Tahu Sumedang menjadi ikon kuliner kota Sumedang yang sudah dikenal di seluruh tanah air. Sumedang juga masih menyimpan banyak makanan khas yang unik dan bisa diburu saat Anda berkunjung.

Sumedang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat yang terbilang strategis. Dimana letaknya dekat dengan jalur utama ke Bandung dan Cirebon. Menjadikan Sumedang menjadi kota yang selalu disinggahi yang juga menyimpan banyak kuliner menggiurkan. Anda bisa mencicipi beberapa makanan khas Sumedang berikut saat singgah di kota satu ini.

1. Soto Bongko

Soto Bongko
Image Credit: Facebook.com @KoncoBejo

Indonesia memang termasuk negara yang sangat kaya jika melihat kuliner. Bahkan Anda bisa menemukan nama makanan yang sama, tetapi memiliki tampilan yang berbeda. Seperti soto misalnya, di Sumedang Anda bisa menemukan soto Bongko. Soto Bongko disajikan dengan tambahan lontong bukan nasi seperti pada soto umumnya.

Lontong yang dipotong kecil kecil akan disajikan dalam bungkusan besar. Tidak hanya itu, terdapat juga tahu kuning goreng dan juga tauge. Setelah itu semua bahan akan disiram menggunakan kuah kari bersantan. Di dalam kuahnya juga ada potongan ayam seperti ceker, sayap dan juga kepala. Soto Bongko sendiri menggunakan daging ayam.

2. Kadedemes

Kadedemesa
Image Credit: Facebook.com @engsih.yuningsih.397

Kuliner selanjutnya yang juga menarik untuk Anda cicipi adalah Kadedemes. Kuliner satu ini tentunya belum begitu familiar di kalangan masyarakat luar Sumedang. Bahan dasar yang digunakan pada masakan ini adalah kulit singkong. Tentu saja hal ini sangat unik dan belum tentu bisa Anda temukan di kota lainnya. Kulit singkong ini akan dimasak dengan cara ditumis.

Padahal biasanya kulit singkong akan dibuang begitu saja, tapi di Sumedang bisa disulap menjadi makanan yang nikmat. Kulit yang digunakan untuk masakan ini adalah bagian dalamnya yang terlebih dahulu dibersihkan. Setelah itu ditambahkan dengan beberapa bumbu khas Sumedang. Rasanya gurih dengan bumbu yang akan membuat siapapun ketagihan.

3. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang
Image Credit: Facebook.com @Kania Putri)

Menginjakkan kaki di Sumedang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner satu ini langsung di kota asalnya. Tahu Sumedang memang sudah begitu kondang, bahkan di beberapa kota sudah banyak pedagang keliling yang menjual tahu berasa gurih ini. Tahu satu ini dikenal dengan tekstur krenyes ketika digigit tapi lembut di bagian dalamnya.

BACA JUGA:  16 Makanan Khas Indramayu yang Terkenal Lezat

Dalam proses pengolahannya, tahu akan ditambahkan dengan bumbu khusus yang membuatnya begitu khas. Resepnya sendiri merupakan resep turun temurun yang masih dilestarikan hingga kini. Tahu Sumedang sangat pas disantap dengan cabai rawit maupun dengan saus sambal dengan kondisi hangat. Anda juga bisa menjadikan panganan ini sebagai buah tangan.

4. Asinan Sukasari

Asinan Sukasari
Image Credit: Twitter.com @LaperGila

Makanan khas Sumedang selanjutnya yang juga memiliki banyak penggemar adalah Asinan Sukasari. Sudah banyak wisatawan maupun masyarakat yang mengetahui makanan satu ini. Anda bisa memilih dua jenis asinan, yakni asinan sayur juga asinan sayur. Bahan bahan yang digunakan pada makanan ini merupakan bahan segar dan berkualitas.

Setelahnya, buah atau sayuran akan direndam dalam air gula dalam beberapa waktu. Buah yang digunakan beragam, mulai dari mangga, jambu, bengkoang, salah, kedondong hingga pepaya. Sementara untuk sayurannya terdiri dari wortel, tauge, kol dan timun. Kuahnya yang segar dengan buah buahan juga sayuran, membuatnya sangat cocok dikonsumsi saat siang hari.

5. Sale Pisang Manis

Sale Pisang Manis
Image Credit: Facebook.com @lina.indriani.735

Untuk melanjutkan perjalanan kuliner anda, Sale Pisang Manis harus Anda cicipi. Sale Pisang sendiri memang sangat mudah untuk ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Tapi di Sumedang, Anda tentu akan mencicipi rasa yang berbeda. Apalagi sale pisang manis ini menggunakan rasa rasa kekinian yang membuatnya cocok dilidah milenial.

Secara tampilan, sale pisang ini memiliki bentuk yang terlihat tebal tetapi ketika digigit akan ada rasa yang renyah. Membuat siapapun yang mencicipinya akan ketagihan akan rasanya. Selain bisa dinikmati di tempat secara langsung, Sale Pisang Manis juga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Anda bisa membelinya di pusat oleh oleh yang ada di Sumedang.

6. Opak Ketan

Opak Ketan
Image Credit: Shopee.co.id

Tidak hanya menawarkan beberapa makanan berat, di Sumedang Anda juga bisa menemukan cemilan yang unik. Opak Ketan bisa Anda buru, makanan yang dibuat dari singkong ini sangat terkenal dan banyak diburu. Memang bahan yang digunakan juga ada beras ketan dan juga campuran kelapa yang membuat rasanya begitu gurih.

Di Sumedang sendiri ada beberapa daerah yang menjadi pusat pembuatan opak, yakni di Conggeang dan Cimanggung. Bahkan karena begitu terkenal, di daerah ini terdapat tugu opak. Jajanan Sumedang ini termasuk makanan kesukaan para Raja di Kerajaan Sumedang Larang. Anda bisa menjadikan panganan satu ini sebagai buah tangan keluarga di rumah.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bandung yang Unik & Instagramable

7. Ubi Cilembu Sumedang

Ubi Cilembu
Image Credit: Facebook.com @diana.ghibran

Ubi Cilembu memang sudah tersebar di banyak kota di Indonesia, dan siapa yang menyangka makanan ini berasal dari Sumedang. Ubi dengan tekstur yang lembut dan juga rasanya yang manis layaknya madu membuatnya banyak penggemar. Membawanya langsung dari Sumedang tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda.

Selain bisa mencicipi yang sudah matang secara langsung, Anda juga bisa membawanya pulang. Apabila takut akan basi, Anda bisa memilih ubi Cilembu Sumedang yang masih mentah. Hanya saja proses memasaknya cukup lama, sehingga banyak yang memilih yang matang. Makanan khas satu ini sangat cocok dinikmati saat sore hari atau ketika hujan.

8. Sambal Oncom

Sambal Oncom
Image Credit: Instagram.com @dapur_sumi

Bahan pangan yang bisa Anda temui di Sumedang adalah Oncom. Oncom sendiri bisa Anda temukan di beberapa daerah di Jawa Barat. Oncom Sumedang terkenal dengan rasanya yang luar biasa nikmat. Bahkan soal rasa, oncom khas Sumedang terkenal hingga luar negeri. Yang membuatnya berbeda adalah bahan yang digunakan.

Oncom Sumedang menggunakan bahan bungkil, atau perpaduan kacang tanah dan ampas ketela. Oncom sendiri sangat cocok jika dimasak menjadi sambal oncom. Olahan ini cukup sederhana, yakni bawang dan juga cabai yang ditambahkan dengan oncom. Perpaduan semua bahan ini akan menghasilkan sambal oncom yang cocok dinikmati dengan nasi hangat.

9. Emplod

Emplod
Image Credit: Facebook.com @cmojang.thea

Emplod merupakan cemilan khas Sumedang yang memang belum banyak dikenal. Padahal cemilan satu ini sangat gurih dan juga nikmat. Bahan yang digunakan untuk membuat emplod adalah singkong yang ditambahkan dengan garam dan juga kelapa. Sebelumnya, singkong akan diparut terlebih dahulu dan dicampurkan bahan lainya.

Setelah semua bahan dicampurkan, maka akan digoreng hingga warnanya berubah kecoklatan. Perpaduan rasanya yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah membuat siapapun ketagihan. Saat ini emplod juga hadir dengan rasa kekinian yang bisa Anda coba. Seperti rasa original dan juga rasa pedas yang juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan.

10. Tape Singkong

Tape Singkong
Image Credit: Facebook.com @selaluadasenja

Tape Singkong juga menjadi makanan khas dari Sumedang yang patut Anda buru. Seperti namanya, bahan yang digunakan adalah singkong pilihan. Tape Singkong juga dikenal dengan nama peuyeum sampeu. Saat ini peuyeum sampeu juga sudah dikemas dengan tampilan yang menarik dan hadir dengan beberapa varian rasa yang unik.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Garut yang Terkenal Lezat

11. Sawo Citali

Sawo Citali
Image Credit: Facebook.com @mei.nurzulfadriah

Tak hanya berupa olahan makanan, Anda juga bisa menemukan buah buahan khas dari Sumedang. Sebut saja Sawo Citali yang banyak diburu oleh wisatawan karena rasanya yang legit. Nama Citali sendiri berasal dari Desa tempat buah ini berasal yaitu Desa Citali. Daging saw ini begitu lembut dan rasanya begitu manis. Wajar jika banyak diburu untuk oleh oleh kerabat di rumah.

12. Salak Bongkok Sumedang

Salak Bongkok Sumedang
Image Credit: Facebook.com @(Nendjo Sumedang)

Selain Sawo, di Sumedang juga ada salak Bongkok Sumedang yang juga merupakan nama desa asalnya. Selain dari Desa Bongkok, salak ini juga memiliki daging yang tebal dengan rasa manis yang membuat ketagihan. Buahnya juga cenderung lebih besar juga membuat siapapun tergoda. Harganya terjangkau dan banyak diburu untuk dibawa pulang ke rumah.

13. Lahang

Lahang
Image Credit: Facebook.com @yani.ruhyani.1

Lahang adalah bahan dasar untuk membuat gula aren yang juga bisa disebut dengan Nira. Di daerah Sumedang, tepatnya di Pasundan ada banyak penjual Lahang. Dimana air inira ini akan disajikan mentah dan bisa langsung diminum. Memiliki rasa yang manis dan segar, sangat cocok dinikmati ketika siang hari untuk mengembalikan semangat.

14. Bandrek Sumedang

Bandrek Sumedang
Image Credit: Instagram.com @resepmakiin

Minuman yang juga bisa dijadikan tujuan kulineran adalah Bandrek Sumedang. Bandrek merupakan minuman penghangat yang terkenal dengan rasanya enak dan mantap. Dibuat dari bahan jahe, air, susu, gula merah, serai dan aroma pandan yang wangi. Selain memiliki kandungan gizi yang bagus, minuman satu ini juga menjadi favorit banyak orang.

15. Opak Oded

Opak Oded
Image Credit: Facebook.com @(UMKM Nusantara)

Selain opak Ketan, di Sumedang Anda juga bisa menemukan Opak Oded. Opak satu ini juga dibuat dari beras ketan yang memiliki warna kecoklatan. Rasanya terbilang gurih dengan tekstur yang empuk juga renyah. Opak Oded banyak dijadikan sebagai kerupuk karena rasa gurihnya. Anda bisa menjadikan opak ini sebagai oleh oleh.

Itulah beberapa makanan khas Sumedang yang bisa Anda buru saat singgah di kota ini. Tidak hanya menyediakan makanan berat, beberapa minuman tradisional dan cemilan juga bisa Anda buru. Soal rasa Anda tak perlu khawatir, karena sudah pasti terjamin rasanya mampu menggoyang lidah.