Kuliner di Sukabumi memang kaya dan selalu memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi rasa, penyajian dan tampilannya menggoda para pecinta kuliner untuk mencicipi makanan khas Sukabumi yang terkenal lezat.

Sukabumi, Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang menjadi kawasan pariwisata. Memang Sukabumi memiliki wilayah yang tidak terlalu besar, tetapi pesonanya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bukan hanya wisata yang indah, Anda juga bisa mencicipi aneka hidangan khasnya. Berikut beberapa makanan khas Sukabumi yang bisa Anda cicipi saat berkunjung.

1. Geco Sukabumi

Geco Sukabumi
Image Credit: Tribunnews.com

Menu makanan pertama khas dari Sukabumi yang harus Anda coba adalah Geco. Dari namanya saja sudah terdengar unik dan membuat penasaran. Geco sendiri sebenarnya adalah singkatan dari tauge tauco. Sehingga sudah bisa dibayangkan jika Anda akan menemukan tauge di dalam menu satu ini.

Dalam satu porsi geco, Anda akan disuguhkan tahu, tauge, lontong yang kemudian disiram dengan kuah lezat. Kuah inilah yang didalamnya terdapat tauco yang menambah cita rasa. Semakin menggoda, ketika diatasnya ditaburi dengan kerupuk. Umumnya makanan ini, banyak dijual di pinggir jalan dan dijadikan sebagai menu sarapan yang murah meriah.

2. Roti Priangan

Roti Priangan
Image Credit: Google Maps (Lcy K)

Bukan hanya dalam bentuk makanan berat, Anda juga bisa menemukan kuliner khas Sukabumi dalam bentuk roti. Roti khas ini kerap dikenal dengan roti Priangan. Ketika menginjakkan kaki di Sukabumi, pastikan untuk tidak melewatkan kuliner satu ini. Selain bisa dinikmati langsung, Anda juga bisa menjadikan Roti terkenal ini sebagai buah tangan.

Sebenarnya, Roti Priangan sendiri merupakan masakan khas Sunda. Karena sudah dikenal di berbagai daerah akhirnya makanan ini diproduksi di berbagai daerah. Dibuat dari adonan yang khusus dan sudah menjadi menu legendaris, roti ini memang memiliki rasa yang begitu khas. Dari semua jenis roti Priangin, roti tanduk menjadi roti yang paling populer di antara lainnya.

Roti lembut dengan rasa yang nikmat, menjadikan para pecinta kuliner selalu memburunya. Roti khas Sukabumi satu ini awalnya diproduksi Oey Tjiang Lie dan berdiri sejak 1943. Hingga saat ini Anda masih menemukan toko roti yang tak pernah sepi ini. Sekalipun sudah bertahun tahun, tetapi rasa yang dihadirkan pada panganan satu ini tidak pernah berubah.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Dago Bandung yang Terkenal Enak

3. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu
Image Credit: Instagram.com @mamih_unggu

Apakah Anda penggemar nasi uduk? Nasi uduk yang dinikmati dengan lalapan dan berbagai lauk memang berhasil menggoyang lidah siapapun. Di Sukabumi, Anda bisa menemukan nasi uduk yang berbeda. Karena nasi uduknya berwarna ungu dan menjadi makanan khas yang begitu kondang. Mengunjungi Sukabumi, Anda jangan sampai melewatkan mencicipi makanan ini.

Sebenarnya, yang membedakan nasi uduk ini dengan nasi uduk pada umumnya adalah warnanya saja. Proses pembuatannya hampir sama dengan cara membuat nasi uduk pada umumnya. Anda tak perlu khawatir akan warna yang digunakan untuk membuat tampilannya berbeda ini. Warna ungu ini didapatkan dari ubi ungu dan buah bit.

Apabila Anda mempermasalahkan rasa, rasa dari nasi uduk ungu ini tak akan membuat Anda kecewa. Perpaduan gurih dan nikmat yang akan membuat siapapun ketagihan. Biasanya, nasi uduk ini akan disandingkan dengan telur dadar, ayam maupun tahu goreng. Jangan lupakan tambahan lalapan serta sambal yang akan membuat rasanya makin nikmat.

4. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi
Image Credit: Twitter.com @BebenIsmail

Setelah mencicipi makanan beratnya, Anda bisa memilih surabi khas Sukabumi untuk jadi menu berikutnya. Surabi Sukabumi menjadi panganan yang begitu populer dan juga legendaris. Jika selama ini, Anda akrab dengan Surabi Bandung, maka Anda tidak boleh mengabaikan rasa dari Surabi Sukabumi satu ini.

Yang membuat surabi ini berbeda dari surabi dari daerah lain adalah bahan yang digunakan. Dalam adonan Surabi Sukabumi akan ditambahkan dengan buah durian. Inilah yang menjadi alasan mengapa surabi ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai buah durian untuk mencicipinya.

Tambahan durian ini ternyata juga membuat adonannya menjadi lebih lembut. Dalam penyajiannya, Anda juga bisa memilih topping beragam. Mulai dari topping original hingga parutan keju yang siap menggoyang lidah Anda. Makanan tradisional ini memang masih tenar hingga saat ini, dan topping yang dihadirkanlah yang menjadikannya makin kekinian.

5. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut
Image Credit: Google Maps (Erwin Muniruzaman)

Kuliner yang hanya bisa Anda cicipi ketika berada di Sukabumi adalah Bubur Bunut. Anda bisa menjadikan menu satu ini sebagai menu sarapan Anda. Bangun pagi, Anda bisa mengunjungi tempat kulineran satu ini agar tidak kehabisan. Yang membuat panganan ini istimewa adalah topping bubur yang ditaburkan sangat beragam.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Subang yang Paling Terkenal

Bubur ayam akan ditambahkan dengan daging ayam, toge, potongan risoles dan juga bawang goreng serta topping lainnya. Mau tim di aduk ataupun tidak, bubur satu ini memang sangat sayang untuk dilewatkan. Saat ini, Bubur Ayam Bunut sudah membuka beberapa cabang yang bisa Anda jadikan tujuan wisata kuliner Anda.

6. Mochi

Kue Mochi Lampion
Image Credit: Twitter.com @benzbara_

Kuliner khas Sukabumi yang juga unik dan wajib Anda jajal adalah kue Mochi. Kuliner satu ini begitu kondang dan sangat identik dengan Sukabumi. Sekalipun berasal dari Jepang, tetapi Mochi yang diproduksi lokal ini sangat pas dengan lidah masyarakat Indonesia.Tak hanya bisa Anda jadikan cemilan, Mochi juga banyak diburu untuk jadi buah tangan.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue Mochi merupakan tepung beras. Kemudian tepung beras tersebut akan ditambahkan dengan bahan bahan lainnya. Teksturnya yang kenyal dan sedikit lengket membuat siapapun akan ketagihan. Rasanya cenderung manis, dan mochi juga hadir dengan berbagai pilihan rasa yang menarik.

Rasa yang bisa Anda coba mulai dari rasa original, durian, blueberry, kacang dan lainnya. Tampilan kue satu ini memang begitu menarik karena berwarna warni. Ada banyak penjual kue mochi yang bisa Anda kunjungi di Sukabumi. Salah satunya adalah Mochi Kaswari yang sudah ada sejak tahun 1983, sehingga rasa dan kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

7. Mie Goreng Sukabumi

Mie Goreng Sukabumi
Image Credit: Google Maps (Squad Girl)

Olahan mie memang begitu menggoda dan banyak sekali penggemarnya. Jika Anda salah satunya, maka tidak boleh melewatkan nikmatnya Mie Goreng Sukabumi. Sebenarnya, tidak hanya mie goreng, karena memang ada mie yang dimasak dengan kuah. Yang jelas mie khas Sukabumi akan membuat siapapun puas setelah mencicipinya.

Dalam sajian mie gorengnya, Anda bisa menemukan bahan tambahan lain selain mienya. Satu porsi mie goreng akan ditambahkan dengan telur dadar, suwiran ayam, sayuran, mie dan irisan timun. Menu satu ini memang terbilang sederhana, tetapi dalam rasanya memiliki ciri khas yang membuat pecinta kuliner dimanjakan.

Sebenarnya, mie yang digunakan sebagai bahan bakunya juga berbeda dengan mie pada umumnya. Sukabumi memproduksi sendiri mienya yang ada di kawasan Odeon. Dengan begitu mie satu ini tentunya tidak menggunakan bahan pengawet. Ditambahkan dengan bumbu bumbu pilihan membuat menu satu ini begitu sempurna di mulut.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak dan Diburu Wisatawan

Menemukan mie sukabumi bukanlah hal yang sulit. Anda bisa mengunjungi beberapa warung makan yang memang sudah begitu terkenal. Mulai dari Mie Goreng Acoy yang menawarkan porsi besar dan kecil dalam sajiannya. Warung mie yang berada di Jalan Ahmad Yani ini memang tidak pernah sepi pengunjung.

8. Bandros Ata Sukabumi

Bandros Sukabumi
Image Credit: Instagram.com @trixie_gayatri

Kuliner selanjutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Bandros. Bandros merupakan panganan tradisional yang dibuat dari tepung beras, ditambahkan dengan kelapa dan juga santan. Perpaduan rasa manis dan gurih yang dihadirkan juga semakin rame dengan tambahan topping nya. Anda bisa memilih rasa seperti keju, vanila hingga rasa coklat.

Dari sekian banyak kuliner Bandros, Bandros Ata merupakan yang paling terkenal dan banyak direkomendasikan. Jangan kaget jika Anda tiba harus mengantri panjang. Karena memang tempat jual bandros ini sudah begitu kondang dan terkenal enak. Anda bisa menjadikan bandros sebagai teman nongkrong ataupun oleh oleh untuk keluarga di rumah.

9. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore
Image Credit: Twitter.com @handigunn

Kuliner khas yang juga hanya bisa dijumpai di Sukabumi adalah Sekoteng Singapore. Sebenarnya, tampilan sekoteng ini tak jauh berbeda dengan sekoteng pada umumnya. Hanya saja, dalam penyajiannya ditambahkan dengan kue jahe coklat sehingga makin nikmat. Roti jahe ini akan dinikmati dengan dicelupkan pada air sekotengnya.

Tidak hanya roti jahe, di dalam sekoteng ini juga ditambahkan dengan buah lengkeng yang menambah kesegaran. Minuman satu ini sangat cocok untuk dinikmati saat malam hari. Karena terdapat tambahan jahe yang akan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Sudah begitu terkenal, jangan kaget jika akan menemukan antrian panjang.

10. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Image Credit: Detik.com

Nasi Tutug Oncom merupakan makanan khas Sukabumi yang begitu unik dan memiliki rasa nikmat. Sesuai namanya, nasi akan dimasak dengan tambahan bumbu dan oncom yang membuat rasanya makin nikmat. Makanan ini akan disajikan layaknya makanan Sunda pada umumnya yakni dengan lauk pauk, lalapan dan sambal.

Itulah beberapa panganan khas Sukabumi yang bisa Anda coba ketika singgah disini. Tidak hanya menghadirkan makanan berat, Sukabumi juga menawarkan banyak jajanan atau makanan tradisional yang begitu nikmat. Jadi, sudah tahu kuliner mana yang akan Anda cicipi terlebih dahulu?