Saat berkunjung ke Purwakarta, menikmati sajian kuliner yang ada menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menyempatkan untuk mencicipi beberapa makanan khas Purwakarta yang terkenal, mulai dari sate maranggi hingga peuyeum yang lezat.

Kuliner khas Purwakarta memang dikenal karena memiliki rasa yang enak. Selain itu, keberagaman masakan yang tersedia di kota ini akan membuat anda tergoda. Pasalnya, anda bisa mencicipi banyak sekali jenis makanan dengan rasa yang enak dan pastinya menggoyang lidah. Untuk anda yang penasaran, simak beberapa rekomendasi makanan khas Purwakarta yang diburu wisatawan berikut ini.

1. Colenak

Colenak
Image Credit: Facebook.com @syaipul.goodfelass

Makanan pertama yang bisa anda cicipi ketika berkunjung ke Purwakarta adalah colenak. Hidangan satu ini memang sangat terkenal di daerah Sunda. Ketika mencoba makanan satu ini, maka rasa manis nan legit yang akan anda rasakan. Tak mengherankan, sebab camilan tersebut diberikan siraman saus gula merah yang lezat.

Untuk bahan utamanya sendiri, colenak terbuat dari bahan dasar yakni peuyeum atau tape singkong dan tentunya gula merah. Tape singkong tersebut, kemudian diberikan saus gula merah dan juga taburan kelapa yang telah disangrai sehingga rasa manis yang akan anda dapatkan. Makanan satu ini sangat cocok dinikmati ketika sore hari sembari minum teh hangat.

2. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul
Image Credit: Facebook.com @(Apana’noenoen)

Jika anda mengira bahwa peuyeum hanya menjadi makanan khas dari Bandung, maka anda salah besar. Sebab, di dataran Sunda anda akan menemukan banyak sekali pedagang yang menjajakan kuliner khas satu ini. Salah satunya yang bisa anda jumpai ketika sedang berada di Purwakarta.

Makanan yang memiliki bahan utama singkong dan mengalami proses fermentasi menggunakan ragi tersebut banyak digemari oleh masyarakat. Bahkan banyak pelancong yang sengaja membawa makanan ini untuk dijadikan oleh oleh. Dengan memiliki tekstur yang empuk dan juga rasa yang manis, tentu saja akan menjadi salah satu kuliner yang wajib anda coba saat berada di kota ini.

3. Mie Pelangi Tiga Warna

Mie Pelangi Tiga Warna
Image Credit: Facebook.com @Magasida

Untuk anda penggemar mie ayam, maka mie pelangi tiga warna yang ada di Purwakarta ini akan menjadi salah satu kuliner yang wajib anda coba. Jika anda mencoba mie satu ini, hidangan tersebut akan lebih sehat dibandingkan dengan mie yang lainnya. Sebab, ketiga warna tersebut menggunakan warna yang alami.

Warna tersebut didapatkan dari berbagai buah buahan dan sayuran, sebut saja seperti wortel, buah naga, sawi, dan juga akar bit. Sehingga, anda pun akan mendapati bahwa mie satu ini tidak memiliki warna yang mencolok layaknya menggunakan bahan kimia. Dengan begitu, mie satu ini pun sangat aman untuk dikonsumsi.

Untuk anda yang ingin mencobanya, maka penyajian mie satu ini pun sekilas akan mirip dengan mie ayam yang biasa anda jumpai. Hal yang membedakan hanyalah mie nya yang tidak berwarna kuning, melainkan warna hijau, ungu dan juga oranye. Sedangkan untuk tekstur mienya sendiri pun cukup lembut dan kenyal sehingga anda wajib untuk mencobanya.

4. Pepes Purwakarta

Pepes Purwakarta
Image Credit: Facebook.com @torocakradipura

Selain makanan yang unik seperti mie dengan tiga warna tersebut, anda juga bisa mencoba untuk mencicipi kuliner khas lainnya seperti pepes. Di Purwakarta sendiri terdapat salah satu warung yang menyediakan aneka jenis pepes yang tentu saja rasanya lezat. Pepes yang ada di Purwakarta sendiri biasanya disajikan dalam dua bentuk, besar dan kecil.

Untuk pepes yang mini umumnya terdiri dari beberapa pilihan dan juga lauk yang berbeda. Sebut saja seperti teri, oncom, jamur, peda, dan juga tahu. Sedangkan untuk pepes besar, anda bisa menemukan lauk seperti ayam, ikan mas, jambal dan juga cumi. Untuk rasanya sendiri, tentunya akan membuat anda menjadi ketagihan. Ditambah lagi ketika anda mencicipinya dengan sepiring nasi hangat.

5. Ayam Goreng khas Purwakarta

Ayam Goreng khas Purwakarta
Image Credit: Facebook.com @torocakradipura

Saat anda mengunjungi Purwakarta, maka anda pun wajib untuk mampir dan mencicipi makanan khas Purwakarta satu ini. Pasalnya, ayam goreng yang ada di kota ini memiliki bumbu yang berbeda dan sangat khas. Sebab, Ayam kampung goreng khas Purwakarta akan menyajikan rasa yang gurih akan rempah rempahnya.

Tak mengherankan makanan satu ini kerap kali menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke kota satu ini. Biasanya untuk ayam yang disajikan adalah menggunakan ayam kampung. Sebab, ayam kampung dapat dibilang memiliki daging yang lebih gurih dibandingkan dengan ayam biasa.

Untuk membuatnya sendiri, ayam tersebut dibumbui dengan berbagai macam rempah. Sebuta saja seperti gula merah, daun jeruk, garam, serai dan juga kunyit. Dengan beragam bumbu tersebut membuat rasanya sangat kaya. Oleh karena itu, apabila anda berkesempatan datang ke Purwakarta jangan lupa untuk menjajal hidangan satu ini.

6. Soto Sadang

Soto Sadang
Image Credit: Facebook.com @ana.pramono

Saat sedang berjalan jalan ke berbagai wilayah di Indonesia, soto tampaknya menjadi hidangan yang wajib dicicipi. Sebab, antara daerah satu dengan daerah yang lain memiliki rasa dan nama yang berbeda. Salah satunya adalah yang anda temukan ketika berada di Purwakarta yakni Soto Sadang.

Mungkin sebagian dari anda masih merasa asing dengan nama soto sadang. Namun, anda akan bisa menemukannya ketika berada di Purwakarta. Ciri khas dari soto satu ini adalah memiliki dua jenis yakni soto santan dan juga soto bening. Untuk soto santan sendiri merupakan salah satu jenis soto yang mempunyai ciri khas yakni warnanya yang kuning pucat.

Sedangkan untuk rasanya sendiri, soto santan mempunyai rasa yang cukup gurih. Sedangkan untuk soto bening memiliki kuah yang bening. Kuah bening tersebut berasal dari air rebusan daging. Karena air direbus cukup lama bersama dengan daging tak mengherankan jika memiliki rasa yang sangat lezat.

Ketika anda membeli soto satu ini, anda tidak hanya akan mendapatkan dua macam pilihan kuah saja. Melainkan, anda juga diberikan berbagai macam lauk yang bisa anda pilih. Mulai dari soto babat, soto ayam, soto kikil dan juga soto buntut. Dengan rasanya yang beragam tersebut membuat soto ini wajib masuk ke daftar makanan yang wajib dicicipi saat berada di Purwakarta.

7. Sate Maranggi

Sate Maranggi
Image Credit: izzatul.yazid

Makanan yang sangat digemari oleh masyarakat lokal dan wisatawan adalah sate maranggi. Sate ini mempunyai bentuk yang berbeda dan cukup unik dibandingkan dengan sate pada umumnya. Dengan tampilannya yang beda tersebut membuat anda wajib untuk mencobanya saat berkunjung ke kota satu ini. Sebab, sate maranggi ini disajikan tanpa bumbu kacang.

Tak hanya itu saja, jika biasanya sate disiram dengan bumbu dan kemudian dibakar, maka hal ini berbeda dengan sate maranggi. Sebab, cara pembuatan sate ini direndam terlebih dahulu. Dengan bumbu khas rempah. Kemudian, setelah bumbunya meresap ke daging, barulah sate dibakar.

Untuk penyajiannya sendiri, sate ini biasanya ditambahkan dengan kecap, irisan jeruk dan juga tomat. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, namun rasa dari sate ini sangatlah menggoda. Bagi anda yang baru pertama kali mencobanya pun akan langsung ketagihan ketika mengkonsumsi makanan satu ini.

8. Surabi

Surabi
Image Credit: Facebook.com @banas.pati

Jajanan yang memiliki rasa gurih ini juga menjadi makanan khas yang bisa anda coba saat jalan jalan di Purwakarta. Untuk bahan pembuatannya sendiri pun cukup sederhana, hanya menggunakan tepung beras. Kemudian, dicampur dengan beberapa bahan lain sehingga sangat gurih dan enak dikonsumsi.

Dalam pembuatannya sendiri, surabi masih menggunakan alat tradisional. Dimana dibakar di atas tungku sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas. Selain itu, bagi anda yang ingin mengurangi minyak, maka surabi dapat menjadi jajanan yang bisa anda coba. Sebab dalam pembuatannya sendiri, makanan satu ini tidak menggunakan minyak.

9. Simping

Simping
Image Credit: Facebook.com @kulinerbandungtop

Camilan khas satu ini rupanya menjadi salah satu makanan yang kerap kali dicari wisatawan untuk dijadikan oleh oleh. Sebab makanan satu ini memang sangat nagih untuk dikonsumsi, terutama untuk teman bersantai. Karena dengan teksturnya yang tipis dan juga renyah membuat anda tak henti untuk mengunyahnya.

Ada berbagai pilihan rasa yang bisa anda pilih, seperti cabai, jahe, nangka, stroberi, pandan hingga durian dan coklat tersedia pada makanan satu ini. tak hanya itu saja, simping juga dibuat dengan berbagai macam pilihan warna. Sebut saja seperti kuning, merah muda, putih dan hijau. Sehingga anda pun bisa memilih sesuai dengan keinginan.

10. Es Ciming

Es Ciming
Image Credit: Facebook.com @nhlukmans

Hidangan satu ini juga menjadi salah satu makanan yang digemari oleh wisatawan. Terutama ketika siang hari. Sebab kota yang cukup panas ini, membuat banyak orang menggemari es ciming. Ketika anda memesan es satu ini, maka anda pun akan disuguhkan dengan es yang memiliki banyak isian.

Dimana anda bisa menemukan cendol, jeli, kacang hijau dan juga cincau hitam. Sedangkan yang membuat es ini menjadi lebih segar, serutan es batu dan juga sirup merah serta susunya akan membuat anda ketagihan. Untuk itu, bagi anda yang tak tahan dengan terik mataharinya kota Purwakarta, maka mengkonsumsi es ciming dapat menjadi solusinya.

Itulah beberapa makanan khas yang bisa anda coba cicipi di Purwakarta. Sebab, kurang lengkap rasanya jika main ke kota satu ini tanpa mencoba makanannya. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi makanan tersebut dapat dengan mudah untuk dijumpai di Purwakarta. Untuk soal rasa, tak usah diragukan yang pasti sangatlah lezat.