawarkan dengan berbagai permainan edukatif dan interaktif. Dimana permainan tersebut bisa digunakan untuk semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Berkat permainan seperti ini, Museum Puspa IPTEK selalu dijadikan sebagai tujuan wisata favorit.

Uniknya lagi, bangunan dari museum ini sengaja dibangun dengan sangat menarik dan berbeda dengan museum pada umumnya. Bila diperhatikan dengan jeli, bangunan museum akan terlihat layaknya sebuah jam matahari berukuran raksasa. Karena bentuk bangunan unik inilah, membuat Museum Puspa IPTEK dinobatkan sebagai jam matahari paling besar di Indonesia oleh MURI.

Lokasi: Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat.

7. Museum Mainan

Museum Mainan
Image Credit: Facebook.com @asianbeatINDONESIA

Bosan dengan destinasi wisata anak yang itu itu saja? Tenang, destinasi bernama Museum Mainan ini bisa dijadikan sebagai alternatif liburan terbaik untuk anggota keluarga Anda. Perlu Anda ketahui, jika museum ini ternyata memiliki cerita panjang di balik pembangunannya. Awal mulanya, museum ini didirikan oleh sebuah perkumpulan yang bernama Zero Toys.

Perkumpulan Zero Toys merupakan tempat para kolektor dan penggemar mainan berkumpul, yang kemudian membentuk sebuah toko sekaligus museum. Menariknya lagi, mereka tidak tanggung tanggung menghadirkan koleksi mainan yang berasal dari puluhan tahun silam. Bahkan pihak pengelola museum juga menawarkan beberapa jasa yang terbilang unik.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Sunda No.39, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

8. Museum Geologi

Museum Geologi
Image Credit: Google Maps (Hatta)

Museum Geologi ini bisa dibilang menjadi destinasi wisata lainnya yang patut untuk Anda kunjungi tatkala bertandang ke Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, museum ini menyediakan berbagai benda yang berkaitan erat dengan cabang ilmu geologi. Misalnya saja fosil dari jenis hewan terdahulu, bebatuan, dan juga mineral.

Hebatnya lagi, keseluruhan benda yang dipajang di museum satu ini telah didapatkan sejak tahun 1850 silam hingga saat ini. Menjadi salah satu museum yang berusia cukup tua, Museum Geologi tidak pernah surut akan peminatnya. Bahkan dikala musim liburan tiba, museum yang didirikan pada tahun 1928 ini selalu dipadati oleh para pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

9. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga
Image Credit: Google Maps (Teh Ara)

Sempat dinamakan Museum Negeri Provinsi Jawa Barat, destinasi satu ini termasuk ke dalam deretan museum terkenal di Kota Bandung. Alami perubahan nama di tahun 1990, Museum Sri Baduga juga telah mengalami beberapa kali renovasi. Meski telah dilakukan renovasi berulang kali, konsep bangunan yang sejak awal tetap dipertahankan sebagai daya tariknya.

Tak hanya diperuntukkan kalangan dewasa, Museum Sri Baduga juga memperbolehkan anak anak untuk berkunjung di dalamnya. Tatkala berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan dengan patung berukuran besar dengan lapisan emasnya. Berkat adanya patung unik satu ini, banyak para pengunjung yang datang memanfaatkannya sebagai spot foto yang menarik.

Lokasi: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

10. Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia
Image Credit: Google Maps (arindy putri febrina)

Mulanya destinasi bernama Museum Pos Indonesia dibuka pada tahun 1931 silam. Dikala itu, museum ini diberikan nama Museum Pos, Telegraf, dan Telepon atau PTT. Kemudian di tahun 1983 silam, destinasi satu ini kembali diperbarui dan diresmikan kembali dengan nama yang baru. Meski terbilang cukup tua, museum ini masih sangat layak untuk dikunjungi.

Pasalnya, di dalamnya tersedia beragam koleksi mengenai sejarah pos di Indonesia yang sangat menarik. Tidak hanya dari dalam negeri, koleksi yang berada di dalam museum ini juga didatangkan dari luar negeri. Hebatnya lagi, Anda juga bisa menjumpai koleksi surat emas dari berbagai raja nusantara terdahulu kepada Komandan dan Jenderal Belanda.

Lokasi: Cilaki St No.73, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

11. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Image Credit: Google Maps (Hari Hermawan)

Penasaran dengan senjata yang dahulu sempat digunakan untuk melawan penjajah? Tidak perlu khawatir, dengan mengunjungi ke destinasi bernama Museum Mandala Wangsit Siliwangi ini rasa penasaran Anda akan terpenuhi semuanya. Diantara koleksi senjata tersebut yaitu kujang, keris, pedang, golok, panah, pedang bambu, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak sekedar senjata semata, Anda pun bisa menemukan barang barang terdahulu yang seringkali digunakan untuk melawan penjajah. Karena terletak di pusat kota, tidak heran jika Museum Mandala Wangsit Siliwangi ini kerap dipadati oleh para pelancong dikala musim liburan ataupun akhir pekan. Bahkan tidak jarang pula digunakan sebagai tempat tujuan study tour lembaga pendidikan.

BACA JUGA:  15 Tempat Belanja di Bandung yang Populer

Lokasi: Jl. Lembong No.38, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

12. Museum Nike Ardilla

Image Credit: Google Maps (Dedsonjaya Sonjaya)

Siapa yang tidak mengenal Nike Ardilla? Salah satu artis yang berasal dari Kota Bandung ini terkenal sebagai seorang penyanyi yang sangat piawai. Meski telah tiada beberapa tahun silam, lagu dan sosoknya tetap terngiang ngiang di telinga para penggemarnya. Untuk mengingat segala perjuangannya selama ini, para penggemarnya berinisiatif membuatkan sebuah museum.

Dimana di dalam museum ini, Anda akan menjumpai segala informasi terkait masa hidup dan perjalanan karier Nike Ardilla. Menariknya lagi, Anda juga akan disuguhkan dengan beragam benda koleksi yang masih erat kaitannya dengan sang mendiang. Bahkan Anda pun bisa menemui foto Marilyn Monroe, yang merupakan artis idola dari Nike Ardilla.

Lokasi: Jl. Aria Utama No.5, Cipamokolan, Kec. Rancasari, Kota Bandung.

13. Museum Barli

Museum Barli
Image Credit: Google Maps (Richard Saptabharata)

Tatkala bertandang ke Kota Bandung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Museum Barli. Sesuai dengan namanya, museum ini memang sengaja dibangun guna didedikasikan kepada seorang tokoh bernama Barli Sasmita. Perlu Anda ketahui, bahwa Barli Sasmita merupakan seorang pelukis terkenal Indonesia yang berasal dari Kota Bandung.

Bila menginjakkan kaki disini, Anda akan disuguhkan dengan lukisan karya dari sang tokoh hebat dengan jumlah yang banyak. Bahkan tidak sedikit, hasil karya lukisannya mengandung beberapa aliran di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari setiap aliran dari lukisan yang ditampilkan. Beragam lukisan ini pun tidak jarang dimanfaatkan sebagai spot foto instagenik oleh para pengunjung.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

14. Museum Galeri Soemardja ITB

Museum Galeri Soemardja ITB
Image Credit: Google Maps (Aola Romadhona)

Anda termasuk orang yang menyukai seni? Cobalah untuk berkunjung ke salah satu museum yang terletak di Bandung bernama Galeri Soemardja ITB ini. Pasalnya, disini Anda akan disuguhkan dengan aneka karya seni yang sangat unik dan menarik. Kala menginjakkan kaki disini, Anda bisa menjumpai beragam karya seni dari para mahasiswa ITB.

Lokasi: Jl. Ganesha No. 10, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

15. Museum Wolff Schoemaker

Museum Wolff Schoemaker
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fachry)

Dikenal dengan sebutan Museum Hotel Preanger, destinasi satu ini merupakan museum terbaru yang dimiliki Kota Bandung. Museum yang diresmikan pada tahun 2013 silam ini, sengaja dibuat untuk didedikasikan kepada seorang tokoh arsitektur handal bernama Wolff Schoemaker. Bila menginjakkan kaki disini, Anda akan disuguhkan dengan beragam karya menarik dari sang tokoh.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Mungkin tidak sedikit orang yang tidak tertarik bertandang ke museum, dengan alasan membosankan. Namun hal ini tidak berlaku dengan museum yang berada di Kota Bandung. Pasalnya, semua destinasi museum di Bandung menyimpan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan tidak sedikit pula museum tersebut sengaja dibangun dengan gaya arsitektur yang unik.