Tasikmalaya dikenal memiliki beragam wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Inilah beberapa makanan khas Tasikmalaya yang bisa Anda cicipi untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Selain mengunjungi destinasi wisatanya, kota yang memiliki julukan Mutiara dari Priangan ini juga tawarkan wisata kuliner yang beragam. Tak heran jika para wisatawan yang datang juga sekalian untuk menikmati kuliner yang lezat. Menawarkan rasa yang begitu unik akan membuat siapapun ketagihan. Berikut daftar makanan khas Tasikmalaya yang unik dengan cita rasanya.

1. Bubur khas Tasik

Bubur khas Tasik
Image Credit: Facebook.com @shelly.hanisa.5

Untuk memulai perjalanan rasa Anda di Tasikmalaya Anda bisa menjadikan bubur khas Tasik sebagai pilihan. Bubur khas Tasikmalaya ini sekilas memang mirip dengan bubur pada umumnya. Hanya saja, bubur ini memiliki perbedaan pada topping yang disajikan. Pada bubur umumnya, hanya menggunakan topping yang sedikit.

Tetapi bubur satu ini menggunakan topping yang begitu melimpah. Sehingga akan membuat siapapun ingin segera mencicipinya saat tersaji. Topping yang biasanya dihadirkan mulai dari suwiran ayam hingga hati ayam. Jangan lupakan topping lain seperti cakwe, daun bawang dan lainnya. Rasa yang dihadirkan pada makanan khas ini akan membuat siapapun ketagihan.

2. Nasi Cikur

Nasi Cikur
Image Credit: Facebook.com @Najjiib

Apabila Anda ingin mencicipi makanan berat, maka Nasi Cikur bisa Anda jadikan menu selanjutnya. Nasi Cikur sendiri merupakan nasi yang di dalamnya ditambahkan dengan bumbu kencur. Umumnya kencur yang digunakan merupakan kencur muda, bisa ditandai dengan masih ada tunasnya atau warna nya yang masih putih.

Proses pembuatan nasi cikur ini mirip dengan nasi goreng, karena bumbu yang digunakan juga ada bawang merah, bawang putih, terasa dan juga garam. Umumnya nasi cikur akan disajikan dengan telur dadar, ikan asin ataupun lalapan. Nasi cikur mudah untuk Anda temukan, sudah banyak warung yang menyediakan kuliner unik satu ini.

3. Soto Tasik

Soto Tasik
Image Credit: Facebook.com @sotomietasik

Soto masih menjadi makanan yang selalu hadir di setiap kota. Masing masing kota ini bisa memberikan cita rasa yang berbeda beda dan memiliki ciri khas. Begitu juga dengan soto Tasik yang sudah terkenal sampai kemana mana. Jika melihat tampilannya, soto Tasik memiliki kuah kuning yang bening. Tetapi akan tertutup dengan bubuk merica yang berada di atasnya.

Merica inilah yang menjadi ciri khasnya, sehingga membuat rasanya begitu unik. Tidak hanya memberikan rasa segar dan juga hangat. Jika bubuk merica yang digunakan banyak, maka rasanya akan begitu pedas. Tidak hanya bubuk merica, tetapi juga ditambahkan dengan tauge dan kol.Suwiran daging ayam juga menambah nikmatnya Soto Tasik ini.

4. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja
Image Credit: Google Maps (Diaf Family)

Kuliner khas Sunda untuk sarapan biasanya menggunakan lontong sayur atau bubur ayam. Dan tidak ketinggalan menu Tahu Kupat yang juga menjadi favorit untuk sarapan. Kupat tahu memang menjadi berkali kali lebih nikmat jika dinikmati saat sarapan. Disajikan dengan tahu, ketupat atau lontong yang ditambahkan dengan tauge.

Kemudian disiram menggunakan bumbu kacang. Jangan lupakan hadirnya kerupuk udang yang renyah di atasnya. Anda juga bisa menambahkan sambal atau kecap. Kupat Tahu Mangunreja merupakan yang paling legendaris karena sudah ada sejak 1955. Yang menjadikan kuliner ini begitu nikmat adalah bumbu yang digunakan.

5. Sambal Goang

Sambal Goang
Image Credit: Cookpad.com

Sambal Goang dan Tasik seakan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Sambal ini dibuat dari beragam jenis cabai kemudian ditambahkan bawang. Sambal Goang umumnya akan diulek kasar sehingga rasa pedasnya nampol. Karena sangat pas disandingkan dengan nasi tutug oncom, tak heran jika Sambal Goang menjadi kuliner khas Tasikmalaya yang kondang.

6. Comet

Comet Tasikmalaya
Image Credit: Tokopedia.com

Bukan hanya menu berat saja, di Tasikmalaya Anda juga bisa menemukan gorengan yang dikenal Comet. Comet sendiri singkatan combro sa’emet atau combro yang ukurannya kecil. Makanan tradisional ini masih hits di kalangan masyarakat Sunda, sekalipun tidak semua menjualnya. Rasanya yang gurih semakin mantap disantap saat dalam kondisi hangat.

7. Cilok Goang

Cilok Goang
Image Credit: Facebook.com @wahyu.wibowouw

Sambal Goang juga bisa dikreasikan menjadi menu lain yang tak kalah menarik untuk dicoba. Cilok atau aci dicolok memang memiliki ruang tersendiri di lidah para pecinta kuliner. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang nikmat membuat semuanya ketagihan. Apalagi jika ditambahkan dengan siraman kuah sedap dengan bumbu khas yang jempolan.

Cilok goang sendiri sebenarnya merupakan cilok yang disiram menggunakan kuah sambal goang. Dengan perpaduan ini menjadikan rasa dari cilok ini cenderung lebih pedas. Agar semakin lezat ditambahkan juga ceker ayam, tahu dan juga mie kering. Jangan lupakan tambahan bawang goreng diatasnya yang makin menggoda iman siapapun yang akan mencicipinya.

8. Nasi Tutug Oncom Tasik

Nasi Tutug Oncom Tasik
Image Credit: Facebook.com (Warung Nasi mba Tanty)

Di tanah Sunda makanan satu ini memang seperti menu wajib yang tidak boleh dilewatkan. Nasi Tutug Oncom tak jauh berbeda dengan nasi tutug oncom pada umumnya. Nasi akan ditambahkan dengan oncom panggang yang telah dihancurkan. Aromanya makin wangi dengan tambahan bumbu kencur di dalamnya. Lauk pendampingnya bisa ayam goreng, sambal, dan tahu tempe.

9. Tahu Bulat

Tahu Bulat
Image Credit: Facebook.com @sylvia.theblackheart

Nama Tahu Bulat dalam beberapa tahun ke belakang memang begitu kondang dan santer dibicarakan. Hampir di setiap daerah ada yang menjual camilan satu ini. Siapa yang menyangka jika Tasikmalaya juga begitu terkenal dengan Tahu Bulatnya. Tahu bulat umumnya akan dijual dengan menggunakan gerobak atau mobil dan memiliki lagu yang khas.

Bukan hanya memiliki keunikan, rasa dalam tahu bulat juga terbilang istimewa. Rasa gurih yang khas akan membuat siapapun ketagihan dengan rasanya. Bumbunya yang gurih juga semakin menambah cita rasanya. Karena digoreng dadakan, Tahu Bulat memang sangat nikmat jika disajikan dalam kondisi yang masih hangat.

10. Mie Bakso Babat

Mie Bakso Babat
Image Credit: Sangpelancong.com

Siapa yang tidak suka mie dan bakso? Kedua makanan ini jika disatukan juga tidak akan aneh. Justru akan memberikan rasa yang membuat lidah siapapun dimanjakan. Di Tasikmalaya, Anda bisa menemukan mie bakso babat yang sudah kondang akan kelezatannya. Mie bakso babat sendiri merupakan makanan tradisional yang mudah dijumpai.

Ciri khasnya terletak pada mienya yang warna putih, tipis dan pipih lebar. Mie ini diproduksi sendiri oleh para penjualnya. Sehingga teksturnya lebih lembut dan tidak mengandung bahan pengawet. Anda bisa memilih toping sesuai dengan selera Anda. Topping yang paling istimewa babat jarit hitam, tetapi ada juga topping ceker ataupun pangsit yang tak kalah nikmat.

11. Kolontong

Kolontong
Image Credit: Facebook.com (Ade)

Kolontong menjadi camilan yang begitu kondang di Tasikmalaya dan jadi kuliner yang tak boleh dilewatkan. Proses untuk membuatnya mirip dengan opak, dan dibuat dari bahan beras ketan. Kolontong memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang begitu renyah. Untuk membuatnya memang membutuhkan proses yang panjang karena masih gunakan cara tradisional.

Kolontong tidak mengandung bahan pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Apalagi rasanya yang nagih, menjadikan Kolontong sebagai oleh oleh yang kerap diburu oleh wisatawan. Makanan ringan ini sangat mudah untuk Anda temukan. Berbagai pusat oleh oleh yang ada di Tasikmalaya sudah menjual panganan satu ini.

12. Kemplang Khas Tasikmalaya

Kemplang Khas Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com (Tasik Update)

Kemplang berbeda dengan opak maupun kelontong, karena bahan yang digunakan beras ketan dan ditambahkan dengan kepala. Jika mengintip teksturnya, kemplang memiliki tekstur yang padat dengan cita rasa yang begitu gurih. Karena rasanya yang cenderung asin, membuat kemplang umumnya jadikan sebagai teman makan seperti soto atau bakso.

Anda bisa menjadikan kemplang sebagai buah tangan khas Tasiklamaya yang begitu unik. Panganan ringan ini juga bisa tahan lama sekalipun tujuan Anda jauh. Untuk menemukannya bukanlah hal yang sulit, mengingat berbagai swalayan maupun tempat oleh oleh sudah menjual kemplang ini. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dan ramah kantong.

13. Godeblag

Godeblag Tasikmalaya
Image Credit: Mediadesa.id

Bentuknya tipis dan dibuat dari singkong maupun ketela pohon, Godeblag juga menjadi kuliner khas Tasikmalaya yang tak boleh ketinggalan. Makanan tradisional ini harus menggunakan bahan yang berkualitas agar hasilnya bagus. Godeblag bisa Anda temukan pada makanan pendamping seperti bakso atau mie ayam.

14. Ladu

Ladu Ketan Tasikmalaya
Image Credit: Facebook.com @mita.meiliadp

Kuliner berupa camilan khas Tasikmalaya yang juga banyak diburu adalah Ladu. Ladu yang dibuat dari beras ketan hitam maupun putih ini kerap hadir sebagai suguhan saat lebaran. Rasanya yang manis dan gurih semakin nikmat karena teksturnya yang renyah. Anda bisa menjadikan Ladu sebagai oleh oleh untuk kerabat di rumah, lagipula tidak susah mendapatkannya.

15. Keripik Sukun

Keripik Sukun
Image Credit: Facebook.com @styfirman.sesiliabeniman

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak makanan satu ini. Bahan dasarnya memang menggunakan sukun yang kemudian diolah menjadi keripik. Panganan sederhana ini memang sudah mulai langkah ditemukan begitu juga di Tasik. Rasanya yang gurih dan memiliki tekstur renyah membuat siapapun sulit untuk mengabaikannya. Tapi Anda masih bisa temukan di pusat oleh oleh.

Itulah beberapa makanan khas dari Tasikmalaya yang bisa Anda buru ketika singgah di kota ini. Tak hanya dalam bentuk panganan berat, Tasikmalaya juga memiliki banyak camilan tradisional yang tak kalah nikmat. Masing masing kulinernya juga memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa diantaranya begitu pas untuk dijadikan sebagai buah tangan kerabat di rumah.